10.2.20

Jajan di Pinggir Jalan Kini Bisa Cashless!


Penyuka jajanan pinggir jalan mana suaranya? Sini sini, gabung sama saya. Kita bikin barisan Rakyat Pencinta Jajanan Pinggir Jalan. Nanti saya deh yang jadi ketuanya. Hehehe… ngaco!

Ya, begitulah adanya. Saya tuh penyuka jajanan pinggir jalan. Segala macam jajanan. Dari yang asin, pedas, manis, bahkan mungkin kecut. Di lidah saya, jajanan pinggir jalan itu rasanya nikmaaaat banget. Dan tentu saja, saya lebih banyak milih jajanan pinggir jalan juga karena harganya yang murah serta macamnya yang banyak.

Jajanan Murah = Jajanan Murahan?

Ini pasti yang ada di benak banyak orang. Jajanan murah itu sama dengan jajanan murahan. Padahal tidak demikian adanya. Ada banyak sekali jajanan pinggir jalan yang juga berkualitas. Pintar-pintar saja kita memilihnya. Dari soal rasanya, kebersihannya, harganya, kemasannya, dan juga pedagangnya. Saya sih, pilih jajanan dengan rasa yang enak, kebersihan yang terjaga, harganya yang tidak terlalu murah (tapi juga tidak mahal), serta pedagangnya yang berseka a.k.a rapi plus bersih. So far, jajan di tempat jajan yang seperti ini, saya puas, saya kenyang, dan saya tetep jagjag waringkas alias sehat-sehat terus. Alhamdulillah.


Jajanan Pinggir Jalan Naik Kelas

Yang bikin saya makin senang jajan di jajanan pinggir jalan, kini bukan hanya rasanya yang enak, jenisnya yang beragam, serta harganya yang murah saja. Tetapi juga karena di mata saya, jajanan pinggir jalan itu sekarang sudah naik kelas. Coba saja tengok, di sekitar kita sudah banyak sekali jajanan pinggir jalan yang memanfaatkan internet. Inovasi rasa, proses pembuatan, dan pengemasan produk, bahkan hingga ke pemasaran, sudah melibatkan internet. Tak sedikit kan dari tempat jajanan yang kini pada punya media sosialnya? Dan hadirnya ojek online seperti GoJek, dengan fitur GoFood-nya, semakin mempertegas bahwa jajanan pinggir jalan sudah naik kelas.


Semakin Canggih dengan Cashless

Nah ini yang paling anyar. Beli makanan dengan menggunakan kartu debit (kartu ATM) atau jajan dengan memakai saldo elektronik seperti GoPay, kini tak hanya bisa dilakukan di restoran dan kafe-kafe mahal saja. Di tempat jajanan pinggir jalan juga sudah bisa. Dengan tap di sana, tap di sini, gesek kartu di sana, dan gesek kartu di sini di mesin EDC, yang merangkap sebagai perangkat kasir, jajanan apa pun sudah bisa dibeli. Iya, kini para pedagang jajanan pinggir jalan sudah banyak yang menggunakan mesin EDC. So, jajan gorengan di pinggir jalan pun kini bisa cashless.


Ada yang kayak saya gak? Yang suka bete kalo uang kembalian gak pas hanya karena si pedagang gak punya duit kecil? Pasti ada. Bukan karena kita pelit kan, ya. Tapi ya nyebelin aja, masa uang kembalian, yang merupakan hak kita, gak dikasihkan ke kita. Sering juga malah uang kembalian ini diganti dengan permen. Bukan nominalnya sih, tapi kok ya berasa gak sopan.

Pembayaran secara cashless di perangkat kasir merupakan solusi dari hal ini. Berapa pun hak kita dalam bentuk kembalian, akan selalu menjadi milik kita. Sebab teknologi cashless membuat kita membayar sejumlah pengeluaran kita. Mau seperak, dua perak, itu akan tetap kita miliki.

