3.2.13

Sejarah Perkembangan Es Krim



Dibalik semua fakta yang sudah diketahui mengenai manfaat dan nikmatnya es krim, tahukah kita kapan sebenarnya es krim hadir di kehidupan ini? Bagaimanakah sejarah es krim itu sendiri?
Awal lahirnya es krim
Es krim ternyata sudah ada jauh sebelum berbagai inovasi dan teknologi dalam kehidupan hadir. Semua berawal dari abad ke-4 sebelum Masehi. Saat itu, Kaisar Nero (seorang kaisar dari Roma) memerintahkan para bawahan-bawahannya untuk membawa es dari gunung. Dengan penambahan gula dan dikombinasikan dengan berbagai macam buah-buahan, makanan ini menjadi salah satu makanan favorit sang kaisar. Tak heran jika sang kaisar selalu meminta makanan ini kepada para pembantunya.


Seperti halnya di Roma, Raja Tang dari dinasti Shang, Cina, juga menyukai hal yang sama. Dia selalu meminta kepada para pembantunya agar makanan segar dan manis dicampurkan dengan es dari gunung. Karena kebiasaan ini, para pembantunya tahu dan akhirnya mencoba-coba membuat dan mengkreasikan berbagai makanan dengan es dari gunung. Hasilnya, sang raja menyukai rasa es dari gunung yang dicampur dengan gula dan susu.

Berabad-abad setelah masa-masa itu, inovasi makanan ini kemudian dibawa ke Eropa. Dengan berbekal rasa yang menyegarkan, ternyata campuran es gunung, susu dan makanan manis tersebut mendapat tempat di hati masyarakat Eropa. Di sinilah, cikal bakal dari es krim modern yang bisa kita santap sekarang mulai hadir. Dan Negara yang paling banyak berjasa dalam pengembangannya adalah Itali dan Perancis.

Es krim di Amerika Serikat
Pada abad ke-17, budaya makanan penutup mulai memasuki Amerika Serikat. Begitu juga dengan es krim. Masyarakat di sini sangat menyukai es krim sebagai makanan penutup. Beberapa pesohor negara ini tercatat sebagai penyuka dan penghidang es krim dalam acara makan-makannya. Misalnya saja George Washington dan Thomas Jefferson. Kedua tokoh ini terkenal selalu menghidangkan es krim bagi para tamu-tamunya. Kemudian Gubernur Bladen dari Maryland, di tahun 1700 tercatat menghidangkan es krim dalam suatu penjamuan bagi para tamunya.

Baru pada tahun 1774, seorang pengusaha catering London yang bernama Philip Lenzi mengumumkan penyediaan jasa membuat berbagai jenis makanan dalam koran New York. Makanan yang disediakan ini meliputi es krim. Inilah kali pertama es krim dijual dan tersedia sebagai barang dagangan.

Toko penjual es krim pertama di Amerika Serikat berdiri pada tahun 1776. Di tahun ini jugalah kata ice cream pertama kali dipakai. Kata ini sendiri berasal dari frase iced cream yang mirip dengan iced tea. Sampai sekarang, kata ice cream dipakai untuk menamai makanan tersebut.

 

Sampai abad ke-18 awal, es krim dibuat secara tradisional. Cara ini dilakukan secara langsung. Jadi, ketika seseorang ingin memakan es krim, dia langsung membuatnya. Saat itu tidak ada tempat yang bisa menyimpan es krim secara lama tanpa meleleh. Teknologi pun mengalami peningkatan dengan ditemukannya penggunaan campuran es dan garam. Metode ini cukup efektif dalam mengontrol suhu leleh es yang menurun. Sehingga es krim bisa bertahan lama tanpa meleleh. Begitu juga dengan penemuan keranjang pendingin putar. Metode ini sangat membantu dalam produksi es krim yang banyak untuk dijual.


Bapak es krim modern
Meskipun banyak sekali tokoh yang ikut memberikan andil terhadap lahirnya es krim, Augustus Jackson merupakan tokoh yang paling dikenal sebagai pembuat es krim modern. Dia termasuk salah satu penemu berkulit hitam. Dia lahir pada 16 April 1808. Karena jasanya dalam perkembangan es krim sangat besar, Jackson banyak disebut sebagai ‘Bapak Es Krim Modern’.

