18.4.22

Sehat dan Bugar Bersama STRONGBEE


“Life is a journey.”

Seperti itu kiranya mindset saya sekarang. Memandang hidup sebagai sebuah perjalanan. Dari waktu ke waktu, saya menikmati setiap prosesnya. Entah itu proses yang menyenangkan atau pun yang menyedihkan. 

Yang menyenangkan tentu sangat mudah untuk dinikmati. Nah yang menyedihkan, tentu harus melewati berbagai proses. Dari yang asalnya berat, kemudian dipaksa ikhlas, hingga akhirnya jadi terbiasa. Apa pun itu, pada akhirnya harus dilewati. Harus dinikmati.

Pandemi Tidaklah Nikmat!

Hidup saya sebelum pandemi sangatlah tenang. Mengurus rumah, suami, dan 4 anak saya. Keseharian saya: menyiapkan keperluan orang-orang rumah, mengantar-jemput anak-anak, mengerjakan pekerjaan domestik rumah, dan mengerjakan semua pekerjaan saya sebagai freelancer. Meski monoton, saya menikmatinya. Lebih tepatnya, saya terbiasa dengannya.

Tetiba pandemi datang. Saya yang biasanya tenang dalam comfort zone, tiba-tiba merasa hidup berubah drastis. Meski diam di rumah terus, rasanya seperti jungkir balik. Saya harus ini, saya harus itu. Saya harus begini, saya harus begitu. 

Yang berubah tak hanya aktivitas. Beban pikiran juga. Emosi juga. Keuangan rumah tangga juga. Dan yang paling terasa, kondisi fisik juga. Saya yang tadinya sehat dan sangat fit, mulai merasakan keluhan yang mengganggu. Mudah sakit kaki, mudah kesemutan tangan, mudah pusing, mudah capek, susah tidur, dan banyak lagi. Pokoknya, efek pandemi sangatlah tidak enak!

Mencintai Diri Sendiri

Bukan saya namanya jika tak melewati proses panjang, untuk bisa jadi diri yang lebih baik. Pun demikian di masa pandemi. Harus sakit dulu, harus stres dulu, dan harus putar otak dulu untuk bisa jadi nyaman. Tapi better late than never. Di tahun kedua pandemi, Alhamdulillah, saya kembali menemukan diri saya sendiri.

Benar, semua terjadi ketika saya mencintai diri saya sendiri. Saya jadi tenang, saya bisa berpikir jernih, saya mendapat ‘pintu’ baru pekerjaan, dan saya merasa tubuh saya benar-benar sehat. 

Proses mencintai diri sendirinya gimana? Mensana in Corpore Sano! Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Iyes, vitalitas tubuh saya meningkat seiring rutinnya saya berolahraga. Pun demikian juga dengan kesehatan bathin, emosi, dan pikiran. Menjadi lebih sehat, ketika tubuh dalam keadaan sehat. Bonusnya pun banyak. Segala kesakitan saya hilang, turun berat badan, dan saya lebih semangat di dalam melakukan apa pun.

Olahraganya apa? Lari. Sejak setahun kemarin, saya rutin lari. Dua hari sekali. Atau minimal seminggu 2 kali. Tak perlu cepat-cepat, tak perlu jauh-jauh. Pace 7 – 8 saja, dan dengan jarak 5 – 10 km pun, saya sudah merasa cukup. Bukan tak ingin lebih cepat atau lebih jauh. Untuk saat ini, kenyamanan di dalam lari lebih jadi prioritas saya. Saya lebih fokus ke heart rate (detak jantung per menit) supaya bisa tetap berada di zona aerobik. Toh saya kan masih sebatas pelari rekreasional, dan bukan seorang atlet. 

Punya Target Lari? Tentu saja. Tahun lalu target saya bisa lari sejauh 10 km tanpa ngos-ngosan. Ternyata awal tahun ini saya bisa mewujudkannya. Nah tahun ini, target saya bisa kuat lari lebih jauh lagi. Yakni Half Marathon, atau 21 km. Dengan pace yang tetep nyaman buat saya. Sukur-sukur sih, bisa jadi lebih bagus.

