31.7.23

Lebih Ringan? Ikuti 5 Langkah Memilih Cicilan Kartu Kredit

Sumber gambar:
https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-dengan-jaket-abu-abu-memegang-smartphone-coklat-6331258/

Memilih kartu kredit tidak bisa sembarangan. Hindari memilih kartu kredit hanya karena Anda tergiur dengan iming-iming reward atau hadiah yang ditawarkan. Kebanyakan orang juga tergiur dengan cicilan 0% untuk belanja barang-barang di luar kebutuhan utama. 

Hal tersebut bisa berdampak buruk pada kondisi keuangan Anda. Padahal, kartu kredit dibuat dengan tujuan untuk membantu pengelolaan keuangan nasabah. Untuk itu, Anda harus bijak dalam penggunaannya. 

Pakai kartu kredit dengan tepat sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku, serta menggunakan manfaatnya dengan cara yang aman. Hindari penggunaan kartu kredit untuk kebutuhan yang tidak penting dan bersifat konsumtif. 

Anda juga harus memperhatikan limit yang tersedia, jangan sampai Anda menggunakan kartu kredit melewati batas limit tersebut. Perhatikan juga tanggal pembayaran, bunga serta denda keterlambatan. Lakukan pembayaran tepat waktu agar terhindar dari denda yang menambah beban kondisi keuangan Anda. 

Hal yang sama juga berlaku pada jenis pinjaman lain, misalnya KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Pastikan Anda mengambil cicilan KTA sesuai kemampuan membayar dan menggunakannya untuk kebutuhan yang sangat penting.

Cara Memilih Cicilan Kartu Kredit yang Ringan

Produk kartu kredit sebenarnya sangat membantu pengelolaan keuangan jika digunakan dengan tepat sesuai fungsinya. Anda bisa memilih produk dengan bunga ringan dan persyaratan yang memudahkan Anda mengelola keuangan dengan kartu kredit. 

Agar penggunaan cicilan kartu kredit bisa lebih optimal, Anda wajib memperhatikan hal-hal berikut yang bisa meringankan pembayaran:

1. Cek Promo Kartu Kredit

Setiap kartu kredit memiliki agenda promo cicilan ringan dengan bunga 0% dalam kurun waktu tertentu. Biasanya, Anda akan mendapatkan informasi program tersebut melalui newsletter, email atau pesan Whatsapp. 

Kartu kredit juga bekerjasama dengan merchant tertentu dalam mengadakan event promo cicilan KTA atau diskon besar untuk menghemat dana belanja Anda. Gunakan kesempatan di waktu-waktu khusus seperti itu agar penggunaan kartu kredit bisa lebih optimal dan angsuran yang wajib Anda bayar tidak terlalu besar.

2. Ingat Limit Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit bukan berarti Anda bisa bebas membeli berbagai macam barang tanpa perhitungan yang matang. Perlu Anda ingat, kartu kredit memiliki limit dana talangan untuk masing-masing nasabah. 

Perhatikan limit yang Anda punya saat berbelanja atau menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan lainnya. Hindari belanja menggunakan cicilan kartu kredit hingga limit habis dan lakukan pembayaran sebelum jatuh tempo. 

Pihak bank penerbit kartu kredit memiliki kebijakan khusus jika Anda menggunakan kartu kredit hingga terjadi over limit. Umumnya, Anda akan dibebankan biaya tambahan sekitar 5% dari nilai over limit.

3. Bayar Cicilan Tepat Waktu

Sumber gambar:
https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-tangan-smartphone-internet-5717944/

Lakukan pembayaran cicilan KTA dari kartu kredit tepat waktu. Hindari penundaan pembayaran, karena imbasnya Anda terkena denda dan bunga yang lebih besar. 

Performa Anda juga akan menurun, yang mana bisa menyebabkan limit kartu kredit atau pinjaman jadi berkurang. Anda bisa menggunakan alarm pengingat pada aplikasi di smartphone agar bisa membayar tepat waktu. 

Dengan begitu, performa kredit Anda terjaga dengan nilai yang baik dan akan memudahkan pengajuan pinjaman yang Anda lakukan di kemudian hari. Anda juga akan terhindar dari risiko denda keterlambatan dan penumpukan bunga yang semakin besar dan membebani pengeluaran Anda.

4. Pilih Tenor sesuai Kemampuan

Saat memilih cicilan kartu kredit, Anda wajib mengetahui pilihan tenor yang tersedia. Pilihlah tenor pembayaran yang rasional sesuai dengan kemampuan dari penghasilan bulanan Anda. Cek sisa pinjaman lain yang mungkin masih tersisa dan wajib Anda bayar. 

Pastikan keseluruhan tenor pinjaman dan angsuran tidak membebani Anda. Biasanya, tenor yang disediakan bank penerbit mulai dari 3 bulan hingga 24 bulan. Semakin lama tenor yang Anda pilih semakin kecil nilai cicilannya, namun semakin besar nilai total pinjaman yang wajib Anda bayar.

5. Ubah Nilai Belanja dalam Bentuk Cicilan

Beberapa kartu kredit menawarkan pilihan mengubah total nilai belanja Anda ke dalam bentuk cicilan pembayaran yang ringan. Anda bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk mengoptimalkan penggunaan kartu kredit. 

