badge

28.2.13

BlackBerry Z10, Number One Wishlist of 'Emak-emak Narsis'


Gadget keren bukanlah monopoli orang-orang intelek yang duduk di kursi kantoran. Emak-emak yang kerjanya mengurus kebutuhan anak-anak dan suami pun membutuhkannya. Contohnya saya. Di sela-sela kesibukan rumah tangga beserta tetekbengeknya, saya selalu meluangkan waktu untuk meng-upgrade diri dengan berbagai hal dari internet melalui gadget. Mencari resep masakan, membaca artikel kesehatan dan keluarga, dan eksis (plus narsis) di jejaring sosial menjadi hal wajib dilakukan setiap harinya.

Sejak zaman kuliah, saya sudah hobi menulis. Dari nulis hal-hal yang gak jelas sampai nulis artikel hingga blogging. Berkat hobi itu, saya berkesempatan menjadi penulis dan editor. Karena memiliki anak-anak yang masih kecil, kantor dari rumah pun menjadi pilihan tak terelakkan.

Saya dan BlackBerry
Nulis nyaman di depan PC atau laptop, bagi ibu beranak 3 seperti saya adalah hal mewah yang sangat jarang dilakukan. Gimana enggak, selesai urusan dengan anak yang satu, tiba-tiba harus menjemput anak yang tengah. Beres menyuapi si sulung, eh si bungsu nangis. Begitu dan begitu terus.

Untunglah, di tahun 2010, sebuah ponsel pintar hadiah suami tercinta, bisa menggantikan peran laptop. Ya, dialah Si Kecil pintar BlackBerry Curve 8900. Si Bandel yang satu ini setia menemani saya menulis artikel di dalam angkot, membuat draft cerpen di sekolah anak, berfoto narsis untuk jejaring sosial Facebook dan Twitter di pasar tradisional, bahkan urusan arisan dengan ibu-ibu PKK selalu lancar berkat fasilitas BBM-nya.

27.2.13

Abiku, Teman Keseharianku

"Tiada hari tanpa Abi." 
Seperti itulah mungkin ungkapan ketiga anak-anakku. Karena ketika mereka bangun, abinya pulang kerja terlambat, atau pergi ke luar kota, hal yang ditanyakan pertama kali pasti selalu dia. Sebagai ibu, terkadang aku cemburu. Kuantitas waktuku yang lebih lama daripada abinya bersama mereka, ternyata tak membuat aku lebih prioritas. Hehe, ada-ada saja ya, kecemburuanku itu. :D

Kedekatan abi dan anak-anak tentu saja karena abinya jarang sekali marah. Jangankan untuk marah, matanya melotot sedikit atau bahkan diam acuh tak acuh ketika anak-anak salah, sudah membuat anak-anak panik dan takut. Keseharian bersama abinya yang selalu diisi dengan hal-hal yang menyenangkan juga turut andil sebagai alasan bagi anak-anak untuk selalu merindukan abinya. Kalau sudah bersama, jangan ditanya deh!Kongsi mereka susah dipecah-belah. Main game, berenang bersama, jalan-jalan, makan di luar, hingga nonton film pasti dilakukan bareng-bareng, meski tanpa 'restu' aku sebagai ibunya.

6.2.13

E-book Buku Anak

Perkembangan buku anak di Indonesia sudah mengalami peningkatan yang cukup pesat. Coba saja Anda jalan-jalan ke toko buku. Di bagian buku anak, ratusan judul buku dari berbagai penerbit berjejer di sana. Mulai dari picture book hingga chapter book. Tentu saja, ada yang bagus dan ada juga yang tidak. Semua relatif, tergantung pada Anda sendiri yang menilainya.

Namun, jika Anda berniat untuk membelinya, membaca resensi buku itu terlebih dahulu, meminta rekomendasi teman, dan meneliti isinya lebih detil akan jauh lebih baik. Tak sedikit, lho, buku anak yang justru tak pantas dibaca anak-anak.

Anda menyukai buku anak dan sering browsing untuk mencari e-book gratisan? Saya punya beberapa e-book untuk picture book. Tentu saja ini juga gratisan hasil dari browsing. Misalnya saja dari situs ini. Yuk, download! :D

5.2.13

Narsis Nan Kronis

Bakat narsis sepertinya sudah mendarah daging (bahkan menulang) di tubuh aku. Buktinya, setiap nemu kamera atau nyium gelagat yang berbau blitz, aku pasti siap sedia masang tampang sekece mungkin.

Bakat narsis sebenernya sudah ada sejak kecil. Tapi, berhubung zaman baheula emak-bapakku ga punya kamera, bukti-bukti sejarah kenarsisan itu pun tak pernah ada. Gejala narsis mulai aku rasain sejak di bangku kuliah. Teman-teman se-geng-ku yang ternyata narsis lebih dulu, mampu menggali potensiku yang sekian lama terpendam.

