14.2.20

Belanja Lupa Dompet? Pake Saldo GoPay!


Senin pagi itu saya bangun kesiangan. Karena semua anak masuk sekolah pagi, saya jelas terburu-buru. Dari mulai nyiapin sarapan, beberes rumah, hingga ngurusin pernak-pernik kecil. Saking terburu-burunya, saat nganterin anak ketiga, saya lupa bawa dompet.

Untung hape gak lupa. Tahu sendirilah ya, benda satu ini, bagi siapa pun, kayaknya gak bisa dilupain. Bahkan sepertinya, cuma benda inilah, yang akan dibawa ke mana-mana, sekali pun itu kita pergi ke bulan. Hehehe... setidaknya seperti itulah, arti hape buat saya.

Oke, balik lagi ke hari Senin yang kesiangan tadi.

Saat di sekolah anak, saya baru ingat dengan dompet yang ketinggalan. Lalu saya inget juga dengan cucian di rumah yang sudah menggunung. Rencananya, hari itu saya akan nyuci. Karena detergen di rumah sudah habis, sepulang nganterin anak ke sekolah, tadinya saya bakal mampir ke minimarket untuk beli detergen dulu.

Tapi kan, dompet ketinggalan. Gimana mau beli atuh? Masa ngutang dulu! Begitu pikir saya. Sambil pegang-pegang hape, saya berpikir keras. Atau saya pinjem duit dulu ke teman-teman ortu murid? Heuh malu! Pilihi kalo pulang dulu ke rumah, malas, bolak-balik!

Saat pusing begitu, mata saya tiba-tiba tertuju pada sebuah aplikasi di hape saya. Logo berwarna hijau, bergambar pengendara motor. Iyes bener, logo Gojek yang lama. Dan tetiba, sebuah bohlam menyala, tergambar jelas di benak saya. Aha!

Ya, Saya kan punya saldo GoPay, belanja detergennya kan bisa pake saldo itu. Kebetulan, saya masih punya saldo GoPay 250 ribu. Hadiah ikutan kuis di Instagram, beberapa waktu sebelumnya.

Etapi beneran, saldo GoPay bisa dipake belanja detergen? Pikir saya. Heuheu, kudet ya saya. Maklumlah, itu kali pertama saya berencana belanja dengan menggunakan saldo GoPay.

Malah Ketagihan!

Ke luar dari minimarket saya kegirangan. Satu kantong plastik besar belanjaan sudah saya pegang. Tak cuma detergen, minyak goreng, roti tawar, es krim, sabun mandi, odol, bahkan hingga mie instan dan pembalut, sudah masuk di kantong plastik yang saya pegang. Pingin rasanya saya loncat kegirangan. Iyes, mission accomplished!

Sejak saat itu saya jadi ketagihan. Ketagihan belanja dengan menggunakan saldo GoPay. Itu si saldo 250 ribu tadi, dihabiskan cuma untuk belanja di minimarket itu. Dalam waktu seminggu saja. Hehehe, bener-bener deh, saya norak senorak-noraknya. Padahal biasanya, saldo GoPay 100 ribu saja, itu habisnya cuma buat bayar ongkos GoRide.

Nah tuh, dapet cashback!

Langsung deh, setelah itu saya jadi rajin isi saldo GoPay. Karena selain bisa dibelanjain apa saja, bonus cashback-nya menguntungkan saya. Mayan kan, walopun cuma 5 ribu dalam sekali belanja, kalo dikumpul-kumpul, ini bisa beli apa pun. Sebagai emak modis (modal diskon, plus cashback) jiwa pemburu saya jelas bergejolak!

Top Up Saldo Gopay Kan Gampang!

Ini juga yang bikin saya semangat ngisi saldo GoPay. Setiap habis gajian dari suami, atau invoice honor nulis saya turun, wajib hukumnya bagi saya untuk ngisi saldo GoPay. Ya buat GoRide, ya buat belanja. Top up saldo GoPay gampil pisan.

Manteman udah pada tahu kan gimana cara top up saldo GoPay? Pasti udah pada tahu. Pilih untuk yang belom tahu, bakal saya kasih tahu caranya. FYI, top up Saldo GoPay ini ada banyak caranya. Bisa melalui driver Gojek, beli di minimarket, BCA Oneklik, mBanking, Internet banking, ATM, SMS banking, dan yang lainnya.

Saya sendiri seringnya top up saldo GoPay melalui mBanking BCA. Oke deh, saya kasih tahu cara top up GoPay melalui mBanking BCA, ya. Ini dia!

  • Pilih aplikasi Gojek yang ada di hape.


