16.5.24

LASIK, Solusi Permasalahan Mata Minus


Memiliki tubuh yang sehat dan sempurna tentu dambaan semua orang. Pun demikian juga keinginan orang tua terhadap semua anaknya. Termasuk saya, menginginkan anak-anak saya selalu fit dan sehat tak kurang sesuatu apa pun. Tapi inilah kehidupan, tak semua hal selalu seperti keinginan kita. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya saja seperti anak sulung saya. Tubuhnya fit dan sehat. Akan tetapi keadaan matanya tidak seperti anak-anak saya yang lainnya.  

Beberapa waktu yang lalu, saya kepikiran untuk menawarkan LASIK mata kepada anak sulung saya ini. Saya kasian dengan keadaan dia yang sejak SMP hingga sekarang duduk di bangku kuliah, terus berganti-ganti kaca mata dan lensa kontak. Dengan melakukan LASIK mata, hal tersebut tentu takkan terjadi lagi. Karena sudah pasti, keadaan mata anak sulung saya akan menjadi lebih baik.

Apa Itu LASIK Mata?

Mata anak sulung saya diketahui minus sejak dia masuk kelas 1 SMP. Susahnya dia membaca tulisan gurunya di papan tulis, padahal dia duduk di bangku paling depan, membuat saya dan bapaknya memeriksakan keadaan matanya. Tak tanggung-tanggung, saat itu bahkan minusnya ternyata sudah mencapai 4. Otomatis, dia pun lalu memakai kaca mata yang diberikan dokternya.

Tahun demi tahun dilewati anak saya dengan berkaca mata. Bukannya menjadi berkurang, minus mata anak saya malah semakin bertambah. Kebosanan dia menggunakan kaca mata juga akhirnya membuat dia bergonta-ganti menggunakan lensa kontak (contact lens). Meski dia tampak baik-baik saja, tapi sepertinya dia selali merasa ribet. Tiap mau pergi ke mana, sekalipun ke tempat yang dekat, dia butuh waktu untuk bersiap-siap. Menyiapkan matanya terlebih dahulu dengan memakai kaca mata atau juga lensa kontaknya.

Dengan LASIK mata tentu tak akan begitu. Sulung saya jadi bisa langsung pergi dengan segera. Sebab minus matanya akan menjadi normal, layaknya orang biasa. Keampuhan LASIK mata sudah banyak dibuktikan orang. Mata yang minus bisa teratasi secara efektif dan permanen.

Teman-teman sudah tahu kan apa itu LASIK? Iya, LASIK yang merupakan singkatan dari Laser-Assisted In Situ Keratomileusis, adalah sebuah prosedur operasi atau bedah kecil pada mata yang menggunakan teknologi laser

Dalam prosedur LASIK, dokter bedah mata ini akan membuat semacam flap tipis di permukaan kornea. Kemudian laser akan diarahkan ke bagian kornea yang nantinya akan mengubah kelengkungan dari permukaan kornea tersebut. Setelah itu, flap akan dikembalikan ke posisinya yang semula. 

Jika keadaan di dalam mata sudah normal, fokus cahaya yang asalnya jatuh sebelum bagian retina, akan menjadi tepat di posisinya. Akibatnya, penglihatan si pemilik mata minus pun akan jadi lebih baik.

Setelah menjalani prosedur LASIK ini, pastinya si penderita myopia (rabun jauh) seperti anak sulung saya, jadi bisa melihat layaknya orang normal, tanpa bantuan kaca mata atau pun lensa kontak. Dan ini sifatnya permanen.

Tapi…

Alasan yang membuat saya ingin anak sulung saya menjalani LASIK memang berawal dari rasa kasihan saya akan keadaan dia yang ribet dalam bergonta-ganti kaca mata dan lensa kontak. Tapi tentu, itu tidak jadi hal yang utama. Sebab untuk menjadi LASIK mata, ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan.

Ya, benar, sebelum melakukan LASIK, si penderita myopia ini harus dicek terlebih dahulu ini itunya. Hal yang paling mendasar misalnya saja besarnya minus mata si penderita yang minimal minus 4. Jika kurang dari itu, biasanya dokter akan menyarankan untuk pengobatan dengan cara yang lain. 

Kemudian jika sudah masuk syarat minimal minus 4, diukur ketebalan kornea, diukur preskripsi mata, dan lalu dicek kesehatan mata secara keseluruhannya. Barulah jika sudah ok untuk jadi calon pasien yang akan di-LASIK, dokter mata akan memberikan tahapan seterusnya untuk persiapan bedah LASIK tersebut.

Si sulung yang sudah berkaca mata sejak SMP karena matanya minus 4

Berapa Sih Harga Bedah LASIK Mata?