Semakin hari semakin narsis saja. Itu pujian   a.k.a umpatan yang senantiasa terlontar dari mulut teteh, aa, dan juga adikku. Tapi, ya namanya juga udah bawaan sejak orok, mau disindir apalagi dipuji si narsis tetep aja bersemayam dalam sanubari.

Robert Koch, Penerima Hadiah Nobel, Penemu Bakteri penyebab TBC



Jika sekarang ini kita tak asing lagi dengan penyakit TBC atau Tuberculosis atau TB, berterima kasihlah pada Robert Koch. Beliaulah ilmuwan sekaligus dokter yang pertama kali menemukan penyakit ini. Penyakit yang disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis, ditemukannya pada 24 Maret 1882.
Robert Koch lahir pada 11 Desember 1843 di Clausthal, pegunungan Harz, Jerman. Sejak usianya 5 tahun, Koch kecil sudah terlihat pintar. Orangtuanya yang merupakan ahli teknik pertambangan, dibuat heran dengan kemampuannya membaca padahal saat itu Koch kecil belum bersekolah.
anak yang pintar
Ketertarikannya pada dunia biologi dan kedokteran sudah ada sedari Koch anak-anak. Pembuktian terhadap minat ini dilakukannya dengan memasuki Universitas Gottingen jurusan Medicine (kedokteran) pada tahun 1862. gelar MD pun diraihnya empat tahun kemudian. Di tahun itu pula, Koch menikahi gaids bernama Emmy Fraats.
Selama 6 bulan setelah itu, Koch belajar studi Kimia di Berlin. Barulah di tahun 1867, dia mapan dan menjabat asisten rumah sakit umum di Hamburg. Pada awalnya, Koch membuka praktek di Langenhagen, tetapi kemudian di Rackwitz, Provinsi Posen di tahun 1869. Disinilah Koch lulus ujian petugas kesehatan distrik.

3.2.13

Keajaiban Alam Terunik & Teraneh Sejagat


Judul Buku : Keajaiban Alam Terunik & Teraneh Sejagat
Penerbit : Indria Pustaka
Tahun : 2012

Satwa Terunik & Teraneh Sejagat



Judul Buku : Satwa Terunik & Teraneh Sejagat
Penerbit : Indria Pustaka
Tahun 2012

Kumpulan Cerita Fabel ‘Aku yang Hebat’



Judul Buku : Kumpulan Cerita Fabel ‘Aku yang Hebat’
Penerbit : Rumah Ide 
Tahun : 2011

Storycake for Ramadhan (Antologi)



Judul Buku : Storycake for Ramadhan (Antologi)
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun 2011

Fun Science Experiments For Kids


Judul Buku : Fun Science Experiments For Kids
Penerbit : Cikal Aksara (Agromedia Grup)
Tahun : 2011

Membangun Karakter Jujur untuk Pelajar



Judul Buku : Membangun Karakter Jujur untuk Pelajar
Penerbit : DAK
Tahun : 2011

Mengembangkan Potensi Karakter


Judul Buku : Mengembangkan Potensi Karakter
Penerbit : DAK
Tahun : 2011

Buku Seri Hewan-hewan Unik : Ibu-ibu Hebat


Judul Buku : Buku Seri Hewan-hewan Unik : Ibu-ibu Hebat (5 Jilid)
Penerbit : DAK
Tahun :  2011

Ada Apa dengan Otak Tengah


Judul Buku : Ada Apa dengan Otak Tengah
Penerbit : Gradien Mediatama
Tahun : 2010

Mengenal, Mencegah, Mengatasi Silent Killer, “Kanker”

Judul Buku : Mengenal, Mencegah, Mengatasi Silent Killer, “Kanker” 
Penerbit : Pustaka Widyamara
Tahun : 2010

Subhanallah, Allah Menciptakan Lalat


Judul : Subhanallah, Allah Menciptakan Lalat
Penerbit : Regina
Tahun 2009

Menu Balita Super


Judul Buku : Menu Balita Super
Penerbit : Luxima
Tahun : 2009


Judul : Ensiklomini Pengetahuan Populer
Penerbit : Tinta Emas Publishing
Tahun :2008

