20.9.20

Menjaga Kesehatan dengan Gizi Optimal di Masa Pandemi COVID-19


"Where no effective preventive and curative medicine is available, a healthy immune system is one of the most important weapons." (Jayawerdana R., Et.Al, 2020 Article on NCBI)

Sepertinya semua orang akan setuju dengan quote yang saya baca dari slide yang ditampilkan Pak Nanda D Syahpradana, dari Health Campaign Specialist Great Giant Foods (GGF), di acara Webinar GGF, 11 Agustus 2020 yang lalu. Sebab demikianlah adanya keadaan kita sekarang. Hidup di masa pandemi yang sudah berjalan sejak Maret 2020. Hingga saat ini, belum ditemukan vaksin yang efektif di dalam mencegah, serta belum pula ditemukan obatnya. Jadinya, yang bisa kita andalkan tiada lain adalah sistem imun tubuh kita sendiri.

Benar, sistem imun tubuh yang bagus akan sangat bisa menangkal berbagai macam penyakit. Bakteri, virus, jamur, protozoa, parasit, atau berbagai macam jenis kuman lain, jika menyerang tubuh yang sistem imunnya bagus, pasti tak akan sempat membuat tubuh sakit. Sistem imun kita, yang salah satunya disebut sebagai antibodi, akan ‘memerangi’ kuman-kuman tersebut. Pun demikian juga terhadap Virus Corona (SARS-CoV-2) penyebab Covid-19. Sekali pun orang yang bersistem imun bagus masih berpotensi terserang, setidaknya sistem imunnya yang bagus itu akan meminimalkan dia mengalami sakit yang berat dan fatal.


Sistem Imun Tubuh yang Bagus Vs Masa Pandemi

Imunitas tubuh yang baik tidak didapat begitu saja. Ada banyak penunjang yang pada akhirnya menciptakan sistem imun yang bagus di dalam tubuh. Bu Reihana, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, dalam acara Webinar GGF, yang bertajuk GGF Turut Menjaga Kesehatan dengan Gizi Optimal di Masa Pandemi COVID-19, 11 Agustus 2020 lalu, mengatakan bahwa imunitas tubuh yang baik itu merupakan hasil dari sinergi berbagai aktivitas hidup yang sehat. Dari mulai rutin melakukan aktivitas fisik (olahraga); mengonsumsi makanan bergizi dalam jumlah seimbang, termasuk sayur dan buah, serta minum air putih yang cukup; istirahat yang cukup; hingga membiasakan perilaku hidup yang bersih.

Jika dilihat sepintas, apa yang diucapkan Bu Reihana tidaklah susah untuk dilakukan. Tak satu pun dari aktivitas hidup sehat tersebut, yang mampu membentuk imunitas tubuh yang bagus terlihat mustahil untuk dilakukan. Akan tetapi pada kenyataannya tidak begitu. Di sekeliling kita ada banyak sekali masyarakat yang tak mampu melakukannya. Betul, mengonsumsi makanan bergizi. Sebagian dari masyarakat kita masih ada yang belum mampu mengonsumsi karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin serta mineral yang bagus dalam jumlah seimbang. Efeknya, sistem imun tubuh yang bagus pun susah terbentuk.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Pola hidup dan kebiasaan konsumsi masyarakat mengalami banyak perubahan. Dan satu sama lain saling berpengaruh, layaknya efek domino. Dimulai dari pandemi yang membuat penghasilan menurun; kemudian penghasilan menurun menyebabkan daya beli menurun; akibatnya kebiasaan konsumsi pun ikut menurun. Masyarakat jadinya lebih memilih makanan yang disukai, dan bukan makanan sehat. ‘Yang penting kenyang’ menjadi pilihan dari makanan yang dikonsumsi. Sumber lemak, protein, vitamin, dan mineral pun terabaikan. 

Tak hanya dari sisi konsumsi makanan. Vitalitas serta imun tubuh yang menurun juga diberi andil oleh kurangnya aktivitas fisik dan kurangnya asupan air putih selama di rumah terus.


Masalah Nutrisi Klasik 

Jangan lupa, negara kita juga punya masalah klasik terkait nutrisi. Seperti yang disebut Pak Nanda D Syahpradana dalam webinar GGF beberapa waktu yang lalu. Masalah tersebut adalah stunting, wasting, dan obesitas. Bukan negara Indonesia saja memang, seluruh dunia juga mengalaminya. 


