19.9.20

5 Rekomendasi Tempat Wisata Akhir Pekan di Bandung


Setelah bekerja 5 hari penuh dalam seminggu, paling enak saat weekend dihabiskan untuk bepergian ke suatu tempat. Salah satu rekomendasi destinasinya adalah Bandung, Jawa Barat

Wilayah yang terkenal dengan kuliner seblak dan batagor ini menawarkan banyak pilihan tempat wisata. Ditambah lagi dengan udara Bandung yang sejuk, sangat cocok sekali jadi short escape dari hiruk pikuk kemacetan dan pekerjaan yang menumpuk.

Banyak juga kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di tempat wisata Bandung. Nah, berikut ini sudah dikumpulkan tempat-tempat yang bisa jadi tujuan saat menghabiskan akhir pekan di Bandung.

1. Jalan Braga

Jika Jogjakarta memiliki Malioboro, Bandung juga menawarkan Braga. Kamu bisa foto-foto sepuasnya karena berbagai bangunannya mengusung desain-desain nuansa Eropa klasik. Selain itu juga dekat dengan alun-alun, tidak jauh dari Masjid Raya Bandung dan satu hal lagi, memiliki banyak sekali tempat untuk nongkrong. Sangat lengkap sekali. Bagi kamu yang ingin menginap, di sekitar jalan Braga juga terdapat banyak penginapan. 


2. Taman Kardus

Taman Kardus berlokasi di Jl. Sersan Bajuri No. 102, Cihideung, Parongpong, Bandung Barat. Tempatnya menyatu dengan Green Forest Resort. Selain itu tidak jauh dari pusat kota Bandung. Ini sebenarnya merupakan sebuah kafe yang cukup unik terbuat dari kardus. Meski begitu, berbagai furniture dan dekorasinya tetap kokoh, bahkan bisa menahan beban sampai 300 kg. 

Untuk makanannya sendiri, menunya berasal dari khazanah kekayaan kuliner lokal. Misalnya saja nasi goreng, seblak, ayam goreng, dan lain-lain. Makanan ringan di sini juga unik-unik, ada tahu jablay, kentang kurus, kentang gemuk, pisang gurun sahara dan lain-lain. 


3. The Great Asia Africa

Jika kamu membawa buah hati saat jalan-jalan, bisa berkunjung ke The Great Asia Africa. Alamatnya berada di Jl. Raya Lembang, No. 71, Bandung Barat. Ini merupakan destinasi wisata yang menggabungkan antara wisata edukasi dan berbagai spot foto. Jadi sembari memberi pengetahuan tambahan untuk anak-anak, bisa sekaligus hunting berbagai foto dengan latar unik. Oh, iya kamu juga bisa menyewa kostum dari berbagai negara, tambah unik saja foto yang dihasilkan.


4. Ranca Upas Ciwidey

Bermain-main dengan hewan setidaknya akan merilis stres di tubuh. Maka dari itulah kamu bisa bersenang-senang dengan rusa di Ranca Upas Ciwidey. Jangan takut ya, rusa-rusa di tempat ini sudah jinak, bahkan anak-anak juga banyak yang berani menyentuhnya. Aktivitas serunya, kamu juga bisa berfoto atau memberi makan rusa-rusa. Lokasinya berada di Kampung Cai Ranca Upas, Rancabali, Bandung. Dalam satu lokasi ini masih banyak pilihan wahana lain yang bisa dicoba.


5. Selasar Sunaryo Art Space

Suka dengan seni? Kamu bisa mampir ke Selasar Sunaryo Art Space. Alamatnya berada di Jl. Bukit Pakar Timur No. 100, Ciburial, Cimenyan, Bandung. Kamu bisa melihat pertunjukan berbagai karya seni, mulai dari arsitektur, kriya, sastra, dan lain-lain. Tidak hanya koleksi permanen saja, sesekali akan ada pameran tunggal atau juga bisa bersamaan menampilkan berbagai karya seni dari berbagai seniman dalam atau luar negeri.


