21.5.24

6 Jurusan Terbaik di Universitas Cambridge, Ini Info Lengkapnya!


Siapa yang bercita-cita kuliah di Universitas Cambridge? Universitas terbaik ke #2 di dunia ini menawarkan sejumlah jurusan terbaik di bidangnya, lho!

Kalau kamu masih bingung mau pilih jurusan apa buat melanjutkan kuliah, simak rekomendasinya di artikel ini, yuk!

Deretan Jurusan Terbaik di Universitas Cambridge

1. Archaeology

Department of Archaeology di University of Cambridge menempati peringkat #1 dalam bidang Arkeologi di dunia, menurut QS World University Ranking by Subject 2023, lho!

Departemen ini sudah berdiri sejak awal abad ke-20 dan berkembang menjadi pusat studi arkeologi terkemuka di dunia. Jurusan Arkeologi memiliki berbagai fokus penelitian, mencakup arkeologi klasik, arkeologi prasejarah, arkeologi lingkungan, bioarkeologi, dan arkeologi global. 

Departemen Arkeologi juga dilengkapi dengan fasilitas penelitian canggih, seperti laboratorium untuk analisis material arkeologi, fasilitas bioarkeologi, dan akses ke koleksi arkeologi yang luas.

2. Modern Language

Fakultas Bahasa Modern dan Abad Pertengahan serta Linguistik di University of Cambridge, yang sering disebut sebagai Faculty of Modern and Medieval Languages and Linguistics (MMLL), adalah salah satu pusat terkemuka di dunia untuk studi bahasa, literatur, dan linguistik.

Fakultas ini mencakup berbagai departemen yang menawarkan studi dalam bahasa Eropa modern, bahasa abad pertengahan, dan linguistik. 

Beberapa bahasa yang diajarkan termasuk Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, Portugis, Rusia, serta bahasa dan literatur Skandinavia dan Slavonik.

Salah satu keunikan dari program sarjana adalah kesempatan untuk menghabiskan tahun ketiga di luar negeri. Mahasiswa dapat memilih untuk belajar di universitas mitra, mengajar bahasa Inggris, atau bekerja di negara berbahasa target.

3. Physiology, Development, and Neuroscience

Departemen Fisiologi, Perkembangan, dan Ilmu Saraf memiliki sejarah yang panjang dalam penelitian dan pendidikan dalam bidang fisiologi, perkembangan, dan ilmu saraf.

Departemen ini menawarkan program sarjana yang mencakup ilmu fisiologi, perkembangan, dan saraf. Program ini mencakup berbagai topik, mulai dari mekanisme dasar fungsi tubuh hingga perkembangan embrio dan sistem saraf.

Sementara untuk program pascasarjana, departemen ini menawarkan berbagai gelar MPhil dan PhD. Program-program ini dirancang untuk memberikan pelatihan penelitian untuk mahasiswa melakukan penelitian independen di bawah bimbingan para ahli terkemuka.


4. English

Fakultas Bahasa Inggris di Cambridge memiliki sejarah panjang yang dimulai sejak abad ke-19. Selama bertahun-tahun, fakultas ini telah menjadi tempat berkembangnya banyak cendekiawan terkenal di bidang sastra dan bahasa Inggris.

Mahasiswa akan mempelajari berbagai karya sastra dari periode yang berbeda, mulai dari sastra Inggris awal hingga karya-karya kontemporer. Program ini juga mencakup studi tentang teori sastra, sejarah sastra, dan kritik sastra.

Fakultas ini memiliki beberapa pusat penelitian, seperti Centre for Material Texts dan Centre for the Study of Global Human Movement, yang mendukung penelitian inovatif dalam berbagai bidang studi sastra.

5. Material Science and Metallurgy

Departemen Ilmu Material dan Metalurgi di Cambridge menawarkan program sarjana gelar BA (Hons) dan MEng dalam Ilmu Material. 

Program ini mencakup berbagai topik, termasuk struktur dan sifat material, teknik material, nanoteknologi, biomaterial, dan material elektronik.