SPOTS, Aplikasi Kasir Online untuk Transaksi Cashless

Ini dia mesin EDC, lengkap dengan aplikasinya yang memungkinkan jajanan pinggir jalan untuk bisa naik kelas ke tingkat cashless. Berbagai kartu debit, serta saldo elektronik GoPay menjadi alat bayarnya. Perangkat kasir mesin EDC SPOTS.

Saya sudah membuktikannya. Beberapa waktu yang lalu, saya jajan martabak pinggir jalan dengan menggunakan kartu debit BCA. Wow… saya kagum lihatnya. Dengan hanya memilih menu yang ada di alat SPOTS tersebut, pembelian langsung tercatat. Dan begitu kartu debit BCA saya digesekkan ke mesin EDC SPOTS tersebut, transaksi selesai. Saya hanya tinggal menunggu si martabak untuk matang.

Jadi ya, selain sebagai mesin EDC, SPOTS ini juga merupakan perangkat kasir online dengan sistem POS, SPOTS ini All in One Device, lho. Dia bisa langsung mencetak transaksi di kertas struk.


Oh ya, di tukang martabak pinggir jalan tersebut, mesin EDC SPOTS bisa menerima banyak kartu, selain kartu ATM BCA seperti yang saya pake. Saldo Gopay juga sangat bisa. Sssttt… dalam waktu dekat, konon mesin EDC SPOTS ini juga bisa dipakai dengan menggunakan kartu kredit.

FYI, SPOTS ini merupakan bagian dari grup perusahaan GOJEK, lho. Dan sampai saat ini, SPOTS sudah banyak digunakan oleh lebih dari 15.000 outlet di seluruh Indonesia.

SPOTS Bikin Kagum!

Saya sudah terbiasa belanja cashless. Di mana-mana. Tapi di jajanan pinggir jalan, baru kali itu. Dan buat saya, SPOTS ini keren banget. Gak hanya bisa dipakai pelaku usaha besar, bahkan UMKM seperti tukang martabak yang saya beli, juga bisa menggunakannya. Pastinya, pencatatan segala transaksi, pencatatan pemasukan, dan lain-lainnya, akan sangat bermanfaat bagi pelaku usaha. Terlebih bagi UMKM yang selama ini biasanya tidak memiliki sistem pencatatan yang rapi. Ke-multi-fungsi-annya, kepraktisannya, mudah penggunaan dan keamanannya, pasti akan disukai. Etapi, berapa sih harga mesin EDC SPOTS?

Ini dia Harga Mesin EDC SPOTS!

Harga mesin EDC SPOTS ini ternyata sangat terjangkau. Untuk pendaftaran, biayanya adalah Rp490.000. Dan untuk sewanya, harga mesin EDC SPOTS ini sebesar Rp4.900 per hari. Sebuah harga yang saya kira sangat terjangkau mengingat kelebihan dan manfaat-manfaatnya. Worth it!

Gimana?

Nah teman-teman, gimana tuh mesin EDC SPOTS, keren kan? Untuk para pelaku usaha, saya sarankan untuk menggunakan SPOTS. Kelebihan dan fitur-fiturnya pasti akan disukai. Apalagi, harga mesin EDC SPOTS ini lumayan terjangkau.

Untuk yang kepengen tahu info lebih lanjut tentang mesin EDC SPOTS, termasuk juga harga mesin EDC SPOTS dan lain-lainya secara jelas, coba deh kepoin akun Instagramnya https://www.instagram.com/spots.id/. Dijamin deh, teman-teman pasti pada kepengen.

Oke deh, sampe di sini tulisan saya. Semoga bermanfaat!

Jajan martabak, yuk!

89 komentar:

  1. wah... bukan cuma pembyrn pake OVO dan sejnisnya ya... skrg sdh pake EDC pula...

    BalasHapus
  2. wah senangnya, jadi gak ribet ya. Aku sekarang suka banget casless, BI keren nih gerakannya dan teknologi harus mengimbangi ya. Kehadiran EDC Spots memang kece deh

    BalasHapus
  3. aku kapan hari beli bubur ayam, masnya pake mesin EDC teh, kukira gaya amat pake mesin EDC ternyata EDC SPOTS toh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi...teteh.
      Gaya doonk...ternyata semudah ini yaa, menyewa alat EDC SPots dengan harga terjangkau pula.

