2.12.22

Memaknai Hari Ulang Tahun


"Mah, enjing ulang tahun Nia”

“Ah enya. Selamat ulang tahun nya!”

Seperti itulah kira-kita percakapan saya dengan mama, 34 tahun silam, di suatu hari di tanggal 24 Oktober. Saya begitu senang mengabarkan itu pada mama. Saat itu saya sedang liburan sekolah di rumah nenek, di sebuah desa di kawasan Pantura, di kampung halaman mama. Meski mama tidak menjanjikan kue ultah atau pun kado, tapi saya senang. Buat saya hari ulang tahun tetaplah istimewa. Walopun tanpa pesta, tanpa kue, atau pun tanpa kado.

Ulang Tahun yang Tak Terlupakan

Esok harinya, tanggal 25 Oktober, tanggal di mana saya berulang tahun, tepatnya dini hari sekali, sekitar jam 1 pagi, saya terbangun. Saya yang nginap di rumah bibi terbangun karena ada yang ribut. 

Saya celingukan. Banyak orang di sana. Tapi tak saya dapati wajah mama. Yang ada hanya orang-orang asing, tetangga-tetangga bibi saya. Untungnya seorang perempuan cantik mendekati saya. Di lalu bilang bahwa kakek saya meninggal tertabrak motor kemarin malam. Dan mama sedang dalam perjalanan pulang membawa jenazah kakek dari rumah sakit.

Ya, itulah momen ulang tahun saya yang tak terlupakan di sepanjang hidup saya. Bukan saat dibuatkan pesta, bukan saat diberi banyak kado, atau pun yang lainnya. Tetapi saat saya berulang tahun ke-10. Ketika saya merayakan hari lahir dengan menguburkan jenazah kakek di pemakaman. Dari sejak kejadian hingga sekarang, setiap fragmen dari kejadian itu tak pernah bisa saya lupakan. Padahal sudah 34 tahun berlalu.

Ulang Tahun Selalu Jadi Momen Istimewa

Hari ulang tahun selalu jadi momen yang istimewa untuk siapa pun. Anak-anak, orang dewasa, bahkan hingga lembaga atau suatu pihak tertentu. Jelas saja begitu, sebab hari ulang tahun mencerminkan lamanya kita eksis atau hadir di dalam kehidupan. Dan itu juga mencerminkan lamanya kita berjuang menghadapi hidup dengan berbagai tantangannya.

Hal itu juga yang terlihat di Hari Ulang Tahun JNE yang ke-32 tahun, beberapa hari yang lalu. JNE yang sudah berdiri selama 32 tahun silam merayakan hari ulang tahunnya.  Asal teman-teman tahu, JNE ini berdiri pada tanggal 26 November 1990. Pendirinya adalah Alm. H. Soeprapto Soeparno. Sejak awal JNE sudah berkomitmen sebagai perusahaan ekspres dan logistik nasional yang berkontribusi secara nyata terhadap kemajuan perekonomian Bangsa serta Negara. Wujud langkahnya berupa langkah-langkah bisnis yang sesuai dengan tagline “Connecting happiness”. Dan tentu, semua dilakukan untuk memberikan manfaat yang banyak dan seluas-luasnya bagi bangsa dan negara Indonesia.


Makna Ulang Tahun ke-32 JNE

Setiap berulang tahun, semua orang atau lembaga pasti mempunyai makna sendiri-sendiri. Nah di tahun ini, Ulang tahun JNE yang ke-32 mengusung tema ”Bangkit Bersama”. Maknanya sangat luas dan mulia, yakni Progress, Pertumbuhan, Pergerakan, dan Perjalanan

Jika diartikan, makna ulang tahun ke-32 JNE ini dimaknai sebagai perayaan perjalanan yang sudah lebih dari 3 dekade, yang sudah melalui berbagai macam proses perjalanan, sehingga terus bergerak, dari kelompok kecil hingga kini yang telah berkembang, sehingga memiliki lebih dari 50.000 orang Ksatria dan Srikandi (Karyawan), dari berbagai suku dan juga bahasa, yang didukung oleh lebih dari 8.000 jaringan. Pastinya kesemuanya akan terus bertumbuh dan memberikan manfaat terbaik untuk terciptanya Indonesia Bangkit. Baik bergerak bersama UMKM, pelanggan-pelanggan setia, hingga mitra supaya siap menghadapi tantangan dan Bangkit Bersama dalam perjalanan untuk mengantarkan kebahagiaan


Program-program di Ulang Tahun JNE Ke-32

Bukan JNE namanya jika momen sepenting ulang tahun yang ke-32 tidak memberikan program-program yang keren. Pastinya, dibuatkan banyak, entah itu untuk karyawan atau pun masyarakat luar. 

