9.3.18

Peralatan Keselamatan Saat Bekerja Menggunakan Gerinda


Menggunakan perlengkapan keselamatan ketika sedang bekerja adalah hal yang wajib dilakukan ketika kita bekerja di lingkungan mana pun. Apalagi di tempat yang menggunakan peralatan berisiko tinggi. Misalnya saja seperti pekerjaan yang menggunakan mesin gerinda. Sebuah peralatan yang cukup berisiko jika kita tidak menguasai penggunaannya secara tidak benar. Mesin gerinda kan termasuk peralatan kerja yang berbahaya.

Pentingnya menggunakan peralatan keselamatan saat bekerja menggunakan mesin gerinda, tentu saja bertujuan mengerhindarkan risiko yang dapat membahayakan keselamatan diri sendiri. Peralatan kerja yang digunakan saat menggunakan mesin gerinda ini cukup lengkap dan banyak yang diperlukan. Mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Semua akan terlindungi oleh peralatan keselamatan. Apa saja peralatan keselamatan yang diperlukan saat menggunakan mesin gerinda? Simak terus dalam uraian di bawah ini.

Pelindung Kepala
Penggunaan pelindung kepala selama mengerjakan pekerjaan yang menggunakan mesin gerinda sangatlah dianjurkan. Karena kepala dapat terlindung dari material-material yang berbahaya yang dihasilkan saat bekerja menggunakan mesin gerinda. Pelindung kepala ini salah satu perlengkapan keselamatan yang cukup penting, sebab bertujuan untuk melindungi kepala agar terhindar dari cedera.

Pelindung Muka
Peralatan keselamatan lainya yang tidak kalah penting adalah pelindung muka. Pelindung muka ini banyak jenisnya. Kita dapat menggunakan masker khusus dan kacamata khusus untuk menutupi bagian muka. Namun kita juga dapat menggunakan pelindung muka khusus yang dapat sekaligus menutupi keseluruhan muka agar terhindar dari percikan api yang ke luar dari mesin gerinda saat sedang beroperasi.

Masker
Jika kita hanya menggunakan pelindung muka yang tidak dilengkapi dengan masker, sebaiknya menggunakan masker. Sebab debu dan material halus yang dikeluarkan oleh mesin gerinda, jika terhirup akan membahayakan pernapasan. Selain itu, bau dari besi yang tergeser oleh mesin gerinda juga cukup menyengat dan tidak enak jika tercium oleh hidung kita.

Penutup Telinga
Penutup telinga juga tidak kalah penting, karena selama mengerjakan pekerjaan menggunakan mesin gerinda, mesin yang bergesek dengan benda kerja akan mengeluarkan suara yang cukup bising. Jika tidak menutupi telinga, hal tersebut dapat membuat telinga berdenging dan tidak nyaman. Dan  suara bising ini sangat mengganggu pendengaran.


Baju Pelindung
Baju pelindung juga penting digunakan ketika sedang menggunakan mesin gerinda. Karena baju pelindung itu dapat melindungi kita dari risiko bahaya, seperti percikan api dan material yang terlontar. Baju pelindung ini mampu memberikan perlindungan pada badan secara maksimal. Sehingga pada saat bekerja, kita akan merasa aman dan tidak khawatir dengan bahaya yang kapan saja dapat terjadi.

Sepatu Pelindung
Sepatu pelindung pun sangat penting digunakan ketika kita sedang menggunakan mesin gerinda. Hal ini mengingat percikan api yang di arahkan ke bawah, otomatis akan membahayakan kaki kita. Namun jika kamu menggunakan sepatu pelindung, hal tersebut akan teratasi, karena sepatu pelindung tersebut sudah didesain sedemikian rupa agar tahan terhadap percikan api yang ke luar saat kita menggunakan mesin gerinda.

Nah,itulah perlengkapan keselamatan yang wajib dipakai oleh orang yang bekerja menggunakan mesin gerinda. Mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki semuanya terlindungi. Setelah mengetahui macam-macam perlengkapan keamanan dan fungsinya, semoga kita dapat menggunakan perlengkapan tersebut juga, agar ketika bekerja menggunakan mesin gerinda, keselamatan kita terjamin dan terhindar dari risiko cedera. Semioga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)