22.5.24

Menilik Kegunaan Mesin EDC Dan Bagaimana Cara Kerjanya


Mesin EDC termasuk salah satu perangkat pembayaran modern, yaitu sebuah mesin kecil yang dapat memindai data dari kartu debit maupun kartu kredit, sehingga dapat digunakan untuk melakukan pembayaran transaksi keuangan hanya dengan sekali gesek saja. Bukan hal yang baru lagi jika seandainya banyak orang yang lebih memilih untuk bertransaksi secara cashless yaitu dengan memakai mesin EDC ini dibandingkan dengan transaksi tunai, apalagi di zaman sekarang.

Ada banyak merchant yang sudah menggunakan layanan dengan mesin EDC, jadi jangan khawatir untuk Anda masyarakat yang menikmati transaksi secara cashless, karena bisa lebih bebas untuk berbelanja dimanapun dengan pembayaran yang mudah. Namun dalam menggunakan mesin ini dalam bertransaksi tentunya Anda harus memiliki sarana penunjang, diantaranya adalah kartu debit atau memakai kartu kredit yang masih aktif. Tanpa kartu sebenarnya transaksi cashless masih bisa dilakukan, namun berbasis scan QRIS.

Di Indonesia rata-rata perusahaan keuangan atau perbankan juga menawarkan fasilitas ini untuk para pelaku usaha, yaitu harus bergabung terlebih dahulu sebagai merchant, sehingga bisa mendapatkan sewa mesin EDC, pada dasarnya mesin EDC ini sendiri menawarkan beberapa kegunaan, di antaranya adalah sebagai berikut. 

1. Mempermudah pembayaran secara non tunai

Pembayaran non tunai dikenal juga sebagai pembayaran secara cashless, yaitu jenis pembayaran yang begitu populer beberapa tahun terakhir, apalagi semenjak pandemi ditujukan untuk meminimalisir kontak penyebaran Covid-19, jenis pembayaran ini mengandalkan sebuah alat, diantaranya adalah dengan kartu debit maupun kartu kredit. Sehingga bisa lebih praktis, tidak hanya di gerai atau pusat perbelanjaan saja, melainkan di restoran atau bahkan jasa akomodasi juga menawarkan transaksi secara non tunai.

2. Mempercepat pembayaran

Pembayaran yang dilakukan dengan tinggal gesek atau menggunakan mesin ini nyatanya juga jauh lebih cepat, karena tidak perlu menghitung uang dan memberikan kembalian, hanya tinggal gesek saja. Sehingga untuk beberapa pelaku bisnis yang memang usahanya sedang begitu ramai, pastinya transaksi ini akan sangat membantu membuatnya jadi lebih cepat selesai. Mengurangi waktu antrian di kasir.

3. Dapat meningkatkan keamanan transaksi pembayaran

Di zaman sekarang kecurangan atau resiko pembayaran pasti ada, mulai dari menerima uang palsu, salah memberikan kembalian dan masih banyak lagi. Namun transaksi secara cashless akan meminimalisir kondisi tersebut, sehingga jadi jauh lebih aman.

Lalu bagaimanakah cara kerja dengan menggunakan mesin EDC ini? Pada dasarnya prinsip kerjanya mudah, sebagai berikut.

  • Konsumen memberikan kartu debit atau kartu kredit kepada kasir, karena mesin EDC bisa digunakan untuk menerima pembayaran lewat kartu-kartu ini, namun dengan catatan kartu tersebut juga masih dalam kondisi yang aktif, serta saldo atau limit mencukupi untuk bertransaksi.
  • Nantinya kasir akan membantu mengecek atau memasukkan kartu kedalam mesin EDC untuk melakukan transaksi atau pembayaran, kasir juga akan memasukkan sejumlah nominal pembayaran yang memang harus dikeluarkan oleh konsumennya.
  • Anda sebagai konsumen akan diminta untuk memasukkan PIN yang dipakai mengkonfirmasi pembayaran tersebut, pastikan dalam memasukkan PIN ini berhati-hati dan pastikan bahwa tidak ada yang melihatnya, sehingga bisa lebih aman.
  • Nantinya mesin EDC tersebut akan memindai chip yang ada di dalam kartu untuk mendapatkan data konsumen dan bisa dikonfirmasi dalam meminta pembayaran.
  • Nantinya pihak server perbankan akan melakukan konfirmasi terlebih dahulu, yaitu verifikasi data dari identitas pemegang kartu, jika sudah sesuai maka nantinya akan diberikan persetujuan untuk melakukan transaksi ini.
  • Jika transaksi sudah sesuai dan selesai maka nantinya mesin tersebut akan segera mencetak struk sebagai bukti dari pembayarannya, jadi mudah sekali bukan.