“Stunting sendiri bisa didefisikan sebagai gagal tumbuh dengan optimal akibat kekurangan gizi kronis di 1000 hari pertama kehidupan. Dari sejak janin di dalam kandungan ibunya, hingga si anak berusia 2 tahun.”


Dari data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2019, disebutkan bahwa angka stunting di Indonesia mencapai 30,8 persen. Sementara target WHO, angka stunting ini tidak boleh lebih dari 20 persen. Hal ini menempatkan Indonesia sebagai negara ketiga dengan kasus stunting tertinggi di Asia


“Wasting bisa diartikan sebagai keadaan kekurangan gizi akut. Keadaan yang banyak terjadi di daerah dengan sosial ekonomi rendah. Penyebabnya bisa asupan nutrisi yang inadekuat (tidak memadai) atau adanya penyakit. Adapun obesitas itu adalah kondisi kronis akibat penumpukan lemak yang sangat tinggi dalam tubuh.”


Di masa pandemi, walaupun belum ada data yang akurat, 3 masalah nutrisi ini sepertinya akan bertambah parah. Iyalah, konsumsi masyarakat akan makanan bergizi seimbang yang menurun jelas bisa memperburuk stunting dan wasting. Sedangkan parahnya angka obesitas, selain karena hal tersebut, juga dipengaruhi aktivitas fisik yang kurang serta pola hidup yang sedenter. 


A Journey of A Thousand Miles Begins with A Single Step

Pelik sekali permasalahan yang terjadi di masa pandemi ini. Tapi kita harus selalu ingat bahwa hal yang besar bisa diselesaikan dengan aksi-aksi kecil namun konsisten. Pemerintah dan siapa pun sudah seharusnya saling bersinergi di dalam mengatasi hal ini. Seperti yang dilakukan GGF melalui program-program Health Campaign-nya. Tak hanya di saat pandemi saja, bahkan jauh sebelum pandemi pun, aksi-aksi seperti ini sudah dilakukan. 

Dari uraian Pak Nanda D Syahpradana dalam Webinar GGF beberapa waktu yang lalu, saya jadi tahu bahwa terkait pandemi Covid-19, sejak Maret 2020 hingga Juni 2020, GGF sudah mendistribusikan banyak sekali bantuan. Dari buah-buahan, yang totalnya lebih dari 8,4 ton pisang dan jambu kristal Sunpride; 3800 botol susu Home Town, 3000 paket sembako; 220.000 pak APD; 120 unit fasilitas cuci tangan; 97500 liter desinfektan; dan yang lainnya. Tujuannya jelas, memberikan perlindungan kesehatan masyarakat dengan cara pemberian makanan bergizi. Sebagaimana yang sudah diuraikan sebelumnya, gizi yang baik dan seimbang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Tak hanya itu, pemberian APD dan alat-alat penunjang kesehatan juga menjadi bukti dukungan GGF kepada para tenaga kesehatan.

Bantuan terkait pandemi ini diberikan kepada masyarakat Lampung di sekitar GGF berada. Misalnya saja susu yang didistribusikan ke 6 puskesmas dan 5 rumah sakit rujukan di sekitar GGF. Pemberiannya sendiri dilakukan seminggu 2 kali, di selama rentang waktu tersebut. 

Kegiatan serupa juga dilakukan di beberapa daerah yang dekat dengan warehouse anak perusahaan GGF, misalnya Sunpride. Dukungan sembako dan juga aneka buah Sunpride diberikan dalam upaya pemenuhan gizi seimbang masyarakat agar sistem imunitas tubuh meningkat.

Ah ya, sebelum pandemi datang, GGF sudah punya yang namanya Great Indonesia. Sebuah program pemberdayaan masyarakat di sekitar area operasional GGF. Program ini melakukan intervensi nutrisi guna mencegah stunting dan obesitas. Programnya sendiri terbagi dalam 3 anak program. 