Sehat dan Bugar Bersama STRONGBEE

Ini nih yang penting. Untuk bisa mencapai target, saya kudu punya strategi. Tapi saya bingung, gimana caranya? Seorang teman menyarankan saya untuk ikut kelas privat. Ya, semacam coaching gitu. Dilatih seorang coach dengan menu latihan tertentu. Untuk bisa lari yang baik, dengan jarak tertentu, dan pace tertentu, tentu tak bisa sembarangan. Dibutuhkan strategi costumize yang memang benar-benar cocok untuk saya.

Teman saya tersebut menyarankan untuk menggunakan aplikasi STRONGBEE. Sebuah aplikasi direktori olahraga dan kebugaran, yang membuat kita bisa booking tempat, trainer, atau pun kelas olahraga tertentu. Karena penasaran, saya pun nyoba install. Dan lalu mempelajari isi dari aplikasi tersebut. 

Wow, ternyata benar, STRONGBEE ini memfasilitasi penggunanya untuk bisa booking hal-hal tadi: tempat, trainer, atau pun kelas olahraganya. Rekomendasi yang diberikan itu berdasarkan pada domisili. Walopun pada akhirnya kita bisa memilih sendiri tempat, trainer, atau pun kelas olahraga yang kita mau.

Sebagai contoh, saya kepengen bisa ikut pelatihan lari. Saya pun searching dengan kata kunci Running. Dalam sekejap, saya mendapatkan informasi yang saya perlukan. Saya menemukan para trainer, event, dan juga tempat di mana saya bisa berlari.

Nih, salah satu trainer lari yang bisa saya booking. Informasi mengenainya sangatlah lengkap. Dari mulai keahlian trainernya, pengalaman trainernya, keprofesionalannya (yang ditandai dengan tanda Certified), cara menghubunginya, jadwal kelasnya, hingga area operasinya.

Fyi, untuk saat ini, informasi mengenai olahraga Lari ini memang terbatas. Saya menduga, hal ini terkait dengan bulan Ramadan. Kita tahu bersama kan, untuk di bulan Ramadhan, olahraga lari rasanya terlalu menyita tenaga. So kelasnya masih belum tersedia. Bulan depan, aku lihat lagi deh. Dan jika ada kelas yang dekat, aku kayaknya bakalan ikut dan booking di STRONGBEE.

Teman-teman ingin sehat dan bugar juga, kan? Yuk cobain STRONGBEE. Tenang aja, pilihan olahraganya juga banyak. Gak hanya lari. Tinggal search aja olahraga yang teman-teman minati. Nah nanti pasti akan ketemu. Baik itu trainernya atau pun kelas-kelasnya. Sesuaikan saja dengan jadwal teman-teman. Jadinya gak akan bentrok dengan kesibukan teman-teman.

Misalnya saja yang suka yoga. Nanti teman-teman bisa booking di fitur Trainer Yoga. Atau di yoga class. Ada yang offline dan ada juga yang virtual. Teman-teman tinggal pilih yang sesuai dengan kemauan. Harganya juga relatif terjangkau. Ini bisa dipilih sesuai dengan kemampuan teman-teman.


Sehat dan Bugar, Kunci Hidup Bahagia

Kita semua jelas tahu, sehat dan bugar adalah segalanya. Apalah arti uang yang banyak, apa juga enaknya usia panjang, jika kitanya sakit-sakitan. So, supaya hidup lebih bahagia, kita harus sehat dan bugar. Nah supaya sehat dan bugar, kita harus rajin olahraga.

Saya sudah merasakannya. Kebanyakan mager, kebanyakan leyeh-leyeh, dan ditambah gaya hidup gak sehat yang lainnya, bikin saya tersiksa. Berbagai macam gangguan kesehatan menyerang saya. Dan hal tersebut sangat tidak enak.

Yuk kita gerakkan badan kita. Yuk kita sehatkan tubuh kita. Yuk kita bugarkan pikiran kita. Supaya hidup lebih berkualitas, lebih semangat, dan lebih bermakna. Salam olahraga!





33 komentar:

  1. Mantap nih aplikasi olahraganya. Bisa buat menemani keseharian agar tetap sehat dan bugar, ya

    BalasHapus
  2. jadi strongbee ini aplikasi untuk personal trainer atau mendapat info tentang kelas-kelas olaharag gitu ya mak?