Untuk prasyarat awal, anak sulung saya bisa masuk menjadi kandidat pasien bedah LASIK ini. Minus matanya melebihi minus 4. Nah yang jadi perhatian saya berikutnya tentu adalah biaya bedah LASIK matanya. Akhirnya saya pun searching ke sana ke mari.

Dari hasil searching yang saya lakukan, biaya bedah LASIK mata, misalnya saja di Klinik Mata Nusantara atau yang terkenal sebagai KMN EyeCare, LASIK satu mata biayanya sekitar Rp15.000.000,-. Kemudian LASIK dua mata biayanya sekitar Rp30.000.000,-. Adapun biaya pemeriksaan Pra LASIK itu sekitar ± Rp7.000.000,-. Biaya-biaya ini tentu sudah termasuk biaya bdministrasi dan biaya pemeriksaan awal. Jadi untuk anak sulung saya, saya harus menyediakan biaya LASIK sekitar Rp37.000.000,- karena memang anak saya harus di-LASIK untuk kedua matanya. Pastinya, untuk konsultasi dokter secara rutin, terutama setelah LASIK, saya perlu menyiapkan lagi biayanya. 

Jangan Sembarangan!

Mengingat pentingnya fungsi mata bagi kita, tentu harus membuat kita ekstra hati-hati di dalam melakukan tindakan apa pun. Begitu juga saya terhadap anak sulung saya. Gak mau sembarangan menyarankan dan memilih Tindakan apapun untuk mengatasi keluhan matanya. Termasuk LASIK.

Itu sebabnya, dalam mencari berbagai hal mengenai LASIK ini, dan juga tempat yang bisa melakukan tindakan LASIK, saya tidak mau sembarangan, tidak mau gegabah. Saya cari klinik yang memang terpercaya. Dari dokter bedahnya hingga pengalamannya di dalam memberikan Tindakan LASIK. Tentunya, saya juga baca-baca testimoni dari para pasiennya yang sudah melakukan Tindakan LASIK tersebut.

KMN EyeCare menjadi klinik yang masuk urutan pertama sebagai tempat yang masuk rekomendasi. Peralatannya canggih dan lengkap, dokter-dokter matanya berpengalaman, testimoni mereka yang sudah melakukan LASIK juga seperti yang saya harapkan. 

Untuk sekarang, saya mungkin harus menabung dulu untuk biayanya. Semoga dalam beberapa bulan ke depan, saya bisa membawa anak saya untuk LASIK. Pastinya, sebelum melakukan tindakan, saya harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokternya mengenai bisa atau tidaknya anak sulung saya diberikan Tindakan LASIK. Semoga saja bisa!

Well…

Membaca ini itu mengenai LASIK dan juga menyimak bagaimana LASIK bisa menjadi solusi di dalam mengatasi permasalahan mata minus para penderitanya, sungguh membuat saya gereget. Iya, gereget kepengen banget anak sulung saya juga segera mendapatkan manfaat LASIK ini. Semoga saja deh bisa segera. Kasihan banget ngelihat bagaimana ribetnya anak saya mengatasi segala permasalahan mata minusnya.

Teman-teman ada yang punya permasalahan dengan mata minus? Atau mungkin ada yang udah menjalani tindakan LASIK? Share yuk gimana pengalaman teman-teman menjalani aktivitas sehari-hari dengan mata minusnya, atau bagaimana pengalaman teman-teman setelah menjalani LASIK. Kita diskusi aja di kolom komentar, supaya saya semakin yakin dengan LASIK dan supaya teman-teman lain yang mungkin masih ragu dengan LASIK, bisa yakin untuk memilihnya sebagai solusi dari permalahan mata minus. Ayo kita diskusi!



24 komentar:

  1. Mahal ya lasik 🤭. Ada syarat pula minimal min 4. Apakah lasik hanya untuk minus? Bisa tidak untuk yang plus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Auto menyimak harga juga..ternyata emang semahal itu ya..makanya harus hati-hati bener..persiapannya aja juga butuh biaya yang gak sedikit..

      Hapus
  2. biaya lasik nggak bisa dicover dengan bpjs ya? tapi kayaknya asuransi umum bisa cover ya? tetanggaku setelah lasik, beberapa hari nggak boleh keluar rumah, sepertinya matanya nggak boleh kena cahaya dulu

    BalasHapus
  3. Cita citaku banget pengen lasik karena capek beud pake kacamata.. huhuhuhuhu. Semoga ada rejeki buat lasik di masa depan. Aamiin..

    BalasHapus
  4. Lumayan juga ya harga lasik mata, tapi mengingat fungsi mata yang begitu penting, harga segitu rasanya worth it banget dehhh :)

    BalasHapus
  5. Mahal ya, biaya lasik ini, dihitung per mata. Masih ada biaya awal pemeriksaan pula.
    Tapi memang kan ya sehat itu mahal, jadi mesti dijaga sebaik-baiknya. Apalagi mata adalah indera yang vital.

