18.11.16

Waspada, Pemicu Alergi Ternyata Ada Di Sekitar Kita


Alergi adalah sebuah reaksi yang tidak begitu menyenangkan. Biasanya ditandai dengan kulit berubah kemerahan, terasa gatal, bahkan bengkak. Reaksi ini kadang datang tiba-tiba, yang akhirnya membuat kita bingung memikirkan penyebabnya. Ternyata, banyak orang yang berusaha menghindari penyebab alergi yang mereka ketahui, tapi pada akhirnya mereka terpapar penyebab alergi lain yang dikenal dengan istilah alergen Berikut empat alergen yang bisa kita temui di sekitar kita, di antaranya sebagai berikut.

Debu Tungau
Tungau adalah serangga yang berukuran sangat kecil dan tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Tungau bisa ditemukan di mana saja, terutama tempat-tempat lembab. Serangga super kecil ini mengeluarkan kotoran dan banyak dari mereka yang mati, keduanya akhir menjadi debu yang dengan mudahnya dapat terhisap oleh manusia. Biasanya mereka yang alergi debu tungau akan bersin dan batuk-batuk. Dalam beberapa kasus, ada juga yang mengalami sesak napas.

Serbuk Sari
Serbuk sari dihasilkan oleh tumbuhan, mulai dari bunga hingga pohon. Biasanya serbuk sari lebih banyak pada waktu-waktu tertentu.

Udara Dingin
Udara dingin yang menyebabkan alergi umumnya bukan udara dingin buatan yang dihasilkan oleh pendingin udara, tetapi udara alami yang bisa ditemui di dataran tinggi. Biasanya mereka yang alergi udara dingin mengalami kulit kemerahan dan gatal-gatal, atau yang dikenal dengan istilah biduran.

Zat Kimia
Zat kimia bisa ditemukan pada produk kosmetik, produk pembersih, bahkan parfum. Reaksi alergi pada zat kimia bisa menyerang kulit hingga pernapasan. 

Perlu diketahui bahwa alergi tidak selalu muncul, saat pertama kali terpapar pada alergen. Sistem imun biasanya mengingat zat tersebut, kemudian menciptakan antibodi yang melawannya. Pada paparan kedua atau ketiga, reaksi tersebut baru akan muncul. 

Jika alergi sering muncul, namun Anda masih tidak dapat mengetahui penyebabnya, sebaiknya Anda menjalani tes alergi dengan metode tusuk. Pada pemeriksaan tersebut kulit akan ditusuk dengan jarum tipis yang telah diolesi beberapa alergen di ujungnya. Bintik merah yang timbul menandakan zat tersebut adalah alergen yang memicu reaksi alergi pada Anda. 

17 komentar:

  1. Gabisa bayangin kalo alesgi dingin. Rumahku di pegunungan, alhamdulillah tahan semua.
    Tapi anakku alergi makanan pabrikan. Hanya satu dua yang tahan. Jadi bener2 rempong nyiapin kalo bepergian jauh Mbak. Karena makanan harus made in emaknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ada ya yang begitu. Kudu ekstra hati-hati, ya..

      Hapus
  2. aku benccccccccccccci banget sama alergi huhuhu
    keinget masih raffi itu :(

    BalasHapus
  3. Udara dingin poin penting untuk saya, dikit saja dingin bersih-bersih :(

    BalasHapus
  4. saya nih alergi suhu udara ekstrim plus alergi obat2 tertentu juga :(

    BalasHapus
  5. Klo bangun tidur bersin2 ini alerghi jg ga ya mbak?

    BalasHapus
  6. Alergi sinar matahari Ceu dua anak Bunda kena . . . Alhamdulillah sekarang magh agak berangsur.

    BalasHapus
  7. Kalo masku,pas cuaca dingin biasanya hidungnya gatel dan bersin2

    BalasHapus
  8. Saya kalau dingin langsung bersin-bersin.. Pas beberes juga suka bersin-bersin, mungkin karrna debu juga.
    Tapi yang paling jelas sih alergi udang. Langsung gatal dan sesak napas kalau makan udang. :(

    BalasHapus
  9. ...aku alergi suhu dingin dan debu yg berseleweran.. itu sungguh menyedihkan...

    BalasHapus
  10. Aku alergi pengharum ruangan aroma jeruk. Pengen muntah hahaha. Gtau ini alergi atau cm sugesti

    BalasHapus
  11. Kesian banget kalo liat mereka yg punya alergi macem2 ya. Makan ini badannya merah, kena udara dingin alergi, kena debu juga. Memang perlu banget nih tes alergi biar tau badan kita harus bagaimana melindunginya dari alergen.

    BalasHapus
  12. Aku pernah punya alergi berat, hidung gatal, bersin-bersin dan pusing. Kalau udah muncul, jadi gak bisa aktivitas. Pas tes alergi, hasilnya negatif. Beberapa bulan kemudian, aku cabut gigi. Setelahnya alergiku sembuh. Ternyata sumbernya gigi :)

    BalasHapus
  13. Wah ilmu baru nih Mbak, berarti pakai masker itu di anjurkan untuk menghidari debu dari serangga tungau, nice artikel

    BalasHapus
  14. dulu aku pernah alergi udang, pelan2 dicoba makan sedikit2..
    alhamdulillah jadi jarang kambuh

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah aku ga punya alergi Teh, jadi aman-aman aja. Jangan sampe deh :D

    BalasHapus
  16. Bila alergi dingin trus biduran kira-kira apa ya, Mbak, obatnya?

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)