Anak program yang pertama adalah Pola Makan. Kegiatan yang melibatkan 700 anak PAUD dan balita ini bentuknya berupa pembagian susu dan juga buah secara rutin (mingguan). Anak program yang kedua adalah Pola Asuh. Kegiatan yang melibatkan 2100 ibu rumah tangga ini bertujuan memberikan pengetahuan dalam hal nutrisi. Sehingga para ibu diharapkan akan memberikan gizi yang baik bagi keluarganya. Dan anak program yang terakhir berupa Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Kegiatan ini bertujuan memberdayakan para ibu agar punya aktivitas dalam memberdayakan lahan di rumah mereka. Jadinya nutrisi yang baik bahkan bisa didapat dar pekarangan rumah mereka. KRPL melibatkan 200 ibu rumah tangga. Secara total, Great Indonesia melibatkan 5 desa, 12 PAUD, dan 3000 penerima. 


Ini Hasilnya!

Apa yang dilakukan GGF patut diacungi jempol. Komitmen GGF di dalam menutrisi masyarakat dengan produk berkualitas yang dihasilkan dari proses yang berkesinambungan dan dengan cara yang inovatif tidak bisa diragukan lagi. Produk-produk berkualitasnya kini hadir dan bisa dengan mudah kita dapatkan. 

Kepedulian sosial GGF juga tak kalah keren. Apa yang dilakukan sebelum pandemi dan di masa pandemi juga sangat menggugah. Tak heran jika GGF mendapat banyak apresiasi dan penghargaan. KG Award, PR Award, dan kehormatan menjadi satu-satunya panelis penilai Kinerja Stunting Kabupaten dan Kota dari Kemedagri sangatlah pantas didapatkan GGF.

Menanam benih, menuai hasil. Itu pula yang terjadi atas upaya GGF. Khususnya dari program-program Great Indonesia. Pengukuran setiap 3 bulan atas program yang dilakukan, membuahkan hasil. Anak-anak yang rutin diberi buah dan susu mengalami rata-rata peningkatan tinggi badan hingga 3 cm dan juga penaikan berat badan hingga 0,7 kg. Ada pun melalui pemberdayaan ibu rumah tangga, KRPL yang diprogramkan membuat rumah-rumah mendapatkan akses nutrisi menjadi lebih mudah. Mereka kini bisa mengandalkan pekarangan rumahnya sebagai sumber makanan bernutrisi.


Mari Menutrisi Diri!

Program-program yang dilakukan GGF, baik sebelum maupun di saat pandemi, mungkin baru sebatas provinsi Lampung dan daerah-daerah lain yang dekat dengan warehouse anak perusahaannya. Tapi saya yakin, program-program seperti ini akan menstimulasi banyak pihak untuk melakukan hal yang serupa. 

Jangan lupa juga, secara tidak langsung GGF juga sudah menutrisi kita dengan produk berkualitas yang dihasilkan dari proses yang berkesinambungan dan dengan cara yang inovatifnya. Ada buah-buahan segar kaya vitamin C dari Sunpride; ada susu segar kaya manfaat dari Home Town; ada olahan buah segar dari Dutafoods; ada daging olahan dari Bonanza; dan ada jus plus smoothies enak dari Rejuve. Mengonsumsi produk-produk dari GGF ini, bahkan di saat pandemi akan membuat imun tubuh kita meningkat.

Oh ya, bicara tentang vitamin C, saya jadi teringat dengan apa yang dikatakan Bu Luthfiany Azwawie, yang merupakan Marketing and Communication Manager PT Sewu Segar Nusantara, di Webinar GGF 11 Agustus 2020 yang lalu itu. Beliau mengatakan bahwa perilaku konsumsi buah masyarakat Indonesia katanya masih jauh di bawah anjuran WHO. (World Health Organization). Padahal, kebutuhan vitamin C tubuh adalah 90 mg per hari. Dan ini sudah bisa didapatkan dengan hanya mengonsumsi 1 buah pisang saja, 1 buah jambu saja, atau bahkan sepotong pepaya saja. Akan tetapi di masa pandemi, kesadaran masyarakat akan pentingnya vitamin C menjadi meningkat.

Saya pun demikian. Dulu sebelum pandemi, buah-buahan tidak selalu saya sediakan di rumah. Biasanya sih karena lupa. Tapi begitu pandemi, saya selalu mengusahakan agar selalu ada. Dan pastinya, manfaat vitamin C-nya yang berfungsi sebagai antioksidannya, yang mampu menangkal berbagai macam radikal bebas, termasuk kuman, selalu saya ingat. 