      Hapus
  4. Alhamdulillah finally negara kita bisa kayak Korsel itu tuh yg suka beli kopi di coffe shop pas bayar tinggal sodorin kartu. Cashless banyak keuntungannya daripada bayar cash. Keren ya mesin EDC, sistem POS, SPOTS ini All in One Device.

    BalasHapus
  5. Akhirnya tiba era cashless dan cardless ya?
    Saling menguntungkan
    Karena pembeli ngga ribet recehan, penjual punya catetan lengkap

    BalasHapus
  6. Kagum deh. Duh, semoga jajanan di sekitar rumah saya bisa begini juga, biar nggak ribet kalau cari kembalian.

    BalasHapus
  7. Ini ya teh inovasi keren untuk para UMKM, di deket rumahku juga tukang lomie gerobak laris manis pake SPOTS ini. Bagi kita yang beli pun enak ya bisa cashless tanpa ribet cari uang cash dan kembalian

    BalasHapus
  8. Ini nih yg dinanti-nanti sejak dulu kalaaaa
    sukaak bgt jajan street food, tapi selama ini agak rempong kalo waktunya bayar.
    Nah, kalo ada mesin EDC gini kan asyiqqq

    BalasHapus
  9. Aku salfok sama pilihan menu martabaknya
    Dan salut berkat mesin EDC SPOTS bay Gojek UMKM bisa makin lancar operasionalnya
    Pembeli juga makin hepi karena bisa melakukan pemyaran non tunai di sini

    BalasHapus
  10. bersyukurnya hidup dijaman digital ini berasa apa2 mudah ya terus kalo lupa bawa cash ada aja alternatifnya. ga kebayang kalo ga ada mesin EDC SPOTS disaat aku lupa wkwk

    BalasHapus
  11. Makin asik dan gak perlu takut lagi bawa dompet gak ada duitnya. Hehehe. EDC SPOTS ini apalagi bisa bayar pakai Gopay dijamin dah makin banyak yg pake. Bisa-bisa ngalahin EDC punya bank-bank konvensional nih. Hihihi

    BalasHapus
  12. Kagum deh jajanan pinggir jalan sudah melakukan sistem beginia pasti lebih nyaman dan rapi pembukuan keuangannya ya, semoga Mesin EDC SPOTS membantu UMKM untuk lebih maju.

    BalasHapus
  13. Wah asyik ya Mbak, mau jajan di mana saja termasuk di pinggir jalan pun bisa tanpa perlu bawa uang kas. Tentunya kehadiran Mesin EDC SPOTS ini sangat membantu sekali ya.

    BalasHapus
  14. Smeoga di tempat suamiku ini desanya segera ada mesen EDC
    soalnya sangat membantu sekali ya mba, apalagi yang warungnya rame banget

    BalasHapus
  15. Saya penyuka jajanan pinggir jalan, rasanya enak dan harganya pun murah. Tentu saja sebelum jajan lihat sekeliling dulu, kalau tempatnya bersih, baru deh mampir.

    Wah jajan di pinggir jalan pun sekarang bisa bayar pakai non tunai ya. Sangat memudahkan bagi saya yang kemana-mana sering lupa nggak bawa dompet, bawanya hp aja dengan beberapa aplikasi dompet digital

    BalasHapus
  16. Zaman sekarang rasanya semua sudah serba mudah dan memudahkan sekali ya mbak.. Jajan di pinggir jalan aja bisa cashless..

    BalasHapus
  17. Benar banget mbak. Sekarang tuh gampang banget ketemua penjual yang menyediakan edc spots ini. Senangnya ya karena urusan bayar bayar kini makin praktis.

