19.3.20

3 Pantai Cantik di Papua yang Eksotik


Teman-teman, jika liburan panjang tiba, ke manakah teman-teman berencana menghabiskannya? Ke tempat yang asyik-asyik, bukan? Ke manakah itu? Maldives? Hawaii? Atau? Nah, saya sih tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, cukup ke Papua saja. Pulau eksotik di ujung nusantara yang terkenal dengan alam indahnya kan menawarkan banyak sekali destinasi ekowisata. Karena saya ini anak gunung, menghabiskan waktu liburan di pantai-pantai yang ada di Papua, kayaknya bakal jadi pengalaman yang tak terlupakan. Pantai apa saja yang kepengen saya singgahi? Dari hasil searching sana-sini, ini dia 3 pantai cantik di Pulau Papua yang eksotik, yang ingin saya singgahi.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih 

Ini pantai pertama di Papua yang kepengen saya singgahi. Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Sebuah kawasan perairan pantai dan laut yang terletak di Teluk Cenderawasih, provinsi Papua Barat. Taman Nasional ini menyajikan keindahan ekosistem terumbu karang, pantai, hutan mangrove, serta hutan tropika daratan pulau di Papua.

Pagi-pagi buta sekali, saya akan bangun dengan sigap. Tentu saja hal tersebut akan saya lakukan supaya bisa mendapatkan pemandangan sunrise Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Sinar Mentari yang kekuningan, tarian daun pepohonan yang melambai-lambai, semilir angin laut yang berdesir-desir, serta riak air di pinggir pantai, akan menjadikan awal hari saya sangat sempurna. Baru membayangkannya saja, hati saya sudah gembira.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Ah ya, di ekosistem terumbu karang Taman Nasional Teluk Cendrawasih ini banyak jenis karang. Dari mulai koloni karang biru (Heliopora coerulea), karang hitam (Antiphates sp.), famili Faviidae dan Pectiniidae, serta berbagai jenis karang lunak. Jadinya tak heran jika di sana hidup aneka macam hewan. So, menyelam dan snorkling di sini kayaknya akan sangat mengasyikan.

Tak hanya perairannya saja yang bisa membuat liburan jadi momen tak terlupakan. Wisata daratannya juga. Goa alam yang konon merupakan goa peninggalan zaman purba; sumber air panas, goa dalam air, hingga berbagai artefak peninggalan dari abad 18 yang ada di sana akan sangat disayangkan jika tidak disempatkan untuk dieksplor.

Pantai Bosnik 

Ini pantai cantik kedua yang ingin saya datengi. Pantai Bosnik. Sebuah pantai yang terletak di Desa Woniki, Biak Timur, kabupaten Numfor, propinsi Papua. Di Pantai ini konon kita akan dimanjakan dengan pasir putih dan air lautnya yang jernih.

Pantai Bosnik

Nyeruput segarnya air kelapa muda di pinggir pantai, berjemur dan bermain pasir, serta berenang dan snorkeling, pastinya akan sangat seru untuk dilakukan di Pantai Bosnik ini.

Pantai Amai 

Ini pantai lain yang kepengen saya kunjungi saat ke Papua. Dari gambar-gambar yang ada di internet bisa terlihat kalo pantainya landai, berpasir putih, dan dikelilingi pepohonan hijau. Indah banget, mana ada muara sungai air tawar yang jernih di ujung pantainya. Jelas, berjemur, berenang, berperahu, main pasir, dan berbagai kegiatan seru bisa dilakukan di Pantai Amai ini.

Pantai Amai

Pantai Amai terletak di pesisir utara Kabupaten Jayapura, tepatnya di sebuah teluk di selatan Tanjung Tanahmerah. Posisinya yang tepat di balik Gunung Cyclop membuat pantai ini semakin terlihat menakjubkan.

Ternyata…

Baca-baca mengenai Papua semakin membuat saya merasa tak tahu apa-apa. Padahal suami, yang dulu pernah bekerja di sana selama beberapa tahun, rasanya sudah cerita banyak. Hutan dan alamnya yang indah, kekayaan alamnya yang berlimpah, budayanya yang sangat kaya, penduduknya yang ramah, dan semua-semuanya. Ternyata, Papua benar-benar menakjubkan.

Alhamdulillahnya, alam di Papua selalu terjaga. Masyarakat Papua dan lembaga seperti EcoNusa selalu menjaganya dari kerusakan. Gak heran deh kalo banyak destinasi wisata di Papua menjadi pilihan favorit dari para wisatawan. Ya wisatawan lokal, ya wisatawan asing.

Duh, saya gak sabar banget. Andai saja saya benar-benar bisa ke sana. Semua yang saya tuliskan di atas tentu bukan hanya ‘akan’ saja, tetapi ‘pasti’ saya lakukan. Semoga saja deh saya bisa secepatnya ke Papua.

