23.9.20

Serunya Tur Virtual Ke Korea!


Annyeonghaseyo yeorobun! Apa kabar? Masih betah kan di rumah terus? Harus dong! Biar kita semua selalu sehat dan penularan wabah Covid 19 bisa semakin menurun, ya. Yuk ah, kapan lagi kita bisa jadi pahlawan dengan cara yang paling gampang ini kalo bukan sekarang. Semoga juga, yang pada sakit bisa segera sembuh. Dan akhirnya si coronces ini pun hilang dari bumi.

Ngomongin di rumah terus, apaan sih kegiatan yang selama 6 bulan ini teman-teman lakukan? Kalo saya, selain nemenin bocah Belajar dari Rumah (BDR) alias PJJ, dan juga ngelakuin kerjaan rutin biasa, sekarang saya jadi lebih rajin masak. Iya, di rumah terus bikin kita jadi cepet lapar, ya. Jadinya, tiap hari bisa masak sampe 5-6 kali.

Nonton drakornya gimana? Tetep dong! Drakor dan juga film Korea. Kalo lagi santai, atau bahkan si bocah anteng main dan belajar, saya ‘curi-curi’ nonton. Mayan deh, 1-2 jam nonton bikin semangat kembali menggebu-gebu.

Kenalan dengan Tur Virtual

Ini yang baru aja saya kenal. Tur virtual alias wisata virtual. Seru banget ternyata. Walopun itu cuma melalui laptop, tapi tetap seru. Ya, malam minggu yang lalu, tepatnya 19 September 2020, saya bareng temen-temen blogger Komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) dan juga Wisata Kreatif Jakarta, ikutan tur virtual ke Seoul, Korea Selatan. 

Denger tentang tur virtual sebenernya udah lama. Tapi dulu gak tertarik karena memang bisa main ke mana-mana. Walopun deket. Tapi sejak pandemi, karena bosen juga di rumah aja, saya penasaran. Dan akhirnya, minggu kemaren beraniin ikutan kuisnya. Kuis tentang drakor favorit. Eh jadinya dapet kesempatan ke Korea. Hehehehe… tur virtual ke Korea maksudnya.

Ini Tempat yang Kami Kunjungi

Di kesempatan tur virtual kemaren, saya dan sekitar 30 temen blogger Komunitas ISB lainnya berkesempatan mengunjungi 8 tempat di Seoul. Tempat-tempat itu antara lain Gyeongbok Palace, Cheonggye Stream, Hanok Village, Gangnam, Myeongdong Street, Dongdaemun, Seoul Tower, dan Nami Island. Udah pada kenal kan dengan nama-nama ini? Pasti, di drakor sama film Korea, tempat-tempat ini sering disebut. Dan malah sering jadi tempat settingnya. Ok deh, kalo gitu mari kita bahas satu-satu.

Gyeongbok Palace

Yang sering atau bahkan pernah 1-2 kali nonton drakor sageuk pasti tahu dengan istana ini. Iya, ini adalah salah satu istana di Korea Selatan, yang letaknya di sebelah utara kota Seoul (Gangbuk). Istana ini merupakan 1 dari 5 istana besar, dan bahkan yang terbesar yang dibangun oleh Dinasti Joseon

Menurut Wikipedia, Istana Gyeongbok didirikan tahun 1394 oleh Jeong do jeon, yang merupakan seorang arsitek. Namun karena hancur saat invasi Jepang ke Korea tahun 1592-1598, istana ini dibangun lagi di tahun 1860-an. Di istana ini terdapat 330 buah komplek bangunan. Dan di dalamnya ada 5.792 kamar. Istana yang luasnya 410.000 meter persegi ini merupakan simbol keagungan kerajaan dan rakyat Korea. 


Ngelihat istana ini saat tur virtual kemaren bikin saya inget semua drakor yang pernah saya tonton yang ber-setting di istana ini. Yang keinget banget pastinya adalah drama Kingdom, baik yang season 1 atau pun season 2. Joo Ji Hoon dan kru lainnya kan bolak-balik di istana ini. Huhu, kujadi gak sabar deh kepengen lihat season 3-nya. Semoga deh bisa segera diproduksi. Penasaran banget dengan ending para zombie di zaman jadul itu.

Btw, saat tur virtual berlangsung, Mbak Ira Lathief banyak cerita tentang istana ini. Dari mulai isinya hingga ke penjaga-penjaganya. Beuh, beneran deh asli, kalo ke Korea, kudu mampir di Istana Gyeongbok.

Cheonggye Stream

Cheonggye Stream merupakan sungai yang ada di pusat kota Seoul, Korea Selatan. Sungai ini konon merupakan sungai buatan. Katanya, di tahun 1950-an, sungai ini jadi lambang kemiskinan masyarakat Seoul. Sekaligus juga jadi saksi keberhasilan industrialisasi dan modernisasi.