Kamus Pintar Bergambar

Judul : Kamus Pintar Bergambar (Hewan)
Penerbit : Kiblat
Tahun : 2008

Jurus Sakti Menghindari Narkoba


Judul : Jurus Sakti Menghindari Narkoba
Penerbit : Duta Grafika
Tahun : 2008

Landak Mini, Si Mungil yang Berduri


            Kamu berencana memiliki hewan peliharaan tapi masih bingung dengan jenis hewan yang cocok? Binatang mungil satu ini mungkin bisa jadi pilihan. Namanya landak mini. Dalam Bahasa Inggris, dia disebut African pygmy hedgehogs.
            Perbedaan dengan landak biasa
Landak mini berbeda dari landak biasa yang bisa ditemui di kebun binatang. Perbedaan pertama bisa dilihat dari bentuk tubuhnya yang mungil. Dari bentuk tubuhnya ini, landak mini sering dikira sebagai bayi dari landak besar. Padahal, bentuk dewasa dari landak mini memang berukuran kecil. Berat landak dewasanya saja tak pernah lebih dari 600 gram.

Mengenang 53 Tahun Kelahiran Pil KB


Bulan Mei ini usianya genap 53 tahun. Kehadirannya selama itu sangat berjasa bagi dunia, terutama para ibu. Ya, dialah pil kontrasepsi pencegah kehamilan. Berkatnya, mencegah kehamilan semudah menelan pil-pil tersebut setiap hari.
 
Pil kontrasepsi atau yang biasa kita sebut sebagai pil KB mengalami perjalanan yang berliku-liku dalam eksistensinya. Tak sedikit pro dan kontra timbul atas kehadirannya. Pro karena pil ini mampu mengontrol kelahiran bayi dan menolong para ibu. Adapun kontra karena pil ini dianggap sebagai pembunuh ribuan hingga jutaan calon bayi.

Margareth Sanger
Perjalanan pil KB berawal dari seorang aktivis wanita yang bernama Margareth Sanger. Profesinya yang merupakan seorang perawat dokter kandungan membuatnya sering membuat dia melihat proses aborsi, kelahiran, hingga kematian ibu saat melahirkan. Bahkan kematian ibunya saat melahirkan bayi yang dikandung untuk ke-18 kalinya membuat dia berpikir tentang pengaturan kehamilan oleh wanita. Sanger berpendapat bahwa setiap wanita mempunyai hak dan kebebasan untuk memilih kapan dia ingin hamil dan kapan dia tidak ingin hamil. Dan tentu saja kebebasannya ini tidak harus mempengaruhi aktivitas seksual bagi dia dan pasangannya.

William Shakespeare: Aktor, Dramawan, dan Penulis Puisi-puisi Cinta Sepanjang Masa (1564 - 1616)



Siapa yang tak kenal seniman yang satu ini. Romeo dan Juliet serta Hamlet merupakan dua drama percintaan karya beliau di tahun 1596 dan 1600 yang terkenal hingga sekarang. Tak hanya itu saja, puluhan karyanya, abadi di dalam jagat seni dan di dalam hati para penggemarnya. Ya, dialah William Shakespeare, seorang pria berkebangsaan Inggris yang merupakan anak dari John Shakespeare dan Mary Arden.
Shakespeare muda
            William Shakespeare lahir pada tanggal 23 April tahun 1564, di Stratford-Avon. Semasa kecilnya, Shakespeare belajar bahasa latin dan bahasa Yunani di sekolah King Edward IV di Stratford. Di sana jugalah, Shakespeare membaca banyak skrip drama yang mengilhami karya-karyanya di kemudian hari.
 Selepas sekolah, Shakespeare menikahi Anne Hathaway, seorang wanita yang tujuh atau delapan tahun lebih tua darinya. Darinya Shakespeare mendapatkan dua orang anak perempuan, yaitu Susanna, yang lahir pada tahun 1583 dan Judith yang lahir di tahun 1585. Judith sendiri merupakan anak kembar yang kembarannya merupakan anak lelaki dan meninggal saat masih kecil.

Georges Claude, Si Penemu Lampu Neon


Di zaman seperti sekarang ini, penggunaan lampu neon sudah banyak dilakukan dimana-mana. Tak hanya membuat tempat gelap menjadi terang, lampu neon juga ternyata hemat dalam penggunaan energi listrik dan awet dalam penggunaannya. Dibalik penggunaan lampu neon yang besar-besaran seperti sekarang ini, tahukah kita siapa orang yang berjasa dalam penemuannya?

Dialah Georges Claude (1870 – 1960). Seorang pria berkebangsaan Perancis yang membuat lampu neon pertama atas inspirasi penemuan Daniel McFarlan (penemu lampu sebelumnya). Tak hanya sebagai penemu lampu neon, Georges Claude juga dikenal sebagai ahli kimia ternama. Georges Claude ini lahir di Perancis pada 24 September 1870.

Percobaan Claude tentang lampu neon merupakan percobaan sempurna akan lampu yang menggunakan gas inert di dalam tabung berisi karbondioksida dan nitrogen. Lampu ini juga merupakan lampu pertama yang menggunakan dan menghasilkan elektroda berumur panjang (awet).