Ya, di puncak perayaan HUT JNE lalu, ada yang namanya program Shopping Bareng Yyatim dan Dhuafa. Di program tersebut dilibatkan 20 yayasan yatim piatu yang ada di kawasan Jabodetabek. Tentu kegiatan tersebut memberikan filosofi yang jelas bagi JNE yang selalu Berbagi, Memberi, dan Menyantuni

Kegiatan yang lainnya tak kalah keren. Ada kegiatan lomba foto, lomba video, khataman pembacaan Al-Qur’an, acara tasyakuran dan potong tumpeng, serta ziarah ke makam pendiri JNE Alm. H. Soeprapto Soeparno.

Sementara untuk masyarakat secara luas ada kegiatan kuis dan giveaway yang dilakukan di sosial media JNE. Bentuknya berupa Games Si Joni serta giveaway produk lokal bersama UMKM unggulan

Benefit yang lain juga didapat dari member JNE Loyalty Card (JLC) di program HUT JNE kali ini. Bentuknya berupa penukaran sebanyak 32 poin menjadi e-voucher ongkir Rp32.000 di periode 21 - 30 November 2022; dan promo diskon ongkir sebesar 32% di periode 26 - 27 November 2022 untuk kiriman service Regular ke seluruh tujuan di Indonesia. 

Selain program promo-promo tersebut, JNE juga berkolaborasi dengan Tab Space asal Bandung  dalam membuat merchandise khusus HUT JNE ke 32 tahun. Tab Space sendiri merupakan yaitu studio komunitas para seniman disabilitas. Jadi jelas, kolaborasi ini juga merupakan bentuk kepedulian JNE dalam mendukung seniman disabilitas untuk berkarya dan Bangkit Bersama guna menunjukkan karya-karya terbaik mereka, sehingga bisa dikenal masyarakat. 

Puncak Acara HUT JNE Ke-32

Ini yang seru! Di puncak HUT JNE ke-32 dibuat acara yang digelar secara hybrid. Acara live-nya dilakukan di Taman Yatim Piatu Tunanetra (Yatuna) Soeprapto Soeparno, di Jalan Pusdiklat Depnaker, Jakarta Timur, pada hari Minggu 27 November 2022 pukul 09.00 WIB hingga selesai. Acara tersebut dibuka dengan doa bersama yang di pimpin oleh Syekh Muhammad Jaber. Di sana hadir Manajemen JNE, hadir pula mitra, dan juga karyawan. Jelas, di acara tersebut diterapkan protokol kesehatan yang sesuai dengan aturan.

Karena sifatnya hybrid tadi, selain acara live, dilakukan juga live streaming yang disaksikan oleh seluruh karyawan JNE secara Nasional, melalui Channel Youtube JNE. Yang unik, di acara ini juga ada yang namanya digital army. Mereka adalah karyawan JNE dari beberapa cabang yang didatangkan untuk melakukan liputan acara di sosial media mereka. 

Acar puncak perayaan HUT JNE ini dipandu oleh MC Rico Ceper dan juga Bella Aprilia Sant. Hadir pula bintang tamu Kangen Band. Tahu kan mereka? Iya, band nasional yang terkenal dengan lagu Pujaan Hati, Terbang Bersamaku, Cinta Yang Sempurna, dan yang lainnya. Jika ditotalkan, yang ikut acara secara live dan streaming tersebut, ada lebih dari 50.000 Ksatria dan Srikandi JNE, dari berbagai pelosok tanah Air. 

Tak lupa, JNE juga membagikan doorprize dan grandprize, yang merupakan apresiasi JNE kepada karyawan. Doorprize dan grandprize ini berupa puluhan sepeda motor dengan hadiah utama berupa 2 unit rumah, bagi karyawan yang beruntung. Ada juga ribuan hadiah menarik lainnya. Pemilihan karyawan terbaik dari pusat hingga cabang pun dilakukan. 

Wuih!

Memang ya, hari ulang tahun merupakan sebuah momen yang penting. Tak hanya bagi kita secara pribadi. Bahkan untuk lembaga, atau brand seperti JNE. Tentu saja begitu, karena memang angka hari ulang tahun menjadi bukti dari eksis dan bertahannya JNE di tengah masyarakat, dan di tengah iklim persaingan dengan sesama penyedia jasa serupa.

Tentunya, angka 32 tahun bukanlah hal yang mudah untuk dicapai. Di sana ada kerja keras dan dukungan masyarakat hingga bisa berusia lebih dari 3 dekade. 

Semoga, dengan semakin bertambahnya usia JNE, semakin banyak pula manfaat yang ditebar dan kebahagiaan yang dihubungkan. Sesuai dengan tagline-nya Connecting Happiness. Selamat Ulang Tahun JNE. Semoga semakin berkah dan semakin di hati para pelanggannya!

