28.4.22

Berbagi Kebahagian dan Keberkahan di Bulan Ramadan


"Ma, kata bu guru besok Iyank harus bawa uang. Buat sedekah ke anak yatim piatu."

"Iya, Ma, A'Dan juga."

Seperti itulah kiranya ucapan yang terlontar dari mulut kecil anak-anak saya, Rayi (9 tahun) dan Rayyan (7 tahun). Keduanya ngasih tahu pesan gurunya kepada saya, agar besok harinya membawa uang. Untuk sedekah kepada anak yatim piatu, yang juga teman mereka sendiri di sekolah.

Siangnya lalu Rayyan bertanya. Apa sih yatim piatu? Kenapa sih harus ngasih sedekah? Kenapa juga harus di bulan Ramadan? Dan berbagai pertanyaan lain sejenis itu. Serta merta, saya pun menjelaskan semuanya kepada Rayyan.

Pertanyaan: kenapa harus di bulan Ramadan? Ternyata menggelitik Rayyan. Sebab dia terus saja bertanya tentang itu. Dia yang baru kelas 1 SD heran, kenapa sedekah di sekolah dilakukan di bulan Ramadan? Kenapa sebelumnya di bulan lain gak ada? Saya pun menjelaskan panjang lebar mengenai makna puasa. 

Singkatnya, saya jelaskan ke Rayyan bahwa puasa itu dilakukan supaya kita bisa merasakan apa yang dirasakan yatim piatu dan juga kaum dhuafa. Mereka bahkan dalam kesehariannya seperti itu. Sering menahan haus dan lapar. Dan saat makan serta minum pun, yang mereka dapatkan ya seadanya. Berbeda jauh dengan kita yang berbuka puasa secara lengkap. Berbagai makanan dan minuman ada.

Nah sedekah di bulan puasa, diberikan supaya mereka bisa berbuka puasa dengan layak. Harusnya memang setiap saat kita bersedekah. Tak hanya di bulan puasa saja. Tapi karena bulan Ramadan adalah bulan yang baik, jadinya orang-orang lebih banyak bersedekah di bulan Ramadan. Walopun sebenernya di bulan biasa juga mereka bersedekah.

Rayi pun menimpali. Dia menjelaskan juga ke adiknya, kalo apa yang dilakukan dia dan adiknya di bulan lain, yakni memberi ke orang lain, itu juga termasuk sedekah. Saya pun membenarkannya.

Positifnya Program Sedekah di Sekolah

Saya setuju banget dengan adanya program sedekah yang dilakukan sekolah ke murid-muridnya. Meski seharusnya sedekah dilakukan secara ikhlas, tapi untuk anak-anak, harus ada pembiasaan. Mungkin awalnya diwajibkan. Seperti yang dilakukan sekolah anak-anak saya tadi. Guru mewajibkan murid-muridnya membawa uang untuk sedekah. Nah saat anak-anak mengerti apa maknanya, ke depannya, mereka pasti akan melakukannya secara ikhlas. Tanpa perintah, dan tanpa paksaan.

Begitu juga di sekolah anak bujang saya. Walopun dia sudah jenjang di SMA, di sana juga ada program sedekah di kurikulum pesantren kilatnya. Murid SMA kan sudah besar, kenapa harus dipaksa? Ya itu tadi, pembiasaan. Membiasakan kebiasaan baik pada anak-anak harus secara terus menerus. Sehingga nantinya saat tidak dilakukan, mereka merasa ada yang kurang. Toh sebenernya, yang namanya sedekah, pada hakekatnya memang sudah jadi kewajiban kita terhadap yang tidak mampu. Dalam rezeki yang diberikan Tuhan, tersimpan hak orang-orang yang berkekurangan. Dan kita wajib mengeluarkan hak atas mereka tersebut.

Berbagi Kebahagiaan Ramadan ala JNE 

Senapas dengan apa yang dilakukan anak-anak sekolah dalam bersedekah di bulan Ramadan, JNE juga melakukan hal yang sama. Berbagi kebahagiaan dan keberkahan Ramadan dengan banyak orang. Tak hanya para pelanggan atau karyawannya saja, tetapi juga masyarakat secara keseluruhan. Berbagai program pun dilakukan JNE di bulan Ramadan kali ini.

1. Diskon Spesial Ramadan

Yang pertama adalah berbagi keberkahan dan kebahagiaan Ramadan dengan para pelanggannya. Program ini berupa hadirnya DISKON SPESIAL RAMADHAN sebesar 40%. Ya, untuk para pelanggannya yang mau kirim paket antar pulau Jawa, JNE memberikan diskon ongkos kirim sebesar 40%.  Dari mulai tanggal 21 April hingga tanggal 30 April 2022. 

