14.11.16

Liburan (Segera) Tiba!


Teman-teman, sebentar lagi tahun 2016 akan segera berakhir. Itu artinya, liburan panjang akhir tahun juga akan segera tiba. Sudah pada punya rencana ngabisin liburannya di mana dan ngapain? Saya sih belom. Selain karena bingung, juga karena budget yang belom keliatan. Wkwkwk... maklumlah ya, freelancer mah susah diprediksi. Ada kalanya sebulan job numpuk, ada kalanya juga sebulan job sepi. *Alesan gak bisa nabung* Tapi yang jelas, meskipun pilihan belom ditentukan, bayangan akhir tahun mau ngapain, sudah tergambar di bayangan saya. Apa saja tuh pilihannya? Kira-kira seperti ini deh.

Liburan di rumah sanak saudara
Kakak kedua dan adik bungsu saya tinggalnya lumayan jauh dari saya. Di Bekasi dan juga di Sukabumi. Begitu juga dengan mertua saya. Meski masih di Bandung, tapi lumayan jauh juga dari rumah saya. Menghabiskan liburan akhir tahun di rumah mereka adalah Plan A buat saya, suami, dan anak-anak. Selain untuk bersilaturahmi karena jarang ketemu, faktor irit juga menjadi hal yang kami utamakan. Gak perlu ada anggaran hotel dan penginapan juga. Hanya perlu ongkos bensin dan bekal kami selama di sana. Dan tentunya, berkunjung ke tempat wisata dan mall yang ada di sana sudah menjadi agenda kami sekeluarga.

Berlibur di tempat wisata
Ini adalah liburan impian keluarga saya. Iyap, berlibur di sebuah tempat wisata yang cukup jauh dari rumah. Misalnya saja Bali, Lombok, atau Pangandaran deh yang deket. Di sana kami tentu bisa menikmati laut, gunung, dan berbagai panorama alam yang indah lainnya. Tapi, rencana liburan yang ini agak susah dilakukan di liburan akhir tahun ini. Selain karena budget yang sebenernya sudah harus dipersiapkan sejak jauh-jauh hari, juga karena malesnya melihat tempat-tempat wisata yang selalu penuh di saat libur panjang. Bagusnya sih, liburan seperti ini dilakukan saat bukan hari libur. Biar bisa santai dan maksimal menikmatinya karena tempatnya yang kosong. So untuk rencana yang ini, skip di tahun ini. Semoga tahun depan bisa terlaksana.

Liburan di rumah saja
Ini yang paling sering kami lakukan. Liburan di rumah saja. Dan untuk akhir tahun ini, liburan yang ini menjadi Plan B setelah liburan di tempat sanak saudara. Tapi meskipun liburan jenis ini paling sering dilakukan, sama sekali ini anti-membosankan. Sebab kami mengisinya dengan banyak sekali kegiatan bersama. Dari mulai menonton film bareng-bareng, masak bersama, jalan-jalan ke mall terdekat, bermain di taman kota, hingga datang ke tempat-tempat asyik. Seperti museum, pameran, galeri seni, dan galeri iptek.

Ngomong-ngomong soal galeri iptek, kami sekeluarga sangat menyukainya. Alasnnya ya karena kami suka dengan Sains. Salah satu galeri ipteks yang pernah kami datangi misalnya saja Sundial Puspa Iptek Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung. Di sana, banyak sekali alat-alat peraga Sains yang memukau anak-anak saya. Kayak sulap, kata mereka.

Bermain di Galeri Ipteks

Di antara sekian banyak galeri Iptek dan Sains, saya sangat penasaran dengan galeri 3 Dimensi yang ada di Seminyak, Bali. Meski cuma baru lihat di internet, galeri ini terlihat sangat mengagumkan. Kalo ada kesempatan ke Bali bareng keluarga, kayaknya bakal seru banget kalo mampir ke tempat ini. Berimajinasi dengan hampir 80 gambar binatang, tempat atau pun tokoh ternama, fantasi, jatuh dari pesawat, dan berbagai macam jenis hasil karya lainnya yang menakjubkan tentu bakal jadi pengalaman yang luar biasa. Dan tentu saja, berfoto-foto dengan gambar-gambar 3 dimensi tersebut akan sangat menyenangkan.

