20.12.16

3 Langkah Beli Rumah dengan Gaji Pas-pasan


Bagi mereka yang baru menikah, membeli rumah biasanya adalah tujuan setelah menikah. Hal inilah yang membuat banyak orang menabung sebagian besar dari penghasilannya. Selain menikah, membeli rumah juga sama pentingnya dalam kehidupan. Hanya saja, biasanya kendala harga, menjadi masalah yang dihadapi. Apalagi para pasangan muda ini biasanya belum memiliki penghasilan yang besar. Akhirnya, membeli rumah pun menjadi tertunda-tunda.

Namun, jika ditunda terus menerus, harga rumah juga akan terus menerus naik. Misalnya saja harga rumah dijual di Depok yang kini naik hingga hampir 10 persen per tahunnya. Maka dari itu, penting untuk membeli rumah sesegera mungkin.

Tapi sangat mustahil juga bagi mereka yang berpenghasilan rendah. Mereka kerap kali harus gigit jari dan memilih untuk menyewa atau mengontrak rumah. Padahal, untuk mempersiapkan membeli rumah, banyak biaya yang harus disediakan. Lalu, bagaimana caranya mereka yang berpenghasilan pas-pasan dapat membeli rumah? Apakah ada cara yang bisa dilakukan agar bisa membeli rumah walau pun penghasilan pas-pasan? Untuk menjawabnya, yuk simak beberapa langkah berikut ini.

Target Beli Rumah
Buat target untuk membeli rumah. Misalnya, ketika Anda ingin membeli rumah 3 tahun lagi, maka fokuslah pada target tersebut. Dengan begitu, Anda akan bisa memilih tipe investasi yang cocok untuk mempersiapkan dana membeli rumah. Apakah dengan menabung, reksadana, investasi emas, dan lain sebagainya.

Persentase Menabung
Usahakan untuk menabung dengan menyisihkan pendapatan bulanan. Sebaiknya, dana yang disisihkan dihitung dalam jumlah persen. Misalnya, 20% dari gaji Anda, sebaiknya masuk ke dalam tabungan. Misalnya gaji Anda adalah 5 juta rupiah. Maka, Anda setiap bulannya akan menyisihkan uang sebesar Rp 1 juta rupiah. Nah, jika ada kenaikan gaji, maka Anda akan menyesuaikan juga dana tabungan Anda. Misalnya, gaji Anda naik menjadi Rp 5,5 juta, maka tabungan Anda akan juga naik menjadi 1,1 juta rupiah. Dengan begitu, tabungan Anda juga akan lebih cepat untuk terkumpul.

Harga Rumah
Setelah mengetahui kemampuan ekonomi Anda, maka Anda akan bisa menentukan harga rumah yang akan Anda beli. Misalnya, harga rumah yang akan Anda beli adalah rumah dengan harga Rp 300 juta. Maka dengan begitu, Anda akan menyesuaikan kemampuan finansial Anda. Jika dana yang Anda miliki tidak cukup, maka sebaiknya Anda mencari rumah lain yang memiliki harga lebih rendah dan terjangkau. Sehingga tidak akan merasa terlalu berat ketika membelinya nanti.

Itulah langkah-langkah yang kiranya bisa dilakukan untuk bisa membeli rumah walau pun penghasilan kita pas-pasan. Semoga bermanfaat.

8 komentar:

  1. Dengan gaji pas-pasan, kalau niat dan rajin menabung, pastinya rumah akan kebeli ya, Mbak? Intinya kita mesti pandai menyisihkan uang untuk membeli rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya allah, Mbak. Betul banget. :)

      Hapus
  2. Berat, tapi kalau sungguh2 nabungnya, insyaallah bisa kelaksana punya rumah idamannya.

    BalasHapus
  3. punya rumah itu perjuangan...perjuangan panjang sampai akhirnya kpr lunas heheheh tapi rasanya lega punya rumah walaupun blm lunas heuheu jadi curcol. memang harus nabung, maksain nabung kalau pengen punya rumah

    BalasHapus
  4. duh, pingin segera punya rumah sih...tapi Ya Allah...semua mesti kumulai dari nol lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bismillah, pasti bisa. Semangaaaaat... :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)