Teman-teman gimana, mau pada ke Papua juga, gak?

66 komentar:

  1. Mau banget ini ke Papua, pantainya serba cantik ya dan pastinya kekayaan alamnya banyak banget.

    BalasHapus
  2. Pantainya cantik-cantik ya mbak. Nggak kalah sama luar negeri kayak tempat bulan madunya Syahrini yang di sebelahnya Papua.

    BalasHapus
  3. Huwaaaa... jadi pengen foto-foto di sana deh *plak, bukannya dinikmati malah kepikiran foto-foto hahaha.

    Di sana memang masih alami banget ya, jadinya pantainya eksotik dan cantik banget.
    Berharap suatu saat bisa explore Papua juga :)

    BalasHapus
  4. Papua itu memang surganya Indonesia, selain karena memang belum banyak tereksploitasi jadi alamnya masih asri banget... Juga masih terjaga dengan baik karena penduduknya juga masih menjunjung adat tinggi dan menganggap alam sebagai sumber kehidupan mereka.

    Aku pengen banget deh kesana...

    BalasHapus
  5. amiin semoga disegerakan bisa menikmati pantai pantai cantik tersebut, jangan lupa ditulis juga reviewnya nanti

    BalasHapus
  6. Pantainya bersih2 ya mba. Jd Kangen main k pantai tp gabisa keluar rmh dulu nih selama ada pandemi

    BalasHapus
  7. Papua ini punya sumber daya alam yg luarrr biasa.
    Kita kudu bahu-membahu untuk menjaganya sekuat tenaga
    Semoga semua pihak bisa bekerjasama melindungi hutan Papua agar tetap lestari.. Aamiin..

    BalasHapus
  8. Indonesia memang tak pernah ada habisnya ya keindahannya, selalu pengen ngunjungin tiap sudut negeriku jadinya

    BalasHapus
  9. Melihat gambarnya saja sudah begitu menakjubkan. Apalagi melihat langsung ya. Indonesia yang maha luas dan kaya akan budaya serta lokasi wisata ini semoga masih bisa dirasakan oleh anak cucu kita kelak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu yg ingin saya kunjungi di Papua adalah Puncak Jayawijaya Teh
      Tapi kayanya gak mungkin. Ongkosnya mahal. Mending umroh kalau ada biaya nya mah hehehe

      Hapus
  10. Sebagai orang asli sumatera yang merantau di jogja, tentu rasanya ingin sekali explore papua.

    Kebayang kalau di sana alamnya jauh lebih indah dan asri, masih terjaga.

    Semoga suatu saat ada rezeki supaya bisa jalan2 ke papua.

    BalasHapus
  11. Mauuu bangeett. Tp ongkos ke sananya masih muahaaalll 😂

    BalasHapus
  12. Masya Allah, Indonesia punya banyak tempat wisata yg indah ya Mba. Ingin banget liburan ke Papua, untuk nikmatin pantai indah seperti ini.

    BalasHapus
  13. duhh liat pantai indah begini bawaannya pengen travelling ya teh, semoga pandemi corona ini segera berakhir jadi kita bisa travelling lagi ya teh :)

    BalasHapus
  14. Negeri Papua ini jadi salah satu Destinasi impianku, karena memang sudah terkenal dengan keindahan alamnya yang memanjakan mata. Gak hanya kita, tapi para Turis asing pun silih berganti datang kesana ya.

    BalasHapus
  15. Papua ini pantainya emang cantik-cantik semua duh, gak paham lagi deh. Wishlist banget nih harus ke sini sebelum meninggal.

    BalasHapus
  16. mau bangeet..dan aku udah 3 kali ke sana tapi belum ouas juga..rasanya ngga boesn - boseen deh

    BalasHapus
  17. Terbang ke Papua seperti ke luar negeri, saking lamanya, teh...
    Hihii...soalnya dulu Bapak rahimahullah pernah bertugas di Indonesia bagian paling timur ini. Dan selama 3 tahun di sana, aku sama masku belum pernah diajakin main ke Papua.
    Sedih yaa...
    Alesannya karena terbangnya lama.
    ((pen ketawa sambil nangis, jadinya...))