Sejarah Perkembangan Es Krim



Dibalik semua fakta yang sudah diketahui mengenai manfaat dan nikmatnya es krim, tahukah kita kapan sebenarnya es krim hadir di kehidupan ini? Bagaimanakah sejarah es krim itu sendiri?
Awal lahirnya es krim
Es krim ternyata sudah ada jauh sebelum berbagai inovasi dan teknologi dalam kehidupan hadir. Semua berawal dari abad ke-4 sebelum Masehi. Saat itu, Kaisar Nero (seorang kaisar dari Roma) memerintahkan para bawahan-bawahannya untuk membawa es dari gunung. Dengan penambahan gula dan dikombinasikan dengan berbagai macam buah-buahan, makanan ini menjadi salah satu makanan favorit sang kaisar. Tak heran jika sang kaisar selalu meminta makanan ini kepada para pembantunya.

Sejuta Manfaat Dibalik Kesegaran Es Krim


Kita tentu sudah tak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Sensasinya yang segar dengan berbagai macam variasi warna, aroma, dan rasa pasti akan selalu menggugah selera kita, kapan pun dan di mana pun. Tak hanya orang dewasa, bahkan anak-anak begitu menggemari jenis camilan yang berbahan dasar susu ini. Ya! Dialah es krim. Makanan yang tak pernah absen dalam setiap perhelatan prasmanan di pesta-pesta.

2.2.13

Listeria monocytogens, Bakteri Pencemar Daging dan Susu


Kita tentu sudah tahu, bahwa bakteri, virus, dan jamur banyak menjadi penyebab penyakit disamping beberapa diantaranya juga memberikan manfaat yang tidak sedikit. Mikroorganisme menyerang tubuh kita melalui berbagai cara baik secara kontak langsung dari udara, tanah dan air maupun tidak langsung yakni melalui makanan yang kita konsumsi. Dari kontak tidak langsung ini, tersebutlah bakteri Listeria monocytogens.
            Bakteri ini sebenarnya berasal dan banyak terdapat di tanah, yang kemudian mencemari sayuran, dayuran kemudian dimakan binatang dan akhirnya binatang tersebut terkontaminasi bakteri ini. Bakteri Listeria monocytogens ini tumbuh subur pada daging dan juga susu. Itu sebabnya bakteri ini biasanya banyak dijumpai pada makanan mentah seperti sayur, daging, keju lunak, susu serta produk-produk hasil olahan susu yang tidak cukup streil dalan pemrosesannya.

Penemuan Oven Microwave, Musibah Membawa Berkah


            Penemuan barang-barang yang berguna di masa sekarang, terkadang tidaklah direncanakan secara khusus oleh sang penemu. Adakalanya penemuan itu tak direncanakan bahkan berawal dari sebuah kecelakaan, seperti yang terjadi pada penemuan microwave

Insiden yang mengejutkan

            Insiden kecil itu terjadi ketika masa perang dunia ke 2 tahun 1946, oleh seorang insinyur yang mengerjakan proyek radar pada Raytheon Corp., Dr. Percy LeBaron Spencer. Hari itu, ketika Spencer bekerja, tanpa terkena panas atau apapun, tiba-tiba permen coklat yang ada di sakunya meleleh. Sehari-hari Spencer bergumul dengan radar dan tabung vakum magnetron yang menjadi sumber energi radar. Di duga magnetron yang memang memancarkan gelombang elektromagnetik mikro (microwave) itulah yang menyebabkan coklat meleleh.

Ginkgo biloba, Tak Hanya Meningkatkan Daya Ingat


Kita tahu, penambahan usia, kebiasaan hidup, serta zat-zat kimia memberi dampak yang sangat kompleks bagi tubuh kita. Efek itu bisa berupa proses penuaan, timbulnya penyakit, bahkan hingga kematian. Kita juga tentu familiar dengan istilah radikal bebas. Ya, bagaimana tidak, molekul yang kehilangan satu atau lebih elektronnya ini sangat labil dan agresif untuk ‘merampok’ elektron milik molekul lain dengan cara mengikatkan diri dengan molekul yang dituju.
            Serbuan radikal bebas secara terus menerus inilah yang akhirnya menyebabkan efek-efek pada tubuh kita seperti proses penuaan hingga penyakit serius. Salah satu contohnya yaitu kerusakan pembuluh darah yang memicu penyakit lain seperti arterosklerosis, stroke, demensia (kepikunan) dan hipertensi. Dan jika menyerang sel otak, akan mempercepat kerusakan dan proses penuaan pada otak yang berakibat kepikunan dini. Otak terdiri atas 100 miliar sel neuron. Jumlah itu menyusut 50 000 – 100 000 sel setiap hari sejak usia 30 tahun. Akibatnya terjadi penurunan fungsi otak secara wajar (gampang lupa) maupun  penurunan fungsi kognitif yang tak wajar (lupa akan hal yang baru saja terjadi) atau pikun.