Oke, itu 3 rencana liburan akhir tahun kami. Walopun rencana pertama dan terakhir adalah yang paling mungkin kami lakukan, kami masih tetep berharap bisa liburan dengan rencana kedua. Siapa tahu deh, bonus akhir tahun dari kantor suami bisa turun cepat dengan nominal yang besar. Wkwkwkwk... Aamiin. Nah teman-teman, gimana dengan rencana liburan teman-teman? Pasti sudah pada punya, kan? Baiklah, apa pun itu, semoga liburannya menyenangkan, ya.

31 komentar:

  1. Dimanapun liburnya tetep seru kalau bersama keluarga ya Mbak :)
    Aku sering liburan di rumah hehehe. Kadang malah nggak ke planning liburan ke tempat wisata Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget. Liburan bareng keluarga itu selalu menyenangkan..

      Hapus
  2. Wuiih..si teteh udah bikin rencana liburan aja, hihi
    Kalo aku biasanya pulang kampung teh, kalo anak-anak libur sekolah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ihiks... Aku mah gak punya kampung halaman. :D

      Hapus
  3. liburan di rumah juga menguras kantong... soalnya cemilan harus siap sedia ahahaha

    BalasHapus
  4. Oo di Bali...mau. Etapi yang di Bandung aja belon pernah. Tulisan2 seperti membuat saya jadi punya target mau kemana aja. Pengalaman banget pernah ke suatu kota, karena ngerasa hanya untuk kerjaan jadi nggak cari2 tahu lokasi asyik. Walhasil banyak diam pasrah di penginapan

    BalasHapus
  5. Amiin..moga keluar bonusnya biar kecipratan yaa :)

    Hmm liburan akhir taun belon terencana niy, palingan di rumah mama, tetep aja ngeluarin budget cemilan cepuluh buat ngegayem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... Iya. Komo saya, banyak umat. :)))

      Hapus
  6. Kalo akhir tahun aku memang hindarin bgt liburan di waktu ini mbak :D.. mahaaal bok ;p.. dan di mana2 rameee.. aku g terlalu suka kalo liburan k tempat yg crowded ama turis gitu :D.. makanya sebagai pecinta traveling, aku ama suami slalu nyari waktu pas low season... kayak nanti kita udh plan jalan2nya mau pas february.. org2 udh pd ga liburan, jd semua penginapan dan tiket biasanya juga murah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, mending di rumah aja ya libur panjang mah. Penuh dan maceeet...

      Hapus
  7. Jangankan yg di bali, yg di kbp aja saya mah belum hihihi...

    BalasHapus
  8. Liburan kali kami berencana pulang kampung ke Makassar. Kebetulan anak2 libur sejak akhir november sampai awal januari. Btw, naksir si kodok yang di atas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Seru ya bisa pulkam. Aku gak punya :D

      Hapus
  9. Wah udah ada rencana liburan akhir tahun ini. Hmm, saatnya tengok kalender, kali aja ada jadwal sok sibuk bisa ditunda, hihihi.

    BalasHapus
  10. Bagaimana pun juga waktu terbaik dan membahagiakan adalah saat bersama keluarga.
    terima kasih

    BalasHapus
  11. tiap ke Bandung pengen mampir ke puspa iptek kota parahiangan tapi ga hapal jam operasionalnya....mau donk mak Nia diinfo di post ini jam operasional dan tiket nya berapa kalau ada tiket .nuhun

    BalasHapus
  12. Aku jg belum ada rencana liburan. Siapin UTS anak2 dulu 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya, itu udah di depan mata, ya...

      Hapus
  13. Wah iya desember libur akhir semesterya. Saya rencana mudik nengok ortu

    BalasHapus
  14. Sayangnya tanggal merahnya gak ada di bulan November ini :)

    BalasHapus
  15. Liburan memang menyenangkan saat sekolah umum maupun sekolah militer
    Mengistirahatkan jiwa raga sangat penting agar kembali sekolah/kerja fresh lagi
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  16. libur itu menyenagnkan sekali

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)