22.7.23

Simak 4 Alasan Berinvestasi di Reksadana Pendapatan Tetap

Sumber gambar:
https://www.pexels.com/photo/woman-sitting-by-the-window-using-her-cellphone-8743456/

Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT) termasuk jenis Reksadana yang memiliki banyak peminat. Itu karena RDPT menawarkan peluang keuntungan yang cenderung stabil dibandingkan jenis Reksadana lain. 

Maka tak heran bila RDPT menjadi instrumen investasi favorit orang zaman sekarang, terutama kalangan anak muda. Apakah Anda masih ragu dengan kinerjanya? Jangan khawatir. Jenis investasi ini tergolong aman dan rendah risiko, sehingga sangat tepat untuk pemula maupun profesional. 

Apa Itu Reksadana Pendapatan Tetap?

Jika masih ragu menggunakan RDPT itu artinya Anda masih belum begitu paham tentang kinerja instrumen investasi ini. Reksadana Pendapatan Tetap adalah salah satu jenis Reksadana yang menawarkan peluang keuntungan yang stabil. 

Sama seperti jenis Reksadana lainnya, RDPT juga dikelola oleh Manajer Investasi (MI). Dana yang disetorkan investor akan dikembangkan oleh MI ke beberapa efek utang dengan imbal hasil yang stabil. 

Contoh efek utang yang dimaksud yaitu Obligasi atau surat utang yang memiliki tenor lebih dari 1 tahun. Dengan demikian, peluang keuntungan yang didapat investor akan bersifat tetap karena sebagian besar dana kelolaannya dialokasikan ke surat utang. 

MI akan menginvestasikan 80 persen dana kelolaan yang terkumpul ke dalam surat utang, sementara sisanya (20 persen) akan diinvestasikan ke instrumen pasar uang. Lalu imbal hasil atau capital gain yang diperoleh akan diputar kembali untuk menghasilkan keuntungan yang lebih maksimal. 

Mengapa Harus Menginvestasikan Uang di RDPT?

Sebagian orang ada yang masih ragu menggunakan Reksadana karena dianggap sebagai instrumen investasi baru. Meskipun tergolong baru, RDPT termasuk investasi yang rendah risiko dan cukup aman bagi investor pemula khususnya dengan profil risiko konservatif. 

Jika masih ragu sepertinya Anda perlu menyimak kelebihan Reksadana Pendapatan Tetap berikut ini. 

Dapat Dicairkan dengan Mudah

Meski memiliki tingkat risiko yang sama-sama rendah, RDPT berbeda dengan Deposito karena dapat dicairkan kapan saja dengan mudah tanpa perlu menanggung denda. Itu artinya, Anda bisa sewaktu-waktu menarik dana investasi di RDPT pada hari bursa. 

Aman dan Efisien

RDPT dapat menjadi pilihan yang tepat bagi investor dengan profil risiko moderat dan konservatif. Selain itu, RDPT juga sangat cocok untuk investasi jangka menengah, yakni 2 – 3 tahun. 

Anda tidak perlu memikirkan strategi investasi secara mendalam karena hal tersebut akan ditangani oleh Manajer Investasi profesional. Namun, pastikan Anda tidak salah memilih Manajer Investasi karena tidak semuanya memiliki kinerja yang bagus. 

Potensi Keuntungan Ganda

Anda tidak hanya mendapat keuntungan dari dividen tapi juga bisa memperolehnya dari capital gain. Apa itu dividen? Dividen adalah keuntungan yang diperoleh dari hasil pengelolaan RDPT. Namun, perlu Anda ingat bahwa tidak semua RDPT memberikan dividen. 

Jika ingin mendapat keuntungan ganda maka pilihlah RDPT yang memberikan dividen. Agar tidak salah pilih pastikan dulu sebelum membelinya. Lalu apa yang dimaksud capital gain? Yaitu keuntungan yang akan Anda dapat saat menjual Unit Penyertaan RDPT. 

Capital gain akan diperoleh jika harga Unit Penyertaan mengalami peningkatan. Oleh sebab itu, Anda harus cermat saat menentukan timing yang tepat sebelum menjual Unit Penyertaan RDPT. 

Menerapkan Sistem yang Transparan

Tidak hanya Reksadana Pendapatan Tetap, jenis Reksadana lain juga menggunakan sistem yang transparan. Itu artinya, investor bisa dengan mudah mengecek ke mana saja dananya diinvestasikan oleh Manajer Investasi. Selain itu, Manajer Investasi juga wajib memberi informasi lengkap mengenai biaya dan tingkat risiko ke para investornya.