  • Pilih menu Top Up.

  • Karena saya top up saldo GoPay-nya pake mBanking, maka saya pilih menu Instructions.

  • Pilih menu Mobile banking.

  • Pilih logo BCA.

  • Saya lalu mengikuti instruksi yang ada di sana. Mulai dari Login ke mBCA.

  • Pilih menu Transfer BCA Virtual Account.
  • Copy terlebih dahulu code virtual Gojek dan nomor hape kita yang dipakai untuk akun Gojek. Lalu paste deretan angka kode virtual Gojek + Nomor hape kita tadi di sana.

  • Masukkan nomimal saldo yang ingin ditambahkan.
  • Masukkan PIN mBCA.
  • Setelah transfer berhasil, ikuti instruksi seterusnya. Biasanya berupa notifikasi dari Gojek mengenai saldo GoPay yang sudah masuk.
Langkah-langkah di mBCA

Nah gimana, gampang banget kan? Cara top up saldo GoPay yang lainnya juga gak kalah mudah. Tinggal ikuti saja instruksi yang diberikan di aplikasi. Atau kalo kepengen praktis banget, Top Up GoPay ini bisa langsung ke Alfamart, Alfamidi, Dan+Dan, Lawson, dan Pegadaian. Atau kalo lagi on the go naik GoRide, bisa langsung top up ke driver-nya. Ngisi saldo GoPay via ATM juga mudah. Bisa dari ATM mana saja yang kita punya, termasuk ATM Bersama.

Well…

Zaman memang sudah berubah. Dulu kita ke mana-mana harus bawa duit cash. Terus berganti bawa-bawa kartu. Kini kita bisa bawa hape saja. Berbagai transaksi keuangan beres hanya dengan menggunakan saldo elektronik seperti GoPay. Semakin praktis dan banyak bonusnya.

Tak perlu pula kita takut. Merchant yang menerima GoPay sangat banyak. Minimarket, restoran, kafe, dan toko-toko barang kebutuhan lainnya, kini sudah bisa dibayar dengan menggunakan saldo GoPay. Tinggal kita saja yang rajin mengisi saldonya.

Oke deh manteman, segitu curhat saya tentang GoPay; kenorakan saya saat pertama kali belanja dengan menggunakan saldo GoPay; dan cara top up GoPay. Semoga bermanfaat, ya. Yuk yuk rajin isi saldo GoPay-nya. Biar ke mana-mana tenang, bahkan saat lupa bawa dompet kayak cerita saya. Bye bye!

51 komentar:

  1. Jamannya cashless banget sekarang yah mbak, ketinggalan dompet udah gak terlalu masalah dibanding ketinggalan HP. Semuanya jadi serba mudah karena gopay :)

    BalasHapus
  2. Aku top up gopay yang pake pin. Klik top up trus masukin jumlah dan pin.

    BalasHapus
  3. Zamannya cashless ya.

    Di antara sekian penyedia uang digital, gopay yang paling banyak gaungnya menurut saya.

    BalasHapus
  4. aku kalo top up pake BCA teh, enak sih ada gopay, ongkos ojeknya lebih murah dibanding cash, udh gt kalo pake gopay pas turun ojek enak tinggal caau aja

    BalasHapus
  5. aku pake gopay terus sekarang, mudah, cepet, dan banyak promonya juga, kalo pake cash agak ribet dan agak mahal, hehe

    BalasHapus
  6. Zaman sekarang lebih mending ketinggalan dompet ya mba dari pada hp. Aku juga sudah memanfaatkan gopay untuk berbagai pembayaran. Ibu ibu ga tahan sama yang namanya promo dan cashback

    BalasHapus
  7. Saya beli oleh2 pun pake gopay hehhe.. mudahnya hidup ini

    BalasHapus
  8. Banyak cara buat top up ya, tapi paling asyik lewat driver sih ya

    BalasHapus
  9. Sama Maak, buat saya pun, modis lima ribu rupiah itu menguntungkan banget hihihi.
    Kalo gak salah, kita kan bisa pake akun lain belanja juga ya, misal akun suami, akun anak ... wih mayan itu bisa 15.000 kan diskonnya :D

    BalasHapus
  10. Daku termasuk orang yang sering blanja pake gopay. Apalagi skg ad paylater, nikmatnyoooo order gofood, goride and gocar dgn mudah

    BalasHapus
  11. Yes, jaman sudah berubah ya. Dulu kalau lupa bawa dompet, repot banget rasanya. Jaman sekarang, asal nggak kelupaan bawa smartphone aja deh, tenang aman karena bisa top up GoPay kapan saja dimana saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang pun kalau mau top up GoPay, bisa sambil rebahan santai juga ya di rumah. Dan bisa dimanfaatkan tiap mau jajan di Alfamart.