Multi Manfaat Asam Jawa


            Sebagai orang Indonesia, pasti kita tidak asing lagi dengan asam jawa. Rasa asam yang begitu khas sering menjadi pilihan bagi kita untuk membuat makanan atau minuman dengan memanfaatkan kekhasannya itu. Sebut saja sayur asam, air gula asam dan manisan asam menjadi contoh dari olahan produk alam ini.
            Asam jawa yang bernama latin Tamarindus indica ini sebenarnya merupakan pohon yang berasal dari Afrika. Tetapi karena pohon ini hidup di tempat tropis, maka tak heran jika pohon asam jawa ini tumbuh subur di Indonesia, terlebih di daerah-daerah dataran rendah. Di Sumatra, pohon asam disebut dengan bak me (Aceh), acam lagi (Gayo), asam jawa, kayu asam, cumalagi (Minangkabau). Di jawa disebut tangkal asem (Sunda), acem (Madura). Di Kalimantan disebut sebagai asam jawa. Di Sulawesi disebut dengan asang jawi (Gorontalo), camba (Makasar), cempa (Bugis).

Menangis Tidak Hanya Melankolis


Kita tentu pernah menangis. Kegiatan mengeluarkan air dari mata ini biasanya kita lakukan tatkala hati sedang sedih, tetapi tak jarang pula kita menitikkan air mata ketika hati bersuka cita.
            Orang sering mengidentikkan air mata dengan wanita yang ‘cengeng’ dan menganggap bahwa menangis didominasi kaum melankolis. Tetapi apakah demikian adanya? Jawabannya tidak. Siapa saja bahkan pria yang super jantan dan ‘macho’ pun pasti menangis, bahkan dalam kondisi tertentu, ia bisa menangis tersedu-sedu layaknya anaknya kecil.

Makanan-makanan Penuh Cinta


            Selama ini kita sering salah kaprah mengenai makanan. Ya, kita hanya menganggap bahwa makanan yang dikonsumsi tubuh diperlukan hanya untuk diambil tenaga atau kalorinya saja. Padahal dibalik itu, ada banyak sekali kebaikan-kebaikan yang menyertainya. Tidak hanya dari zat karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin yang dikandungnya saja, tetapi juga dari nutrien yang jumlahnya hanya sedikit dari makanan yang kita konsumsi tersebut.
            Makanan cinta bisa diartikan sebagai sumber-sumber nutrien yang kandungan-kandungan di dalamnya mampu meningkatkan perasaan cinta. Cinta di sini tentu saja dalam arti yang luas. Yakni memberikan pengaruh positif pada tubuh seperti halnya tubuh sedang jatuh cinta. Misalnya memberikan perasaan tenang; membuat tubuh termotivasi; menjadikan tubuh semangat; memelihara libido; dan berbagai hal positif lainnya.

Zat-zat Kimia Cinta


            Saat seseorang jatuh cinta, banyak sekali zat-zat kimia yang berperan di dalam tubuh manusia tersebut. Zat-zat itu tidak hanya mengalir di dalam tubuhnya saja tetapi juga di otak sehingga mengaktifkan bagian-bagian tertentu dari otak untuk bekerja lebih optimal. Pada akhirnya, muncullah sensasi atau tindakan nyata yang dilakukan dari manusia yang jatuh cinta tersebut. Apa sajakah zat-zat kimia yang berperan saat manusia sedang jatuh cinta?
Kortisol
            Kita mungkin sering mendengar kata kortisol. Akan tetapi, tahukah kita apa sebenarnya kortisol itu? Kortisol adalah sebuah hormon steroid yang diproduksi di dalam korteks kelenjar adrenal. Kortisol mempunyai peran dalam mengatur tekanan darah, fungsi jantung, dan penggunaan lemak tubuh, protein, dan karbohidrat. Kortisol juga terlibat dalam metabolisme glukosa, pelepasan insulin, pemeliharaan gula darah, dan respon inflamasi. Tak hanya itu saja, kortisol juga membantu dalam menanggapi dan mengatasi ekstrem stres, trauma, dan lingkungan. Karena fungsi yang disebutkan terakhir, kortisol sering disebut sebagai hormon stres.

Mari Mengintip Otak Orang-orang yang Sedang Jatuh Cinta!