    BalasHapus
  18. Harus begini sih memang usaha kuliner jaman sekarang, karena sebagai konsumen kayak saya gini, uang cash paling mentok sekarang gak lebih dari 200ribuan di dompet, lagian serem juga kalo bawa duit cash banyak-banyak, mending cashless. Bahayanya, kalo serba cashless begini, jadi pengen jajan terus dong, xixixiiii

    BalasHapus
  19. sebagai pembeli termudah kan. dan sebagai penjual pun termudahkan. zaman makin cangih aja yah

    BalasHapus
  20. Kerennyaaa ... sekarang para pedagang kaki lima banyak yang pakai EDC Spots ya. Praktis buat kita sebagai konsumen, jadi pengen jajan terus kalo semuanya sampe cashless :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Mbak, praktis banget ya dengan adanya mesin kasir ini.

      Hapus
  21. dulu aku, pas ga bawa dompet panik banget. sekarang justru biasa aja, karena hampir semua uang aku ada di dompet elektronik hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi sekarang mah zamannya lebih baik bawa smartphone ya Mbak daripada dompet karena sudah ada dompet digital.

      Hapus
  22. kelihatannya keren ya jajanan pinggir jalan pun transaksi pake edc. nggak hanya keren, tapi juga praktis dan memudahkan

    BalasHapus
  23. Aku kira edc biasanya disediakan dr bank, ternyata bisa sewa secara mandiri juga ya. Bagus nih 👍

    BalasHapus
  24. Ternyata praktis banget ya dengan adanya mesin SPOTS ini, apalagi kalau punya usaha, pastinya terbantu banget hehe

    BalasHapus
  25. Sekarang, tempat makan pinggir jalan pun sudah pakai system cashless juga ya. Ngebantu dan ini aman lho mba, menghindari pencurian juga

    BalasHapus
  26. Saya termasuk pmebeli yang seneng banget cashless. Jadi gak perlu repot bawa uang cash yang banyak, bisa bayar apapun dengan mudah. Sekarang warung pinngir jalan banyak yang pakai IDC SPOTS yang, jadi kita bisa lebih lancar transaksinya

    BalasHapus
  27. Biar pinggir jalan tetap aja ya berkembang juga mengikuti era digital jadi lebih praktis sih jadinya.SPOT berguna sekali untuk UKM.

    BalasHapus
  28. Kemarin aku ke warung mba, bisa cashless juga udah gitu ada potongan 20% pula, emak mana yang nggak hepi yash

    BalasHapus
  29. Seneng banget deh kalo semua jajanan pinggir jalan udah pake SPOTS. Gak perlu bawa banyak uang cash lagi dah. Tinggal gesek kartu debit kayak di minimarket.

    BalasHapus
  30. Martabak mah sekarang makanan pinggir jalan dalam bentuk kedai atau cafe yang menarik dan saya pernah transaksi pakai mesin SPOTS ini, kirain mesin EDC bank, ternyata punyanya gojek ya. makin mudah deh transaksinya

    BalasHapus
  31. Aku udah nyoba SPOT dan kebantu banget bisa jajan tanpa ribet nyari uang karena bisa gunakan spots ini. Next harus dipergunakan maksimal :)

    BalasHapus
  32. Asik dah kalo temen2 UKM (terutama kuliner) mulai pakai SPOTS dan mesin EDC-nya ini ngebantu banget bangeeett

    Yuk lahh jajan apa lagi kitaaaaa :)

    BalasHapus
  33. Asik dah kalo temen2 UKM (terutama kuliner) mulai pakai SPOTS dan mesin EDC-nya ini ngebantu banget bangeeett

    Jajan apalagi kitaaaahhh

    BalasHapus
  34. jajan dimana aja udah bisa cashless ya teh , semua senang karena ga ribet cari kembalian dan sipedagang bisa sekalian rekap ya

    BalasHapus
  35. Setuju teh suka kesel ga ada kembalian lah udah jadi pedagang mah siapin duit kembalian, wong aku juga gitu hasil uang jualan pasti kusisihkan sedikit buat kembalian sisanya buat modal lagi untung yah sekarang ada spots

    BalasHapus
  36. Emang mantap ya mbak. Di sini juga jajanan di pinggir jalan udah banyak yang pake SPOT. jadi kalau gak bawak uang tunai bisa pake kartu debit or dompet digital ya.

