22.12.22

Pentingnya Mengganti Oli Motor Matic Secara Rutin


Halo manteman, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat, ya. Jangan lupa, sekarang ini tiap hari hujan. Iya, di tempatku mah tiap hari hujan. Di tempat teman-teman juga, kan? Kayaknya iya, hujan udah merata di mana-mana. Malah di beberapa tempat, kita juga dengan kabar kebanjiran. Semoga ya, sodara-sodara kita yang kebanjiran bisa selalu sehat juga. 

Ngomong-ngomong soal musim hujan, jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan, ya. Makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, rutin berolahraga, dan kalo perlu minum vitamin. Supaya badan selalu fit dan imun tetap bagus. Maklumlah ya, di musim hujan kayak sekarang mah penyakit mudah sekali masuk ke dalam tubuh. 

Yang Harus Selalu Fit dan Sehat Tak Hanya Badan

Nah ini yang sering kali kelupaan. Di musim hujan kayak sekarang, yang mudah sakit itu gak hanya tubuh. Hal lain juga sama. Kayak misalnya kendaraan bermotor. Kalo gak dijaga dan dirawat, beuh gampang juga kena ‘sakit’. Iya, rewel dan bermasalah.

Huhu… ngomongin kendaraan bermotor yang bermasalah di musim hujan, jadi keingetan dengan sepeda motorku yang beberapa waktu lalu rewel juga. Suaranya berisik, dan jalannya tuh gak enak banget. Untung deh gak sampai bikin jatuh atau celaka. Nauzubillah!

Ya bener, untungnya suami keburu inget kalo motorku udah lama gak diservis. Belom ganti oli juga. Jadi ya, sudah pasti deh segala kerewelannya berawal dari situ. Mesin dan kompenen lainnya gak bisa bekerja dengan sebagaimana mestinya karena banyak komponennya yang sudah aus, termasuk olinya. Padahal kan, yang namanya servis, perawatan, dan mengganti oli itu harusnya memang secara berkala.

Suami dan motor matic kesayanganku :D

Perempuan Pun Harus Tahu!

Gara-gara telat servis dan ganti oli, aku jadinya dapat ‘ceramah’ dari suami. Katanya, sepeda motor jangan hanya ‘diambil’ manfaatnya saja. Tapi juga harus diperhatikan semua kebutuhannya. Kayak kita aja yang butuh perawatan, sepeda motor juga gitu. Kalo enggak, ya bisa ngadat. Fungsinya gak akan bagus. Katanya, perempuan juga harus tahu urusan mesin dan oli.

Suami pun lalu cerita tentang manfaat oli untuk motor, yang ternyata gak hanya sebagai pelumas saja. Tetapi juga mempunyai fungsi yang lain di dalam motor. Seperti inilah beberapa fungsi lain dari oli.

Mampu mengurangi gesekan yang terjadi di antara komponen di dalam mesin motor. Jika olinya tidak bagus, atau sudah aus, maka gesekan antara komponen di dalam mesin jadi sering terjadi. Nah akhirnya komponen tersebut jadi cepat aus juga. Akibatnya, tenaga mesin jadi berkurang, yang ada, kotoran dan panas dihasilkan dengan cepat. 

Fungsi lain dari oli yang kedua adalah sebagai pendingin atas panas yang dihasilkan dalam proses pembakaran yang terjadi di silinder; serta panas yang akibat gesekan di antara komponen.

Fungsi berikutnya dari oli adalah sebagai perapat celah di antara piston dan silinder. Nah oli ini bisa mengurangi kebocoran kompresi ini atau pun tekanan yang dihasilkan dari pembakaran, di mana mekanismenya adalah dengan membuat lapisan oli ini sebagai pengisi celah di antara piston dengan silinder.

Selain fungsi-fungsi tadi, oli juga mampu meredam getaran dan juga suara bising yang dihasilkan benturan piston, lalu batang piston, dan juga poros engkol. Nah oli, akan melapisi bagian-bagian tersebut. Jadinya benturan bisa teredam dan suara mesin pun jadi jauh lebih halus.

Oli motor juga bisa berfungsi sebagai pembersih kotoran yang dihasilkan gesekan antar komponen di dalam mesin. Oli ini akan mampu membantu membawa kotoran yang ke luar tersebut jadinya bagian yang bergesekan di dalam mesin tetaplah bersih.

Jangan lupakan juga fungsi oli yang bisa sebagai anti karat. Oli ini akan melapisi bagian luar logam jadinya kontak langsung komponen dengan udara atau air bisa terhindar.

Oli Harus Diganti Secara Rutin

Wah, fungsi oli ini banyak juga ya buat sepeda motor. Tak hanya untuk motor biasa, motor matic kayak punyaku. Duh aku jadi ngerasa bersalah deh udah lalai dalam merawat motor matic-ku. Gak lagi-lagi deh aku lalai begitu. Mulai sekarang, aku harus merawat motorku dengan baik. Termasuk dalam rutin mengganti oli. Biar kinerja motorku selalu bagus. 

Pastinya sih, oli yang digunakan juga tidak semabarangan. Harus disesuaikan dengan motornya. Motorku kan matic, jelas olinya harus oli motor matic. Nah motor biasa, ya olinya juga harus dengan oli yang biasa.

Suamiku sih, yang biasanya bawa motorku ke bengkel, dulu pertama kali servis dan ganti oli, dia konsultasi dulu dengan bengkelnya. Supaya dapat oli terbaik. Kebetulan, bengkel yang biasa suamiku datangi sih ya Planet Ban. Biar servisnya oke gak kaleng-kaleng.