    BalasHapus
  3. Dengan adanya aplikasi strongbee dipastikan tujuan kita bisa tercapai dengan maksimal ya Teh. Soalnya sudah ada ketentuan kita mau latihan apa, dan dimana serta berapa lama. Senang dan semangat berolahraga nya Teh

    BalasHapus
  4. lengkap banget ya Mbak, cocok banget deh buat pemula, buat yang udah terbiasa lari juga pastinya dong jadi lebih terarah, begitu pun dengan olahraga lainnya dong ya.
    Ini udah berlaku Nasional belum ya? Bisa di seluruh Indonesia gitu secara biasanya di daerah cuma bisa woow doang karena termupengnya *eh jadi curcol :D

    BalasHapus
  5. Lari 10 km masyaAllah teh keren banget. Saya aja belum tentu bisa, hehe. Paling seneng sama jalan kaki jadi pengen dirutinin lagi. Mantap ada aplikasi Strongbee bs dicoba ya

    BalasHapus
  6. Cuss ahh memilih sehat dan bugar sebagai kunci hidup bahagiaa. Bener banget teh, life is journey bener2 puanjang banget akan mendewasakan diri kita baik dari segi pemikiran atau pun cara pandang hal lainnya, begitupun soal berdamai dengan diri sendiri. Ahh, semoga kita selalu diberikan kesehatan, pintu rezeki dibukakan dari segala arah,Aamiin.

    BalasHapus
  7. Wah aplikasi yang dibutuhkan banget nih, saat puasa biasanya kita mageran padahal kan gak sehat juga, pake Strongbee tinggal klik2 aja bisa dapetin materi olah raga yang kita mau ya kan :)

    BalasHapus
  8. Wah, saya tertarik nih dengan olah raga, tetapi bukan lari lagi. Sudah cukup umur untuk lari dari kenyataan, eh hihihi bercanda mbak. Saya mau cari olah raga ringan sesuai umur saya, ada nggak yah?

    BalasHapus
  9. Teteh terima kasih infonya, jadi pengen download Strong bee deh. Biar semangat lagi untuk olahraga. Penting banget untuk olahraga biar tetap sehat. Aku uda hampir 2 tahun ga olahraga, jadi cepat capek dan sakit aja, huhuhu.

    Btw, pilihan kelas dan trainer banyak juga ya, teh 😍

    BalasHapus
  10. Teh Nia seruu banget, semangat olahraga dan workout yaaa
    bodi dan jiwa makin paripurna
    aging like fine wine pastinyaahhh :)

    BalasHapus
  11. kemarin sempet lihat sediki tulasannya di Instagram, aku tuh tertarik karena biasanya cuma bermodalkan youtube aja olahraganya.

    BalasHapus
  12. Semangat olahraga meski dirumahaja bersama aplikasi STRONGBEE.
    Aku suka banget sama zumba teh.. Kadang sering ikutan salsa atau pound fit. Ingin mencoba aplikasi STRONGBEE jugaa..

    BalasHapus
  13. Sama Teh. Pandemi itu aku ngerasa kayak dihantui oleh kecemasan dan rasa takut tak menentu. Bener bener banyak doa banget. Karena aku suka ada takut kehilangan.

    Tulisan ini ngingetin aku tentang pentingnya olahraga. Jujur saya udah ga pernah olah raga lagi. Ngerasa udah capek ama kerjaan rumah dan anak anak bikin bener bener lelah. Padahal itu tak seharusnya jadi alasan ya teh. Apalagi sekarang ada aplikasi olahraga STRONGBEE

    BalasHapus
  14. Hebat nih teh Nia masih kuat untuk lari ya.Kalau aku nyerah,selain napas sudah gak kuat aku juga pernah cedera lutut.Paling olahraga BL aku suka.Baru tahu nih ada aplikasi Strongbee, aku mau download nih aplikasinya,bermanfaat sekali

    BalasHapus
  15. Teteeh, beneran sih pandemi ini bikin kita berasa jungkir balik dan segala kerasa yaaah. Aku juga merasa banget tubuh jadi kurang fit dan udah bertekad untuk mulai olahraga lagi niiih huhuhu

    Penasaran banget nih pengen coba intip2 aplikasi Stongbee soalnya pengen mulai olahraga nih

    BalasHapus
  16. wah strongbee memudahkan yaa, jd ngebantu kita untuk set target jg.
    liat mba Nia jd inget jaman aku masih suka lari dr pace 10 sampai pace 5 buat 20km hahaha..

    skrg mau mulai pelan2 nii biar gerak :D

    BalasHapus
  17. Keren Teh Nia..sedikit-sedikit lama-lama makin nanjak targetnya. Semangat dan terus sehat ya. Bagus sekali aplikasi STRONGBEE ini memudahkan kita mencari coach olahraga terkait atau booking sport class yang kita tekuni. Praktis!

