13.9.20

Transit Oriented Development (TOD) BSD City, Sebuah Proyek Kerja Sama Sinar Mas Land dan Pengembang dari Singapura


Inovasi yang dilakukan Sinar Mas Land sepertinya tidak akan pernah berhenti. Dari waktu ke waktu, ada saja hal baru dan canggih yang dibuatnya. Buktinya kali ini, melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk., Sinar Mas Land membuat sesuatu yang baru. Yaitu pengembangan sebuah transit-oriented development (TOD) yang berkonsep smart dan sustainable di BSD City, Indonesia

Pengembangan terintegrasi berbasis TOD ini dikerjakan berdasarkan pada tren urban saat ini. Apa lagi kalau bukan pertimbangan pasca-pandemi, yang bahkan pandeminya masih berlangsung hingga saat ini. Pembangunannya sendiri bekerja sama dengan Mitbana Pte Ltd, sebuah perusahaan patungan antara Surbana Jurong dan Mitsubishi Corporation.

Ini Kata Mereka!

Michael Widjaja, Group Chief Executive Officer Sinar Mas Land, mengatakan bahwa kerja sama yang dilakukan dengan Mitbana bertujuan untuk memajukan BSD City menjadi kota pintar yang terintegrasi, terhubung, dan mudah diakses dari berbagai destinasi. Menurutnya, pengembangan yang dilakukannya ini membuat Mitbana menjadi mitra pengembang terbesar di BSD City. Harapannya, pengembangan tersebut akan menambah nilai tambah bagi warga BSD City dan sekitarnya. Dan tentu saja, proyek tersebut bisa menjadi acuan pengembangan TOD di Indonesia.

Di lain pihak, Gareth Wong, Chief Executive Officer Mitbana, menyebutkan bahwa Indonesia memiliki potensi TOD yang luar biasa di masa depan. Hal tersebut jelas menjadi peluang besar bagi Mitbana. Dan tentu saja, Mitabana sangat bersemangat di dalam mewujudkan visinya bersama Sinar Mas Land, yaitu mewujudkan keduanya menjadi wadah pengembangan urban terdepan melalui pengembangan kota pintar yang berkesinambungan. 

Meskipun dalam keadaan pandemi Covid-19, Mitbana optimis, metode yang relevan akan mampu menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat terhadap lingkungan hidup di masa depan. Dan kerja samanya dengan Sinar Mas Land adalah untuk mendefinisi dan menjadikan solusi urban holistik, yang bisa menunjang komunitas, sekaligus meningkatkan bisnis di Indonesia. Pengembangannya sendiri akan dilakukan dalam beberapa fase yang akan ditunjukkan di waktu yang akan datang.

Chairman Mitbana and Group Chief Corporate Officer Surbana Jurong, Chong Lit Cheong menambahkan bahwa Surbana Jurong akan mengaplikasikan berbagai keahliannya, misalnya saja  keahlian perancangan kota dan infrastruktur, pada proyek pengembangan TOD ini. Dan dilengkapi dengan keahlian pengembangan urban dari Mitsubishi Corporation, serta kerja sama dengan Sinar Mas Land, proyek TOD modern yang maksimal untuk memenuhi kebutuhan transportasi yang nyaman bagi masyarakat Indonesia akan sangat bisa tercapai.

FYI, Mitsubishi Corporation yang sudah terkenal sebagai perusahaan perdagangan terdepan di Jepang, mempunyai pengalaman di berbagai sektor. Sebab Mitsubishi Corporation memiliki tim in-house Urban Development Group yang komprehensif di berbagai bidang. Mulai dari bidang realestat, infrastruktur, leasing, hingga perbankan. Dan cakupannya sudah berskala internasional.  Misinya sendiri adalah untuk mendukung pengembangan urban skala besar dan bernilai tambah untuk kebutuhan sosial dan lingkungan. 

Senada dengan pihak Surbana Jurong, Hiroshi Nakanishi yang merupakan General Manager Mitsubishi Corporation di Singapura dan anggota dewan Mitbana, mengatakan bahwa pihak Mitsubishi Corporation sangat sangat senang bisa terus bekerja sama dengan Sinar Mas Land dalam pembangunan di BSD City. Beliau menambahkan bahwa potensi perkembangan Indonesia sangat memotivasi mereka untuk memberikan produk dan teknologi terbaiknya.