Saat ini, Sungai Cheonggye menjadi salah satu lokasi wisata yang populer di Seoul. Tiap orang yang berwisata ke sana, pasti mampir di sungai ini. Tapi memang sungai ini indah banget, airnya bersih. Apalagi kalau malam hari. Penuh dengan hiasan dan lampu yang cantik. Harus bangetlah kalo ke sana, foto-foto di sungai Cheonggye.

Hanok Village

Ini kayaknya tempat yang jadi tempat setting Son Ye Jin dan Lee Min Ho lari-larian ngejar temannya di drakor Personal Taste, dan bahkan setting rumahnya Son Ye Jin. Tapi entahlah, mirip sih. Dan katanya, pedesaan seperti di Hanok Village ini banyak di Seoul. Iya, menurut Mbak Ira Lathief, di Seoul itu, walopun kehidupan sudah sangat modern, tapi budaya asli banyak dipake. Termasuk rumah-rumah tradisional kayak di Hanok Village. 


Etapi jangan salah, walopun rumahnya tradisional, perabotan di dalamnya banyak yang modern. Fyi juga, Hanok Village ini rumah-rumahnya disewakan lho. Jika kepengen tahu gimana suasana Korea asli, kalo ke Seoul, coba deh nginep di sana. Jangan cuma di hotel aja. 

Gangnam

Ini pasti udah pada tahu. Iyap, ini jalan bergengsi di Seoul. Di pinggir-pinggir jalannya dipenuhi oleh toko-toko branded nan mewah. Artis, penyanyi, dan selebriti-selebriti Korea Selatan banyak yang punya rumah di tempat ini. Pada tahu kan lagu Gangnam Style-nya Psy? Nah itu, saking bergengsinya tempat ini, orang-orang pada kepengen bergaya ala orang Gangnam. Padahal katanya, orang asli Gangnamnya sendiri gak pada begitu. Mereka kaya tapi gak norak.  Waktu tur virtual di Gangnam kemaren itu, aku sama anak-anak oto-nyanyi Gangnam Style. Wkwkwk....


Myeongdong Street

Yang suka dengan kosmetik Korea mana suaranya? Ayo baris sama saya. Yuk kita ke Myeongdong Street. Iyes, ini tuh surganya kosmetik Korea di Seoul. Di sana berjejer deh toko-toko kosmetik yang merknya banyak digandrungi orang-orang Indonesia. Gak cuma kosmetik kok, di Myeongdong Street ini juga banyak toko-toko lain. Brand fashion juga ada. Pokoknya kalo ke Korea, pastikan sebagian uangnya dihabiskan di sini ya. 


Oh ya, kata Mbak Ira, kalo lewat jalan ini, kita bakalan banyak ditawari produk-produk gratis sebagai penarik masuk ke toko itu. Kayak ke toko kosmetik, para SPG di sana bagi-bagi masker gratis. Kalo gak malu sih, bisa deh ngumpulin banyak masker tanpa harus belanja di toko-tokonya. Hehehe… tebelin muka aja palingan, ya. 

Dongdaemun

Nah, buat teman-teman yang suka makan-makanan Korea, berarti harus mampir di pasar ini saat ke Korea nanti. Bener, di sini tuh tempatnya berbagai macam kuliner khas Korea. Dari yang manis sampe yang asin. Dari yang pedes sampe yang gurih. Halal haramnya gimana? Memang sih, di Korea gak ada penanda makanan halal, tapi mungkin, patokan makanan yang banyak sayur, dan gak jual makan makanan haram bisa jadi pilihan. Balik lagi ke diri kita ini mah ya. :D


Seoul Tower

Yang mau menggembok hati si dia di hatimu selamanya, siapa ayo? Nah, teman-teman kudu mampir ke sini. Seoul Tower alias Namsan Tower. Betul, di sini tuh tempatnya teman-teman mengunci hati si dia dengan kunci gembok yang sudah tertulis nama teman-teman dan nama si dia. Di sana ada tempat buat menggantungkan kunci gemboknya. Nah anak kuncinya, bisa dibuang. Biar selamanya hati si dia terkunci di hatimu. Hehehe…. Tapi jangan lupa, sekarang katanya si anak kunci gak bisa dibuang sembarangan. Soalnya udah kebanyakan, jadinya malah mencemari tanah. Tapi gak usah khawatir, di sana ada tempat sampah. Anak kuncinya bisa dibuang ke sana.


Saya kalo ke sana kayaknya kepengen foto-foto aja deh. Soal hati si dia mah Insya Allah udah yakin. Wkwkwk…. Palingan kepengen naik kereta gantungnya. Seru banget kayaknya tuh. 