    BalasHapus
  37. Wih, makin canggih aja sekarang😍. Jadi gak perlu gopoh kalo gak bawa atau pas lagi gak punya uang cash. Tetep bisa jajan sekarang🤭🤭

    BalasHapus
  38. Berarti pengoperasian mesinnya pakai battere? Kalau di pinggir jalan kan suka ada yang gak pakai listrik. Memang jadi memudahkan untuk pembayaran dengan mesin ini

    BalasHapus
  39. Wah, aku banget tuh teh orangnya yang doyan jajan di pinggir jalan tapi sukanya cashless aja karena suka ribet ama kembalian hehe.

    Biasanya bawa uang secukupnya aja cuma buat bensin dan parkir.
    Emang Gojek ini paham banget lah jeritan hati para UMKM yah, keren!

    BalasHapus
  40. Bermanfaat banget yaa mesin EDC SPOTS ini baik untuk penjual maupun pembeli. Belanja cashless pun makin gampang, mantab!

    BalasHapus
  41. Di Jogja udah banyak yang pake fitur ini. Bahkan tukang gorengan pinggir jalan aja pada pake. Membantu banget ini untuk UMKm

    BalasHapus
  42. Sekarang kalau jajan di kaki lima gak perlu khawatir nih kalau belum ambil uang, karena sekarang sudah menyediakan pembayaran via debit ya mbak.

    BalasHapus
  43. aku seneng bangeeet jajanan pinggir jalaaan hehehe..kalau udah abis nanti kita langsung bayaar deh dengan mesin ini

    BalasHapus
  44. asikkk, kayanya aku harus pisahin ATM khusus jajan gini deh, jadi ngga takut pas gesek, takut khilaf jajan kebanyakan maksudnya hihi

    BalasHapus
  45. Aku jadi ingat bebek depan Telkom, teh..
    Jajanan enak pinggir jalan dan kenyang, hehhee...harga?
    Pasti terbaiiqq~

    Dengan mesin SPOTS EDC, semua masalah transaksi, keuangan dan pencatatan, beres.

    BalasHapus
  46. Saya doyan banget dah yang ginian, secaraaa... saya bete banget kalau belanja bayar cash, suka dikasih permen, atau kadang kembaliannya nggak utuh :D

    Selain itu, saya paling nggak suka ke ATM, lebih senang semuanya transaksi online biar lebih tercatat.

    Kalau semua penjual mulai beralih ke cashless, bakal lebih menyenangkan banget :)

    BalasHapus
  47. Hahaha iya, kak, aku juga kadang suka kesel trs ngedumel, "nggak niat jualan, masak nggak nyiapin kembalia." Hahaha blm lagi tunggu mereka mondar-mandir cari tukeran duit kembalian.
    Kalo bayar pakai non tunai kayak gini kan enak, praktis, dan pasti pas sak ujung2 recehannya hahaha

    BalasHapus
  48. Harga pas pendaftaran awal terjangkau ya 490 ribu. Dan biaya harian murah. Pantesan juga banyak yang pakai karna emang bagus

    BalasHapus
  49. Untung keuntungan beripa kepraktisan, harga EDC Spots ini sangat terjangkaulah ya. Makanya sudah banyak pedagang kecil yang memakainya. Di kota saya pun sudah ada yang pakai.

    BalasHapus
  50. Praktis banget pembayaran sekarang. Gk perlu bawa uang cash tinggal gesek aja. Edc spots keren banget.

