29.2.20

5 Rekomendasi Tempat Wisata Edukatif di Jakarta


Teman-teman, merasa bosan dengan tempat wisata di Jakarta yang hanya seperti itu saja, seperti ke mall atau tempat hiburan semacamnya? Mungkin sekali-kali teman-teman perlu mempertimbangkan untuk main ke tempat wisata yang lainnya. Salah satunya adalah wisata edukatif. Apa saja tempat wisata edukatif di Jakarta tersebut, yuk simak ulasan tempat wisata yang edukatif dan informatif berikut ini.

Alive Museum

Museum yang berada di Taman Impian Jaya Ancol ini memiliki tampilan visual yang unik. Di mana di dalamnya dilengkapi dengan patung lilin yang unik pula. Patung yang ditampilkan merupakan tokoh-tokoh dunia hiburan yang terkenal. Dari mulai selebriti-selebriti Korea sampai ke tokoh-tokoh mancanegara.

Tak hanya tampilan visualnya saja, informasi yang diberikan juga sangat menambah wawasan kita, sehingga cocok untuk siapa pun yang penasaran dengan dunia hiburan. So, masukan Alive museum di daftar tempat tujuan wisata edukatif yang wajib teman-teman datengi, ya!

Patung lilin di Alive Museum

Pasar Seni Ancol

Pasar Seni Ancol memiliki banyak koleksi seni, mulai dari lukisan, wayang, hiasan, dan seni kerajinan lainnya. Koleksi yang dipamerkan juga bisa dibeli oleh para pengunjung. Tak hanya itu saja, untuk yang suka menonton pertunjukan musik, di Pasar Seni Ancol juga ada. Pertunjukan musik ini dilakukan setiap Jumat malam.

Sebagai destinasi wisata Jakarta, pengunjung bisa mendapatkan inspirasi yang banyak dari tempat ini, karena di Pasar Seni Ancol terdapat banyak seniman dan perajin. Cocok banget untuk teman-teman yang punya selera seni. Tentunya hal ini akan membuat siapa pun jadi banyak ide untuk berkarya.

Kegiatan melukis di Pasar Seni Ancol

Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia berada di pusat kota. Museum yang dibangun sejak tahun 1778 ini dikenal juga sebagai Museum Gajah. Di dalamnya banyak sekali menyimpan prasasti, arca, gerabah, manuskrip, hasil penelitian arkeologi, serta benda-benda kuno dari berbagai wilayah di Nusantara.

Selain menampilkan benda-benda bersejarah, Museum Nasional Indonesia ini juga seringkali membuat pentas seni, event membatik, dan kerajinan lainnya. Karenanya, Museum Nasional Indonesia bisa menjadi tempat rekreasi Jakarta. Jelas, berada di tempat ini akan menambah wawasan dan membangkitkan kepedulian kita terhadap sejarah peradaban bangsa indonesia.

Museum Gajah

Kota Tua Jakarta

Kota Tua adalah kawasan sejarah yang mempunyai banyak cerita di masa lalu. Di dalamnya terdapat banyak museum, seperti Museum Fatahillah, Museum Seni dan Keramik, Museum Wayang, Museum Mandiri, serta Museum Bank Indonesia. Karena nilai historisnya ini, tak heran jika keberadaannya diakui UNESCO.

Kawasan Kota Tua merupakan tempat berlibur Jakarta yang sarat akan edukasi. Sebab di dalamnya memiliku nilai sejarah dan Budaya Indonesia. Di tempat ini banyak sekali program kesenian dan festival. Jika datang ke sini, jangan lupa untuk ajak teman-teman yang lain, ya. Sebab datang rame-rame pasti akan membuat wisata ke sini jauh lebih menyenangkan.

Kota Tua Jakarta

Museum Maritim Indonesia

Sering denger istilah “nenek moyang kita seorang pelaut” bukan? Nah, jika teman-teman ingin melihat sejarah nenek moyang ini, coba datang ke Museum Maritim Indonesia. Ya, museum ini adalah museum yang baru saja didirikan oleh Pelindo. Letaknya ada di dalam pelabuhan Tanjung Priok. Museum yang banyak menceritakan tentang posisi indonesia dalam jalur perdagangan laut dunia. Dari zaman dulu hingga sekarang.