Nami Island

Ini tempat terakhir yang kami singgahi, Nami Island. Leres pisan, tempat ini tuh tempat syutingnya drama Winter Sonata yang terkenal itu. Karena termashurnya Pulau Nami ini karena drama Winter Sonata, jadinya di sana banyak spot yang ditandai sebagai tempat pengambilan scene drama tersebut. Yang doyan drakor, pastinya gakkan melewatkan kesempatan untuk foto-foto di sana. 


Saya Ketagihan!

Iya, saya ketagihan jalan-jalan ala tur virtual. Seru juga ternyata. Lain kali, kalo ada kesempatan lagi, atau saya lagi luang, mau ikutan lagi ah. Ya siapa tahu jadi doa. Dari yang cuma virtual, terus nantinya jadi kesampaian, nanti setelah pandemi berakhir. Hehehehe Aamiin. Berhalu-halu dahulu, berseru-seru beneran kemudian. :D

Nah itu dia tempat-tempat yang kami kunjungi waktu tur virtual bareng Komunitas ISB dan Wisata Kreatif Jakarta. Mau nyoba keseruan tur virtual kayak saya? Sok aja follow dan kepoin akun Instagram Wisata Kreatif Jakarta. Di sana banyak paket menarik tur virtual ke seluruh penjuru dunia. Saya juga mau kepoin ah. Mau nyari yang cocok waktunya. 

Oke deh teman-teman, sampai di sini cerita saya. Jangan bosen di rumah terus. Biar si pandemi lekas berakhir. Kalo bosen di rumah aja dan kepengen jalan-jalan, mendingan ikut tur virtual aja bareng Wisata Kreatif Jakarta. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa! 

Terima kasih Komunitas ISB, terima kasih Wisata Kreatif Jakarta!



36 komentar:

  1. ini jalan2nya guide live atau google maps kayak yg di slide show itu mba?
    Menarik yaa ini ada jalan2 virtual. btw kadang makanan korea walau bersayur suka ada minyak2 yg ga halal juga. tetep mesti tanya apakah mereka jual halal food.

    BalasHapus
  2. Kayaknya seru yah jalan-jalan virtual ke korea. Aku rencana Juli kemarin mau ke Korea tapi apa daya dibatalkan karena covid ini :( . Tapi melihat postingan mom mengobati sedikit rasa penasaranku dengan Negara Korea :)

    BalasHapus
  3. Uwaa seru banget mbk tour virtual ke Korea. Tempatvtempat yang didinggahi diatas yang hits banget di Korea, termaduk Gangnam. Semoga kita bisa ke Korea beneran ya mbk

    BalasHapus
  4. Saya pikir Wisata Kreatif Jakarta hanya menunjukkan jalan-jalan di sekitaran Jakarta. Ternyata, sampai ke luar negeri juga, ya. Asik juga kalau begini

    BalasHapus
  5. wah serunya tur virtual, karena emang lagi pandemi jadi ga bisa juga kan tur beneran kesana. Sementara tur virtual dulu biar lebih tau daerah daerahnya sebelum langsung kesana yaaaaa

    BalasHapus
  6. Korea jadi.salah satu negara yang pengen saya datangi setelah nonton drakor untuk mengisi waktu di masa pandemi ini, haha...

    BalasHapus
  7. Bisa seru ya ternyata tur virtual ke Seoul, Korea Selatan ini, Mbak. Berasa beneran jalan-jalan ke Korea. Saya lihat tayangan di animated gif-nya di paling bawah itu .. berasa ikut jalan.

    BalasHapus
  8. Keren ya, Mbak Ira sebagai tour guide-nya bisa bercerita dengan sangat detail.

    BalasHapus
  9. Sarangheyoooo :D
    Menarik banget ya virtual tour ke KorSel kayak gini.
    Nanti kalo corona udah kelar, bisa plesir ke sana beneran
    asyiikkk

    BalasHapus
  10. Aihh asyiknya. Ada opsi tur virtual ke tempat tinggalnya Hyun Bin gak? wkwkwkw. Mau ah kapan-kapan ikutan tur virtual gini, menarik kayaknya.

    BalasHapus
  11. Asyik deh bisa virtual tour ke Korea. Wisata Korea emang keren-keren. Kepoin ah akun Instagramnya barangkali bisa ikutan juga.

    BalasHapus
  12. Kepengen deh ikutan tur beneran bareng Wisata Kreatif Jakarta nyar kelar corona. Sememtara virtual dulu ya jalan2nya. Seru nih ke Korea, menjelajah tempat2 menarik.

    BalasHapus
  13. Efek kerancunan Crash Landing On You, aku tuh jadi pengen banget ke Korea loh. Padahal beberapa kali diajak teman dan mamahku dulu gak pernah mau ikutan. Eh pas banget sebenarnya Oktober ini berangkat ke Seoul namun harus reschedule, hiiiikkkssss...