Dulu saya beli buah sembarangan. Yang terlihat bagus, di mana pun itu, pasti saya beli. Namun di masa pandemi yang memungkinkan virus corona hinggap di makanan, termasuk buah, membuat saya menjadi lebih teliti. Jadinya saya membeli buah di kios buah yang bersih atau di supermarket. Dan jatuhnya pasti saja Sunpride.

Kenapa Sunpride? Awalnya saya beli Sunpride karena tampilan buahnya yang cantik dan bersih. Tapi setelah ikut webinar dan mendengar serta melihat video tentang berbagai hal mengenai Sunpride, saya jadi lega sudah memilihnya. Buah-buah Sunpride memiliki sertifikasi Good Agricultural Practices (GAP). Apa itu sertifikasi GAP? Jawabannya bisa dilihat dalam video di bawah ini.

Betul, buah yang punya sertifikasi GAP itu lebih higienis, bisa ditelusuri prosesnya (traceable), bebas residu pestisida, berkualitas ekspor, ramah lingkungan, serta worker safety & welfare.

Yang jadi alasan kenapa milih Sunpride juga adalah karena jenis buahnya yang banyak. Ada pisang Cavendish, Guava Crystal, Nanas Honi, Pepaya California, Lime dan Lemon, serta buah Sunpride lain hasil partnership dengan petani lokal. Misalnya saja Pisang Raja Bulu, Pisang Barangan, Pisang Mas, Jeruk Baby, Melon, Pepaya, Salak, hingga Golden Melon  Kotak.


Jadi?

Pandemi belum berakhir. Dan tak ada satu orang pun yang tahu kapan pandemi akan berakhir. Seperti quote yang tertulis di awal tulisan ini. Selama belum ada obat yang efektif menyembuhkan, dan selama belum ada vaksin yang efektif mencegahnya, yang bisa kita andalkan hanyalah sistem imun tubuh kita sendiri.

Yuk lindungi diri dan keluarga dengan baik. Taati selalu protokol kesehatan dengan disiplin. Di mana pun kita berada. Apalagi saat di luar rumah. Pastikan imunitas tubuh selalu dalam keadaan yang baik. Caranya seperti yang diuraikan Bu Reihana, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, dalam acara Webinar GGF yang saya singgung di atas: rutin melakukan aktivitas fisik (olahraga); mengonsumsi makanan bergizi dalam jumlah seimbang, termasuk sayur dan buah, serta minum air putih yang cukup; istirahat yang cukup; hingga membiasakan perilaku hidup yang bersih.

Sehat-sehat selalu!


Referensi


73 komentar:

  1. aku juga selalu kasih anakku buah dari sunpride teh :) buahnya bagus2 dan rasanya enak2, nggak kayak buah lain yang rasanya nggak konsisten

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, rasa dan bentuknya pun gak konsisten ya merk lain mah.

      Hapus
  2. Sayangnya dari semua produk GGF tuh yang baru saya coba tuh Pisang Cavendish Sunpride aja. Soalnya setahu saya, produk yang sampai di sini yaa baru itu. Padahal penasaran banget pengen coba susu segar Home Town.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga nanti distribusi produk GGF bisa merata ke mana-mana ya. :)

      Hapus
  3. Jadi makin bangga dan cinta sama produk Indonesia, aku tuh...
    Ternyata banyak produk yang kita kira didatangkan dari luar negeri, asalnya dari Indonesia.
    Seperti pisang Cavendish Sunpride yang selalu saya beli setiap ke supermarket.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, aku pun ngira Sunpride ini dari luar, eh ternyata produk kita ya

      Hapus
  4. Iya, sih. Bahkan sebelum preventif mending bagusin imunitas tubuh dengan pola makan sehat, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati ya. Apalagi untuk wabah saat ini yang bahkan belom ada obatnya. :)

      Hapus
  5. Sunpride itu buahnya bagus-bagus ya. Aku sendiri sebenarnya punya imun yang kurang bagus. Gampang kena flu. Jadi ya memang masa pandemi tuh butuh tambahan nutrisi biar tetap strong. Paling gampang memang konsumsi buah. Tapi buahnya juga harus bagus kaya Sunpride

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Jiah. Ayo-ayo jaga kesehatan. :)

      Hapus
  6. Aku nyetok SUNPRIDE di rumah mbaaaa
    Maksude nyetok dalam jumlah sewajarnya sih :D
    Karena keluargaku kudu banget nih rutin maem buah, biar makin sehaaatttt dan setrong!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener, kudu selalu sedia ya. Biar badan selalu sehat dan setrong :)

      Hapus
  7. buah dari sunpride aku suka beli pisangnya, waktu hamil dl aku suka konsumsi pisang sunpride biar kenyang dan pencernaan selama hamil sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, selain enak, kayak vitamin dan mineral ya pisang cavendish ini. :)

      Hapus
  8. Masa pandemi begini memang harus menaikkan imun tubuh agar tetap sehat ya Mba. Vitamin c memang direkomendasikan untuk mencegah radikal bebas.
    Sebisa mungkin memang setiap harinya kita perlu satu porsi buah agar tetap sehat.