Namun perlu diingat, limit kartu kredit tidak akan bertambah dengan cara mengubah nominal belanja menjadi cicilan KTA tersebut. Bunga yang dibebankan juga tidak berubah sesuai dengan ketentuan yang berlaku secara umum. Pastikan Anda menggunakan kartu kredit sesuai dengan fungsinya secara bijaksana dan tidak berlebih-lebihan saat memakainya

Cicilan Kartu Kredit Ringan dengan Aplikasi Bank Digital

Kartu kredit dan pinjaman tanpa agunan tidak hanya bisa Anda dapatkan melalui bank konvensional saja. Saat ini, perbankan digital juga menyediakan produk kartu kredit serta cicilan KTA yang ringan dengan proses pengajuan yang mudah dan cepat. Salah satu bank digital penerbit kartu kredit dan KTA adalah Aplikasi digibank by DBS

Aplikasi digital banking tersebut sudah digunakan banyak orang dan transaksinya terjamin aman di bawah pengawasan OJK. Aplikasi digibank by DBS telah dilengkapi dengan banyak pilihan produk serta layanan transaksi perbankan yang praktis dan mudah. 

Sederet keuntungan bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS untuk berbagai kebutuhan harian Anda. Berikut ini keunggulan Aplikasi digibank by DBS yang bisa Anda rasakan, antara lain:

  • Transaksi perbankan lengkap, mudah dan terjamin aman. 
  • Tersedia produk asuransi dan ada lebih dari 150 pilihan produk investasi.
  • Ada penawaran kartu kredit dan pinjaman, tenor cicilan ringan hingga 60 bulan dengan approval 60 detik.
  • Akses dan monitor 24/7 di Aplikasi digibank by DBS.
  • Gratis iuran tahun pertama.

Bijak dalam memanfaatkan cicilan kartu kredit akan membantu pengelolaan keuangan Anda lebih baik lagi. Memanfaatkan beragam layanan dan produk yang tersedia di Aplikasi digibank by DBS untuk kemudahan pemenuhan kebutuhan keuangan Anda. Gunakan aplikasinya dan dapatkan sederet manfaatnya sekarang juga. Untuk informasi lebih lanjut, bisa Anda dapatkan di sini.


11 komentar:

  1. Nah bener nih kak. Aku kalo ajukan KTA harus sesuai kebutihan bukan keinginan. Menggunakannya jg jd lebih bijak. Aku melihat kesanggupan tenor aku dan berusaha membayar cixilan sebelum waktu jth tempo.

    Boleh jg nih aku coba apply KTA di digibank by DBslS Bank.

    BalasHapus
  2. Nah iya nih, kalau punya kartu kredit jangan dilupakan bayar cicilannya. Apalagi buat yang sudah merasakan manfaatnya, harus selalu tepat waktu pembayarannya

    BalasHapus
  3. Nah ini menginformasikan nya terperinci dan mudah dipahami. Saya suka kesel kalau tiba tiba ada yg telepon, menawarkan kartu kredit yang katanya pembuatan dan syarat-syarat mudah. Tapi maksa! Jadi bukannya tertarik, malah ilfil duluan.

    BalasHapus
  4. Kita harus bijak dan tau cara mengaturnya juga yah, biar bisa termanfaatkan dengan baik. Cicilan kartu kredit di digibank ternyata ringan yaa

    BalasHapus
  5. Selain semua poin di atas, perlu juga diperhatikan bahwa gunakan kartu kredit untuk hal-hal yang produktif bukan konsumtif. Meminjam dan menyicil untuk usaha atau barang yang digunakan untuk menghasilkan uang kembali. Dengan begini, cicilan pun bisa disiplin dibayarkan.

    BalasHapus
  6. Kartu kredit tuh sangat bermanfaat jika kita menggunakannya dengan benar
    Seperti mendadak harus beli ponsel, dengan CC konsumen bisa menyicil tanpa bunga
    Jadi pingin punya lagi ah
    Coba apply ah ke digibank by DBS

    BalasHapus
  7. Memiliki kartu kredit dan bijak memakainya penting karena kartu kredit dibuat dengan tujuan untuk membantu pengelolaan keuangan kita jadi memang mesti pintar pilih kartu dan cicilannya.

    BalasHapus
  8. Bener banget ya kalau apply kartu kredit pastikan dipergunakan sesuai kebituhan trus kalau udah beli barang ingat nyicil tepat waktu. Bahkan kadamg2 ada promo potongan cicilqn gtu. DBS ternyata jg ada layanan CC serta KTA ya? Bisa buat perorangan ya selain buat keperluan bisnis?

    BalasHapus
  9. Sebenarnya CC ini bisa jadi sangat membantu dalam transaksi ya, teh..
    Asal memilih dengan cermat produknya dan menjalankan sesuai degan tips teteh di atas. Salah satunya bayar tepat waktu. Jadi kondisi berhutang gak terus menerus apalagi sampai bunga berbunga.

    BalasHapus
  10. Oke banget nih inovasi dari Digibank by DBS. Jadi makin tahu tentang kartu kredit.

    BalasHapus
  11. Kartu kredit nih kalau digunakan secara bijak, emang sebenarnya bisa membantu keuangan saat membutuhkan dana mendesak. Tapi kalau nggak bijak, akhirnya emang bisa bikin sengsara

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)