    BalasHapus
  18. Aku juga nyobain aplikasi STRONGBEE ini buat daftar yoga, atau barre di deket rumah aku. Jadi kita bisa memilih dan mendapatkan instruktur yang profesional. Praktis dan memudahkan kita banget buat terus olahraga ya mba..

    BalasHapus
  19. Aku juga nyobain aplikasi STRONGBEE ini buat daftar yoga, atau barre di deket rumah aku. Jadi kita bisa memilih dan mendapatkan instruktur yang profesional. Praktis dan memudahkan kita banget buat terus olahraga ya mba..

    BalasHapus
  20. Keren mbak, bisa lari 10 km tanpa ngos ngosan. Semoga targetnya untuk bisa 21 km segera tercapai ya. Kan sudah nemu tempat buat latihan fisik dengan memanfaatkan strongbee

    BalasHapus
  21. Ternyata ada aplikasiny juga, ya. Aku baru tau lho, mbak. Aku rutin yoga tiap harinya, onlen di yucub sih selama ini. Jadi pingin nyobaain.

    BalasHapus
  22. Lari nih masih jadi PR banget.. Cobain ah aplikasinya..siapa tahu jadi amkins emangat olahraga termasuk lari...

    BalasHapus
  23. Wah asyik ada kelas yoga juga. Mau coba ah. Nggak dikasih bocoran biayanya nih mak? Atau biaya tiap kelas beda-beda ya?

    BalasHapus
  24. Wah, apakah aku kudu install STRONGBEE juga biar lebih semangat olah raga? Lumayan kan jadi terpantau dan ada target gitu. Jadi biar lebih sehat

    BalasHapus
  25. Saya lagi berhenti berolahraga. Memang masih harus mengkritik diri sendiri yang gak konsisten. Abis Lebaran mau coba olahraga pakai aplikasi Strongbee, deh

    BalasHapus
  26. Wah tertarik nih nyoba rutin untuk lari juga. Sementara ini aku masih yoga untuk pemula pengen nambah dengan jogging gitu mak.aplikasinya juga bagus ya

    BalasHapus
  27. Aku baru tau kalau ada aplikasi olahraga seperti Strongbee ini, download ah. Biar banyak informasi seputar olahraga. Biasanya aku cari kalau pas lagi butuh, tapi kalau ada appsnya gini sih lebih enak ya.

    BalasHapus
  28. Aku kudu nyoba ini biar badan tambah segerrr😍😍😍 selama ini males bergerak sebenarnya huhuhu. Liat ini jadi pengen nyobain

    BalasHapus
  29. Pandemi 2 tahun banyak terjadi perubahan ya mak... Terutama di dunia digital. Banyak yang akhirnya membuat aplikasi online termasuk Strongbee ini yang berfungsi untuk olah raga.

    Sangat bermanfaat pastinya buat kita yang dirumah.

    BalasHapus
  30. Oalah ya ampun, baru tahu sama aplikasi olahraga kayak gini. Biasanya random aja searching di youtube mau ngapain, atau ikut kelas-kelas by zoom. Mana pilihan olahraganya lengkap ya. Bisa dicoba nih!

    BalasHapus
  31. Wah, menarik banget ini mbak. Aku baru tau aplikasi ini, jadi bisa pilih olahraganya gitu ya untuk cari pelatihannya. Pingin nyoba jadinya

    BalasHapus
  32. Waah baru tau ada aplikasi olah raga seperti Strong bee ini. Lengkap banget ya. Bisa tau trainer pemula ya buat yang mau olahraga aerobik

    BalasHapus
  33. Waahh aplikasi ini cocok banget sama Teh Nia, lengkap ya informasi yang disediakan sampai ke trainer segala. Buat saya cocok enggak yaa, secara saya mah olahraganya senen-kemis tea bakal kepake engga aplikasinya, hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)