            Sebentar lagi tanggal 14 Februari tiba. Hampir semua orang di dunia merayakan hari kasih sayang atau hari cinta. Meskipun di Indonesia banyak pro dan kontra dengan kehebohan kebiasaan luar negeri ini, tak ada salahnya jika kita tahu seperti apa isi kepala alias otak manusia saat sedang jatuh cinta. Toh, bukankah setiap hari adalah hari yang penuh cinta?
Otak manusia normal vs otak manusia yang sedang jatuh cinta
            Gambaran otak manusia yang normal dengan otak manusia yang sedang jatuh cinta ternyata berbeda. Hal ini berdasarkan pada penelitian kognitif dan fungsional otak dari hasil perbandingan tes MRI. MRI sendiri adalah tes yang menggunakan medan magnet dan pulsa energi gelombang radio untuk membuat gambar organ dan struktur di dalam tubuh. Dan dalam penelitian ini, otak yang menjadi sampelnya.

Al Falaki (787 M – 886 M), Si Astronom Asal Muasal Ilmu Falak



            Bulan puasa adalah waktu yang tepat untuk belajar berbagai hal mengenai Islam. Tak hanya hal-hal yang berhubungan dengan ibadah, bahkan ilmu pengetahuan hingga tokoh-tokoh yang berjasa dalam ilmu keduniawian dan masih berhubungan dengan Islam, patut kita pelajari.
            Jika selama ini kita hanya mengenal Astronom barat sebagai penemu dan tokoh-tokoh penting bagi ilmu pengetahuan, berarti kita tak tahu apa-apa. Sebenarnya, banyak sekali tokoh-tokoh muslim yang beasal dari timur tengah yang tak kalah besarnya berkontribusi terhadap ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah Al Falaki. Ya, nama ilmu falak sendiri berasal dari namanya. Siapakah dia?

Mari Cermati Makanan Saat Puasa!


Bagi sebagian umat muslim di Indonesia, berbuka puasa dengan berbagai sajian kolak aneka rasa tentu bukanlah hal yang baru. Hal ini tentu saja karena yang demikian itu sudah menjadi adat kebiasaan yang turun menurun sudah sejak lama. Dan memang benar, berbuka dengan sajian aneka kolak itu sangat nikmat dan bisa melepaskan semua dahaga setelah seharian berpuasa.
            Dibalik kenikmatan menyantap sajian aneka kolak, tahukah kita bahwa sebenarnya mengonsumsi makanan yang demikian saat berbuka puasa itu tidak dianjurkan? Bahkan beberapa ahli kesehatan menyebutkan bahwa yang demikian itu justru tidak baik bagi tubuh.
            Nah! Ada apa sebenarnya dengan kolak? Mengapa tidak baik bagi tubuh? Lalu, makanan seperti apa yang cocok disantap saat berbuka puasa dan sahur?

Waspadai Penyakit-penyakit di Bulan Puasa


Bulan puasa merupakan kesempatan emas dalam mendulang pahala. Tak hanya ibadah yang besar, bahkan tidur orang yang berpuasa konon merupakan ibadah yang akan diberi pahala oleh Allah swt. Tapi tentu saja, puasa yang dijalani harus sesuai dengan syariat yang berlaku.
Dalam menjalankan puasa, seringkali tubuh kita mendapatkan banyak gangguan dan halangan. Gangguan dan halangan ini kadangkala mengurangi kekhusyukan kita dalam menjalani ibadah yang dijalankan sebulan dalam setahun. Akibatnya, kita hanya merasakan lapar dan haus saja.

Hugo Gernsback, Bapak Fiksi Ilmiah yang Serba Bisa


Kita semua tentu sudah tak asing lagi dengan film Star Wars, Transformer, Men in Black, Matrix, atau pun Superman. Ya, film-film hebat tersebut dikategorikan sebagai film fiksi ilmiah karena menggabungkan unsur sains dan teknologi yang diimajinasikan teraplikasi di dalam kehidupan nyata. Namun, dibalik kehebatan film-film tersebut tahukah kita siapa orang paling berjasa yang pertama kali mencetuskan genre film-film seperti ini?

Tersebutlah Hugo Gernsback, seorang inventor (penemu), penulis, editor sekaligus penerbit buku dan majalah-majalah pertama yang beraliran science fiction (fiksi ilmiah).Hugo Gernsback terlahir dengan nama Hugo Gernsbacher pada 16 Agustus 1884. Dia berasal dari keluarga terpandang di Luxembourg City, Luxembourg. Ayahnya adalah seorang penjual anggur. Itu sebabnya, mesin-mesin kilang anggur memicu Hugo kecil untuk ‘jatuh cinta’ dengan hal-hal yang berbau listrik. Dari mulai batere, kabel-kabel, hingga bel-bel yang berbunyi. Namun pada saat remaja, Hugo lebih tertarik dengan cahaya dan bunyi bel.