Ada pun ketentuan Diskon Spesial Ramadan itu adalah hanya untuk layanan REGULER; diskon diberikan tanpa batasan berat; tujuan kiriman dari dan di seluruh pulau Jawa; berlaku juga untuk walk in customer dengan member JLC; dan juga promo tidak termasuk biaya asuransi, karantina, surcharge, serta packing kayu.

Yang di luar Jawa gimana? Nah untuk pelanggan yang di luar Jawa, promonya 25% dari JNE Mataram, dan 35% dari seluruh JNE Regional Kalimantan. Periodenya juga sama, yaitu mulai 21-30 April 2022 ke seluruh kota tujuan di Indonesia.

2. Makan Malam Hari Kartini

Menyambut Hari Kartini pada 21 April 2022 lalu, JNE juga menggelar acara yang lain. Bentuknya berupa acara makan malam dalam hal berbagi Berkah Ramadan bersama Ivan Gunawan. Di acara tersebut, JNE mengundang peserta perempuan yang menang dan terpilih di social media JNE. Selain acara special makan malam, mereka yang terpilih pun mendapatkan aneka produk gratis dari disainer kenamaan Indonesia tersebut. 


3. Program Dukungan terhadap UKM

JNE sangat peduli dengan Usaha Kecil Menengah (UKM). Nah, sebagai bentuk kepeduliannya, dan dalam tema berbagi keberkahan Ramadan, JNE berkolaborasi dengan Yayasan Bina Insani Gemilang dan PT. Halal Export Indonesia (HEI). Di program ini, UKM diajak untuk naik kelas dengan menggelar booth di Mesjid Istiqlal Jakarta, di acara Istiqlal Halal Expo. Waktunya sendiri itu berlangsung dari tanggal 15 – 24 April 2022. Selain memperkenalkan aneka macam produk unggulan UKM, di Program Berkah Ramadan di Mesjid Istiqlal Jakarta tersebut juga dilakukan JNE untuk memudahkan pengiriman paket ke berbagai daerah di seluruh pelosok Indonesia.  

4. Mabar Fun Futsal

Tahu kan kalo JNE punya klub futsal bernama Cosmo JNE Futsal Club? Keren lho mereka. Soalnya sudah berhasil menduduki papan atas Liga Futsal Professional Indonesia di putaran pertama. Lho. 

Nah, di bulan Ramadan kali ini digelar pertandingan Main Bareng (Mabar) fun futsal bersama pemain Cosmo JNE FC. Yang menjadi lawannya adalah netizen terpilih di sosial media @jne_id serta @cosmojne, pada pada 20 April 2022 lalu. Tujuan tentu adalah untuk bersilaturahmi dan juga berbuka puasa bersama seluruh pemain, manajemen, serta official tim yang sudah berprestasi tersebut. 

5. Program Donasi Melalui Rumah Zakat

Masih inget dengan JNE Loyalty Card (JLC)? Jika belum, saya menuliskan tentang JLC di sini. Nah, kaitannya dengan program berbagi keberkahan Ramadan, JNE membuat kejutan lainnya yang dikhususkan bagi para member JLC ini.

Programnya adalah difasilitasinya para member untuk berbagi rezeki kepada sesama. Caranya yaitu bisa dengan menukarkan poin JLC untuk didonasikan melalui Rumah Zakat. Selain hal tersebut, dibuat juga aktivitas lain di sosial media JNE untuk #MemberJLC ini. Terutama member yang baru, yaitu berkesempatannya mereka dalam mendapatkan merchandise menarik serta e-voucher JNE sebesar Rp200.000. Tak cukup sampai di situ, ada juga diskon hingga 13% untuk kiriman JNE Trucking (JTR). Syaratnya pengiriman dilakukan dari Jakarta ke Jabodetabek, dengan maksimal berat paketnya 10 kg, serta 10 Resi/hari. 

6. Program Giveaway di Sosial Media

Program untuk masyarakat secara umumnya gimana? Ada, yakni aktivasi giveaway di sosial media JNE lagi. Acaranya berupa Kuis JNE Ramadan Games Si JONI. Hadiahnya sangat-sangat lumayan. Ada aneka peralatan rumah tangga, produk fashion, dan juga yang lainnya. Program ini sendiri berkolaborasi dengan banyak brand, di antaranya @mandjha.ivangunawan, @khalif_menswear @zoyafashiohijab

Yang lainnya ada juga kolaborasi JNE dengan Bening’s Klinik. Hadiahnya berupa layanan treatment skincare serta konsultasi gratis, untuk 10 pemenang. Rentang waktunya antara 18 - 22 April 2022. 