    BalasHapus
  51. Di dekat kantor ku banyak jajanan atau warung,aku membayangkan andai mereka bisa punya mesin EDC Sppts, saya yang suka ketiggalan dompet namun ATM selalu bawa,bisa legaan, karena gak perlu minjam dulu duit sama teman di kala ketinggaln dompet, hehehe

    BalasHapus
  52. Euleuh meni cocok ini kami pagi ini juga beli martabak. Secara di Pagelaran Cianjur ini pasar cuma ada dua kali seminggu, Selasa dan Jumat saja. Jadi beli martabak ga bisa sesukanya hehehe...
    Menggunakan perangkat kasir begini makin keren ya Teh

    BalasHapus
  53. Jajanan pinggir jalan nggak selalu murahan dan makin keren nih kalau pembayarannya bisa non tunai. Nggak perlu ribet keluarin dompet dari dalam tas, cukup keluarkan handphone dari saku celana

    BalasHapus
  54. EDC SPOTS ini semakin mempermudah pedagang makanan pinggir jalan untuk mengembangkan usahanya ya Mba.. soalnya selalu ada catatan rekap penjualan/pendapatan dalam sehari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setidaknya mereka sekarang pun sudah mempermudah usaha mereka juga ya mbak, soalnya sekarang banyakan orang sudah cashless

      Hapus
  55. Mesin EDC SPOTS ini sangat membantu para penjual makanan dipinggir jalan untuk menjadi penjual yang profesional ya mbak...dan gak kalah dengan jajanan di mall yang pembayarannya pakai mesin online. Pembeli pun akan terbantu karena mudahnya cara membayar. Andai lupa gak bawa dompet atau uang jajan kurang tinggal gesek saja....

    BalasHapus
  56. Jadi skrg ga bawa duit pun bisa jajan dipinggir jalan ya, Teh. Meni ga ribet lagi.semuanya sudah menuju cashless.

    BalasHapus
  57. Ini bener banget, aku kaget lho pas kemarin makan sate padang di pinggir jalan di daerah tegal parang jakarta selatan, terus abangnya bilang mau bayar pakai apa neng? bisa debit atau dompet digital.. uwow seneng banget akutuh, makan pinggir jalan bayarnya ngga pakai uang tunai hehe

    BalasHapus
  58. Ngga hanya aku sih yang happy jajan, tapi suami aku sering banget jajan makanan dan minuman, secara pembayaran mudah banget, ngga harus pakai uang tunai tapi bisa menggunakan uang di dompet digital kita

    BalasHapus
  59. Keren sudah tersebar di limabelasribu huwowo mesin EDC makin dibutuhkan ya mba Nia. Apalagi untuk UKM nih biar cepet pas transaksi, yang antrinya bejibun jadi dipermudah. Keren

    BalasHapus
  60. Waah sampai abang yang jualan martabak sekalipun pakai mesin EDC dari SPOTS ya. Keren. Makin nyaman belanja nggak harus bawa uang banyak atau dompet tebal.

    BalasHapus
  61. Keren banget sekarang jajan pinggir jalan bisa cashless. Akupun merasakannya juga nih. Makin terbantu UMKM Indonesia yah Mbak. Seemoga Makin banyak tenant cashless. :)

    BalasHapus
  62. Aduh jadi pengen nyoba beli martabak nih mba Nia. Hehehhe. Senangnya ya mba bisa jajan dengan mudah dengan adanya SPOTS ya mba :)

    BalasHapus
  63. wah aku udah beberapa kali liat mesin edc spots di warung kaki lima nih.. Seketika kagum karena berasa keren banget gitu.. Setuju tuh kalo dulu2 sering banget bete karena lama nunggu kembalian.. penjualnya sibuk cari uang receh dulu huft.. thanks to technology, semua jadi lebih mudah dan cepat.

    BalasHapus
  64. Asyik ya, Teh. Sekarang kita bisa jajan dengan cashless di mana aja. Bahkan di pinggir jalan pun bisa, karena sudah banyak yang pakai mesin EDC

    BalasHapus
  65. Cool banget Mesin EDC SPOTS ini, aplikasinya bisa menjangkau hingga pedagang kecil. Jadinya mereka bisa lebih tertib dan praktis untuk urusan pembukuan keuangannya

    BalasHapus
  66. benefitnya memudahkan penjual dalam melakukan transaksi pada pembeli, trus pembeli juga jadi merasa praktis