James Braid, Sang Master Hipnotis


Praktek penggunaan ilmu hipnotis sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu kala. Akan tetapi, ilmu ini baru bisa terdefinisikan sejak salah satu ahlinya, James Braid, menyebut ilmu ini sebagai ilmu hipnotis. Ya, oleh karena itulah, James Braid banyak disebut sebagai bapak dari ilmu hipnotis.

James braid adalah seorang pria berkebangsaan Skotlandia. Beliau lahir pada tahun 1795. Semasa muda, Braid pernah magang di tempat bedah milik Charles Anderson. Tempat inilah yang akhirnya mempengaruhi Braid untuk menjadi seorang ahli bedah.

Tahun 1812, Braid masuk perguruan tinggi Universitas Edinburg. Di kampus ini, dia sangat mengagumi Thomas Brown yang saat itu menjabat sebagai kepala fakultas filosofi moral dari tahun 1808 hingga 1820. Kekaguman Braid pada tokoh ini sedikit banyak mempengaruhi hidup Braid di masa depannya. Braid lulus dari Universitas ini di tahun 1814.

Untuk Apa Itu Hipnotis?


Jika selama ini kita selalu menganggap bahwa hipnotis hanya digunakan untuk hal-hal yang negatif, kita salah besar. Ada banyak sekali manfaat dari hipnotis. Tak heran, sekolah-sekolah hipnotis dengan berbagai tujuan kian menjamur di berbagai kota di tanah air. Lalu, apa saja manfaat hipnotis itu?

Manfaat pertama dari hipnotis adalah untuk diri sendiri. Dalam upaya memenuhi manfaat terhadap diri sendiri ini, hipnotis merupakan suatu cara alternatif efektif yang dipakai untuk mengubah pikiran, perasaan, perilaku, kebiasaan dan kepribadian. Dalam hipnotis untuk diri sendiri, setiap individu dituntut untuk bisa menghipnotis dirinya sendiri. Tujuannya tentu saja adalah agar setiap individu bisa mengontrol secara penuh atas dirinya sendiri.

Ragam Aplikasi Hipnotis



Seiring bertambah banyaknya penemuan tentang berbagai macam teknologi, inovasi dalam penggunaan hipnotis pun mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Jika dulu hipnotis hanya dipakai sebagai metode dalam menahan rasa sakit saat melakukan bedah operasi serta sebagai salah satu hiburan saja, kini hipnotis banyak digunakan dalam berbagai bidang. Manfaat yang didapat pun beraneka ragam sesuai dengan penggunaan aplikasinya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi penggunaan hipnotis yang sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Hipnotis, Sebuah Tren yang Everlasting


Kita tentu sudah tak asing lagi dengan Romy Rafael atau Uya Kuya. Ya, dua pesohor negeri kita tersebut adalah pelaku dunia entertainment yang menggunakan dasar ilmu hipnotis. Berkat mereka pula, masyarakat kita mengenal hipnotis secara lebih jauh. 

Dulu, ilmu hypnosis dianggap sebagai metode supranatural atau magik. Hal ini tentu saja berkaitan dengan terbawanya suyet (pasien hypnosis) ke dalam keadaan yang disuruh sang guru hypnosis. Belum lagi suyet seringkali menjawab dan melakukan hal-hal yang mustahil dilakukan saat mereka sadar.

Akan tetapi, penemuan alat yang mampu menggambarkan gelombang otak, yaitu electroencephalogram mematahkan teori hypnosis sebagai bagian dari magic ini. Ya, gelombang otak yang dominan saat orang terhipnotis adalah Alpha dan Theta. Padahal ketika sadar normal, gelombang otak dari manusia berada pada gelombang beta. Sejak saat itulah, ilmu hypnosis diterima sebagai ilmu yang berdasarkan pada hal-hal yang ilmiah.

Wow, Itali Jadi Juara Dunia 2006 Karena Pelatihnya yang Bernama Neurofeedback?


Ya benar! Di tahun 2006 lalu, Itali yang sukses menjadi juara di ajang piala dunia setelah mengalahkan Perancis melalui adu penalti dengan skor 5-3 ini ternyata mempunyai senjata rahasia. Senjata rahasia ini berupa pelatihnya yang tak hanya mengandalkan Marcello Lippi. Namanya adalah Neurofeedback. Jika Marcello Lippi melatih skuad azzurri di lapangan hijau, maka pelatih yang bernama neurofeedback ini melatih para pemain di dalam ruangan. Lho?