Sumber gambar:
https://www.pexels.com/photo/photo-of-a-woman-in-a-striped-shirt-using-her-cell-phone-7394482/

DBS Treasures Pilihan Tepat untuk Investasi Reksadana

Ingin investasi tapi bingung cara memulainya? Sekarang Anda tidak perlu bingung karena ada DBS Treasures yang siap membantu mewujudkan tujuan investasi Anda. Bergabunglah menjadi Nasabah perbankan prioritas untuk mendapat kemudahan dalam berinvestasi di berbagai instrumen. 

Anda akan dipandu untuk memilih langkah investasi yang tepat agar mendapat keuntungan yang maksimal. Dengan demikian, Anda bisa menghindari risiko investasi yang fatal berkat informasi dari tim ahli finansial dari DBS Treasures. 

Ingin tahu apa saja keuntungan menjadi Nasabah perbankan prioritas DBS Treasures? Berikut beberapa di antaranya.

Pilihan Investasi yang Dikelola Profesional

Reksadana yang disediakan merupakan produk pilihan yang dikelola oleh Manajer Investasi profesional yang sudah berpengalaman. Anda tidak perlu khawatir karena mereka akan mengoptimalkan kinerja Reksadana agar menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Beragam Informasi untuk Panduan Investasi

Anda tidak perlu bersusah payah mencari informasi terkini seputar investasi. Karena tim ahli finansial akan memberi informasi lengkap terkait hasil analisis pasar dan peluang investasi terbaru untuk Anda.

Kemudahan dalam Diversifikasi Investasi

Anda dapat menghindari risiko investasi yang sangat fatal dengan melakukan diversifikasi dana ke beberapa instrumen.

Praktis dan Efisien

Berbagai transaksi investasi bisa Anda lakukan melalui Aplikasi digibank by DBS tanpa perlu datang ke kantor perusahaan manajemen investasi. Melalui aplikasi tersebut, Anda bisa memulai investasi kapan saja dan di mana saja. 

Mulai dari pendaftaran Nomor Tunggal Identitas Pemodal, jual-beli Reksadana, bahkan switching investasi juga bisa dilakukan dengan mudah di satu aplikasi.

Nasabah perbankan prioritas akan mendapat informasi analisis pasar dari tim ahli finansial untuk mempermudah investasi. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapat informasi peluang investasi terkini yang sesuai dengan portofolio dan profil risiko Anda.

Informasi tersebut ditenagai oleh Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML) sehingga lebih akurat dan tepat. Di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan solusi yang disesuaikan dengan investasi (Grow) dan asuransi (Protect). Hal ini tentu akan mempercepat dan mempermudah Anda menentukan langkah investasi yang sesuai preferensi.

Segera bergabung menjadi Nasabah DBS Treasures dan dapatkan kemudahan dalam berinvestasi di Reksadana Pendapatan Tetap. Dapatkan informasi selengkapnya tentang DBS Treasures klik di sini.


23 komentar:

  1. Nah, beneran Mak masih banyak yang bingung seputar investasi nih. Bersyukur ya ada DBS Treasures bisa menjadi pilihan tepat untuk Investasi Reksadana. Tertarik banget sama yang reksadana dengan keuntungan yang stabil tuuhh.

    BalasHapus
  2. Iya reksadana bisa jadi alternatif investasi yang mumpuni setelah deposito. Bunganya sedikit lebih tinggi dari Deposito. Tapi biasanya, untuk saya apakah RDNPU itu mendapat atau dividen atau tidak, akan selalu melihat pada pertumbuhannya dan berapa banyak drawdownnya. Karena kalau mereka memberikan deviden, NAV-nya akan turun

    BalasHapus
  3. Wah terimakasih ya mak sudah sharing soal investasi ini, saya jadi bisa belajar investasi dengan pendapatan tetap. Untung aja ada DBS Treasures bisa menjadi pilihan kita untuk investasi reksadana.

    BalasHapus
  4. Memang begitu ya selalu pilihan hidup, keuntungan stabil tetapi aman untuk investasi (kalau jatuh gak sampe parah banget). Sementara yang high risk udah pasti high juga nilainya.