Mesin EDC ini akan sangat membantu transaksi keuangan di zaman modern, bagi para pelaku bisnis wajib punya karena sekalian bisa dipakai sebagai sarana untuk mendongkrak penjualan bisnis atau usaha yang sedang Anda jalankan. 

Tidak perlu khawatir karena untuk daftar sebagai merchant BCA agar bisa menggunakan mesin EDC juga mudah, bahkan sekarang ini ada layanan pendaftaran atau apply yang dapat dilakukan secara online, sehingga tidak perlu ragu untuk mengajukannya. Langsung saja download aplikasi Merchant BCA ini untuk menikmati berbagai kemudahannya.



13 komentar:

  1. ternyata gampang ya mbaa buat dapet mesin EDC bisa dilakukan secara online juga tohhhh...
    aku ini tipe orang yang nyaman banget pakai cashless,,terutama qris..akhir2 ini kalo ada merchant yg menyediakan EDC aku lebih memilih pembayaran pakai qris karena tgl scan2 pake hp aja kecuali kalo nominal besar baru deh biasanya pakai debit hehe

    BalasHapus
  2. Paling suka shopping kalau ada opsi bayar non tunai via EDC karena siapa tahu cashnya kurang. Jadi pake kartu debit deh. BCA is the best yaaa. Di mana2 ada EDCnya

    BalasHapus
  3. Di era digital ini, transaksi non-tunai menjadi semakin populer. Hal ini tak lepas dari peran mesin EDC (Electronic Data Capture) yang memudahkan proses pembayaran menggunakan kartu kredit atau debit. Makin banyak cara bayar yang disediakan makin happy pelanggannya

    BalasHapus
  4. Sama kayak ATM-nya, mesin EDC Bank BCA emang paling powerful ya mbak. Di tempat jajanan mana aja, di seantero indonesia belahan mana aja, pastilah kutemukan mesin EDC warna biru itu.

    Sekarang aku lebih seneng pake QRIS mbak, biar sekalian pegang hape gausah buka dompet lagi. Kebetulan pake EDC BCA juga support ya.

    BalasHapus
  5. Aku sebagai tim cashless seneng banget kalau belanja tinggal gesek 😆 apalagi BCA, EDC nya tersedia hampir disebuah outlate. Ternyata pengajuan EDC pun cukup praktis ya, misal suatu saat aku buka toko kue or roti, berarti bisa ajuin ke BCA nih. Thanks buat informasinya sangat mendetail.

    BalasHapus
  6. Kebantu banget dengan mesin edc ini terutama kalo pas lagi gak punya uang cash. Meskipun skrg ada QR cm biasanya ada aja QR yang kena pungut charge fee. Enakan pake edc

    BalasHapus
  7. Aku termasuk yg LBH suka bayar pakai kartu drpd QRIS. Makanya seneng kalo di merchant yg aku datangin ada mesin EDC mbak . Cuma jujurnya selama ini ga merhatiin mesinnya dari BCA, atau bank lain. Yg penting bisa Nerima kartuku aja deh 😄.

    BalasHapus
  8. Dulu saking terkesimanya sama mesin EDC, aku sampe nge-halu mbak, kalau nanti punya bisnis sendiri, di tokoku juga harus ada mesin EDC hahaha, karena memang sepraktis itu dan buat aku yang jarang bawa duit cash, ini tentu aja membantu

    BalasHapus
  9. Senang klo belanja penjualnya punya mesin edc
    Maklum, aku tim cashless
    Sekarang sudah banyak penjual yang menggunakan mesin edc sebagai alat pembayaran

    BalasHapus
  10. Ternyata jadi merchant BCA mudah ya ngga banyak persyaratannya dan lebih aman juga untuk penjual untuk sistem pembayaran

    BalasHapus
  11. Nah iya aku kalau kemana2 jarang bawa uang cash gitu. Lebih suka transaksi cashless, jadi adanya mesin EDC ini sangat memudahkan banget buat transaksi non tunai

    BalasHapus
  12. Sekarang kemana-mana semakin praktis, cukup bawa handphone dan ATM bila perlu. Tinggal di gesek atau di tap sudah bisa bayar. Jadi memudahkan pelaku usaha juga, yang gak perlu repot setor tunai setiap hari tentunya

    BalasHapus
  13. Di kota besar mah yakin uda banyak banget alat pembayaran menggunakan mesin EDC ini. Apalagi banknya BCA gitu kan yaa..
    Semoga mesin EDC ini menjangkau hingga ke pelosok negeri. Jadi memudahkan sekali untuk tetap bisa cashless.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)