Saffron Dari Waktu Ke Waktu


Sejarah perjalanan Saffron dimulai sejak lebih dari 3000 tahun yang lalu. Dimulai dari pendomestikasian spesies liar, Crocus cartwrightianus yang dipilih berdasarkan panjangnya stigma. Spesies tersebut kemudian saling dikawinkan (breeding) dan menghasilkan spesies mutan steril triploid,  yang diberi nama Crocus sativus. Spesies ini baru muncul pada akhir zaman perunggu.
dokumentasi saffron
Para ahli percaya bahwa saffron baru terdokumentasikan di abad ke-7 sebelum masehi, berdasarkan catatan orang-orang Assyria yang terkompilasi di Ashurbanipal. Setelah itu, barulah dokumentasi tentang saffron banyak dibuat termasuk catatan orang Spanyol yang memakai saffron sebagai obat dari lebih 90 macam jenis penyakit. Dalam cerita lain disebutkan bahwa saffron sering dipakai dalam ramuan sihir untuk berbagai penyakit aneh.

Kandungan dan Multi Manfaat Saffron


            Saffron selama ini banyak dikenal sebagai bumbu dapur yang membuat makanan bercita rasa khas. Sulitnya mendapatkan saffron serta harganya yang sangat mahal, membuat makanan ber-saffron ini hanya disantap oleh kalangan atas. Namun pun demikian, tak ada salahnya kita mengenal kandungan dan manfaat dari bumbu super mahal ini.
kandungan saffron
            Saffron memiliki lebih dari 150 komponen aroma yang volatile (mudah menguap), dan komponen non volatile. Sebagian dari komponen tersebut, termasuk kepada golongan karotenoid seperti zeaxanthin, lycopen, serta α-karoten dan β-karoten. Warna saffron sendiri dikendalikan oleh turunan karotenoid jenis crocin. Misalnya saja, saffron kuning-merah komponen utama zat warnanya adalah α-crocin, dengan nama lengkap trans-crocetin di-( β-D-gentiobiosyl)ester atau nama IUPAC nya 8,8-diapo-8,8-carotenoic acid.

Saffron, Bumbu Termahal di Dunia


Kita mengenal kaviar dan white truffles sebagai makanan termahal di dunia. Selain karena rasa dan ketersediaannya yang langka, dua jenis makanan ini dipercaya merupakan simbol prestige. Saatnya kita mengenal satu lagi makanan  mahal lainnya, dialah Saffron, bumbu khas yang per kilogramnya bisa mencapai US $ 11000 atau sekitar Rp. 99 000 000.
makanan ber-saffron
Tak seperti makanan mahal lainnya yang bisa langsung dimakan, Saffron harus ditambahkan pada resep makanan tertentu karena memang saffron merupakan bumbu. Masakan yang memakai bumbu saffron antara lain  French Bouillabaisse, Italian Risotto Milanese,  English saffron Cakes, Indian Biryani dan makanan impor lainnya. Selain dipakai sebagai bumbu, sejak dahulu kala, saffron biasa dipakai sebagai obat sedangkan dalam dunia industri sekarang ini, saffron banyak dipakai sebagai pewarna makanan, seperti pewarna permen, dan pewarna minuman keras.

Aneka Khasiat dan Manfaat Jamur



 Di zaman sekarang ini, tak perlu menunggu musim hujan untuk mendapatkan jamur. Kapanpun dan dimanapun kita bisa mengolah dan menyantap jamur. Berbeda dengan dulu, jamur didapat dengan cara memungut langsung dari alam tanpa budidaya.
            Jamur tak hanya disukai orang-orang semoderen sekarang, raja-raja Mesir dan Yunani kuno di abad sebelum masehi konon menyukainya. Rasanya yang lezat menjadikan jamur disebut sebagai makanan para dewa seperti halnya coklat.

White Truffles, Jamur Termahal di Dunia



Kita semua pasti pernah memakan jamur. Apapun jenisnya, dari mulai jamur kuping, jamur tiram, jamur merang, jamur kancing, ataupun jamur-jamur lainnya. Kebanyakan dari kita menyukai rasanya, kaya serat seperti sayur dengan rasa enak seperti daging. Dan sudah pasti menyehatkan.
            Tidak semua jenis jamur dapat kita makan, hanya jenis jamur tertentu aman dan tidak beracun untuk disantap. Dan yang ada di pasarlah yang sudah pasti aman dikonsumsi (bukan jamur liar).
            Pada umumnya harga jamur relatif mahal dibandingkan dengan sayuran. Harganya berkisar dari puluhan ribu rupiah hingga bisa mencapai ratusan ribu rupiah per kilogramnya. Hal tersebut terjadi karena ketersediaannya yang sedikit, susahnya budidaya hingga kandungan gizi yang ada pada jamur tersebut.