11.12.22

Hikmah di Balik Masalah Nia Ramadhani


Dalam setiap masalah, Allah selalu menyelipkan hikmah. 

Seperti itu kiranya kata-kata yang terlontar dari mulut suami, ketika saya menangis tersedu-sedu, menyesali kebodohan yang setahun ini terjadi, yang akhirnya meledak di waktu itu. Meski terasa berat, meski belum bisa sepenuhnya ikhlas, hati saya membenarkan. Memang seperti itulah hidup. Berkali-kali menghadapi masalah, di baliknya pasti saja ada selipan hikmah. 

Sebulan berlalu, saya memang tak lagi sering menangis. Namun kesedihan dan penyesalan tetaplah ada. Sebisa mungkin saya mencoba untuk ikhlas. Toh semua ini karena perbuatan saya sendiri. Toh semua ini karena kebodohan saya sendiri. Dan tidak serta merta Allah membuatnya meledak kali itu, tentu semua karena Allah menyayangi saya. Allah ingin saya tak terus berkubang di dalam kebodohan itu. Allah ingin agar jalan saya kembali lurus. 

Belajar dari Kehidupan Nia Ramadhani

Senada dengan apa yang terjadi kepada saya, namun sepertinya masalahnya jauh lebih berat, terjadi pada Nia Ramadhani. Ya, teman-teman sendiri tahu itu. Tahun lalu, Nia Ramadhani ditangkap polisi karena positif menggunakan narkoba. Dan malamnya, Ardi Bakrie suaminya, menyerahkan diri kepada polisi.

Jelas, apa yang menimpa Nia Ramadhani sangatlah berat. Diketahui menggunakan narkoba, ditangkap polisi, masuk ke dalam sel, dan akhirnya divonis 1 tahun penjara, yang kemudian harus rehabilitasi dari ketergantungannya terhadap narkoba selama 8 bulan. Statusnya yang sebagai menantu konglomerat dan politisi, serta dia sendiri yang merupakan artis dan public figure, tentu membuat masalahnya semakin berat.

Tapi Nia Ramadhani menyadari, Allah tidak akan menguji hamba-Nya di luar batas kemampuannya. Nia Ramadhani yakin bahwa dia bisa melalui masalahnya itu. Sebab Nia Ramadhani juga yakin, Allah mengetahui dia kuat menjalani semuanya.

Move On dan Bangkit

Benar saja sekarang. Selepas beres menjalani masa rehabilitasi, Nia Ramadhani move on dari masalahnya. Dari mulai fokus ke diri sendiri dengan banyak berolahraga; dengan lebih mendekatkan diri kepada keluarga dan orang-orang yang selalu mendukungnya; hingga mendekatkan diri kepada Tuhan. Dan Berkat semua itu, kini hidupnya jauh lebih tenang dan jauh lebih bahagia.

Tentu, Nia Ramadhani bisa move on dan menjadi lebih baik seperti sekarang ini, itu karena dia mendapatkan support system yang lengkap. Dari suaminya yang selalu mendukungnya, teman dan para sahabatnya, keluarga besarnya, hingga mertuanya, Aburizal Bakrie. Bahkan sejak masuk tahanan dan rehabilitasi pun, mertuanya selalu ada untuknya. Dan tak sedikit pun beliau marah dan merasa dipermalukan oleh apa yang terjadi pada Nia Ramadhani. 

Semua sudah berlalu. Kejadian yang sudah terjadi hanya tinggal kenangan. Dan tentu, pantasnya, yang demikian dijadikan cermin saja. Supaya ke depannya bisa jauh lebih baik. 

Menuliskan Kisah Hidup di Buku Cerita Ade

Bangkitnya Nia Ramadhani tak hanya bisa kita lihat di kehidupannya sekarang yang bisa perhatikan dari media sosialnya. Lebih jauh dari itu bahkan Nia Ramadhani mengabadikan semua kisahnya ke dalam buku yang berjudul Cerita Ade. Dari mulai perjuangannya sejak kecil menjadi artis, masa remajanya, pernikahannya, hingga kehidupannya yang sekarang dituangkan Nia Ramadhani ke dalam buku ini. 

Hari Sabtu kemarin bukunya resmi terbit. Launching-nya dilakukan di toko Kinokuniya Grand Indonesia. So sekarang, siapa pun sudah bisa membeli bukunya. Baik secara langsung di toko buku, atau pun secara online di toko buku online atau pun di marketplace. 

Well... 

Hadeuh, saya juga gak sabar nih untuk segera membaca bukunya. Penasaran banget dengan kisah detailnya. Pastinya, membacanya hingga tamat akan bisa memberikan hikmah untuk saya juga. Supaya saya juga bisa ikhlas, bisa move on, dan bisa bangkit dari segala masalah yang kini sedang saya hadapi. 

Teman-teman ada yang sudah baca buku Cerita Ade yang ditulis Nia Ramadhani dan diedit Ayah Pidi Baiq, gak? Cerita dong mengenai keseruannya. Aku mungkin baru bisa baca buku itu minggu depan! 


22 komentar:

  1. Peluuuk Mbak Nia Haryanto.

    Gak nyangka juga sih Nia Ramadhani bakal kena kasus narkoba. Kita orang luar lihatnya dia hidupnya enak, bahagia, dan tidak kekurangan. Semoga Allah selalu melindungan kita semua.

    BalasHapus
  2. Dulu cita-citaku sebelum nikah adalah pengen jadi kayak Nia usia muda dan dapat suami tajir melintir wkwkwk tapi entah bagaimana ceritanya Nia bisa terjerumus dengan narkoba ya teh..tapi untunglah sudah terbebas kini keluarga juga support bakan makin produktif dengan meluncurkan buku. Mantap juga nih diedit sama Ayah Pidi

    BalasHapus
  3. semoga bukunya menginspirasi banyak orang dan menebar manfaat seluas-luasnya, ya. Aamiin..