Planet Ban, Tempat Servis Motor dan Toko Suku Cadang Otomotif

Ya, suamiku kalo rervis motor matic punyaku pasti ke Planet Ban. Itu lho, bengkel otomotif yang sekaligus juga toko suku cadang otomotif kendaraan roda dua. Di sana ada layanan utama berupa Servis Rutin 5.000 KM, ada layanan oli X-Ten yang terkenal Tahan Lama, dan juga jual serta pasang ban motor yang merupakan produk dagang utamanya. 

Planet Ban ada banyak tokonya. Di Indonesia, Planet Ban sudah lebih dari 900 toko yang tersebar di berbagai penjuru tanah air, termasuk di daerahku yang merupakan kota kecil. Planet Ban melayani berbagai jenis servis dan penggantian oli. Olinya adalah Oli X-Ten yang sudah terkenal Tahan Lama itu. Berbagai jenis motor ada jenis olinya, termasuk oli motor matic. 

Fyi, Oli X-Ten yang Tahan Lama di Planet Ban ini membuat mesin motor kita jadi bersih, nyaman,  serta bebas overheat, sehingga bisa lebih stabil untuk berkendara. Di Planet Ban juga tersedia aneka sparepart yang sesuai standar pabrikan dan untuk beraneka spesifikasi motor. Termasuk juga produk ban unggulan. Dari mulai Michelin, Pirelli, Aspira Premio, Corsa, Maxxis, Zeneos, FDR, Kingland, IRC, Battlax, Swallow, dan juga Metxeller serta produk ban motor Planeto yang gratis biaya pemasanganny di seluruh toko Planet Ban, di Indonesia.

Selain produk-produknya, mekanik di Planet Ban juga pada ahli, yang dilengkapi dengan peralatan tyre changer dan peralatan lain yang lengkap. Jadinya, servis, atau memasang ban motor di Planet Ban jadi lebih aman. 

Well…

Uh, kapok deh aku lalai dalam menyervis dan mengganti oli motorku sendiri. Untung aja belom terjadi apa-apa. Padahal di musim hujan kayak begini, berisiko banget jika motor digunakan dalam keadaan tidak prima. Selain bisa membahayakan diri sendiri, juga membahayakan pengguna jalan raya lainnya.

Oke deh, nanti mah aku bakalan servis dan ganti oli dengan rutin. Biar motor matic kesayanganku selalu bagus performanya. Teman-teman juga gitu kan dengan motornya? Harus dong, ya. Jangan hanya diri sendiri atau keluarga saja yang diperhatikan. Kendaraan kita juga. Kendaraan kita kan punya peran penting juga dalam kelangsungan hidup kita. Bukan begitu?



12 komentar:

  1. aku sebagai penumpang motor ga ngeh kapan harus ganti oli teh wkwkwk soalnya ga bisa nyetir motor, jadi kemana2 di anter suami

    BalasHapus
  2. setuju nih mba memang sebaiknya kudu rutin ganti dan sesuai jadwal biar motor juga tetap sehat. kalau motor sehat kita pun yang pakai juga ngga kerepotan :D

    BalasHapus
  3. Bagi perempuan masalah oli masalah berat perlu tukang servis yang tahu produk tepat buat motor kita.

    BalasHapus
  4. Kalau urusan ganti oli, saya masih tau, deh. Masih termasuk yang tertib. Tapi, kalau untuk servis lainnya yang gak paham hehehe. Pastinya selalu ganti oli di tempat yang dipercaya

    BalasHapus
  5. Dulu pas aku sering bepergian jauh naik motor juga rutin ganti oli, Mbak. Soalnya kalau nggak sering diganti takut terjadi apa-apa kan malah repot.

    Di tempatku juga ada Planet Ban, Mbak. Aku belum pernah ganti oli di sana, sih. Paling ganti ban motor.

    BalasHapus
  6. Zaman aku msh gadis aku rajin ganti oli motor dan servis motorku sendiri hehe kalau skrng motor cuma satu jd yang ngurusin suami. Tp suami termasuk disiplin bawa motor ke bengkel, buktinya otor kami yang usianya bh tua dr motor anak pertamaku aweeett hahaha.
    Tp ya sbnrnya jarang dipakai jauh2 krn kami keluarga anker ke mana2 :D .
    Planet Ban ada dmn2 yaa., Deket rumah aku jg ada :D

    BalasHapus
  7. Walaupun kaum hawa, bukan berarti hanya bisa pakai kendaraan bermotor aja tanpa tahu ilmunya. Tapi juga harus rajin merawatnya biar nyaman saat berkendara ke mana aja

    BalasHapus
  8. nah bener banget tuh Mbak kalau kita punya motor nggak dicek olinya yang ada mesinnya bisa rusak aku dulu pernah tuh turun mesin ya ampun biayanya aduhai

    BalasHapus
  9. Jangan sampai telat ganti oli yak.
    Apalagi klo motor matic
    Kudu dicatet bgt iniiii

    BalasHapus
  10. Reminder banget ini teh..
    Biasanya aku suka simpen jadwal buat next service biar ga lupa. Tapi tetep sih, diperhatikan jarak yang uda ditempuh. Paling seneng kalo service motor tuh pas dapet langganan di bengkel yang nyaman kaya Bengkel Planet Ban. Full service buat kendaraan juga buat pemilik kendaraan.

    BalasHapus
  11. aku suka ingetin suami niiih mba pas di jakarta untuk motor kita... soalnya ngga bisa lakukan sendiri dan harus dicek terus

    BalasHapus
  12. Biasanya saya kalau servis ya sekalian ganti oli.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)