23.11.16

Tips Sukses Berbisnis Minuman Unik


Ada banyak pilihan untuk memulai sebuah usaha. Agar bisa maksimal, semua tentu harus didukung dengan strategi. Minuman unik adalah salah satu bidang usaha yang menjanjikan. Kenapa demikian, sebab minuman merupakan sajian teman makan. Atau bahkan bisa menjadi sajian tersendiri tanpa makanan. Dari peluang bisnis minuman ini, Anda bisa menggunakan konsep-konsep yang berbeda, sehingga tampak unik dan menarik. Pastinya, sajian minuman tersebut diharapkan dapat memikat para pengunjung untuk menjadi pelanggan setia.

Menciptakan teman makan yang unik memang ada banyak pilihan. Hal ini perlu dipadukan dengan inspirasi. Agar terwujud sajian minuman yang terlihat berbeda. Sekali pun dalam varian rasa yang sama. Namun demikian, perbedaan rasa pun bisa Anda hadirkan untuk lebih menarik dalam berbagai kondisi. Misalnya minuman panas atau dingin. Tentu saja pilihan tersebut bertujuan agar dapat memenuhi keinginan konsumen yang berbeda-beda. Jadinya, opsi yang diinginkan oleh pengunjung tidak terbatasi.

Sebagai contohnya, ada beberapa konsep di mana suatu minuman dikatakan unik. Misalnya saja tampilan yang tak biasa dan terlihat berbeda atas unsur yang lebih menarik. Opsi yang bisa dilakukan agar suatu minuman terlihat beda, unik, dan menarik bisa dilihat sebagai berikut.
  • Sajian es krim lembut yang di dalamnya terdapat melon yang diparut agak kasar, kemudian ditambah dengan buah lain, seperti nanas dan pepaya. Tambahkan juga irisan lemon, lalu tuang es yang dihaluskan. Terakhir, berikan sedikit susu coklat dan putih.
  • Sajian es halus dengan aneka buah yang dihaluskan. Seperti mentimun Jepang, timun biasa, melon, nanas, dan pepaya. Pastikan buah ditata terlebih dahulu sebelum es. Berikan mint di bagian pucuk dan lalu tambahkan lingkaran sirup berwarna. Terakhir, tambahkan biji selasih.
  • Es jus yang dikombinasi dengan biskuit coklat mau pun dua hingga tiga jenis buah, seperti buah melon dan semangka atau apel dan melon. Kemudian dalam sajiannya ditambahkan potongan buah, irisan lemon,  atau pun biji selasih.
  • Es lemon tea madu yang merupakan air teh dengan perasan air lemon dan madu, tetapi masih ditambahkan dengan irisan lemon. 

Contoh-contoh tersebut dapat disajikan sebagai teman makan mau pun menu minum sekaligus menu makan dalam bentuk minuman dingin. Ada pun, opsi lain minuman unik hangat bisa dibuat seperti contoh berikut.
  • Teh hangat dengan madu yang ditambahkan irisan lemon.
  • Kopi susu mau pun kopi hitam saja dengan irisan lemon di dalamnya.
  • Wedang jahe ditambahkan susu putih, kacang tanah yang halusan atau potongan dari kolang-kaling.
  • Wedang beras kencur ditambahkan potongan kacang tanah.

Masih banyak lagi macam-macam sajian nikmat dalam rasa dingin maupun hangat atau panas yang bisa menjadi menu utama, maupun teman selama makan. Selain dari bahan-bahan dan rasa yang unik, tampilan  pun menjadi pendukung utama dalam penyajian tersebut. Jangan lupakan juga inspirasi lain yang bisa menambah keindahan minuman. Misalnya saja sebagai berikut.
  • Mangkok dengan warna warni dan tak hanya putih.
  • Sendok dengan aksesoris mau pun yang berwarna warni.
  • Gelas yang beraneka macam bentuk.
  • Batok sebagai penyajian minuman hangat yang unik.
  • Gelas mau pun mangkok dari tanah liat.

Kreasi unik dalam sebuah bisnis merupakan bentuk inovasi yang lebih menarik. Hal ini tentu nantinya akan sangat mampu menambah daya saing. Penyajian yang berbeda sangatlah penting, agar konsumen lebih tertarik untuk mencoba menu dari bisnis minuman unik Anda. Selain itu, tetaplah didukung dengan strategi yang oke sebagai berikut.
  • Area pemasaran yang tepat.
  • Tata ruang yang bersih, nyaman, dan rapi.
  • Interior dan eksterior yang mencerminkan kedai minuman Anda.
  • Adanya fasilitas hiburan lain, seperti televisi atau pun musik agar pengunjung merasa nyaman.
  • Pelayanan yang ramah dan cepat.
  • Kualitas dan harga yang kompetitif.

Nah, itu dia berbagai macam hal yang bisa Anda perhatikan di dalam berbisnis minuman unik. Pastikan selalu semuanya bisa dilakukan dengan sebaik-baiknya. Dan jangan lupa untuk terus berinovasi. Bisnis tanpa inovasi akan sangat mudah tergerus dan tertinggal. Semoga sukses.

6 komentar:

  1. betul, makanan dan minuman unik sekarang ini banyak dicari. utk itu jika ingin berbisnis makanan dan minuman, kita dituntut utk kreatif ya mba...

    BalasHapus
  2. Sekarang banyak ya yang berbisnis dan unik - unik, hehe jadi pengen ikut berbisnis juga tapi naon nya

    BalasHapus
  3. Ingin juga satu hari punya bisnis minuman, keuntungannya katanya lumayan juga loh :)

    BalasHapus
  4. Wow, makasih Mbak. Jadi melek ide2 baru. Kreatif sekali :)

    BalasHapus
  5. sekarang emang lagi hits banget ya mba minuman unik. wah bisa dicatet ini

    BalasHapus
  6. Aku juga suka yang unik, kan tertarik mencoba ya Mbk, apalagi kalau difoto menjadi bagus hehehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)