      Hapus
  12. Saya banget nih paling suka cashless, dan berbahagia banget dengan mudahnya pakai saldo Gopay ini, rasanya di mana-mana udah beralih ke cashless :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau top up pun mudah banget, saya seringnya menggunakan mobile bangking, cepat dan mudah.
      Biasanya kalau saya ngemall sudah saya isi sejak dari rumah, jadi lebih hemat beli-beli makanan, kan banyak promo hihihi

      Hapus
  13. Bener yaa memudahkan banget memang.. terlebih buat emak emak lagi hectic atau mager. Hehe.. suami saya juga sering cari promo dari sana.. 🙂

    BalasHapus
  14. Aku jg jd pke gopay nih krn suka dpt diskon kalau bayar gojek anak2 skul..jd lbh murah

    BalasHapus
  15. Asyik ya, Teh. Sekarang kalau gak punya uang cash atau dompet ketinggalan masih bisa belanja pakai gopay. Lebih praktis

    BalasHapus
  16. Sekarang makin canggih dan praktis yaah mbak, kalo nggak ada uang cash bisa pake saldo Gopay. Mudah dan canggih banget hihi

    BalasHapus
  17. Aku juga pake gopay buat belanja. Diskonnya banyak, masih ada cashback lagi pula. Puas deh ya hehe

    BalasHapus
  18. Daku juga pernah belanja pakai gopay karena simple, terus juga isi ulangnya gampang banget nggak pakai lama dan ribet.

    BalasHapus
  19. iya sih bener, aku juga suka tuh begitu... anak2 pun sama. Bahkan beli chatime juga bayarnya pake gopay

    BalasHapus
  20. Bener banget pakai gopay ini sangat membantu. Dulu zaman-zaman sering ada cashback banyak, malah hampir tiap weekend belanja. Misal kebutuhan yang pasti akan dipakai. Dulu cahbacknya sampai 20 ribu jadi lumayan

    BalasHapus
  21. Sekarang kalau ketinggalan dompet sudah gak masalah ya teh, karena sekarang ini sudah banyak yang bisa dibayar dengan GoPay. Aku pun kalau jajan atau nongkrong di cafe pasti bayar pakai GoPay.

    BalasHapus
  22. dari dulu saya juga tipe orang yang jarang megang cash banyak. seperlu nya aja. dompet ga perlu tebel sekarang yang peting saldo yang tebel buat top up wkwk

    BalasHapus
  23. aku juga suka lupa bawa dompet, lebih khawatir ga bawa hp ketimbang ga bawa dompet wkwk
    anaknya udah mulai cashless dan adanya gopay ngebantu banget

    BalasHapus
  24. Transaksi menggunakan dana saldo gopay memang membantu sekali. Suami saya lebih suka transaksi online, karena baginya lebih bisa tercatat transaksi keuangannya. Doi sering banget cek ricek transaksi soalnya wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama saya jg sukanya catat biar gak kebablasan pengeluaran. asyiknya lg ada cashback jd kan terasa hemat

      Hapus
  25. Kalau malahan jadi malas bawa uang cash, apalagi kalau saldo gopay nya isinya banyak, mau belanja atau jalan ke mall udah ga penting bawa uang cash, sekalian juga banyak diskonan gopay.

    BalasHapus
  26. Hihi sekarang udah ga worry ketinggalan Dompet asal jangan ketinggalan hape :D akupun demikian nih. Apalagi makin banyak promo2 menarik juga cashback. Bikin hemat, lumayan. Hehe.

    BalasHapus
  27. Dompet ketinggalan ngga masalah ya teh, asal saldo gopay aman buat bayar bayar hehe ini mah aku banget, kalo minta jajan sama suami tinggal minta isiin saldo gopay.. simpel dan praktis untuk top up maupun pembayaran lain lainnya

    BalasHapus
  28. Sekarang jadi praktis banget ya mbak, gak khawatir lagi meskipun lupa gak bawa dompet. Terbantu banget sih sama dompet-dompet virtual macam ini. Semoga aja makin banyak tempat yang support pembayaran virtual kayak gini.