    BalasHapus
  9. Ahh Sunpride ini aku paling rajin beli pisaang, selalu sukaa buat sarapan .
    Yang lain2nya malah jarang, soale yang nemu cuma pisang doank.
    Semoga asupan nutrisi dari buah2an bisa ikut menaikan imu tubuh ya Teeh.
    Ahh selalu sehat buat kita semuaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Teh Nchie, buah bagus buat imunitas tubuh, apalagi di masa pandemi kayak sekarang.

      Hapus
  10. Salut sama GGF ini berdonasi banyak sekali demi kesehatan juga yaa..
    Masa pandemi gini paling bener banyakain makanan yang sehat2 deh biar badannya fit terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, komitmen GGF terhadap kesehatan ini memang besar. Apalagi di masa pandemi kayak sekarang.

      Hapus
  11. Harus banget mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin untuk menjaga imun tubuh ya mba. Anak anak juga saya biasakan makan buah dan Kami suka sekali dengan buah2 dari sunpride yg kualitasnya memang bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bun, anak-anak apalagi, kudu banget deh imunitasnya dijaga ya.

      Hapus
  12. Buat kami di Cianjur Selatan, ga ada distributor Sunpride, mau ga mau konsumsi buah lokal. Ya daripada ga makan buah sama sekali. Hehehe...
    Produk GGF bagus. Jadi pas pemerintah kasih sumbangan, ga melulu tuh telor dan SKM ya
    Hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengolahan sampah dan limbah yang dilakukan GGF juga patut dicontoh oleh perusahaan lain nih. Bisa berkelanjutan dengan didaur ulang dan diolah sehingga lebih bermanfaat ya

      Hapus
    2. Gapapa Teh, produk lokal pun bagus. Vitamin dan segala kandungannya bagus buat imunitas tubuh. Yang beda ya mungkin di tampilan dan pengemasan. :)

      Hapus
  13. Sebelum ditemukan vaksin, memang sebaiknya kita mempersiapkan pertahanan tubuh kita dengan asupan nutrisi yang seimbang. Rajin makan buah dan sayur akan mencukupi kebutuhan vitamin C kita.

    BalasHapus
  14. Kecukupan vitamin C per hari cuma 90 mg, Ni? Dalam kondisi seperti sekarang kira kira perlu ditingkatkan nggak sih? Aku nggak bisa makan pisang begitu aja tanpa mual. Untungnya makan buah lain no problem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebutuhan minimal segitu, tapi untuk kondisi sekarang mungkin bisa ditingkatkan. Tapi harus diingat ambang maksimal kali ya. Aku di rumah sekitar 100 mg per hari. Untuk buah gak harus pisang. Aku kalo Sunpride paling suka dengan Jambu Crystal. :)

      Hapus
  15. Duh iya euy skrg juga malah udah masuk musim hujan kayanya. SiapJSiap asupan makanan dan penuhi gizi dr buah alami teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak Diah, jaga kondisi selalu ya. :)

      Hapus
  16. Iya, masa sekarang justru harus menjaga pola makan dan pola gizi keluarga. Banyak serat, banyak gerak dan banyak berjemur. Buah dari Sunpride rasanya lebih enak dan lebih yakin sehatnya.
    Semoga kita semua selalu sehat ya.