Jika memiliki agenda untuk ke Bandung dalam waktu dekat ini Xtrans bisa jadi solusi perjalanan kamu. Perusahaan asal Bandung ini sudah berdiri sejak 5 Mei 2005 yang menjadi pencetus shuttle tepat waktu yang memperkenalkan sistem “pool to pool”. Semakin dimudahkan, kamu bisa melakukan pemesanan tiket Xtrans terlebih dahulu untuk masa bepergian kapan pun di Traveloka. Booking secara online sangat memudahkan, bahkan bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja selama 24 jam penuh.

Itu dia 5 rekomendasi tempat wisata akhir pekan di Bandung yang bisa kamu kunjungi. Pastikan selalu menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin di mana pun kamu berada, termasuk ketika sedang berkunjung ke tempat wisata. Semoga bermanfaat!

13 komentar:

  1. Akk! Terimakasih rekomendasinya~ Dari 1 sampai 5, aku baru pernah ke jalan braga, padahal dulu beberapa tahun tinggal di bandung xD Duh jadi pengen cepet2 liburan ini, haha

    BalasHapus
  2. Hahahaha aku baru pernah ke Jalan Braga itu pun doeloe wkwkwkw :) AKu orang Bandung yang kini sudah jarang ke sana. Orangtua memang ada di Jakarta sih. Kepengen ah ajak anak2 dan orangtuaku main2 di 4 destinasi wisata lainnya di tulisan ini. Sekalian semua biar ga penasaran. Enaknya nginep kemping di Ranca Upas ya...

    BalasHapus
  3. Wah asiknya Xtrans sekarang bisa pesan melalui Traveloka. Kalau dulu kan pesannya harus ke pool nya dulu. Senangnya.

    Duh jalan Braga ngangenin. Dan yang bikin penasaran itu kentang kurus sama kentang gemuk di Taman Kardus deh. Bagaimana rupanya ya? Penasaran.

    BalasHapus
  4. Puingiiin banget ke BDG lagi.
    Awal thn 2020, aku ke BDG tapi cuman ke PVJ doang *krik kriiik
    Semogaaaa corona cepat berakhirrr

    BalasHapus
  5. wah dari 5 tempat, cuma jalan braga yang udah saya kunjungi

    Gimana atuh pertanggungjawaban saya sebagai urang Bandung ya :D

    Eniwei kalo ke Jakarta, saya pakai Xtrans PP, karena layanannya oke banget

    BalasHapus
  6. Dari kelimanya saya baru kunjungi Jalan Braga sama Ranca Upas. Kelimanya menarik, ya. Pengen juga kunjungin yang lainnya nanti

    BalasHapus
  7. Semoga ada kesempatan ke Bandung lagi. Udah lamaaa nggak main ke sana. Semoga ada rejekinya deh. Pengen juga ke Jl.Braga.

    BalasHapus
  8. Meski lumayan sering ke Braga (sebelum pandemi), belum kesampaian euy berjalan kaki menyusuri Braga di pagi hari saat masih sepi. Mesti staycation di deket-deket sana kalo mau mah.

    BalasHapus
  9. Waaahh makasih banget informasinya Teh Nia. Secara, saya dan keluarga sering banget ke Bandung. Sambil mengunjungi anak yang kuliah di sana, bisa pergi ke tempat-tempat cantik di atas.

    BalasHapus
  10. Aku belum pernah mbak niaa explore bandung 😿 ke bandung waktu itu cuman ikutan training di akademi angakatan darat 2 mingu, gak sempat buat explore bandung langsung pulang soalnya capek banget 😅 nanti kalau pandemi uda selesai pengen banget ke bandung mbaak, pengen ke Braga sama Ranca Upas Ciwidey, udah masuk lisst 🤗

    BalasHapus
  11. Wahhh bandung nggak ada matinya...
    Duh jadi kangen jalan jalan di Braga ni

    BalasHapus
  12. Pas ke Bandung dulu, saya belum sempat mengunjungi tempat-tempat di atas. Ya ampun asyik bener. Besokbesok kalau ada kesempatan ke Bandung lagi, mau ah ke sana~

    BalasHapus
  13. Saya belum tahu Taman Kardus dan Selasar Sunaryo Art Space, Teh. Malah baru tahu nih.
    Coba kalau sudah ga pandemi, masih eksis bisa main ke sana...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)