Kurikulum dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang dasar-dasar ilmu material, termasuk mekanika material, termodinamika, kinetika, dan teknik karakterisasi material. Program ini juga mencakup kerja praktek di laboratorium dan proyek penelitian.

Departemen ini juga menawarkan program pascasarjana dengan gelar MPhil dan PhD dalam Ilmu Material.

6. Mathematics

Fakultas Matematika sudah dimulai sejak abad ke-16, lho! Cambridge dikenal karena menghasilkan matematikawan terkenal, seperti Isaac Newton.

Fakultas ini terdiri dari dua departemen utama, yaitu Departemen Matematika Terapan dan Fisika Teoritis serta Departemen Matematika Murni dan Statistik Matematika.

Departemen Matematika Terapan dan Fisika Teoritis mencakup berbagai bidang penelitian, seperti mekanika fluida, fisika plasma, fisika matematika, kosmologi, relativitas umum, dan dinamika sistem kompleks.

Departemen Matematika Murni dan Statistik Matematika meliputi penelitian dalam bidang matematika murni, seperti analisis, aljabar, geometri, topologi, dan teori bilangan, serta statistik matematika.

Itulah beberapa jurusan terbaik di Universitas Cambridge. Kira-kira ada jurusan incaranmu enggak, nih?

Segera persiapkan diri dari sekarang, yuk! Kalau butuh bantuan atau konsultasi seputar beasiswa dan kuliah di luar negeri, jangan ragu minta bantuan ke Kobi Education, ya!

Selain menyediakan program mentoring, Kobi juga menawarkan konsultasi seputar memilih jurusan dan kelas IELTS all skill, lho!

Semoga berhasil meraih impianmu kuliah di luar negeri!



22 komentar:

  1. berharap suatu waktu anakku bisa mendapatkan beasiswa kuliah di Univertas Cambridge, semoga ucapan ini jadi doa ya mak aamiin

    BalasHapus
  2. Sungguh jurusan-jurusan yang menantang semua itu, ya. Buat aku, kayanya paling masuk jurusan bahasa inggris. Di usia segini, keinginan belajar juga makin tinggi, tapi biarlah cita-cita ke sini (semoga) kelak anak-anakku atau anak kita ya mak, yang bisa menempuh pendidikan di sana. Aamiin

    BalasHapus
  3. barusan mampir ke website kobi education. wah pilihan kampus dan negaranya ada banyak. kebetulan anaku yg no 2 naik kelas 12 sebentar lagi. persiapan cari info kuliah di luar negeri semoga ada yg cocok. makasi infonya teh :)

    BalasHapus
  4. Ternyata beda ya jurusan yang terbaik di Universitas Cambridge, kalau di Indonesia ada yang bukan favorit. Impian ini bisa kuliah di Cambridge. Tentu bantuan dari konsultan seperti KOBI Education akan membantu

    BalasHapus
  5. Impian setiap orang tua ya bisa menyekolahkan anaknya ke Universitas Cambridge, termasuk impianku juga sih ini. English dan Modern Language sih yang sesuai dengan anakku, kita aamiinkan dulu.

    BalasHapus
  6. Aku berdoa banget semoga keponakan tersayang bisa kuliah di universitas Cambridge yang sangat keren dan jadi univ terbaik nomor 2 di dunia. Pilihan jurusannya pun bagus semua nih. Terpenting aku mesti mempersiapkan keponakan ku untuk mampu berbahasa Inggris dan bahasa-bahasa lain sehingga saat ia siap masuk kuliah, ia punya bekal yang mumpuni.

    BalasHapus
  7. Waw, aku pikir ada yang urusan komputer atau IT gitu lho. Malah ada Archeology! Berarti memang digemari dan banyak peminatnya ya.

