26.3.20

Wujudkan Impian Berbisnis Online dengan AVANA


Memiliki bisnis online yang bisa dimonitor dari rumah, dengan saya yang masih bisa santai-santai sambil ngurus anak-anak, adalah impian saya sejak lama. Sejak zaman bisnis online banyak digelar di akun Facebook pribadi, kemudian beralih ke blog gratisan, hingga kini ke Instagram dan juga marketplace. Tapi keinginan saya itu hanya sebatas keinginan saja. Sebab sampai sekarang, saya masih saja belom mewujudkan impian itu. Bayangan ribetnya ngurus toko online tersebut, pada akhirnya membuat saya mager.

Iyalah, saya kan nanti kudu upload-upload barang dagangan; saya kudu promosi; saya kudu update media sosial; dan lain sebagainya. Jadinya, bayangan saya yang masih bisa santai-santai di rumah seketika menghilang. Tapi ya gitu, saat ngelihat teman-teman pada sibuk dengan bisnis online-nya, keinginan saya berbisnis itu pasti datang lagi.

Buka Toko Online Gak Pake Ribet!

Ribetnya ngurus bisnis online sepertinya sekarang mah gak akan terjadi. Sejak saya baca-baca mengenai AVANA. Pada ahu AVANA? Itu lho, Social Commerce Indonesia yang mempermudah para pengusaha, pelaku UKM, dan UMKM untuk berjualan online. Dengan memodernisasikan media sosial seperti Facebook, Messenger, dan juga Instagram, pelanggan bisa melakukan transaksi pembelian sampai pembayaran di media sosial.


Di AVANA, para pelanggan tidak perlu meninggalkan laman media sosial penjual ketika melakukan proses pemesanan dan pembayaran. Mereka bisa melakukan semua proses tersebut langsung di media sosial penjual. AVANA punya 3 toko online utama. Ada Webstore, ada Facebook Store, dan juga ada Messenger Store.

Hmm… sepertinya AVANA ini cocok buat saya. Saya yang mager dalam hal ribet-ribet, kayaknya jadi bisa lebih selow. Soalnya kan, buka toko di AVANA akan membuat kita punya 3 store tadi. Cukup update di salah satu store, maka update-an secara otomatis terjadi di store yang lainnya. Dari update produk hingga monitor stok barang,

Apaan Itu 3 Store di AVANA?

Store pertama yang kita dapatkan saat buka Toko di AVANA adalah Webstore. Yaitu toko online website dari AVANA secara langsung. Webstore ini berbeda dengan website toko online yang lainnya. Hal tersebut bisa dilihat dari kelebihannya yang dapat menampilkan harga, promosi, kategori produk, hingga melakukan checkout di tempat.

Store kedua yang didapatkan saat buka toko di AVANA adalah Facebook store. Bukan toko online yang suka nge-tag temen dan nyebelin itu. Facebook store di sini adalah toko online berbasis Facebook Page. Facebook Store ini sudah terintegrasi sepenuhnya ke webstore. Di Facebook, pembelian dan juga pembayan bisa langsung dilakukan di sana. Tanpa harus ke Webstore-nya.

Yang ketiga adalah Messenger Store. Ya, sesuai namanya, store ini berbasis pada chatting untuk berjualan. Namun tak hanya berhenti di sana saja, di Messenger Store juga bisa dilakukan pembelian hingga checkout. Jadinya ini akan sangat memudahkan pemilik toko. Ah ya, Messenger Store juga membuat penjual bisa mengirim katalog online kepada pembeli. Jadinya, pembeli bisa langsung membeli atau melihat detil-detil produknya.

Checkout di Messenger Store sangatlah praktis. Pembeli hanya cukup klik tombol Buy, lalu melanjutkan proses pengisian informasi dan pembayaran. Jika ingin tahu detail produknya, pembeli bisa nanya ke pedagang untuk melihat informasi lebih lanjut. Atau juga bisa dengan klik bagian Details.

Cara Bikin Toko Online di AVANA

Yang bikin saya tertarik dengan AVANA juga adalah mudahnya di dalam membuka toko. Kita cuma tinggal Daftar akun di AVANA.id; kemudian membuka toko, dan lalu mulai berjualan. Sesimpel itu.