Pria yang berasal dari Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat ini ternyata banyak menciptakan resep-resep es krim. Dia pernah menjabat sebagai koki kepala di Gedung Putih (1820-1830). Selama dia menjabat kepala koki ini, banyak sekali resep es krim ciptaannya. Karena bosan, akhirnya dia mengundurkan diri dan kembali ke Philadelphia untuk mengembangkan bisnis es krimnya. Dan pilihannya benar. Dia menjadi kaya dan terkenal dari bisnis ini.

 

 

Perkembangan es krim dan alat-alatnya

Pada tahun 1846, Nancy Johnson mematenkan mesin pembeku hand-cranked. Mesin ini menjadi dasar dalam mesin pembuat es krim di masa sekarang. Dua tahun sesudahnya, William Young mematenkan mesin yang sama yang dinamai "Johnson Patent Ice-Cream Freezer".

 

Jacob Fussel dari Baltimore, pada tahun 1851 mendirikan sebuah pabrik yang memproduksi es krim dalam jumah besar. Dan Alfred Cralle mematenkan cetakan es krim dan sendok es krim pada 2 Februari 1897.

Sejak itulah, penemuan-penemuan yang berkaitan dengan es krim semakin meningkat. Bahkan, produk ini semakin menjanjikan dolar yang tak sedikit. Dalam waktu singkat, es krim menjadi ikon dari budaya orang-orang Amerika.Terlebih dengan ditemukannya mesin pendingin kontinyu untuk es krim pada tahun 1926.

 

Di tahun 1920, Chris Nelson, seorang pemilik toko es krim membuat sebuah es krim yang disebutnya sebagai kue batang Eskimo. Ide ini datang ketika seorang pelanggannya kebingungan membeli es krim atau coklat batangan. Jadi dari sini Nelson membuat kue batangan coklat yang diselimuti es krim. Es krim ini pertama kali dijual pada tahun 1934. Es krim kue batang Eskimo ini mengalami inovasi dalam varian kue batang Eskimo yang rendah gula dan bebas lemak di tahun 1991.


Pada tahun 1920, Harry Burt membuat the Good Humor Ice Cream Bar. Burt mematenkannya di tahun 1923. Es krim inilah yang pertama dijual melalui mobil lengkap dengan bel dan seragam penjualnya.

Sejarah es krim sundae
Sejarah mengenai es krim sundae ada beberapa versi. Dalam versi pertama, cerita es krim sundae berasal dari negara bagian tengah Amerika Serikat. Konon, dahulu hukum di Negara itu melarang penjualan minuman bersoda pada hari minggu. Kota Evanston, Illinois, sekitar tahun 1890 menjadi kota pertama yang memberlakukan hukum tersebut. Sebagai alternatifnya, para pembuat soda menjual es krim soda tanpa soda. Resep itulah yang sampai sekarang dikenal sebagai es krim sundae.

Versi lain mengenai es krim sundae ini berasal dari pemilik perusahaan soda, Ed Berner dari Two Rivers, Wisconsin. Di kota ini, Berners dipercaya sebagai pembuat es krim sundae di tahun 1881. Konon, pelanggannya yang bernama George Hallauer memesan es krim yang ditaburi sirup yang biasanya memakai soda. Berner menyukai menu ini dan menambahkan resep ini pada es krim yang dijualnya. Namanya sendiri diambil dari nama hari dijualnya es krim tersebut, yaitu hari minggu atau Sunday. Akan tetapi setelah es krim ini laku, setiap hari mereka menjual es krim jenis ini.

Cones es krim
Seorang imigran Libanon, Abe Doumar membuat mesin cones es krim pertama di Amerika Serikat. Doumar mengkreasikan kue waffle sebagai cones untuk es krimnya. Doumar memakai dan menjual cones ini pada es krim untuk pertama kali pada saat pekan raya dunia di Amerika Serikat.

Italo Marchiony, di tahun 1903 mematenkan cetakan cup es krim. Pada 23 Juli 1904 Charles Menches dari  St. Louis, Missouri, mengisi 2 keruk es krim pada cones kue. Sejak itulah, cones dipakai untuk es krim.

Es krim di masa sekarang
Di masa sekarang, es krim sudah banyak ragamnya. Tak hanya rasa, aroma, dan warna, mesin, cara penyajian, dan kemasannya pun sudah banyak mengalami perkembangan. Tak heran, es krim menjadi makanan favorit bagi siapapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)