Ingin bisa mengatur keuangan selama bulan Ramadan termasuk mengatur THR dengan baik? JNE juga membuat acaranya. Bentuknya berupa Program Bincang Santai di Instagram live JNE bersama perencana keuangan Lolita Setyawati, CFP


Connecting Happiness dengan Berbagi Keberkahan Ramadan

Wuih, banyak ya program yang dibuat JNE dalam rangka berbagi kebahagiaan dan keberkahan Ramadan. Pak Eri Palgunadi, yang merupakan VP of Marketing JNE menyampaikan hal tersebut di bawah ini.

“Di momen Ramadan dan Idul Fitri 2022, semangat berbagi ini diharapkan dapat meningkatkan kebutuhan pengiriman paket. Oleh karena itu, dengan tagline Connecting Happiness, JNE pun ingin berbagi melalui berbagai program menarik. Kali ini pelanggan setia dapat semakin mudah dan nyaman dalam mengirimkan paket ke seluruh Indonesia. JNE pun memberikan dukungan nyata kepada para online seller atau UKM di momen spesial ini dengan beragam program”.  

Naiknya Trafik Pengiriman di JNE

Memang ya, di masa kayak sekarang, yakni saat Ramadan dan menjelang Idul Fitri, orang-orang banyak yang berbagi kebahagiaan dengan sesama. Selain dilakukan secara langsung, juga banyak yang dilakukan dengan cara berkirim paket melalui kurir seperti JNE ini. Dan jelas, hal ini membuat trafik pengiriman meningkat secara signifikan. Di samping pengiriman dari belanja secara online juga. Peningkatannya bahkan di atas 30-50%.

Tapi tentu,  JNE sigap di dalam mengantisipasi hal tersebut. Penambahan di sektor SDM dan armada sudah dilakukan. Jumlahnya lebih dari 50 ribu orang. Menurut Pak Eri sendiri, JNE juga sudah memastikan ini itunya. Dari mulai titik-titik layanan, khususnya Kantor Pusat dan Kantor Cabang di kota-kota besar di setiap provinsi, itu dapat melayani kebutuhan pengiriman pelanggan selama 24 jam.

Well…

Keren ya JNE. Makin bangga deh saya sebagai pelanggannya. Program berbagi keberkahan di bulan Ramadannya banyak. Pelayanan pengirimannya juga ditambah. Pastinya ini akan membuat connecting happines terkait Ramadan menjadi semakin lancar.

Teman-teman pada berbagi keberkahan Ramadan juga, kan? Gimana, memanfaatkan promo diskon spesial dari JNE, gak? Yuk dimanfaatkan. Kita berbagi kebahagiaan ke saudara, teman-teman, atau siapa saja di mana saja dengan cara mengirim paket. JNE memudahkannya untuk kita. 

23 komentar:

  1. Bulan ramadan merupakan saat yang tepat untuk berbagi kebahagiaan dengan sesama ya, salah satunya bisa dengan mengirim paket. Mumpung ada diskon ramadan dari JNE juga.

    BalasHapus
  2. Kalo di sekolah anakku ada uang sodaqoh gitu mbak setiap hari kamis. Banyak hal yang bisa kita ajarkan ke anak tentang berbagi. Selamat JNE, luar biasa sekali dengan program atau kebiasannya yang suka berbagi

    BalasHapus
  3. Tak salah ya ya Ramadan dapat julukan bulan berkah. Karena semua orang berlomba-lomba berbuat kebaikan, bahkan sejak dini anak-anak sudah dibiasakan untuk berbagi. Dalam bulan suci berbagi kebahagiaan salah satu pahala yang tak terhitung nilainya. Ketika kita bisa menikmati berbagai hal enak di rumah, selayaknya saudara-saudara yang kekurangan kecipratan juga

    BalasHapus
  4. Kemaren anak-anak juga ada sedekah bersama program dari sekolah. nanti bagi2 buka dan takjil buat di jalan dan yatim piatu. Anak2 seneng banget.
    Bisa kirim2 hampers juga lewat JNE mumpung ada promo diskon spesial ramadan.