Penasaran deh, jadinya saya coba-coba dulu buka dengan cara-cara di atas tadi. Supaya lebih gampang, saya daftarnya pake akun Facebook pribadi saya. Dan ternyata iya, gampang banget deh bukan akun di AVANA ini. Jika ingin langsung jualan, bisa menambahkan foto-foto produk dan detailnya di sana. Nah update-an inilah yang nanti bakal muncul di Webstore, Facebook Store, dan Messenger Store.


Jangan takut jika punya kesulitan. Tim AVANA Indonesia akan selalu siap membantu. Dari mulai menjawab segala pertanyaan hingga ke hal-hal teknis. Asyik banget deh. Dan gegara utak-atik akun AVANA ini, saya jadi mau pertimbangin untuk buka toko online di sana deh.

Lomba Blog AVANA Indonesia

Gimana, tertarik untuk jualan di AVANA? Kuy buka dulu akunnya, lalu pelajari. Pasti nanti bakal mupeng kayak saya. Oh ya, sambil memuaskan kepenasaran dalam hal buka akun dan jualan di AVANA, ada baiknya teman-teman tumpahin semua pengalaman teman-teman tersebut dalam tulisan di blog. Kebetulan nih, AVANA Indonesia lagi bikin lomba blog. Hadiahnya menggoda banget. Cek aja info lengkap mengenai lomba blog, cus aja ke link yang ada di gambar di bawah ini. Atau bisa juga dengan kepoin akun Instagram @avana.id


So?

Baca-baca tentang AVANA, dan juga utak-atik akun di AVANA bikin semangat untuk mulai bisnis jadi semakin menggelora. Mau diskusi dulu ah sama suami. Siapa tahu dia ngasih ide brilian yang akhirnya membuat saya membuka bisnis online.

Oke deh teman-teman, sampai ketemu di tulisan saya selanjutnya!

99 komentar:

  1. Nah,kalau ada layanan seperti Avana ini calon pembeli di media sosial jadi tak ragu lagi belanja ...

    Pernah aku punya pengalaman belanja via iklan di instagram yang transaksi pembayarannya dilakukan ke norek pribadi dan bukti transaksi dikirik ke nomor wa penjual ... , selesai transaksi dan terkirim (dan dibaca) bukti ke wa ... , barang tidak kunjung dikirim sampai sekarang.
    Sudah 3 bulan ini.

    BalasHapus
  2. seneng banget ih aku ketemu sama avana ini teh , soalnya emang bikin praktis banget ya teh, bisa langsung sekali dayung tiga pulau terlewati hihihi

    BalasHapus
  3. Avana ini banyak bener yg bilang bagus, kan kepo jadinya pengen juga buka di sana, siapa tahu usahaku jadi lebih lancar kan ya teh :)

    BalasHapus
  4. Avana ini lebih ke onlinestore atau marketplace mbak?

    BalasHapus
  5. aku jadi kepikiran juga mau buka toko di Avana nih, biar makin banyak toko (online) ku :D
    enak yah basisnya messenger dan belinya juga gampil

    BalasHapus
  6. kemajuan teknologi membuat semuanya menajdi lebih mudah ya mba, termasuk urusan penjulana barang sekarang banyak market place, salah satunya Avana, jadi penasaran dan pengen gabung kebetulanm lagi merintis usaha sama adek, bisa jadi sarana buat masarin niy, pendafatrannya juga sangat mudah lagi ya

    BalasHapus
  7. Jadi, nanti pelanggan bayarnya ke Avana atau langsung ke penjual, ya, Mbak? Penasaran nih karena kayaknya mudah banget. Nggak bikin capek upload manual.

    BalasHapus
  8. Ini nih yg dibutuhin online seller. Cukup update di 1 store, tp store lainnya ikutan keupdate juga. Jadi waktunya bisa dimanfaatin buat fokus cari cuan. Ga abis buat upload2 doank 🤭

    BalasHapus
  9. Lomba blog Avana itu murni lomba blog apa plus lomba seo ?

    BalasHapus
  10. cocok nih informasinya untuk aku yang mau memulai lagi olshop yang sempat vakum 2 tahun lebih. Coba daftar ya mba. makasih

    BalasHapus
  11. Jadi pengen gabung juga deh sama Avana, tertarik sama semua fitur yang ditawarkan. SIapa tau kan usahaku makin maju.