Kerja Sama Sinar Mas Land dan Mitbana

Kerjasama Sinar Mas Land dengan Mitbana di dalam proyek TOD yang berkonsep Smart dan Sustainable di BSD City ini bisa dibilang bukanlah kolaborasi yang pertama. Sebelumnya, Sinar Mas Land sudah pernah melakukan itu, yaitu dalam pengembangan kawasan The Zora di BSD City. The Zora sendiri merupakan zona hunian eksklusif yang berteknologi smart-home terdepan dari Mitsubishi. Ada pun kerja sama dengan Surbana Jurong itu terjalin dalam pengembangan konsep masterplan Eco Digital Project di Nongsa, Batam, Kepulauan Riau, seluas 62 hektare

The Zora BSD City

Masterplan Eco Digital Project di Nongsa, Batam

Ya, kerja sama Mitbana dengan Sinar Mas Land terjalin sejalan dengan kerja sama yang dilakukan Sinar Mas Land bersama Mitsubishi Corporation dan juga Surbana Jurong. 

Asal tahu aja, pengumuman kerja sama antara Sinar Mas Land dan Mitbana ini melengkapi data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia, bahwa Singapura menjadi penanam modal asing tertinggi di semester pertama 2020. Investasinya mencapai nilai 3,4 miliar dollar AS (4,6 miliar dollar Singapura), yang terbagi dalam 5.348 proyek. Dan di periode yang sama, posisi kedua ditempati oleh negara Jepang. Nilai investasinya sejumlah 2,4 miliar dollar AS (3,3 miliar dollar Singapura), yang terbagi di 3.708 proyek di Indonesia. 

Beneran ya, kerja sama Mitbana dengan Sinar Mas Land ini menjadi bukti nyata kepercayaan kedua negara tersebut terhadap perkembangan ekonomi Indonesia. 

Sekilas Tentang BSD City

Sudah kenal dengan BSD City kan? Iyap, BSD City merupakan proyek pengembangan berskala kota dari Sinar Mas Land di Tangerang, Banten. Pembangunan BSD City dimulai sejak tahun 1980-an, yang meliputi pengembangan pusat niaga, sekolah, pusat perbelanjaan, rumah sakit, hotel, dan juga convention centre. 

Dalam hal kerja sama dengan Mitbana, nantinya di BSD City ini akan dikembangkan area residensial, komersial, dan transportasi, di lahan seluas lebih dari 100 hektar dengan konsep TOD. Jangan salah, pengembangan ini nantinya akan bisa dinikmati oleh lebih dari 200.000 orang, baik itu residen atau siapa pun yang selama ini beraktivitas di BSD City. 

Mengenal Sinar Mas Land

Sudah tahu juga kan dengan Sinar Mas Land? Benar, Sinar Mas Land adalah pengembang properti di Indonesia yang sudah berpengalaman lebih dari 40 tahun. Ada lebih dari 50 proyek yang telah dikembangkan oleh Sinar Mas Land. Karena keberhasilannya, Sinar Mas Land banyak mendapatkan penghargaan International yang bergengsi. Misalnya saja FIABCI Golden Award di Andora (2017), MIPIM di Hongkong (2017), MIPIM Award di Prancis (2018), Asia Pacific Property Awards 2018 di Thailand (2018), FIABCI World Prix d’Excellence Awards (2019), dan juga ASEAN Energy Awards (2019).   

Tak sampai di situ, Sinar Mas Land juga dikenal sebagai pengembang kota mandiri, pelopor pengembangan konsep perumahan klaster, serta pioneer pengembangan proyek inovatif Strata Mall di Indonesia.

Nama besar Sinar Mas Land menjadi jaminan yang menjanjikan. Tak heran jika karenanya, Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat. Sebut saja Sojitz Japan, Aeon, Itochu-Japan (yang sudah bekerja sama selama 25 tahun), Mitsubishi Corporation, Hongkong Land, serta mitra lokal Kompas Gramedia dan juga Kalbe. Informasi lebih lanjut tentang Sinar Mas Land bisa diakses di website www.sinarmasland.com

Tentang Mitbana

Mitbana, yang merupakan perusahaan patungan Mitsubishi Corporation dari Jepang dan juga Surbana Jurong dari Singapura, didirikan pada bulan Maret tahun 2019. Mitbana dibentuk khusus untuk mengembangkan urban yang terkemuka di ASEAN. Misalnya saja Indonesia, Vietnam, Myanmar, dan Filipina. Kemudia juga di Asia Selatan, seperti India, Sri Lanka, dan Bangladesh. 

Kerja sama antara Mitsubishi Corporation dan Surbana Jurong itu sifatnya menyatukan keahlian finansial di bidang investasi real estate dengan keahlian teknis dari Surbana Jurong, yang mahir dalam hal perancangaan urban dan infrastruktur. Mitbana Sendiri fokus pada pengembangan berbasis transportasi dan berorientasi transit (TOD), pengembangan berskala kota, dan infrastruktur yang berkaitan dengan urban. Total investasi Mitbana bernilai 500 juta dollar AS. Informasi lebih lanjut mengenai Mitbana bisa mengunjungi www.mitbana.com

Tentang Surbana Jurong

Surbana Jurong Group adalah firma konsultan perancangan urban dan infrastruktur yang sudah berpengalaman lebih dari 70 tahun. Kantor pusat Surbana Jurong berada di Singapura. Grup ini memiliki tenaga kerja sebanyak 16,500 yang tersebar di 120 kantor di 40 negara. Mereka merupakan arsitek, desainer, insinyur, dan tenaga spesialis lainnya. 