    BalasHapus
  6. Mbaa, aku kira berapapun kondisi minus mata bisa dilasik. Karena aku minus 2,5 dan plus juga. Tapi teryata untuk lasik harus minus 4 ya. Makasih sudah berbagi yaa

    BalasHapus
  7. Ada beberapa orang juga yg ga bisa Lasik. Kaya adikku, ga bisa Lasik karena selain minusnya tinggi, juga karena ada faktor penyulit lain (detailnya saya ga bisa ceritakan). Tapi, bagi sebagian yg lain, Lasik ini solusi paling jitu sih buat menghilangkan mata minus. Dan iya, lebih baik di-lasik oleh dokter yg berpengalaman juga di tempat yg fasilitas nya sangat mendukung

    BalasHapus
  8. Ternyata ada minimal minusnya untuk bisa dilasik, ya. Anak saya minusnya 3,5 berarti belum bisa. Berharap juga bisa berkurang minusnya.

    BalasHapus
  9. Beberapa artis yang milih lasik tuh berhasil. Ya karena ada biaya pastinya, hehehe. Cuma sekarang kan udah bisa di Indonesia. Jadi gak perlu jauh-jauh buat operasi. Matanya nanti lebih jelas buat ngelihat

    BalasHapus
  10. Ternyata untuk lasik mata gak bisa sembarangan, ya, Teh. Bisa dilakukan lasik jika minus mata si penderita, minimal minus 4. Anak-anak saya juga udah pakai kaca mata tapi minusnya kecil, dan semoga gak makin bertambah besar.

    BalasHapus
  11. Agak maju mundur nih teh Nia untuk LASIK, terutama karena biaya hehehe tapi insya Allah kalo ada rejeki pengen juga LASIK karena agak gengges ya kalau minus plus sekaligus

    BalasHapus
  12. Baru tahu syarat minimal Lasik itu minus 4. Memang Lasik bisa jadi solusi mengingat pentingnya fungsi mata. Memang harganya cukup lumayan sih.

    BalasHapus
  13. Nah, pengen banget lasik, tapi minus mata belum terlalu tinggi dan masih belum mengganggu banget, haha.

    Sekarang udah 15 juta an ya, beberapa tahun lalu stay aku per mata 12 juta. Apa biaya ini juga tergantung provider yang bisa melakukan prosedur ini ya?

    Jadi di KMN center biayanya bisa berbeda dengan rumah sakit lain.

    BalasHapus
  14. Banyak langkah ya untuk memudahkan mata melihat dengan jelas, salah satunya dengan Lasik ini. Walau harganya sesuatu, tetapi bila cocok bisa juga dijadikan pilihan

    BalasHapus
  15. Aku tuh pengin banget lasik sebenarnya, karena dengar cerita temanku yang sudah menjalankan operasi lasik. Cuma masih mengumpulkan keberanian untuk melakukan operasinya.

    BalasHapus
  16. Lasik tetap ada pemeriksaan kesehatan yang harus dilewati yaa.. sehingga hasilnya sesuai keinginan dan mata sehat menjadi jendela dunia.

    BalasHapus
  17. Temenku ada yang pernah lasik, dan beneran dia jadi bisa lepas kacamata. ceritanya penglihatannya jadi bener2 jernih. aku jadi kepengen juga tapi ya mesti nabung dulu nih.

    BalasHapus
  18. harga lasik memang wow banget ya tapi hasilnya bagus banget gak perlu pakai kacamata lagi

    BalasHapus
  19. Untung ya sekarang ada lasik jadi bisa melihat dan teteap cantik walaupun ga pakai kacamata

    BalasHapus
  20. Biayanya ternyata lumayan juga ya mbak tapi kalo denger lengalaman sepupuku yg baru di lasik katanya mata js enaak banget. Btw lasik bisa buat yg plus ga sj

    BalasHapus
  21. Minusku sudah 10 nih, sudah tinggi banget kayaknya
    Pengennya sih bisa lasik, tapi harganya mayan ya
    Kudu nabung dulu berarti

    BalasHapus
  22. Mata adalah jendela dunia. Biaya lasik cukup mahal juga tapi pasti jauh lebih berharga kesehatan itu sendiri, ya, Mba.

    BalasHapus
  23. Saya pernah ikuti seminar soal LASIK
    Alhamdulillah sudah saya sampaikan infonya ke orang tua
    Kebetulan memang ada masalah dengan mata minus
    Soalnya keluarga besar memang banyak yang membutuhkan info LASIK

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)