    BalasHapus
  12. Wih daftarnya mudah ya kaya buka akun socmed aja udah bisa jualan

    BalasHapus
  13. Sistemnya unik ya teh dan jadi jawaban nih buat optimalin sosial media, aku juga pengen cobain dagang di avana

    BalasHapus
  14. Social commerce ini konsepnya apik/bagus bgt ya. Kudu lebih dipopulerkan lagi! Thanks God ada AVANA. Jadinya para online shop/seller bisa banget berdagang dgn lebih gampiiillll!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak temenku para owner Online Shop yg tertarik bgt join AVANA.
      Anti ribet ribet club!

      Hapus
    2. Setuju sama Kak Nurul, kalau dilihat dapat dikatakan Avana ini memudahkan banget untuk yang ingin berbisnis online

      Hapus
  15. Avana ini membantu banget mba bagi penjual online. Sistemnya juga mudah tanpa ribet

    BalasHapus
  16. Yes, beneran ga pake ribet nih mba. Aku udah nyobain dan seneeeng banget.
    Semoga aja bisa kepake untuk jualan online di masa mendatang kalau produksi barangnya udah banyak.

    BalasHapus
  17. Jadi sekali buka akun di Avana, kita dapat promosi produk lewat macam2 sosmed ya. Mantul deh..

    BalasHapus
  18. makin banyak yang ngerekomendadisiin AVANA aku jad makin mantap untuk kembali menekuni dunia bisnis online ih

    BalasHapus
  19. Banyak artikel yang ngejelasin Avana yaa, jadi tambah paham nih tentang Avana

    BalasHapus
  20. Avana sungguh profesional yaa...
    Dari tampilannya hingga menu yang sangat membantu pengunjung dalam melihat barang yang mau diborong.
    Hehhehe...asiikk~

    BalasHapus
  21. Avana sungguh profesional yaa...
    Dari tampilannya hingga menu yang sangat membantu pengunjung dalam melihat barang yang mau diborong.
    Hehhehe...asiikk~

    BalasHapus
  22. Semangat mbaak, ide bisnis memang perlu diriset dulu dan didiskusikan dengan matang bersama partner. Kalo eksekusinya, bisa pakai Avana ya :)

    BalasHapus
  23. Baru dengar ecommerce avana ini, tapi sepertinya menarik ya untuk dicoba mengingat fiturnya yg lengkap

    BalasHapus
  24. Menarik banget deh, jadi kayak punya toko sendiri tapi bukan di marketplace. Mau coba kulik ah, siapa tau cocok :)

    BalasHapus
  25. Lebih praktis daripada membangun sendiri dari awal, ya, Mbak... User friendly pula aku lihat. Kepikiran buat mulai menjajaki punya toko online juga, kan calon pembeli juga terbantu kalau mudah digunakannya.

    BalasHapus
  26. Nah yang aku suka dari avana ini bisa bertransaksi di Media Sosial langsung bisa pake Ovo jugaaa

    BalasHapus
  27. Kalau mau jadi pedagang, bisa nih coba di Avana. Meyakinkan dan gak abal-abal. Baik pedagang maupun pembeli jadi nyaman kalau mau transaksi

    BalasHapus
  28. AVANA ini memang menarik banget. Untuk penjual penoperasiannya dibikin mudah. Mudah-mudahan menjangkau banyak pembeli

    BalasHapus
  29. Udah baca review Avana beberapa kali. Mantap di saat pada dirumahkan buka usaha secara online bisa jadi ide bisnis juga ya. Yuk Teh kita jadi lebih produktif sugan dengan buka usaha online mah hehehe

    BalasHapus
  30. Nah kebetulan nih mbk aku lg ada niatan buka toko online dan aku pun tertarik buat buka toko online di sini aja. Kayaknya cocok juga buat pedagang online pemula kayak aku. Makasih yak infonya.

    BalasHapus
  31. Caranya mudah banget dengan AVANA ya mbak, e commerce ini memang memudahkan baik pembeli maupun penjual. Btw mau ikutan lombanya yuks.