Di dalam Museum Maritim Indonesia terdapat banyak diorama. Dan tak hanya itu saja, di sini juga terdapat simulasi kapal yang bisa dicoba. Sehingga pastinya, teman-teman bisa merasakan sensasi menjadi nahkoda kapal ikan.

Museum Maritim Indonesia juga memiliki harbour tour. Dengan hal tersebut, teman-teman bisa berkeliling pelabuhan priok. Jadinya, teman-teman nanti akan mengerti bahwa pelabuhan merupakan hal yang sangat vital bagi Indonesia sebagai negara kepulauan.

Informasi yang bisa didapat di Museum Maritim Indonesia sangat banyak. Jadinya pastikan untuk tidak melewatkan kunjungan ke Museum Maritim Indonesia ketika teman-teman berada di Jakarta.

Salah satu diorama di Museum Maritim Indonesia

Sebenarnya masih banyak wisata edukatif lainnya di Jakarta. Semua tempat tersebut juga memiliki akses publik yang cukup mudah dijangkau. Jadinya teman-teman tak perlu khawatir khawatir. Akan tetapi jika teman-teman memang sedang ingin merencanakan perjalan dalam skala yang besar, tidak ada salahnya jika teman-teman menyewa kendaraan seperti mobil. Untuk rental mobil sendiri, di Jakarta sangat mudah ditemukan. Harga sewa mobil Jakarta juga cukup terjangkau. So, tidak alasan buat teman-teman untuk tidak ke liburan ke tempat wisata Jakarta yang edukatif dan informatif seperti di atas. Selamat mencoba!

52 komentar:

  1. Kota tua emang ga pernah bosen ya buat dikunjungi, apalagi museum-museum..jadi kangen dulu pas tinggal di jakarta tukang jarambah sendirian hehehe

    BalasHapus
  2. Aku baru pernah ke Kota Tua doang, kayaknya
    Banyaaakkk destinasi menarik di JKT ya.
    Udah bener pakai TRAC Astra, jadi enjoooyy keliling JKT!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mupeengg banget main ke JKT lagiii
      Semoga thn ini ada rezeki.
      Aamiin aamiiinn

      Hapus
  3. Betul juga ya, kalo mau jalan jalan, sewa mobil aja, lebih santai dan bisa maksimal berwisata

    BalasHapus
  4. semua udah pernah saya datangi, ya kan tinggal di jakarta hahaha, review yang ok

    BalasHapus
  5. ini alive museum aku baru dengerr seru kayanya...wah di ancol makin seru nihhh udah kaya di LN

    BalasHapus
  6. Baru tau mba Nia, ternyata di Ancol ada alive museum. Semakin banyak museum / wisata edukatif di Jakarta ya Mba. Oh ya, saran mba, sertakan harga tiket masing-masing donk.. biar bisa diitung budgetnya kalo bawa 5 anak.. hehe

    BalasHapus
  7. Yang baru buat aku Alive Museum nih kak. Mirip2 Madam Tussaud ya? Wah kudu mampir nih kalo ke Ancol. Aku cukup sering ke Ancol, kalau lagi pengen mantai tipis2.

    BalasHapus
  8. Huwaaa, aku pengen banget ke kota tua di Jakarta tapi belum terwujud. Bagusnya untuk foto-foto gitu sore ya kalo kesana.

    BalasHapus
  9. Aku yang belom pernah ke Alive Museum nih, bagus buat edukatif juga ya. Next dah main2 lagi mampir.

    BalasHapus
  10. Aku yaa kalo ke Jakarta langsung aja ke tujuan pergi palingan mampir ke monas hahaha. Tapi rekomendasi tempat edukatifnya ngebantu nih. Next time kalo ke jakarta mampir juga ahh ketempat ini.

    BalasHapus
  11. Iya nih ke Jakarta seharusnya mampir ke museum juga ya, secara selama ini kalau main berburu spot foto lokasi wisata yg kekinian saja, hehehe. Padahal museum di Jakarta sekarang juga pelayanan dan fasilitas sudah pada lebih baik ya

    BalasHapus
  12. Museum itu tempat wisata yang "I love you but I hate you" :D Dari dulu suka ke museum. Lagi ke luar kota juga nyari museum (dan coffee shop). Cuma begitulah,sering disapa sama "penghuni" museum.