    BalasHapus
  4. Wah, menarik banget pengalaman buruk tersebut justru dituliskan sehingga bisa jadi pelajaran dan diambil hikmahnya yaah. Penasaran pengen baca bukunya juga nih, kepo pengen tahu pengalamannya selama di rehab deh

    BalasHapus
  5. Kehidupan Nia Ramadhani memang selalu menarik ditelisik. Sebagai artis sejak cilik hingga dewasa dan menjadi bagian keluarga konglomerat Bakrie, tentu menjadi tantangan untuknya. Adanya cobaan dan pemikiran macam2 hingga masuk bui dan rehabilitasi gara-gara narkkoba. Alhamdulillaah dia sudah move on dan makin rajin berolahraga. Salut!

    BalasHapus
  6. Lihat rumput tetangga emang lebih hijau ya, siapa sih dulu yang ngga iri lihat hidup Nia Ramadhani ini? Tapi ternyata ada perjuangan dan masa lalu yang kita ngga pernah tahu. Alhamdulillah beliau bisa bangkit dan kini bisa berkarya melalui tulisan untuk berbagi hikmah. Kerennn.

    BalasHapus
  7. Aku ngikutin banget Nia Ramadhani, apalagi dia berkarier sejak anak-anak ya mbak. MEnikah lalu yang bikin banyak orang kaget waktu kasus narkoba. Selalu ada hikmah di setiap musibah. Sehat,bahagia selalu Nia Ramadhani

    BalasHapus
  8. Semangaatt mbak Nia, semoga bisa melalui masalah yang sedang dihadapi dan selesai semua dengan baiiikk.. Jadi penasaran juga ya isi lengkap bukunya, tebel gak ya? ahaha. soalnya ceritanya kayaknya banyak juga kan, hehe

    BalasHapus
  9. Apa yang terjadi dalam kehidupan Nia Ramadhani Bakrie ini semoga menjadi penyemangat untuk hidup menjadi semakin lebih baik. Semangat selalu :)

    BalasHapus
  10. Saya sejak dulu suka ngikutin perjalanan hidupnya, dan sedih waktu kena kasus. Tapi senangnya Nia bisa bangkit dan justru bisa mengubah gaya hidupnya lebih sehat. Dan hikmah saat direhabilitasi juga dia jadi bisa punya buku

    BalasHapus
  11. Mantab betuuull Nia ini ya.

    Bener2 inspiring.bs ngasih teladan buat semua.
    Setelah kesulitan pasti ada kemudahan dan jalan kluar

    BalasHapus
  12. Semua orang punya masa lalu, saya, Nia Ramadhani. Tetapi masa lalu itu titik tolak seseorang untuk bangkit. Suka deh dengan keluarga Pak Bakrie yang memberikan suport untuk anak dan mantunya. Sukses ya Nia cantik, aku ngefans loh denganmu dan keluarga kecilmu. Kompak dan akur

    BalasHapus
  13. alhamdulillah ya hikmahnya bikin hubungan suami istri makin harmonis dan keluarga juga makin bahagia

    BalasHapus
  14. Meluncurkan buku ya Nia Ramadhani, mantap . Inget jaman doi msh main sinetron, aktris paling cantik versi saya waktu itu hahaha

    BalasHapus
  15. Vibes Nia yang sekarang lebih positif. Kalau dulu kayanya mikir istri orang kaya. Kalau sekarang, udah gak kaya gitu. Auranya jadi beda. Bener sih kalau selalu ada hikmah di setiap masalah

    BalasHapus
  16. Setiap orang memiliki porsi masalah dan rintangannya masing-masing. Tak terkecuali Nia Ramadhani. Dia pun menghadapi masalah yg berat karena kedapatan menggunakan Narkoba. Namun, hebatnya dia, dia bisa move on dan menjalani hidup lebih tenang. Saya jadi penasaran juga dengan Novel Cerita Ade.

    BalasHapus
  17. Setiap masalah akan selalu ada hikmah ya mbak
    Termasuk apa yang dialami oleh Nia Ramadhani ini
    Alhamdulillah dia sudah move on dan melakukan gaya hidup sehat

    BalasHapus
  18. Seringkali meski hikmah sudah didapat dari masalah buat move on itu syusyaaah
    Maka inspiratif sekali memang Nia Ramadhani yang bisa segera bangkit dari masalah dan berprestasi lagi

    BalasHapus
  19. Gagal dan bisa bangkit kembali, ini membutuhkan kekuatan yang besar banget sih.. Tapi alhamdulillah, Nia memiliki support system yang mendukung sehingga semoga kegagalan ini menjadi pembelajaran untuk kita semua karena bisa menjadi sebuah karya yang menginspirasi anak muda, keluarga dan siapapun yang mungkin sedang terbelit kejadian serupa.

    BalasHapus
  20. keren banget teeeh bisa ikut meet & greet nya di peluncuran buku Ade ini yang mengisahkan kisahnya Nia Ramadani, keren deh dari sebuah keterpurukan dan bangkitnya hari ini aku liatnya Nia lebih segar yaa wajahnya

    BalasHapus
  21. Nia Ramadhani keren nih, semangat untuk memulai yang baru setelah pernah terperosok ke dalam masalah yang cukup berat. Hebat loh dia berani mengakuinya dan mendapat dukungan dari banyak pihak agar bisa kembali ke jalan yang benar.

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah, sepandai2 manusia memang yg paling berharga adalah pengalaman. Karena kita dibekali akal supaya tidak terjatuh 2x di lubang yg sama.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)