    BalasHapus
  32. pengen deh nyoba berjualan pake Avana ini. Karena jalannya ikhtiar itu kan berani untuk mencoba, siapa tau cocok teh hehe

    BalasHapus
  33. Di Avana bisa jadi satu gini ya Mba Nia, nggak perlu butuh banyak aplikasi bisa langsung terkoneksi ya? Menyenangkan

    BalasHapus
  34. Keren juga ya update di 1 tempat bisa keupdate di tempat lainnya sehingga stock barang lebih akurat. Kadang ada seller yang stocknya gak akurat, dibilang ada ternyata gak ada varian yang kita inginkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bener tu kadang seller punya bbeberapa toko di marketplace, abis kebeli di marketplace A, eh di marketplace B stocknya msh tetep ada, kan jd mengecewakan pelangan ya, kalau pakai Avana langsung kebeli di satu tempat yg lain jg stoknya ikutan nberkurang

      Hapus
  35. Jadi makin kepo sama Avana ini Teh..Semoga nanti bisa jualan online dgn produk yang lain...kalau yg sekarang produknya hanya satu dan tak perlu tampilan sih tapi metodenya jadinya kayaknya belum cocok pke AVANA padahal pengen nyoba banget.Atau apa bisa ya...? Harus cari tahu lebih dalam nih..

    BalasHapus
  36. Udah cocok lah ini ya mba, bikin toko online pakai AVANA dijamin ga pake ribet segala. Enak loh, dalam satu dasbor udah nyambung aja ke semua medsos yang kita punya. Kemarin yang belum sempat kucobain yang nyambung ke twitter nih.

    BalasHapus
  37. Otw ke avana.. Penasaran kok sebelumnya ga pernah denger namantaa... .

    Asiknya bisa 3 toko online dlm 1 dashboard yaa

    BalasHapus
  38. Wah, enak banget bisa jualan di sini komplit banget, aku langsung daftar ya

    BalasHapus
  39. keren ya ternyata avana tuh bisa membantu para pengusaha, anyway goodluck ya mbak

    BalasHapus
  40. Sebagau online shop owner aku etrtarik buka toko online di Avana nih. Poin plusnya Avana mendukung Kemajuan para UMKM yah Mbak.

    BalasHapus
  41. avana ini keren banget deh inovasinya jadi siapa aja bisa mulai bisnis tinggal mikir konsep, tools udah lengkap bisnis bisa langsung jalan deh

    BalasHapus
  42. Keren sih ini inovasinya Avana. Satu platform bisa buat semua socmed. Jadi aman sih transaksinya juga. Sok atuh teh bisikin nama tokonya ntar aku beli hhaha!

    BalasHapus
  43. Avana ini bikin penasaran deh kebetulan aku baru buka olshopku yang lama vakum

    BalasHapus
  44. Iiih simpel banget ternyata ya Teh buat akun di Avanna. Jadi siapapun bisa dengan mudah berjualan dan menjadi salah seorang pedagang online.

    BalasHapus
  45. Hayuk mbak bisnis onlijne lagi hehe. Saya juga nih kangen deh zaman jualan online. Dulu kalau gak salah stop krn lahiran anak kedua dan sibuk pindahan. Mungkin kalau pandemi selesai mau deh jualan lagi moga2 bisa pakai AVANA :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Avana ini termasuk gampang ya bikinnya juga gampang sekali mengoperasikan platform ini. Udah dapat 3 tempat jualan dan pengoperasiannya cuma dari satu dashboard aja

      Hapus
  46. Jadi lebih mudah ya untuk bisa berbisnis online, aku jadi pengen juga nih buat akun di Avana, jadi siapa saja bisa jadi pebisnis ya

    BalasHapus
  47. Berarti toko yang mau berjualan lewat avana harus punya facebook fanpage dan instagram? Trus ini berbayar apa free?

    BalasHapus
  48. Wah ada lomba blognya langsung semangat liat hadiahnya bikin ngiler. Pengen ikutan ah,menarik banget

    BalasHapus
  49. Bisnis online merupakan bisnis yang sangat menjanjikan ya.. sudah terbukti dari beberapa tahun terakhir, karena memang dunia digital membuat orang bisa berbelanja dari mana saja dan kapan saja melalui online.. Avana ini bisa jadi salah satu tempat untuk memulai bisnis online ya mbak

    BalasHapus
  50. Wih, ini membantu banget. Kebetulan aku juga pengen punya bisnis online tapi gamau ribet. Kayaknya oke nih buat dicoba. Thank you for sharing mbak.

    BalasHapus
  51. Menunya mudah ya, kalau kita mau gabung jual barang dagangan kita yang penting foto bagus, pasti akan mudah menarik konsumen ya. Mau ah kapan kapan mempelajari Avana lebih lanjut

    BalasHapus
  52. Wahh sesimple itu ya kalo mau join. Aku jadi tertarikk, sungguh. Aku punya produk buat jualan, cuma aku malas buat renew tokoku lagi, AVANA ini bisa jadi solusi ya.