    BalasHapus
  18. Masya Allah... Cantiknya yang teluk Cendrawasih itu. Udah kebayang nih mba, aku yang pencinta air gini bakalan seharian betah menikmati suasana teluk yang cantik, indah dan bersih itu. Ga usah ke Maldives dulu lah ya, Papua aja udah jauh banget ini. ;)

    BalasHapus
  19. Indah semuanya mba Nia, aku pengen juga ke Papua
    rame-rame yok, setelah virus corona hilang dari peredaran
    Sehat selalu ya mbak

    BalasHapus
  20. Woow pantainya super cantik yaa.. Jadi kangen mantai, semoga badai virus ini cepat berlalu supaya kita bisa piknik-piknik lagi

    BalasHapus
  21. Papua tuh seluruh pantainya kayaknya cantik2 banget ya mbaak.. nggak cuma rajaampat gituu. pasti asyik banget deh kalo diving atau snorkeling di sana :')

    BalasHapus
  22. Banyak orang fokus ke Raja Ampat ya, padahal terbentang indah banget perairan di Papua, ke tiga pantai ini juga harus jadi list buat kalo kapan-kapan bisa traveling ke Papua.

    BalasHapus
  23. Di papua memang terkenal dengan pantai yang bagus2 eksotik gitu karena memang masih asri alami pas buat liburn keluarga kapan2 perlu bngt ksana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sangat memikat ya. Jadi tergoda juga pengin bisa sampai ke Papua, pulau terjauh di wilayah timur. Semoga aja diijabah ya doa ingin ke Papua ini.

      Hapus
  24. Pantai amai ini bagus juga ya teh, banyak pantai yg belum aku tau di Papua ini, taunya Raja Ampat

    BalasHapus
  25. Aku juga ga terlalu tahu seputar Papua padahal keindahan alam hingga pantainya tuh cakep ya teh, jadi jangan dulu jalan ke luar mending eksplor Indonesia timur yang cakep begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga nanti bisa ke Papua nih padahal aya sepupu suami nu tinggal di papua kerja di freeport cuman denger ceritanya marahal kalau ke sana jadi ya kukumpul dulu hehehe

      Hapus
  26. Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Pantai Bosnik, Pantai Amai .. masya Allah indah-indah ya ... Ikut dong Mbak Nia kalau mau ke sana :D

    BalasHapus
  27. Mau banget ..banyak tempat yang masih alami di Papua, jadi tergoda ke sana, semoga ada rejekinya mengunjungi Papua, mutiara timurnya Indonesia

    BalasHapus
  28. Masyaallah, bagus2nya ..papua luar biasa pemandangannya. Sayangnya kurang terdengqr ya..taunya raja ampat saja..ga tau ini termasuk punya papua juga kah

    BalasHapus
  29. Pantainya bersih dan cantik banget, ya. Semoga terus terjaga seperti ini. Keindahan alam Papua memang luar biasa

    BalasHapus
  30. teman saya ada yang tinggal di sana, dan saya selalu mupeng kalau dia kirim foto pas liburan di pantai, indah banget, alami, cantik dan eksotik :)

    BalasHapus
  31. Teluk cendrawasih itu keindahannya ngelihat di foto-foto yang sudah pada ke sana sungguh menghipnotis banget.
    Semoga bisa juga nanti berkunjung ke Papua dan melihat keindahan alamnya secara langsung.

    BalasHapus
  32. Dari dulu emang udah kagum banget sama pesona alam papua, tapi apalah daya karena tiket pesawat yg mahal kalau kesana, semoga segera ada rezeki untuk menjelajah keindahan alam papua 😍

    BalasHapus
  33. Aku hutang budi sama temanku yg pernah tinggal di Papua. Berkat motivasi darinya aku bisa bikin buku sama gramedia. Dia juga sudah menulis buku ttg keindahan Papua.

    BalasHapus
  34. Ulalaaaa...cakeeepnyaaa pantai2 ini. Aku baru membaca namanya mba. Duh makin penasaran nih dg alam Papua..

    BalasHapus
  35. Aaah jadi kangen Papua mbak. Dulu waktu tinggal di Angkasa rasanya takjub banget bisa lihat pemandangan pantai Dok 2 dari ketinggian di Angkasa Jayapura....emang sejatinya Papua indah mbak.... udaranya masih seger kalau pagi hari.

    BalasHapus
  36. Aaah jadi kangen Papua mbak. Dulu waktu tinggal di Angkasa rasanya takjub banget bisa lihat pemandangan pantai Dok 2 dari ketinggian di Angkasa Jayapura....emang sejatinya Papua indah mbak.... udaranya masih seger kalau pagi hari.

    BalasHapus
  37. Pantinya cantik-cantik ya di Papua. Di sana juga ada aktivitas bird watching ya seru kayanya teh

    BalasHapus
  38. Pengen banget ke Papua tapi tiketnya ke sana duuh bikin cenut2. Sekarang nabung dulu biar bisa main ke sana

    BalasHapus
  39. Papua sekarang sudah lebih terkenal dengan keindahan alam yang eksotis. Semoga aja semua itu nggak dieksploitasi, melainkan dilestarikan supaya terjaga selalu.

