7.8.16

Wedang Jahe, Minuman Hangat untuk Masuk Angin


Seminggu yang lalu, sepulang dari acara seminar di Paris Van Java, entah karena memang pas perginya saya kurang enak badan, meskipun sudah memakai jaket tebal saat naik Gojek, saya masuk angin. Masuk angin yang lumayan berat. Badan jadi meriang, perut kembung, kepala pusing, mulut mual, hingga muntah-muntah. Masuk angin terberat di tahun ini deh kayaknya. Sampai-sampai, saya sempet ngira kalau saya hamil lagi. *Waduh* Beruntung, satu garis merah di test pack menenangkan hati saya. Bukan, bukan saya gak mau punya anak lagi. Tapi ya, anak saya yang keempat kan baru 2 tahun. Sementara yang ketiga, baru 4 tahun. Kalau memang dikasih kepercayaan sama yang di atas untuk nambah anak lagi, pengennya ya nanti aja kalo si nomor 4 sudah agak besar. Biar gak tambah repot gitu. Hehehehe….

Saat masuk angin kemaren, entah kenapa saya jadi inget almarhum bapak. Semasa masih gadis dulu, kalau saya masuk angin, selain dipijat punggung karena gak tahan dikerok, bapak biasanya ngasih saya minuman jahe hangat. Bapak bilang sih, namanya Wedang Jahe. Meski saya gak suka sebab rasanya yang pedas, tapi minuman itu manjur untuk masuk angin. Iya, segelas besar wedang jahe hangat yang diminum di malam hari, bisa membuat tidur nyenyak. Sehingga paginya, badan kembali segar seperti sediakala. Jika masuk anginnya belum sembuh benar, tinggal tambah lagi minuman jahe hangatnya. Gak sampai esok harinya lagi, badan sudah kembali sehat.

Tapi sekarang saya sudah berumah tangga. Dan bapak pun sudah tidak ada lagi. Saat masuk angin seperti kemarin, saya biasanya membuat wedang jahe sendiri. Atau dibikinin sama suami. Alhamdulillah, dalam waktu semalam saja, si angin minggat dari tubuh saya. Dan jelas, badan pun kembali normal.

Wedang jahe ini sudah seperti warisan turun temurun saja di rumah saya. Semacam resep minuman sehat untuk keluarga. Ya memang sih, minuman wedang jahe ini menyehatkan. Diminum saat masuk angin saja bisa bikin tubuh segar kembali, apalagi diminum saat sehat. Almarhum bapak saya sih, kalau sedang sehat, wedang jahenya dibuat dengan jahe yang lebih sedikit. Berbeda saat masuk angin yang jumlah jahenya bisa dua hingga tiga kali lipat.

Wedang jahe

Wedang jahe ini bahan-bahannya sederhana banget. Cuma jahe, gula aren atau gula pasir, dan juga air putih. Cara membuatnya juga tak kalah sederhana. Air putih kira-kira sebanyak satu liter dididihkan bersama segenggam jahe yang sudah dicuci bersih dan juga sebutir gula aren atau dua sendok makan gula pasir hingga air rebusan tinggal setengahnya. Jika sudah setengahnya, maka air rebusan jahe dan gula tersebut siap untuk diminum.

Jika jahenya tidak terlalu banyak, minuman wedang jahe ini enak sekali dinikmati saat cuaca dingin. Hangatnya jahe bisa bikin tubuh yang kedinginan menjadi hangat. Sedikit tambahan camilan tentu akan membuat suasana semakin semarak. Teman-teman punya resep minuman untuk keluarga juga? Yuk share ke saya. :)

12 komentar:

  1. Ini nih minuman favoritku yang gampang masuk angin hihihi .. Biasanya kutambahin susu biar agak kenyang Mbak ;)

    BalasHapus
  2. saya suka minuman wedang jahe dan bajigur apalagi kalo musim dingin :)

    BalasHapus
  3. Waktu hamil aku minum wedang jahe setiap pagi. Alhamdulillah lumayan bisa mengatasi mual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, betul. Kalo ke mana-mana, gantinya permen jahe..

      Hapus
  4. Saya suka minum wedang jahe apalagi kl abis berenang, seger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, angeeet. Biar gak masuk angin juga...

      Hapus
  5. Saya juga suka suka wedang jahe Mbak Nia. Tapi karena malas bikinnya biasanya beli yang sachetan yang ada di Supermarket. Pas awal-awal hamil dan mual minum wedang jahe ini bikin perut enak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, aku juga seringnya gitu :D

      Hapus
  6. Kok pas banget ya ini saya barusan bikin wedang jahe buat suami. Enak hangat di badan.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)