    BalasHapus
  13. Jakarta nggak cuma penuh mall yg gemerlap ya mbak..
    Tapi banyak juga wisata edukatifnya...
    Aku baru pernah ngajak anak anak ke monas aja, smg next pas ke jakarta bisa mampir ke tempat wisata wdukatif lainnya

    BalasHapus
  14. Jakarta keren deh, kalo maen jadi ga bingung harus kemana buat aku yang gak suka keramaian macam mall bisa bgt nih jadi referensi hehe

    BalasHapus
  15. Saya ke Jakarta baru mentok mainnya sampai ke Kota Tua sama Museum Nasional aja nih. Ke Museum Maritim aja belum. Padahal tempat tinggal cuma di Bogor yang ke Jakarta cuma naik kereta api aja.

    BalasHapus
  16. Dari semuanya, yg pernah aku datengin cuma kota tua. Tapi kok aku belum lihat kanal-kanalnya itu ya. Lucu banget rasanya kaya di Eropa

    BalasHapus
  17. Terimakasih yah artikelnya. Jadi punya pilihan tempat wisata kalau nanti berkunjung ke Jakarta.

    BalasHapus
  18. Kota Tua semakin bersolek dan kian molek.
    Semoga bisa menyesap keunikannya, suatu hari nanti
    Aamiin...

    BalasHapus
  19. Dari yg disebut diatas aku baru pernah Kota Tua dan Ancol. Selebihnya belum. Semoga ada rejekinya bisa main ke Jakarta lagi

    BalasHapus
  20. Kl dah edukasi ujung2nya ke museum yaaa hehe
    Memang bagus sih ke Museum, banyak hal yg di dapat, terkait sejarah

    BalasHapus
  21. Kemarin pas ke jakarta cuma sempat ke museum fatahilah, penasaran deh sama alive museum di ancol...

    BalasHapus
  22. Noted teh! Kalo k Kota Tua juga bisa mengunjungi Menara Syahbandar dan juga Museum Maritim yg lokasinya cukup dekat dari kota tua (dekat pelabuhan sunda kelapa)

    BalasHapus
  23. Ternyata banyak tempat wisata di Jakarta, nggak cuma Monas ya. Kapan-kapan kalau ke Jakarta pengin deh berkunjung ke tempat-tempat wisata edukatif di atas, terutama ke Pasar Seni Ancol. Keliatannya menarik sekali.

    BalasHapus
  24. aku udah pernah semua datengin museumnya, kebanyakan waktu kecil dulu.

    tinggal sama keluarga nih, baru dapet ke kawasan kota tua (sayan museum fatahilah pas lagi direnov).

    itu yg patung lilin aku baru tahu... jadi penasaran :D

    BalasHapus
  25. Saya baru tahu dengan Museum Alive ini. Ada patung - patung lilin yah di sana. Boleh juga jadi destinasi wisata kalau nanti ada rezeki ke Jakarta.

    BalasHapus
  26. Kalo ke Jakarta wajib banget nih mampir ke tempat-tempat diatas aku pengen banget mampir ke Kota Tua hihi

    BalasHapus
  27. berkali-kali ke daerah wisata Kota Tua, baru tahu aku kalau ada sungai ya di sekitarnya atau dibalik gedung2nya gara-gara melihat foto di blog ini,. Insyaalloh akan kusambangi itu sungai kalau ke Kota Tua lagi..

    BalasHapus
  28. Cocok dijadwalkan untuk liburan weekend bareng keluarga...., Jalan-jalan belajar nambah wawasan ..jadi satu .

    BalasHapus
  29. Kemarin ke Dufan cuman liat aja pasar seni Ancol hehehe yang udah aku datangi cuman Kota Tua doang sisanya masih masuk list aja teh ahhaha

    BalasHapus
  30. Waaaah dari semuanya aku baru ke pasar seni, kota tua sama museum maritim. Jadi pengen ke jakarta lagi buat ke museum gajab sama alive museum

    BalasHapus
  31. Jadi pengen ke Jakarta lagi dan menikmati tempat wisata wisata edukasi nya pertama ke Ancol dan kota tua.