    BalasHapus
  5. kalo di sekolah sd anaku tiap bulan ramadan ada acara berbagi sedekah juga. sejak pandemi acaranya tidak dihadiri ortu dan murid2. cukup dr sekolah saja

    BalasHapus
  6. Foto pertama itu rayi dan rayyan ya mbak? Duuh seneng deh lihat wajah ceria dua bocah itu. Kasep pisaaan. JNE banyak banget program ramadhannya ya...yg tidak hanya bermanfaat bagi pelanggan tapi bahkan orang2 yang mungkin tidak/belum mengghunakan jasa JNE. Saya sula banget tih taglinr JNE : connecting happiness

    BalasHapus
  7. Berbagi memang indah banget ya teh dan langsung terasa akan manfaatnya.. dan aku termasuk loyal nih sama JNE hehe karena memang pelayanannya sangat memuaskan dan selalu kasih service exelence ya kepada semua pelanggannya

    BalasHapus
  8. Promo ongkir JNE hanya 9 hari saja ya mbak, dan berakhir hari initgl. 30 April. Semoga sudah dimanfaatkan dengan baik oleh para pengguna jasa. Lumayan banget diskon sampai 40%. Apalagi kalau kiriman banyak. Kalau lebaran, ada promo khusus ga ya?

    BalasHapus
  9. Ustadzku pernah bilang klo kebaikan itu (kadang) memang harus dipaksa.
    karena klo nurutin hawa nafsu, manusia mah syusyaahh klo kudu amal sedekah dll.
    salut banget ama JNE!

    BalasHapus
  10. Jadi salah satu cara juga nih bisa berbagi berkah dan kebahagiaan dengan sanak saudara di luar kota ya, karena bisa kirim menggunakan JNE ya mak.

    BalasHapus
  11. Dennise Sihombing13.40

    Boleh banget nih teh berbagi kebahagiaan dengan mengirimkan hampers pada keluarga. Mumpung ada promo dari JNE ya, dimanfaatin deh

    BalasHapus
  12. Memiliki anak yang super kritis itu membahagiakan yaa, teh..
    Dan dengan memanfaatkan program kebaikan dari JNE, kita semua bisa turut berpartisipasi di dalamnya dengan caranya yang mudah, pula.

    BalasHapus
  13. Program berbagi keberkahan JNE banyak banget ya.... Salut saya selain mengambil keuntungan sebagaimana umumnya perusahaan, JNE juga memikirkan kepedulian dan simpati kepada pihak lain. Sukses terus JNE ..

    BalasHapus
  14. Luar biasa ya jne banyak sekali program2 yg bermanfaat baik dengan pelanggan maupun masyarakat sekitar. Ddaebak!

    BalasHapus
  15. JNE dari dulu selalu konsisten ya untuk peduli dengan kegiatan kemanusiaan. Banyak banget yang sudah dibantu oleh JNE ini. Berkiprah dalam dunia usaha Indonesia sekaligus membantu masyarakat

    BalasHapus
  16. Aku sering nyamber di program giveawaynya JNE, tapi belum rezeki juga di sana. Xixixi. Seneng kalau baca2 program JNE, menginspirasi.

    BalasHapus
  17. Dulu sekolah anak-anakku ada sedekah Jumat Teh tapi sudah lama berhenti karena pandemi ya semoga nanti lanjut lagi..bagus nih program JNE bikin UMKM makin bergairah usahanya ya

    BalasHapus
  18. Ramadan adalah bulan mulia
    Sangat penting jika diisi dengan hal-hal bermanfaat seperti berbagi kebaikan ya mbak
    Salut banget dengan JNE

    BalasHapus
  19. Serunya berbagi kebahagiaan di bulan penuh berkah, salut banget sama program JNE nih, semoga makin sukses

    BalasHapus
  20. Setujuuu..Membiasakan kebiasaan baik pada anak-anak harus secara terus menerus. Termasuk dalam berbagi kebahagiaan dan keberkahan. Seperti halnya yang JNE lakukan lewat berbagai prgram kerennya. Salut!

    BalasHapus
  21. Masya Allah..keren banget nih JNE. Ada banyak banget kegiatan yang diadakan di bulan penuh keberkahan kemarin. Semoga perusahaan JNE senantiasa mendapatkan keberkahan dari usaha yang dijalankan ya..sehingga tetap bisa bermanfaat bagi orang-orang di sekitarnya.

    BalasHapus
  22. Wah programnya keren sekali ya mbak. Ada progran menularkan poin di JLC untuk didonasikan di rumah zakat. Bagus bangeet ini

    BalasHapus
  23. Banyaaak banget ya event berbuat kebaikan ala JNE 😍😍 Semoga bisa terus memberikan manfaat bagi banyak orang di Indonesia.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)