    BalasHapus
  14. Huaaa serunya.
    Meski virtual tetap saja menjadi pengalaman tak terlupakan ya

    BalasHapus
  15. Huaaaa seruuuu...
    Meski virtual pasti senang banget ya mbak..
    Bisa jlnjln ke korea

    BalasHapus
  16. Kayaknya aku bakal ke Dongdaemun buat kulineran tapi lihat-lihat menunya dulu yaa. Eh kalau penjualnya ditanya ini halal atau gak, paham gak sih? Apa di Korea udah ada sertifikasi halal?

    BalasHapus
  17. Wuih, seru banget bisa jalan-jalan ke korea meski virtual... Bikin makin pengen ke sana ya...

    BalasHapus
  18. asiknya bisa virtualan tour di Korea Selatan itu tuh ngingetin aku sama drakornya The King external Monarch yg soal raja Sejong nih

    BalasHapus
  19. Wah berasa langsung ke Koreanya ya Mba Nia...kereen... itu menyusuri Sungai Cheonggye itu terkenal banget ya, kl wisatawan mancanegara pasti direkom buat berkunjung ke sana ya

    BalasHapus
  20. Seneng ya Teh Nia, sampai pengen ikutan virtual tour lagi. Nah kudu dicatat nih kalo misal ada rejeki ke Seoul mampir jalan juga ke Myeongdong Street. Mayan lah ngumpulin masker gratis, wkwkwkk

    BalasHapus
  21. Virtual aja seseru ini ya mbaa.. Kebayang gimana serunya kalo versi beneraaan. Ini semua tempatnya pernah liat2 sekilas di drakor2. Tp baru kali ini tau detail lengkapnya

    BalasHapus
  22. Wah asik bisa jalan2 virtual ke korea . Korea bersih dan rapih. Korea juga udah ada wisata halalnya ya

    BalasHapus
  23. Adriana Dian21.59

    seru bangeeeeetttttt. abus tur virtual rasanya pasti makin menggebu gebu buat terbang lansgung ke korea ya maaaaaak.. heheheh

    BalasHapus
  24. now online on virtual, bit some day i hope we can visit soon and keep this image for future. I wanna do it agant. Now i am be lover Korean

    BalasHapus
  25. Cakep banget ya Korea...aku juga sesekali pengen deh ikutan virtual tour ke luar negeri gini...

    BalasHapus
  26. Seruu...
    Hanya, keikiran pengin juga diliatin budaya Korea yaa...
    Seperti tarian atau budaya beribadahnya...

    BalasHapus
  27. Di masa pandemi sepertinya emang paling aman tut virtual ya mba, mau juga ah cobain seru kaliya sama anak2 nyobain turun virtual biar ga bosen di rumah aja

    BalasHapus
  28. Wah. .saya pernah ikutan juga. Jalan-jalan ke venice. Sayangnya saya liatnya via hape, jadi kurang maksimal. Laptop baru ada masalah. Tapi so far asyik sih, tour virtual. Lumayan menghibur di saat pandemi.

    BalasHapus
  29. Kayaknya seruu bangeet ya mbak virtual tour ke Korea. Selama pandemi gini banyak ya virtual tour kemana-mana. Tapi aku belum pernah coba mbak. Ternyata seru juga yaa

    BalasHapus
  30. Meski aku belum pernah nonton Winter Sonata, tapi kemashyuran Nami Island ini memang bukan kaleng-kaleng, mudahan suatu saat bisa ke sana sungguhan.

    Dan thanks to teknologi, sejak ada google streetview berasa pernah menginjakkan kaki di sana hehehe.

    BalasHapus
  31. Duh Korea emang bener-bener ya..banyak tempat menarik buat dikunjungi.. Tour virtual aja bikin mupeng apalagi tur beneran nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kapan nih mbak kita ikutan tour virtual?

      Hapus
  32. walau belum bisa ke sana langsung, tp lumayan ya bisa Tur Virtual ke Korea, jadi serasa bisa berkunjung ke tempat2 bagus di sana..

    BalasHapus
  33. Tempat2 di Korea bagus banget ya bkin mau ksanaa duh emang pas banget tur virtual saat masa pandemi kek sekarang berasa banget bneran datang ke Korea

    BalasHapus
  34. Isinya tempat wisata terkenal Korea yah.. Keren deh. Pasti jadi pengen langsung terang ke Korea abis tur virtual gini :)))

    BalasHapus
  35. Ga bisa ke Korea tahun 2020 ini tapi bisa tetap virtual tour yaaa. Meskipun ga bisa shopping banyak kaya disana langsung wkwk

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)