    BalasHapus
  32. auto catat agar nanti kalau ke jakarta ga bingung mau ngapain

    BalasHapus
  33. Kota tua memang the best untuk jalan-jalan meskipun kalau suasana ramai ngak kondusif lagi, cari parkiran susah banget...enakkan naik Transjakarta bisa enjoy jalan-jalannya.

    BalasHapus
  34. Dari 5 tempat itu aku baru pernah ke Kota Tua. Dulu pernah main ke Ancol, tapi gak mampir ke Pasar Seni-nya. Dan baru tahu juga kalau di Ancol ada pasar seninya.

    BalasHapus
  35. Aku pernah ke Museum Nasional dan Kota Tua. Asik banget ngulik sejarah di sana. Sayang, kurang lama euy. Nah aku tertarik pengen maen ke museum Alive. Seru nih kayaknya

    BalasHapus
  36. Aku jadi pengen ke Alive Museum mba. Baru tahu kalau teryata ada di Ancol ya mba. Heheh. Lengkap si di Ancol ada banyak pilihan makanan

    BalasHapus
  37. Nah pas banget nih artikelnya buat referensi liburn mendatang. Karena aku di daerah ni buta sama Jakarta haha

    BalasHapus
  38. Jakarta emang keren yak..Aku udh lama tinggal disini tapi jarang ngeh kalau bisa jadi tempat wisata gitu...biasanya cm main ke mall

    BalasHapus
  39. Aku pengen banget main ke Kota tUa. Pengen hunting foto sama anak-anak dan main ke museumnya. Pasti seru banget ya

    BalasHapus
  40. Belum rejeki untuk datang ke Pasar Seni Ancol. Padahal sejak dulu sangat ingin ke sana. Seru aja sih lihat berbagai karya seni yang dipajang dan dipasarkan.

    BalasHapus
  41. Makin mupeng deh baca artikel tentang kota tua dalam aartikel di atas. Sungainya bersih ya nggak ada sampah jadi asik buat tempat wisata

    BalasHapus
  42. cuma pernah ke antjol hihihi...thanks reviewnya mbak. pengin tau museum alive euy :)

    BalasHapus
  43. Wah aku malah baru tahu kalau ada museum lilin di sini. Soalnya baru sebatas bawa anak ke kota tua itu pun baru masuk satu museum hehe. Kapan2 mau ah jalan2 ke lokasi lainnya. Piknik murah meriah tapi banyak info yang didapat yaaa

    BalasHapus
  44. Museum Maritim Indonesia di Tanjung Priok masih jarang orang yang tahu, lho. Tempatnya di dalam komplek pelabuhan sih yaa. Aku udah 3x ke sana bareng rombongan. Enak dijelasin sama guide-nya.

    BalasHapus
  45. Aku pengen ke Museum Nasional Indonesia deh. Itu event-eventnya rutin gak ya? Biar bisa tau jadwal eventnya gimana ya. Penasaran. Kayaknya seru deh.

    BalasHapus
  46. Duu baru tahu ada alive musium di Ancol, padahal tinggal deket jakarta, penasaran liat patung lilinnya

    BalasHapus
  47. Ke Jakarta nya sering, tapi maen ke tempat² nya belum pernah ahhaa..penasaran sm Kota Tua, nanti mah nyempetin ah maen kalo ke Jakarta lagu

    BalasHapus
  48. Dulu jauh2 dateng ke solo buat masuk museum gajah, eh ternyata pas lagi renovasi... sedih banget. Tapi sekarang semenjak uda tinggal di bekasi, mau ke museum gajah tinggal cusss

    BalasHapus
  49. Seingetku kayaknya aku baru sekali deh ngajak krucils main ke museum di Jakarta. Padahal kan banyak banget ya museum yang bisa dikinjungi. Next ahhh

    BalasHapus
  50. Di antara semuanya saya baru sempat ke Kota Tua itupun cuma sekian menit karena ga ada waktu dan jadwal kegiatan padat
    Next semoga bisa lebih lama

    BalasHapus
  51. Kalau tahu tentang wisata yang berhubungan dengan museum rasanya gregetan gimana gitu. Ternyata di jakarta banyak juga museumnya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)