    Dan lomba blognya juga bikin aku ngileeer, buru2 ngedraft ahhhh ~~

    BalasHapus
  53. Aku mau ikutan
    Kebetulan ini ada produk yang aku jual memang
    Semoga banyak rezeki di AVANA

    BalasHapus
  54. Aplikasi ini menarik dan patut di coba, terutama bagi yang pengen punya toko online sperti saya. Sudah ikut dropshipper tapi masih jalan di tempat sampai sekarang.

    BalasHapus
  55. Salah satu alesan aku maju mundur buat usaha tuh ini banget, males update sana sini yang nambah-nambahin kerjaan. Kalau ada apps yang bisa auto terintegrasi sama sosmed itu bisa sangat mempermudah dan mengefisienkan waktu ya..

    BalasHapus
  56. Unik banget ya Avana ini beda dari yang lain. Selain itu praktis banget bisa belanja melalui facebook jadi kita tinggal pilih aja ya mau belanja nya melalui apa. Hehe

    BalasHapus
  57. jujur aku baru kali ini tau ada social commerce AVANA, komplit banget ya bisa web store, Facebook Store dan Messenger jugaak..

    BalasHapus
  58. Berbisnis online jadi lebih mudah ya mba dengan hadirnya avana. Aku dilu banget sempet punya ol shop dan keteteran dibagian promosi dan ngiklannya. Akhirnya gak jalan lagi deh tu ol shopnya.

    BalasHapus
  59. Caranya simple ya berarti memasarkan produk lewat avana karena bisa dengan media sosial yang pangsa pasarnya bisa luas

    BalasHapus
  60. Praktis banget ya Avana ini. Bisa menangani penjualan dari tiga sosial media sekaligus. Untuk pengusaha UKM ini akan sangat membantu

    BalasHapus
  61. ininyang dibutuhin seller biar jadi terpecayaa yaa mba, avana ini aplikasi yang bener2 ngebantu banget ya

    BalasHapus
  62. Avana ini memudahkan banget sih mba.. gak perlu repot update di 3 platform udah auto terupdate semua ya..

    BalasHapus
  63. Eh, aku baru tau ada AVANA ini. Wajib menelusuri mih kalau udah soal jual2an. Hihiy

    BalasHapus
  64. Keren ini avana, kalau aku bilangnya ini aplikasi pembantu penjual online yang minim budget sangat terbantu, terutama untuk pengusaha pemula

    BalasHapus
  65. Tertarik Mbak. Udah tiga tahun terakhir bergelut di dunia bisnis online. Tapi masih belum kebayang aja prosesnya gimana. Kalo ditambahkan stepnya jari kebayang Mbak, hehe.

    BalasHapus
  66. Tahun ini rencana mau jualan buku online lagi, pengen coba Avana Teh, terima kasih artikelnya yaa

    BalasHapus
  67. Aku tertarik karena memanfaatkan media sosial buat transaksi dan jualannya.
    Buatku Avana Social Commerce ini nggak ribet.

    BalasHapus
  68. Jadi penasaran dengan Avana ini. saya juga memimpikan punya toko online, meskipun sdh bikin akun toko online tp mandeg, gak jalan sama sekali karena bingung dan gagap gimana mengelolanya.

    Jika di Avana mgk lebih simple dan user friendly.

    BalasHapus
  69. Huhuhu pengen banget ikut lomba blognya tapi kok udah hampir dead line yak?

    BalasHapus
  70. Jualan online saat ini bisa jadi pilihan buat ibu rumah tangga biar meski di rumah saja tapi bisa produktif ya. Saya mau coba juga. Perbanyak dulu info terkait Avana nya ah

    BalasHapus
  71. Aku baru tau ada avana ini. Wuih bermanfaat bgt ya buat para pengusaha yang ga kuat bersaing di marketplace atau dagang offline. Jadinya bisa go online dengan mudah.

    BalasHapus
  72. Wah aku baru tahu nih mbak tentang AVANA ini, memudahkan banget buat orang yang mau mulai berbisnis (jualan)

    BalasHapus
  73. Wah mudah banget ya bikin toko online di Avana. Apalagi sekarang sedang wabah virus. Mending jualan via online aja yah.