    BalasHapus
  40. Papua sekarang sudah lebih terkenal dengan keindahan alam yang eksotis. Semoga aja semua itu nggak dieksploitasi, melainkan dilestarikan supaya terjaga selalu.

    BalasHapus
  41. Papua sekarang sudah lebih terkenal dengan keindahan alam yang eksotis. Semoga aja semua itu nggak dieksploitasi, melainkan dilestarikan supaya terjaga selalu.

    BalasHapus
  42. Masha Allah... beneran cantik cantik ya pantainya. Masih terlihat alami dan indah banget. KApan ya kesampaian jelajah nusantara sampai kesana.

    BalasHapus
  43. Cantik bangeeettt, dan masih alami pula ya mbaa. Fix, langsung masuk wish list buat liburan nanti setelah pandemi berlalu nih.

    BalasHapus
  44. Semoga kita semua kelak bis ake Papua ya mbak :D
    Pantainya eksotis semua
    Semoga tetep lestari alamnya namun pembangunan infrastruktur di sana juga membaik jd pesawat bis amurah jg kalau ke sana :D

    BalasHapus
  45. pengen banget ke Papua aku sering nunggu tiket murah tapi nggak turun2 harganya haha padahal udah kebayang cantiknya Papua :)

    BalasHapus
  46. Unch, liat pemandangan pantainya dari gambar aja serasa indah banget apalagi kalau datang langsung yah, smga suatu saat bisa ke sana

    BalasHapus
  47. mbaak akutuh langsung kepengen nyebur loh lihat gambar2nya yang cantik dan menawan. apalagi udah dua tahun deh kayaknya aku gak main2 ke pantai hikss kalo dulu masih sebelum nikah bisa tiga bulan sekali mantai

    BalasHapus
  48. Taman Nasional Teluk Cendrawasih ini keren banget mbak dan mau banget bisa hadir di tempat ini. Pulau Papua yang memang belum pernah didatangi, alamnya juga mantap banget.

    BalasHapus
  49. Btw foto Taman Nasional Cendrawasih itu persis dan mirip banget dengan yang di Phi Phi Islands Thailand loh Mbak. Saya kira ini di Thailand beneran loh. Karena memang bukit-bukitnya dan juga perahunya sama persis.

    BalasHapus
  50. Liat yg indah2 begini jd pengen jalan2 deh. Papua destinasi favorit pengen banget ke tempat2 di atas..

    BalasHapus
  51. Keindahan papua emang ya Mba Nia, semoga kita semua bisa jalan-jalan ke sana
    ketiganya baagus dan indah. Semoga suatu saat bisa ke sanaa aamiin

    BalasHapus
  52. Indonesia nggak kekurangan pantai yang cantik. Dari ujung sampai ujung banyak banget pantai yang keren. Terutama di Papua. Mudah2an kelestariannya selalu terjaga

    BalasHapus
  53. Papua emang indah banget, semua keindahan lengkap disana. pantai disana super biru dan yang bisa diving pasti menikmati banget karena di dalam lautnya punya kekayaan alam melimpah yang indah

    BalasHapus
  54. Benar sekali, semakin membaca mengenai Papua semakin susah move on untuk menginjakkan kaki ke Papua

    BalasHapus
  55. Good luck, Mbak
    Lumayan hadiahnya untuk dipakai majukan blog dan juga media sosial pendukungnya

    BalasHapus
  56. belum pernah kepikiran akan mengunjungi papua. tapi setelah dilihat-lihat pantainya cantik-cantik ya mom. masih asri, bersih, banyak hijau-hijaunya dan terawat. semoga punya kesempatan berkunjung kesana.

    BalasHapus
  57. Papua itu emang paling hits di pesona pantainya, pengen banget deh bisa berlari-larian di tengah keindahan pantai Papua, semoga soon kalo keadaan sudah membaik dan rezekinya ada, mau k Papua

    BalasHapus
  58. Indonesia memang gak perlu diragukan lagi ya mbak tentang keindahan alamnya, keren banget, semoga aku juga bisa berkunjung ke Tanah Papua

    BalasHapus
  59. Pantai di Papua ini cantik-cantik banget, salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi nih.

    BalasHapus
  60. Pantainya indah banget yah kayak lukisan. Indonesia sungguh indah dan kaya, tak perlu jauh2 ke luar negeri kalau mau melihat pemandangan yg amazing

    BalasHapus
  61. Teluk cendrawasih eksotis banget, kayaknya aman tuh berenang seharian di sana, karena ombak terhalang bukit2 karang

    BalasHapus
  62. wah cakep banget itu pantainya, Mbak. Papua memang selama ini menyimpan banyak sekali keindahan alam ya kayak Raja Ampat yang terkenal itu

    BalasHapus
  63. keren pantainya, tapi dengan yg di lombok atau bali bagusan mana ya ?

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)