    BalasHapus
  67. Saya pernah beberapa kali bayar dengan mesin EDC SPOTS ini. Memang keren, sih. Karena sasarannya UMKM. Gak pelru antre menunggu kembalian juga

    BalasHapus
  68. Tukang Martabak dekat rumahku juga udah pada pake mesin EDC SPOTS nih kak. Jadi gampang ya sekarang ga perlu ribet2 bayar cash lagi

    BalasHapus
  69. asik ya mbak, terobosan baru, dulu hanya outlet2 beken yang bisa gesek kartu, skrg kaki lima pun bisyaaaaaaaaaaaa karna edc SPOTS ini

    BalasHapus
  70. mesin EDC ini aku pernah liat dimana ya.. cepet transaksinya, gak ribet, asal sinyalnya cukup baik. trus mempermudah transaksi sang penjual

    BalasHapus
  71. Yeah sekarang makin banyak yag nyediain EDC kyk Spots gini ya mbak. Penjual nasi uduk deket rumah juga pakai jd enak kalau beli cashless gak ribet nyariin kembalian. Malah suka dapat cashback. Pelanggan mana sih yang gak suka dikasi cashback hahaha

    BalasHapus
  72. Wah sungguh makin cashless ya dan kusenang deh. Gak ribet harus bawa cash banyak. Tinggal tap tap beres deh.

    BalasHapus
  73. Pelaku usaha saat ini diuntungkan ya kalau menggunakana mesin EDC, ga cuma pelanggan saja ...aku mau info sodara yg punya usaha umkm

    BalasHapus
  74. Asiiik, makin girang aja nih pas jajan. Mau cashless udah bisa ya, jadi makin praktis aja nih, tanpa perlu ribet mikirin kembalian (apalagi kalau ada recehnya) hihii. Membantu banget deh, tinggal scan terus klik, bayar deh!

    BalasHapus
  75. Daku kalau pergi sambil jalan kaki suka berkeliling mata melihat memang tampak beberapa tempat jajanan udah bisa cashlez. Asik kan jadinya

    BalasHapus
  76. Menurutku emang simple banget pakai ERC Spot ini. Ngga cuma bisa cash tapi juga kartu debit/kredit dan emoney macam GOPAY or OVO. Semoga Makin memudahkan bisnis UMKM.

    BalasHapus
  77. Asyik banget sekarang jajan di pinggir jalan ga usah khawatir kelupaan bawa duit ya. Bisa gesek atau pakai gopay aja. Ngga cuma usaha kuliner kan y?

    BalasHapus
  78. Aku baru tahu nih, soalnya lebih suka makan di pinggir jalan dan murah pastinya, lihat martabaknya aku jadi pengen hoho

    BalasHapus
  79. Zaman makin canggih, senengnya jajan dipinggir jalan makin mudah, aku suka banget jajanan pinggir jalan.. ga kjawatir keluapaan bawa uang cash deh kalau ini mah.. btw martabaknya menggoda duh😋

    BalasHapus
  80. Sekarang beli gorengan bisa bayar pakai debit. Seneng banget sih jadi memudahkan sekali generasi cashless ini buat jajan. Soalnya aku lebih suka cashless.

    BalasHapus
  81. Teknologi cashless semakin viral yaa mbak. Saya pribadi, lebih banyak uang di e wallet daripada di wallet beneran hahaha

    BalasHapus
  82. Asik pisan yah sekarang tuh jajan pinggir jalan aja bisa cashless, cocok buat saya yang memang jarang bawa uang tunai.

    BalasHapus
  83. jajan jadi lebih mudah dan tinggal gesek aja, gak perlu ribet bawa uang cash apalagi kalau uangnya recehan hihihi

    BalasHapus
  84. Zaman era digital semua nya pake mesin EDC jadi lebih simpel dan ga perlu bawa cash banyak kalo semua pake mesin EDC yah

    BalasHapus
  85. Senengnya ada EDC sports ini ya,kau jg klo belanja cm pencet2 no.hp aja ga ush bongkar dompet udh kebantu banget..hihi

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)