Lebih dari satu juta rumah di Singapura telah dibangun Surbana Jurong. Dan lebih dari 30 negara serta lebih dari 100 kawasan industri di seluruh dunia sudah menggunakan masterplan perusahaan ini. Dengan moto “Building Cities, Shaping Lives”, Surbana Jurong memperlakukan setiap proyeknya sebagai kesempatan untuk mengisi aspirasi dan memperkaya kehidupan. Informasi lebih lanjut tentang Surbana Jurong bisa dilihat di www.surbanajurong.com.

Tentang Mitsubishi Corporation

Mitsubishi Corporation (MC) adalah perusahaan global yang bisnisnya terintegrasi di 90 negara dengan 1.700 anak perusahaan. Kelompok usaha yang dimiliki Mitsubishi Corporation antara lain Gas Alam, Material Industri, Gas dan Kimia, Sumber Daya Mineral, Infrastrktur Industri, Otomotif dan Mobil, Makanan, Industri Konsumen, serta Daya dan Pengembangan Urban. Melalui 10 kelompok usahanya ini, Mitsubishi Corporation sudah bekerja sama dengan rekan usaha di seluruh dunia. Informasi lebih lanjut mengenai Mitsubishi Corporation bisa dilihat di www.mitsubishicorp.com

Well,

Proyek yang keren dan luar biasa, ya, TOD di BSD City ini. Pastinya, ke depannya, infrastruktur yang baik dalam pengembangan proyek ini akan turut mendukung pemerintah kita untuk mengelola konektivitas yang baik. Terutama sih, untuk warga dan para komuter di Jakarta dan Tangerang. Kita doakan saja, semoga pelaksanaan proyek ini bisa lancar sampai akhir. 

38 komentar:

  1. Transit-oriented development (TOD) yang berkonsep smart dan sustainable di BSD City, Indonesia. Wah ini istilah baru buatku. Ujung-ujungnya ini segala sesuatunya yang seba smart ya. Semoga sukses deh.

    BalasHapus
  2. mbak, berarti BSD city itu lahan kosongnya masih luas ya? kok sampai ada pengembangan kawasan transit-oriented development ini.

    BalasHapus
  3. Makin keren emanf ya Sinar Mas Land ini. Bangunan mewahnya ada di mana-mana. Menawarkan kenyamanan bagi masyarakat

    BalasHapus
  4. wuihh, ini perusahaan-perusahaan keren bersatu ya, mbak. Pasti inovasi dan hasilnya nanti juga akan keren banget. Harapannya, semoga mereka nggak melupakan tentang lingkungan hidup yg juga harus dijaga keseimbangannya :)

    BalasHapus
  5. Sinar mas land ini inovasinya ga pernah abis ya. Selalu ada dan keren2. Berarti kedepannya akan lebih enak ya untuk akses dari dan ke beberapa tempat. Makin keren aja

    BalasHapus
  6. wow mantap lihat angka investasinya teh ga kaleng-kaleng ini kerjasamanya yah semoga semuanya berjalan lancar

    BalasHapus
  7. Konsep TOD memang tengah gencar dibangun di sejumlah kawasan, cukup inovatif ya..karena memberikan akses dan kemudahan sehingga lebih strategis dan memberikan kemudahan bagi yang menempati area hunian tersebut

    BalasHapus
  8. lihat masterplannya kok saya jadi pengen punya satu ya disana hahaha kayaknya rapi dan teratur banget gitu ya :)

    BalasHapus
  9. Wahh BSD pindah sampe batam nih jadinya haha seru juga ya mba <3 semoga lancar deh ditengah pademi gini

    BalasHapus
  10. duuu penasaran, jadinya gimana ya konsep hunian pintar itu, pasti keren banget ya dan sinar mas betul betul memikirkan konsepnya secara detil

    BalasHapus
  11. waw bakal ada proyek baru ya di BSD. dulu BSD ini berasa jauh banget dari kota... eh sekarang malah jadi rame banget dan makin bagus-bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bener dulu tu ke sana pernah naik kereta mungkin krntransit jd berasa lama. Tp kalau naik tol jg ternyata cepet ya

      Hapus
  12. Woww sinarmas makin kece proyeknya...
    Selalu berusaha memberikan fasilitas terbaik bagi konsumen

    BalasHapus
  13. Aamiin. Mendoakan juga semoga berjalan lancar. Juga berharap yang menikmati nantinya adalah semua pihak XD

