10.8.16

Rujak Cuka dan Asinan Buah Ala-ala Saya


Teman-teman, masuk musim kemarau begini, paling enak itu makan makanan yang seger-seger dan pedes-pedes, ya? Entah itu baso, pempek, atau bahkan rujak dan asinan buah. Cuaca yang panas, rasanya bikin kepala gampang banget pusing. Dan makanan pedas nan seger tadi, dengan mudah jadi obat pusing yang alami.

Ngomong-ngomong soal rujak, teman-teman pada suka rujak cuka atau asinan buah, gak? Saya sih, sukaaa banget. Enggak tahu kenapa. Eh mungkin karena emang enak dan seger, ya. Dan juga karena saya doyan banget sama makanan pedes. Yang saya inget, saya itu udah suka makan rujak cuka atau asinan buah sejak kecil. Soalnya dulu, saat saya belom sekolah, sekitar usia 5 tahunan gitu, inget banget sering ‘malakin’ rujak cuka atau asinan buah dagangan nenek saya ketika bulan Ramadan. Sementara cucu-cucu lain ‘malakin’ es campur, es buah, dan aneka kolak, saya mah lain daripada yang lain. Ya itu tadi, malakin rujak cuka atau asinan buah. Saking seneng dan seringnya makan rujak cuka atau asinan buah, saya jadinya sering dibilang lagi ngidam alias hamil muda. Wkwkwkk… ada-ada aja deh, ya. Sudah cukup ah ngidam dan hamil mah. Udah gak muda lagi. Anak juga udah 4. Kasihan kalo nambah lagi. Nanti, si bayi diurus sama nenek-nenek atuh. Hihihi….

Saya memang seneng dengan rujak cuka dan asinan buah sejak lama. Tapi percaya atau tidak, sebelom menikah, saya belom pernah membuatnya sendiri. Selalu beli jadi. Beda dengan sekarang. Hampir sebulan sekali, pasti bikin dalam jumlah yang banyak. Mungkin karena saya dulu emang gak pernah dan menggangap gak bisa bikin dan masak apa pun, selain telor ceplok dan mie instan. Jadinya ya, udah ngecap diri sendiri gitu, tiap bikin dan masak selain yang dua tadi, pasti selalu gagal. Dan begitu juga kayaknya kalo saya bikin rujak cuka dan asinan. Pasti gagal juga. Jadi ya, daripada ujung-ujungnya mesti beli jadi, ya udah, gak usah bikin sendiri aja sekalian. Repooooot! :D

Behind The Scene
Beruntung, saya punya mertua yang jago masak. Tiga tahun tinggal di pondok mertua indah bikin saya banyak belajar masak. Termasuk rujak cuka dan asinan. Iya, setiap Lebaran, selain masak opor dan ketupat, di rumah mertua ternyata juga selalu bikin rujak cuka. Dan pas saya ada di sana, sayalah yang kebagian membuatnya. Dengan bimbingan beliau tentu saja. Alhamdulillah, meski gak nyampe jadi bala-bala alias bakwan, rujak cuka buatan saya lumayan enak. Katanya. Hahahahaha.

Sekarang, setelah gak tinggal di mertua lagi, saya jadi sering bikin. Awalnya sih seringnya rujak cuka. Tapi karena males dan sering lupa beli kacangnya, jadinya bikin asinan buah saja. Di lidah saya dan keluarga sih, katanya enak. Kapan pun saya atau siapa pun yang mau, saya pasti bikin. Gak mesti untuk lebaran saja. Bahkan untuk marketing day anak saya di sekolahnya, dia selalu bawa rujak cuka atau asinan buah. Alhamdulillah selalu laris. :D



Resep Rujak Cuka dan Asinan Buah Ala-ala Saya
Temen-temen mau resep rujak cuka atau asinan buah ala-ala saya? Enak, lho *muji sendiri*. Kalau mau, nih saya kasih resepnya.