    BalasHapus
  17. Benar mbak...
    Selama pandemi kami di rumah jadi makin sering makan buah biar sehat

    BalasHapus
  18. Senangnya ada Great Indonesia, program pemberdayaan masyarakat di sekitar area operasional GGF yang melakukan intervensi nutrisi guna mencegah stunting dan obesitas. Setuju bahwa kita enggak tahu kapan pandemi usaia, maka terus menjaga kesehatan adalah koentji diantaranya dengan mencukupi nutrisi dengan buah berkualitas seperti Sunpride ini

    BalasHapus
  19. Makasih kak udah diingetin melalui tulisan ini untuk bisa selalu jaga nutrisi sikecil di rumah, btw saya juga sedia buah sunpride di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss mbak...
      Akupun selalu sedia sunpride di rumah...
      Apalagi saat pandemi, makin rajin makan buah

      Hapus
  20. Masalah pembahasan gizi seimbang dan gizi buruk memang masih menghantui negara kita ya, karena grafik Stunting juga tinggi. Menjaga nutrisi penting banget. Btw buah Sunpride selalu tersedia di rumah karena memang kita penyuka buah-buahan. Habis makan kalau gak makan buah gak enak rasanya

    BalasHapus
  21. Buah buahan yang tersedia di sunpride emang selalu juara ya mba kualitasnya. Aku juga sering beli buat kluarga.

    BalasHapus
  22. Memenuhi gizi sehari-hari memang dibutuhkan asupan yang memadai. Padahal buah dan sayur berlimpah ya, tapi masih banyak orang yang belum atau nggak mau mengonsumsi. Soal produk Sunpride, doyan banget sama pisangnya dong.

    BalasHapus
  23. Sejak sarapan buah tiap pagi, aku jadi nggak pernah kena flu.
    Keren nih program donasi yang udah dilakukan GGF, nggak hanya donasi buah, tapi juga paket HS dan lainnya

    BalasHapus
  24. anakku suka sekali sama buah pisang dan buah mangga, hanya kalo buah mangga dia lebih prefer dikonsumsi dengan cara di jus

    BalasHapus
  25. Duh pisangnyaaaa bikin ngiler teh, karena kami sekeluarga pecinta pisang.

    Btw, harus banget memang sekarang perhatiin asupan gizi untuk sistem imunitas biar sehat, soal buah percayakan sama Sunpride aja dong

    BalasHapus
  26. Pisang sunpride emang enak sih. Lembut dan bergizi pula. Jadi kangen mau makan lagi.

    BalasHapus
  27. Serem juga yaa...teh kalau mengingat virus bisa hinggap dan berdiam di mana saja.
    GGF mengedukasi masyarakat agar hidup lebih berkualitas dengan asupan nutrisi terbaik, terutama di masa pandemi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsumsi buah dan sayur segar agar memenuhi kebutuhan asupan gizi harian kita. Kebiasaan baik memang harus orangtua yang mulai yaa, teh..

      Hapus
  28. Selama pandemi ini saya juga memperbanyak serat dan vitamin dari sayur dan buah. Alhamdulillah anak-anak gak masalah, malah lahap banget makannya.

    BalasHapus
  29. Iya selama pandemi harus menjaga banget ya kesehatan keluarga. Saya pun menyediakan pisang untuk anak anak dan buah buahan lain agar Terpenuhi nutrisi organic yang cukup

    BalasHapus
  30. Bener bgt ini, apalagi keadaan skrg makin darurat ya kak, jd dari diri kita sendiri musti bener2 ngehaga daya tahan tubuh banget dgn konsumsi makanan yg sehat dan multivitamin yg cukup

    BalasHapus
  31. Selalu suka sama kualitas pisangnya, aku suka beli ini karena tau kualitasnya oke banget

    BalasHapus
  32. Salut dengan program ya GGF, memang di masa pandemi ini asupan nutrisi harus benar-benar diperhatikan ya

    BalasHapus
  33. Kalau kebutuhan keluarga tercukupi, dari gizinya protein dan lain sebagainya sebagai ibu pasti tenang banget ya Mba Nia.
    Allhamdulillah semoga kita smeua dimudhakan dalam membahagiakan dan memenuhi kebutuhan keluarga aamiin

    BalasHapus
  34. saya juga pengguna setia sunpride, kebetulan buah menjadi menu wajib saya setiap hari, dari pagi makannya buah, siang dan malam sebelum makan juga buah, pisang juga apalagi sekarang kena lambung jadi kayaknya ini wajib sebagai pembuka di pagi hari. Pengen jambu kristalnya

    BalasHapus
  35. konsumsi buah dan sayur yang tepat ini ang pas banget buat kondisi saat ini ya mba. Sehat sehat mbaa

    BalasHapus
  36. Berbagai program dari GGF ini bermanfaat dan mengisnpirasi sekali ya Mbak...keren lah programnya sangat membantu dalam menerapkan poka hidyp sehat dengan menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh

    BalasHapus
  37. Aku juga sekarang jad lebih rajin nyediaan buah di rumah, biar imun anak-anak juga bagus, karena sebisa mungkin menghindari ke faskes atau dokter.