    BalasHapus
  29. Aku juga tiap bulan pasti ngisi gopay mba. Soalnya praktis. Paling sering isi gopay buat ongkos ama buat ngegofood hihihi dan ternyata ya isi pulsa pakai gopay jauh lebih murah daripada pake m banking atau beli di luar. Baru tahu aku juga 😂

    BalasHapus
  30. Aku juga pernah lupa belanja bawa dompet
    kirain to udah dibawain suami, akhirnya aku nugu suami pulang wkwkwk buat jaminan
    kalo ada gopay mah asik banget nih

    BalasHapus
  31. Ya namanya istri sekaligus ibu,pasti hal seperti itu sering di alami.
    Aku pun juga pernah mgalamin nya, tapi kan sekarang udah ada gopay, aplikasi modern yang membantu kita.
    Asal ada isi saldo nya aja,udah aman pokoknya mesti nggak bawa dompet

    BalasHapus
  32. Wah enak ya saldo gopay bisa dipakai untuk transaksi di minimarket, enggak bawa dompet dan kartu debit, bisa tetap belanja...

    BalasHapus
  33. Aku juga pengguna gopay mbak, jadi lebih mudah jajan atau belanja tinggal scan beres deh

    BalasHapus
  34. Sekarang mending tertinggal dompet daripada tertinggal smartphone. Uang dan dunia sudah ada dalam hp, dompet paling cuma simpan foto dan kartu, hehehe

    BalasHapus
  35. Buat aku yang cashless ini sangat membantu sekali, apalagi sekarang juga memang sudah banyak yang bisa bayar pakai gopay.

    BalasHapus
  36. Jadi kalau zaman sekarang nih gak apa-apa lah lupa bawa dompet. Asalkan jangan lupa top up gopay hehehe

    BalasHapus
  37. Aku sekrang jarang bwa yang cash kmna2 asal saldo gopay penuh aman deh buat jalan dan belanja smua lebih mudah

    BalasHapus
  38. Hehe, aq juga pernah mbak da sampai kasir ternyata g bw dompet..

    Untung ada gopay, aman..

    Makanya skrg akan lebih panik klo ketinggalan hp

    BalasHapus
  39. Aku pernaaaahh hahaha, tapi bukan pas belanja sih, tapi pas bepergian lupa gak bawa dompet.
    Untung saldo gopay aman jadi tetep bisa pergi naik ojol, trus mesen makan bayar pakai gopay. Zaman skrng emang lbh penting dr dompet sih ya, apalagi makin banyak tenant yang nerima pembayaran pakai gopay.

    BalasHapus
  40. aku sering banget pake GoPay tapi belum pernah Top Up via BCA, makanya baca blog ini jadi bisa deh top up nya.mudah banget ya ternyata

    BalasHapus
  41. Semalem pas banget kehabisan kuota. Mobile bankingnya kebetulan lagi keblokir. Untungnya sejak setahun terakhir akunya pake aplikasi GoPay n pas baru ada yang isiin. Alhamdulillah bisa isi pulsa buat beli kuota melalui GoPay tanpa harus ke ATM atau conter

    BalasHapus
  42. Kayaknya baru-baru ini aja gopay bisa topup pakai m-banking. Soalnya beberapa bulan lalu saya mau topup lalu ngetik dan nyari-nyari m-banking di opsi pilihannya tidak ketemu. Alhamdulillah banget kalau bisa via m-banking.

    BalasHapus
  43. Dengan GoPay kita mudah dalam bertransaksi, terutama belanja dan jajan di banyak merchant kuliner ya Moms. Selain itu mudah juga untuk top up isi saldonya. Ga khawatir lagi saat lupa bawa dompet

    BalasHapus
  44. Gopay ini harus selalu ada di hp ku mbak. Jadi jarang banget gak ada saldonya. Soalnya kepakai tiap hari. Seringnya buat jemput bocah sekolah. Aku biasa top up pakai M banking. Gampil.

    BalasHapus
  45. Sekarang app Gojek makin bagus. Fitur nya juga makin banyak. Berasa aplikasi sehari-hari banget. Pun aku sangat terbantu terutama sama goride gocarnya hehe. Secara belum bisa nyetir/baike motor XD

    BalasHapus
  46. Yess... Apalagi di gopay juga bisa perpanjang langganan gramedia digital. Terus bisa juga buat pembayaran belanja di toko buku. Jadi makin mudah aja buat pembayaran. Ga bingung kalo lupa bawa atm

    BalasHapus
  47. Saya juga sering begini, mbak. Pas mau belanja uang Cash habis akhirnya isi saldo gopay buat belanja di minimarket langganan. Hihi.

    BalasHapus
  48. Era digital saat ini memang sangat memudahkan. Apalagi Gojek sebagai aplikasi start up mencakup berbagai pembayaran segala kebutuhan. Ga hanya ojek/taksi online. Segala hal bisa dengan 1 apps

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)