    BalasHapus
  14. BAgus banget ya mba. Dan inveastasi disini pastinya sangat menguntungkan. Apalagi akan didukung infrastruktur yang semakin baik ya

    BalasHapus
  15. semoga kerjasama Mitbana dan Surbana Jurong memberikan dampak positif ya mba bagi perkembangan Indonesia, ini yang paling penting. ngomongin masalah kualitas keduanya sudah masternya di bidang pengembangan uban serta arsitekturnya, saya jadi ingat mata kuliah tentang place making bahas soal pengembangan urban seru banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Mei arsitek?
      Bisa banget ya...mengamati perkembangan dan pertumbuhan tata letak kota dan segala ruang publiknya seperti ini..

      Hapus
  16. Produk2 Sinar Mas Land emang keren2 ya, salah satunya aku pernah liat perumahan BSD City. Dan pastinya akan mendukung infrastruktur pemerintah juga ya
    Jadi pengen invest di sahamnya deh :)

    BalasHapus
  17. Masyarakat urban mrmang memerlukan transportasi yang mendukung aktifitas mereka ya mbak, salah satunya TOD ini.

    BalasHapus
  18. Mantap banget nih kolaborasinya... Semoga prosesnya lancar dan hasilnya bisa bermanfaat bagi masyarakat

    BalasHapus
  19. Jadi penasaran gimana foto pas proyek udah selesai nanti. Dan yang terpenting sih, semoga proyeknya berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat bagi orang banyak. Aamiiin

    BalasHapus
  20. masih banyak proyek dan investasi yang berjalan ya mba.. even during this crisis. semoga banyak juga yang bisa menempatinya

    BalasHapus
  21. Hwaa konsepnya bagus juga yaaa. BSD tuh dr dulu gatu knp kusuka aja jln2 disana perumahannya bagus2 dan asriii hihi

    BalasHapus
  22. Senang mendengar ada negara lain optimis masih mau invest ke Indonesia di masa pandemi. Wah BSD akan makin keren donk ke depannya krn makin canggih. Duh jd kepengen deh pindah BSD hehe.

    BalasHapus
  23. Semakin canggih nih perumahan sekitar BSD dng adanya Transit-oriented development memang disana udah keren apalg fasilitasnya

    BalasHapus
  24. baca ini kok jadi inget rumah hehehe kebetulan dekat dengan BSD city, BSD city ini perkembangannya pesat sekali deh

    BalasHapus
  25. Wow makin keren aja nih ke depannya BSD city.
    Sinar mas land emang udah punya nama sih utk pengembangan kota mandiri atau smart City kayak gini

    BalasHapus
  26. Keren designnya, terlihat tertata dengan sangat rapi apalagi ada campur tangan kerjasama antara Mitsubishi dan SinarMas Land, cant wait pengen lihat langsung kesana

    BalasHapus
  27. Indonesia di masa pandemi tetap bisa mendatangkan pihak asing untuk menanamkan modal, ini sih...hebat banget.
    Semoga lancar dan menarik SDM orang Indonesia sebanyak-banyaknya.

    BalasHapus
  28. Wah makin berkembang terus ya BSD City. Konsep TODnya ini bakalan menarik bagi kaum muda urban yang memang punya gaya hidup praktis dan serba cepat.

    BalasHapus
  29. Wooow bsd makin keren aja ya mba. Semoga kerjasamanya lancar. Nti kalau dirimu ke sini aku ajak jalan2 bsd

    BalasHapus
  30. looks like a place where everything is thoroughly considered. Many will enjoy it. But for me it's still too far

    BalasHapus
  31. Masyaallah ada banyak ya mba kemudhan transportasi dan infrastruktur ke depannya ya mba. Serunya jadi banyak tempat hunian yang memadai :)

    BalasHapus
  32. Semoga kerja sama investor seperti ini juga berdampak baik bagi perekonomian Indonesia dan juga rakyatnya ya

    BalasHapus
  33. di daerah sana banyak perkembangan perumahan yang arahnya juga sekaligus peduli lingkungan ya, mbak. semoga bisa diterapkan secara konsisten aamiin

    BalasHapus
  34. Wow baru tahu saya teh ternyata kerjasamnya dengan perusahaan singapura. Semoga projek TOD ini segera selesai dan terwujud yaa. Pengen tahu hasilnya

    BalasHapus
  35. Sinar Mas Land ini terus merajalela dan mengangkasa ya Mba, kapan bisa punya hunian kayak gitu. Disholwatin aja dulu ya Mba hihi

    BalasHapus
  36. Keren Sinarmas Land, proyek propertinya di mana-mana..Semoga harga rumahnya terjangkau sehingga menjadi solusi bagi yang ingin memiliki hunian.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)