    BalasHapus
  74. Aku dah nyoba mbak. Moga2 bisa naikin penjualan di musim daya beli menurun kayak gini huhuhuhu

    BalasHapus
  75. Setelah aku cek, kayaknya Avana ini memang cocoknya untuk jualan barang ya.. Aku kira dia bisa support juga untuk jasa gitu

    BalasHapus
  76. Avana itu bisa dijadikan tempat yang sangat memudahkan bagi pelaku bisnis dalam mengelola usahanya ya, Teh

    BalasHapus
  77. Jadi Ada 3 macam store ya Mba, Facebook, webstore dan messager store. Mudah banget ya memulai jualan di AVANA. Mau daftar aku Mba.

    BalasHapus
  78. Aku jadi pengen belajar jualan online nih lihat Avana ini. Jadi makin penasaran juga.

    BalasHapus
  79. Saya jadi keoo sama lomba blognya deh. Lumayan banget kan kalau dpt. Udah dpt uangnya, dapet juga info ttg avana

    BalasHapus
  80. wah buka toko online udah mudah dengan Avana ini ya teh, aku jadi mau coba ah jualan di Avana

    BalasHapus
  81. nah...beneran tertarik buat jualan online dengan AVANA.., langsung ke webnya ah..

    BalasHapus
  82. komentar masuk gak sih..tiba ngilang aja,..heheheh

    BalasHapus
  83. asyik banget ya AVANA ini, penjual jadi gak perlu repot ya tuk urusan update dan promonya, sekali promo aja udah bisa jangkau sosmed yg kita punya ya Mbak.
    pembeli juga tinggal klik aja transaksi jalan deh.
    pengen coba juga nih jualan di AVANA.
    selama ini masih manual aja hihihh

    BalasHapus
  84. Avana ini keren banget, seller pemula jadi terbantu seklai karena tampilannya sangat mudah di mengerti

    BalasHapus
  85. Mudah banget ya bisnis online lewat avana, tinggal klik klik aja ya. Manajemennya juga kayaknya udah rapi banget yaa.

    BalasHapus
  86. Senang kalau ada tim support yang siap membantu begitu seperti AVANA jika kita membuka toko online di sana. Pasti memudahkan penjual nih nantinya

    BalasHapus
  87. Aku dari dulu pengen bisnis online hasil craft mbak, cuma belum kesampean. Aplikasi AVANA ini sangat membantu para penjual dalam menjajakan barang dagangan nih ya mbak. Fiturnya pun mudah, ada lombanya pula yuks ikutan.

    BalasHapus
  88. Sama, Mbak, salah satu impian saya juga pengen punya toko online. Tapi sampe sekarang masih sebatas keinginan, belum dieksekusi. Bahkan mau jualan apa juga masih bingung. Hehe... maaf malah curcol dimari. Aku lihat-lihat dulu webnya Avana, mungkin bisa dapat ide.

    BalasHapus
  89. Jualan di facebook dan ngetag sembarangan ke orang-orang, tuh nyebelin bangettt memang. Saya kalau ditag begini, malah biasanya males beli, auto block, ixixixiii

    Dagang, online sekalipun, juga tetep perlu tata krama ya Bun, salah satunya bisa pakai Avana ini nih, biar jualan dengan santun dan menarik perhatian calon pembeli dengan elegan

    BalasHapus
  90. Wah ... Berbisnis dengan avana sangat menyenangkan, kebetulan nih mah buka toko online, terima kasih infonya

    BalasHapus
  91. Dengan situasi seperti saat ini, AVANA bisa sangat membantu pelaku UMKM.

    BalasHapus
  92. Enak ya kalau ada jasa kaya AVANA ini. UKM yang mau go digital jadi dimudahkan dan bisa langsung perform dengan baik :D

    BalasHapus
  93. Dulu saya sama adik juga pernah mbak coba jualan online di facebook. Sempat jalan beberapa bulan sampai akhirnya stop karena kurang promosi. Kalau sekarang jualan online kayaknya makin gampang ya

    BalasHapus
  94. Udah lama banget rasanya pengen jejualan gitu. Tapi selalu mentok di ide. Mau jualan apa.. Haha

    Btw untuk daftar di Avana ini bayar gak sih. Penasaran aku tuh..

    BalasHapus
  95. Avana ittu solutif banget ya dengan pernmalahan kompleks para penjual oedagang online.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)