Bahan-bahan
  1. Sebutir kubis ukuran kecil
  2. ¼ kg toge
  3. ¼ kg mentimun
  4. ¼ kg mangga
  5. ½ butir nanas
  6. ¼ kg ubi kuning
  7. ¼ kg bengkoang
  8. ¼ kg gula pasir
  9. 1 ons kacang tanah yang sudah digoreng matang
  10. 1 siung bawang putih
  11. 10 buah cabe merah segar
  12. 2-3 sendok cuka masak
  13. Garam secukupnya (sekitar 3 sendok makan)
  14. Air putih matang secukupnya (sekitar 2 liter)
Cara membuat
  1. Kupas dan cuci besih semua bahan buah dan sayur serta cabe merah. Simpan sebentar sampai airnya kering.
  2. Potong semua bahan buah dan sayur sesuai selera. Saya sih biasanya diiris kecil dan tipis. Masukkan ke dalam wadah besar.
  3. Cairkan gula pasir dengan cara menambahkan air sekitar satu gelas dan memasaknya hingga mendidih. Jangan terlalu lama. Di sini, saya biasanya sekalian nambahin garam.
  4. Kupas bawang putih, potong kasar cabe merah, dan kemudian ulek hingga lembut. Saya biasanya di-blender. Soalnya pegel kalo ngulek. Kalo dulu waktu di mertua, harus diulek. Beda enaknya, katanya. 
  5. Untuk rujak cuka, ulek kasar (secara terpisah) kacang yang sudah digoreng matang. Ada pun untuk asinan, gak perlu ditambah ulekan kacang.
  6. Masukkan bumbu ke dalam sayur dan buah yang sudah diiris tipis; tambahkan gula pasir dan garam yang sudah dicairkan; tambahkan cuka masak yang sudah disiapkan; tambahkan ulekan kacang (untuk rujak cuka); serta tambahkan pula air putih yang sudah matang. Aduk hingga bumbu terlihat merata.
  7. Diamkan hingga layu. Atau langsung masukkan ke dalam kulkas. 
  8. Rujak cuka atau asinan siap disantap

Nah itu dia resep rujak cuka dan asinan ala-ala saya. segeeeer banget disantap di siang bolong yang panas seperti di bulan Agustus ini. Bikin kepala yang pusing kembali normal. 

Eh btw, ngomong-ngomong soal Agustus, di tempat teman-teman sering ada lomba-lombaan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan gitu, kan? Suka pada ikutan, gak? Ada lomba 17an unik apa aja tuh? Kalo di sini mah, yang unik paling sepak bola ibu-ibu. Hihihi.. seru, lho. Tapi saya mah gak pernah ikutan. Malu eung gak bisa. Hehehehe… 

Nah, buat temen-temen kantoran, lomba 17an unik juga masih bisa dilakukan. Malah bisa sangat unik. Seperti lomba yang ada di halaman Futuready.com. Kayak lomba lari pake high heels, lomba merias dengan mata tertutup, lomba menahan tawa, lomba makan pedes, lomba ngambilin kacang hijau pake sumpit, lomba tebak kata, dan lomba menata puzzle. Dijamin sangat... sangat seru. Eh, FYI ya, Futuready.com ini adalah sebuah situs Broker Asuransi Online pertama yang memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready juga merupakan bagian dari AEGON, salah satu perusahan asuransi terbaik dunia yang berbasis di Den Haag, Belanda. Mau nyari produk asuransi yang bagus? Cus aja langsung ke website-nya.


Oke deh teman-teman, segitu deh resep ala-alanya. Lain kali share lagi deh *kayak yang bisa masak aja*. Selamat praktek dan selamat ikut lomba-lombaan, ya. Sampai jumpa. :D

4 komentar:

  1. Hemmm enak sekali memang dimakan siang2, sedep deh. Aku nggak mau nyoba buat, aku mau nyoba makan saja...

    BalasHapus
  2. sampe ngiler nih mak, biasanya suami beli jadi asinan atau rujak seperti ini :) kalo saya bikin suka ga pas bumbunya ><

    BalasHapus
  3. catet ah, suami suka sama rujak cuka dan asinan kayak gini, makannya sama kerupuk emih :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)