    BalasHapus
  8. Mantaaabbb mbaaa
    jadi mupeng bangetttt semoga ada rezekinya anak2 bisa berkuliah di Cambridge ya

    dan mereka bisa ambil jurusan sesuai minat dan talenta

    BalasHapus
  9. Bisa konsul soal beasiswa juga bikin semangat deh kuliahnya. Apalagi punya jurusan pilihan yang bisa jadi penunjang tatkala melamar kerja nih

    BalasHapus
  10. beberapa jurusan kesannya kurang populer ya di indonesia tapi kalau di luar negeri kayaknya jurusan apapun ada aja peluang kerjanya

    BalasHapus
  11. Cambridge University sebagai salah satu kamous tertua dna terfavorit ternyata variasi jurusan favoritnya lumayan beragam ya dr yang ilmu murni smp terapan kiain lbh didominasi ilmu2 murni nih

    BalasHapus
  12. Sekarang jadi lebih mudah kalau mau kuliah di luar negeri, ya, Teh. Udah banyak lembaga yang menyediakan konsultasi seputar memilih jurusan dan kelas IELTS all skill seperti Kobi. Tinggal cari jurusan yang akan dipilih aja lalu ikutan kelasnya.

    BalasHapus
  13. Wah kayaknya pas banget nih keponakan belajar di Kobi education karena Selain menyediakan program mentoring, Kobi juga menawarkan konsultasi seputar memilih jurusan dan kelas IELTS all skill

    BalasHapus
  14. Sekarang sedang banyak ortu yang mempertimbangkan kuliah anaknya di LN aja yaa. Univ Cambridge ini kyknya bagus juga. Banyak jurusan yang kyknya lulusannya akan lbh dihargai di sana, ketimbang di sini.
    Kalaun konsul di Kobi ini apa nanti juga akan dibantu misalnya kyk administrasi2nya jika mau kuliah di LN mbak?

    BalasHapus
  15. Aamiin. Aku dulu cita-cita kuliah di Cambridge. Ah jadi pengen ambil beasiswa kuliah di sana tapi tidak mungkin. Sudah kepentok umur. Ya sudahlah semoga anak bisa ada Salah satu yang kuliah di sini. Enak juga ada Kobi Education jadi lebih banyak bekal sebelum ambil beasiswa atau kuliah ke luar negeri. Makasih infonya Teh.

    BalasHapus
  16. Baiknya kalau kuliah di Cambridge diseiapkan sejak awal ya lebih baik ikut Kobi Education yang sudah tau & mengerti rulenya jadi bisa diarahkan ya apalagi ada konsultasinya jurusan juga biar ga salah pilih

    BalasHapus
  17. Next info beasiswa dong Mak, Univ. Cambridge emang top dunia sih makanya fakultas dan jurusan nya keren semua. Semoga anakku bisa juga kuliah di LN aamiin

    BalasHapus
  18. Wah, Universitas Cambridge
    Universitas yang jadi unggulan sedunia ya
    Bisa kuliah di sini adalah harapan banyak orang ya mbak

    BalasHapus
  19. Ternyata termasuk pionir di bidang arkeologi ya Univ. Cambridge ini. Jadi ingat dulu kakakku pernah pengin kuliah di bidang yang satu ini, yang kebetulan di kota tempat kami tinggal belum ada, jadinya harus kuliah di luar kota.

    BalasHapus
  20. Andai masih bisa ditakdirkan belajar di luar negeri, maka saya akan ambil jurusan science
    Setidaknya bekal ijazah atau bukti hasil belajar di luar negeri bisa angkat derajat IRT di Indonesia bahwa meski IRT tetap harus punya pendidikan tinggi
    Apalagi kalau bisa kuliah di Cambridge

    BalasHapus
  21. Universitas Cambridge, dulu saya pernah memimpikan bisa kuliah di sini mbak, apalagi punya jurusan yang keren dan terbaik level dunia. Sekarang mimpinya di ganti, semoga anak cucu saya ada yang bisa ke sana

    BalasHapus
  22. Pengen banget anakku kuliah di luar negeri tapi masih ngeri dengan pergaulannya wkwk. Cakep nih univnya ada jurusan matematika pula.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)