    BalasHapus
  38. Sebelum pandemi aku sering konsumsi buah, pas pandemi seperti sekarang ini makin banyak konsumsi buah dan sayur. Aku lumayan sering beli pisang Sunpride

    BalasHapus
  39. Memperbanyak buah dan sayur memang sangat bagus untuk daya tahan tubuh. Baru mencoba membiasakan si kecil nyemil buah. Paling suka pisang dari sun pride..

    BalasHapus
  40. Makan sehat bergizi juga jadi salah satu cara keluarga kami untuk naikin imunitas. dan memang kadang yang suka terlupa adalah buah buahan segar yah. Jadi inget buat ke supermarket beli buah hihihi

    BalasHapus
  41. Sedih ya kalau WHO bilang makan buah orang Indonesia itu masih jauh dibawah standart. Ayo deh, kita galakkan makan buah tiap hari

    BalasHapus
  42. Bener bnget te, buah yang punya sertifikasi GAP Aku pernah dnger lebih higienis, bebas residu pestisida jd Kita Aman makannya

    BalasHapus
  43. Nah anak saya paling suka dengan pisang Cavendish, kalau tersedia di rumah, dia bakalan terus makan pisang, berhenti kalau pisangnya udah habis hihihi
    Zaman seperti sekarang ini memang perlu banget punya stok buah-buahan ya, Teh. Untuk menjaga pola hidup sehat.

    BalasHapus
  44. Kami sering beli sunpride juga terutama pisangnya :D
    Anakku suka soalnya hehe.
    Zaman pandemi gini memang sebaiknya memenuhi kebutuhan gizi supaya daya tahan tubuh bagus dan juga terhindar dari penyakit ya

    BalasHapus
  45. During the pandemic. We must eat good food, vitamin and always positif thinking

    BalasHapus
  46. Kecukupan gizi anak dan keluarga terutama di masa pandemi memang sangat penting ya, apalagi asupan buah yang bikin tubuh makin sehat. Anakku paling suka nih pisang sunpride apalagi kalau minumnya susu.

    BalasHapus
  47. Aku tadi habis belanja tambahan buah buahan mba. Hanya dengan asupan sayur dan buah nih bikin kita tetap sehat ya mba

    BalasHapus
  48. pandemi ini bisa jadi sarana latihan hidup sehat dengan memperbaiki pola makan ya, mba. yang pasti, harus pilih makanan yang bergizi dan jelas nutrisinya.

    BalasHapus
  49. Informasi bagus ini untuk kita dalam memilih dan sebelum membeli buah yang baik dengan melihat dulu udah ada sertifikat Good Agricultural Practices atau belum

    BalasHapus
  50. Anak anakku udah mulai aku kenalin buah dan sayur dari kecil tapi oas usia 3 4 tahun ilang semua kadang sama jajanan. Hahahaha

    Tapi memang sih hidup sehat itu bukan sebuah pilihan harusnya tapi kewahikew

    BalasHapus
  51. Menutrisi diri dengan asupan terbaik dari GGF, jadi booster banget nih buat kita-kita. Utamanya, di masa pandemi kayak gini. Dari efek pandemi inilah aku jadi belajar sekaligus sadar untuk menjaga asupan dan menerapkan pola hidup sehat, huhum Thanks Mba remindernya.

    BalasHapus
  52. Mantap yah program dari GGF. Patut diapresiasi nih btw anak-anakku juga doyan makan buah tapi belum pernah coba buah dari sunpride

    BalasHapus
  53. Bagus banget programnya, dan selama pandemi emang kita mesti jaga pola makan dan makan yg banyak sayur serta buah2n ya mbak

    BalasHapus
  54. Jambu kristal dan pisangnya juga kesukaan onty nih, seneng sama kualitasnya SunPride dalam mensupply buah2an kesukaan.

    BalasHapus
  55. Beberapa kali beli pisang dan nanas Sunpride di supermarket memang jempol banget kualitasnya. Selain manis, penampilan luarnya ketika membeli juga bagus.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)