Untuk teman-teman yang ingin tahu mengenai program atau info-info terbaru tentang JNE, selain bisa lihat akun Instagramnya, juga bisa langsung lihat ke websitenya. Linknya https://jnewsonline.com/. Berbagai info dan program yang sedang berlangsung juga diapdet di sanasana. 

17 komentar:

  1. waahh ternyata JNE udah berusia 32 tahun ya, selamat ulang tahun JNE, semoga semakin baik servicenya ke pelanggan, termasuk seluruh cabang2nya di Indonesia semakin terpercaya dlm pengiriman

    BalasHapus
  2. Momen ulangtahun penuh makna dari JNE dengan berbagi kasih.
    Memang bahagianya merayakan milad itu bareng-bareng ya. Sukses terus buat JNE

    BalasHapus
  3. hebat banget JNE sudah 32 tahun ya?
    selama itu pula JNE berjasa untuk UMKM untuk memperlancar pengiriman barang
    Sebelum JNE hadir, repot banget mengirim paket

    BalasHapus
  4. Pasti bahagia dan terharu anak anak yatim dan dhuafa mendapatkan kebahagiaan saat hut JNE
    JNE memang tidak tanggung dalam berbagi kebahagiaaannya ini. Sukses selalu buat JNE

    BalasHapus
  5. Happy Anniversary JNE. Wow sudah 32 tahun ya. Aku mengenal layanan JNE sudah 20 tahunan. Banyak inovasi dan puas dengan pelayanannya. Successfull JNE

    BalasHapus
  6. Nggak disangka ya HUT JNE begitu bermakna dengan banyaknya kegiatan. Nggak hanya potong tumpeng ulang tahun, berbagi dengan anak yatim dan bagi hadiah. Tapi juga ada banyak giveaway dan promosi untuk pengiriman bagi pelanggan

    BalasHapus
  7. Selamat ultah jne.. Sebagai pelanggan setia JNE saya tentu merasakan kepuasan atas pelayanan yg diberikan JNE apalagi pengiriman yg sesuai estimasi... Mantap dah jne

    BalasHapus
  8. JNE sudah 32 tahun? MashaAllah. Usia istimewa untuk sebuah usaha yang berkesinambungan dan memberikan efek positif serta manfaat kepada publik. Salut banget buat JNE yang memaknai bertambahnya usia dengan berbagai kegiatan positif dan bernilai. Wujud rasa syukur yang patut dicontoh.

    BalasHapus
  9. Happyyyyy Birthdaayy JNE
    Kesayangan sejuta neryjen , bakul dan buyer online nih.
    Wish you all the best, ya

    BalasHapus
  10. Bangkit bersama dan saling membantu untuk bangkit, keren nih tema yang diambil sama JNE. Salah satu layanan yang sering ku pake buat kirim-kirim paket juga

    BalasHapus
  11. Bangkit bersama, tema ulang tahun JNE ke 32. Artinya JNE tak hanya peduli pada dirinya sendiri ya mbak, melainkan juga merangkul berbagai pihak, baik yang berhubungan dengan bisnisnya secara langsung maupun tak langsung. Para pelanggan setian, dan juga anak-anak di panti asuhan

    BalasHapus
  12. Selamat hari Jadi JNE semoga makin melayani rakyat dalam hal pengiriman barang sesuai dengan tagline-nya "Connecting Happines"

    BalasHapus
  13. Peringatan 32 tahun JNE hebat euy...Benar sekali 32 tahun bukanlah hal yang mudah untuk dicapai, ada kerja keras dan dukungan masyarakat hingga bisa berusia lebih dari 3 dekade JNE berbakti untuk negeri pun berbagi, memberi dan menyantuni

    BalasHapus
  14. Teteh, turut berduka cita ya..teh.
    Meski perayaan ulang tahun bertepatan dengan meninggalnya kakek, semoga menjadi doa dan pengingat terbaik bagi kita semua.

    Selamat dan sukses untuk JNE di hari jadinya yang ke 32 tahun.
    Semoga senantiasa memberikan banyak kebermanfaatan dan kebahagiaan bagi semua.

    BalasHapus
  15. Ulang tahun bagi saya dan keluarga adalah moment yang penting banget dimana itu merupakan hari perayaan dari rasa syukur kalau pernah dilahirkan sekaligus harinya makan kue tart, hehehehe.

    BalasHapus
  16. Ulang tahun bagi saya pribadi adalah waktu untuk refleksi diri. Demikian juga pastinya JNE yang sedang merayakan hari jadi ke-32. Semoga semakin menghubungkan Indonesia dan melayani dengan optimal, seperti tagline Connecting Happiness-nya.

    BalasHapus
  17. Saluut banget aku sama suami Nia....kaya raya tajir bisa saja meninggalkan Nia saat ituu eeeh malah nyebur bareng di penjara

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)