    BalasHapus
  5. Risknya hampir sama dengan deposito ya teh ini, aku belum punya invest jenis ini. Nuhun inpona ya. RDPT baru tau juga euy ada jenis ini, potensi keuntungan ganda. Coba belajar2 dulu deh aku yg buta iniih

    BalasHapus
  6. Kadang ada niat untuk investasi tapi bingung cara memulainya. Apalagi dalam bentuk reksadana.
    Tapi sekarang mah ada DBS Treasures, ya, yang siap membantu mewujudkan tujuan investasi kita. Pelajari dulu, deh!

    BalasHapus
  7. terima kasih ya Mba, ulsannya aku sedang di fase ini nih, buat belajar investasi, sebnarnya ini tabungan anak sejak bayi, mau nyoiba di investasikan

    BalasHapus
  8. aku masih 0 besar terkait investasi nih teh, butuh banyak belajar dan review dari kamu ini sangat membantu sekali,

    BalasHapus
  9. Pelan-pelan mulai mengerti tentang reksadana pendapatan tetap setelah membaca artikel ini. Walau ini investasi jangka panjang, tapi sewaktu-waktu butuh dana, bisa dicairkan ya, dan nggak kena "denda". Nggak kayak deposito

    BalasHapus
  10. Kalau DBS sudah tidak diragukan lagi sih, kebetulan dulu suamiku pernah kerja disana dan memang bagus banget. Salah satu investasi yang bagus sih menurutku dengan memilih reksadana.

    BalasHapus
  11. Kalau keuntungannya stabil, boleh banget nih Reksadana Pendapatan Tetap. Mau inves yang minim risiko kan. Cocok buat pemula yang duitnya gak ke mana-mana

    BalasHapus
  12. Kalo bicara tentang investasi, selalu terasa menarik. Soalnya terbuka peluang buat yang belum paham investasi untuk belajar dan mencoba.

    BalasHapus
  13. Pas nih Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT) buat pemula maupun profesional sebab menawarkan peluang keuntungan yang cenderung stabil dibandingkan jenis Reksadana lain.

    BalasHapus
  14. Jadi nambah wawasan nih tentang reksadana pendapatan tetap... Tertarik juga nih untuk nyoba investasi rdpt di dbs treasure, praktis ya...

    BalasHapus
  15. DBS Treasure bisa banget nih dicoba untuk menjadi nasabah dengan ikut investasi reksadananya.

    BalasHapus
  16. DBS juga ada investasi Reksadana juga ya. Aku pun lebih suka inves di Reksadana, tapi aku baru tahu ini ada Reksadana Pendapatan Tetap. Apalagi untuk pencairan juga lebih gampang ya. Jadi pengen cari tahunya infonya lebih lanjut TFS

    BalasHapus
  17. Inget banget dulu Bapak rahimahullah mencoba Investasi Reksadana di salah satu bank swasta Indonesia. Selain membutuhkan ilmu mengenai investasi, yang enak memang jadi langsung praktek dipandu oleh pihak perbankan-nya. Sehingga para nasabah tinggal menikmati hasilnya.

    BalasHapus
  18. Melakukan investasi adalah salah satu upaya kita untuk bisa merdeka finansial ya mbak
    Dan investasi Reksadana ini bisa menjadi pilihan terbaik ya

    BalasHapus
  19. reksadana pendapatan tetap ini jadi salah satu instrumen investasi yang menurutku aman apalagi buat pemula yang ga mau ambil risiko tinggi. pas banget jadi investasi jangka panjang

    BalasHapus
  20. wah baru tau sih kalau DBS itu ada investasi reksadana nya dan lebih mudah untuk proses pencairannya, tapi kesemua itu yang terpenting adalah mengelola uang di jangka panjang ya

    BalasHapus
  21. kalau dibanding deposito lebih tinggi RDPT, Teh?
    reksa dana jadi pilihan dibanding obligasi langsung sih ya karena dana yang diinvestasikan nominalnya bisa lebih kecil, 100ribuan kayaknya bisa buka RD.

    BalasHapus
  22. Jadi pengen investasi Reksadana lagi, apalagi yang pendapatan tetap lebih tinggi bagi hasilnya ya dibandingkan dengan deposito..semoga ada rezekinya bisa buka rekening RDPT lagi ya

    BalasHapus
  23. Timingnya pas,pas kepikiran investasi apa ya selain tradisional selain tanah dan emas,reksadana cocok sepertinya :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)