10.4.16

MelOn, Aplikasi Pengekspresi #MusikkuRasaku


Beberapa waktu lalu, saat hape saya sedang memutar sebuah lagu, tiba-tiba anak sulung saya datang deketin saya.

“Umi nyetel lagu itu?” tanyanya keheranan.
“Iya,” jawab saya datar.
“Heh?! Itu kan lagu anak muda,” serunya tambah keheranan.
“Terus kenapa?”
“Ih, malu atuh. Masa ibu-ibu nyetel lagu itu,” ujarnya.
“So what gitu, lhooooo…,” jawab saya lagi mengakhiri percakapan.

Iya, seperti itulah kiranya obrolan antara saya dengan si sulung. Dia keheranan saat melihat ibunya nyuci piring diiringi lagu Maudy Ayunda – Perahu Kertas dari hape. Tak hanya dia saja sebenernya. Bahkan ayahnya (baca: suami saya), tak sekali dua kali keheranan dengan tingkah istrinya yang suka dengan lagu kekinian. Jawaban saya kepada mereka yang keheranan itu selalu sama: SO WHAT GITU, LHO?! Dengerin lagu yang penyanyinya masih muda atau pun nyetel lagu yang kekinian kan gak pamali buat ibu-ibu. Kalo lagunya enak, siapa pun boleh suka. Bukan begitu?
Iya, #MusikkuRasaku
Pernah denger quote, "Music is the universal language of mankind"? Nah, itu! Saya setuju banget dengan si pembuat quote tersebut. Musik adalah bahasa universal untuk seluruh umat manusia. Gak pandang umur, gak lihat suku, gak peduli gender, gak masalah dengan bahasa, dan gak terpengaruh faktor-faktor lain. Musik ya musik, bisa dinikmati oleh siapa saja.

Buat saya tak hanya sampai di situ. Musik, selain memang enak didengar, juga menggambarkan rasa. Jadi saat saya sedih, saya dengerin musik yang slow. Saat saya happy, saya dengerin musik yang nge-beat. Dan kalau saya sedang baper dengan masa lalu, saya nostalgiaan dengan musik-musik jadul. Pokoknya, bener-bener deh, Musikku Rasaku.

Tapi…
Hari gini, nyari lagu apa aja gampang. Tinggal ngetik di Google, lagu apa pun yang kita mau pasti ada. Tapi, itu gak berlaku lagi buat saya. Jujur, ngambil lagu dari Google bikin saya kapok. Ceritanya begini. Saat itu sedang booming lagu All of Me, John Legend. Saya yang juga suka, jelas ingin punya lagu itu. Tanpa banyak mikir, saya pun men-download lagu tersebut di hape. Dan tahu apa yang terjadi setelah saya men-download lagu itu? Hape saya kacau. Semua aplikasinya ngadat. Iya, lagu itu ternyata membawa virus. Jadinya, hape saya rusak. Dan butuh waktu sekitar seminggu untuk bersihinnya. Semua data hilang. Seluruh aplikasinya pun melayang. Termasuk game-game berbayar favorit saya. Duh… gondok setengah mati jadinya.

Sejak saat itu, saya gak mau kompromi lagi. Apa pun yang ada di hape saya, harus terjamin bebas dari virus. Untuk file-file aplikasi, tentu cukup gampang. Berbagai aplikasi yang terjamin keamanannya dari virus tersedia dengan lengkap di Play Store. Saat itu, hanya file lagu-lah yang sulit dicari yang aman. Sekali pun bukan hasil download di hape, memindahkan file lagu hasil download di laptop ke hape juga tetap tidak menjamin keamanannya. Jadinya, solusi saya saat itu dalam hal dengerin musik adalah dengan cara streaming via Youtube. Kebayang dong gimana ribetnya?

Doa Saya Terjawab…
Katakan saya kudet *kurang apdet*. Saya baru tahu ada aplikasi musik di hape baru setahun ini. Serius, ini seperti jawaban doa saya. Dengerin musik yang aman dan nyaman dari hape, tanpa harus streaming via Youtube. Karena saya pengguna Telkomsel, tak banyak cingcong, saya pun langsung download dan install aplikasi tersebut. Dan wah, saya puas karenanya. Meski berbayar, demi keamanan hape saya dan juga kenyamanan dalam menikmatinya, saya setia menjadi pelanggannya.

Tampilan depan aplikasi MelOn

Sekarang, saya beralih menggunakan aplikasi musik ‘saudara kandung’ dari aplikasi musik yang saya pakai dulu. Kebetulan, karena saya selalu memakai kartu dari Telkomsel, aplikasi ini juga masih satu grup Telkom. Namanya aplikasi MelOn. Sama seperti aplikasi saudaranya yang dulu, aplikasi musik yang ini juga memuaskan saya.

Penasaran kenapa saya puas dengan aplikasi musik MelOn? Nih… saya kasih bocorannya.
  • Yang pertama, lagu-lagu di MelOn jelas keamanannya. Yupp, seperti yang saya bilang di atas, download lagu di MelOn aman dari virus. So, saya gak kawatir lagi kalau hape saya bakalan rusak dan kacau kayak tempo hari.
  • Yang kedua, ada liriknya. Ini fitur favorit saya, lho. Heheheh.. kenapa begitu, sebab saya yang suka nyanyi-nyayi gak jelas liriknya jadi ‘dibimbing’ MelOn untuk hafal. Gak malu lagi lah kalau nyanyi di depan anak-anak bakal salah lirik. Berasa karokean juga kalau nyanyi pake lirik gitu. :D
    Tuh, ada liriknya, kan? :D
  • Yang ketiga, kualitas musik MelOn yang keren. Iyalah, kan musiknya memang didukung dengan teknologi Dolby. Lagu dan musik berisik? Gak ada tuh di MelOn. Gak percaya, coba dulu program gratisnya selama 1 minggu. Jika sudah mencobanya, kamu pasti akan langsung membeli paketnya. Seperti saya. :D
  • Yang keempat, lagu-lagu dan musik di MelOn legal. Untuk yang satu ini jelas banget membuat hidup dan hati tenang. Kamu yang selama ini koar-koar soal halal dan haram dan anti pembajakan, udah ngecek kelegalan lagu-lagu yang ada di hape dan di laptopmu belum? Kalau belum, hayuk ah segera beralih ke musik dan lagu yang legal. Malu atuh. Masa saat foto-foto dan tulisan kamu di-copas orang lain marah tapi lagu-lagu di hapemu masih bajakan. Yuk, kita berempati dengan pemilik hak cipta musik dan lagu-lagu yang kita denger. Mereka kan mencipta lagu itu dengan penuh dedikasi. Masa kita ngebajaknya? Pamali ah.
  • Yang kelima, lagu-lagu dan musik di MelOn bisa diputer di laptop/PC. Nah ini, MelOn bukan hanya aplikasi hape. Semua lagu yang sudah kita download atau pun yang sudah kita tambahkan pada PlayList, dapat kita putar di laptop atau PC. Bisa dengan cara streaming langsung atau pun melalui MelOn Player yang harus di-download terlebih dahulu. Aku sih langsung streaming aja. Tenang, langsung streaming di web MelOn juga gak ada putus-putusnya akibat buffering, kok. Kualitasnya tetep bagus.
  • Yang keenam, lagu-lagu dan musik di MelOn tersedia di Playstore dan BB World. Iya, yang ini mah jelas ya. Saya pertama kali pakai aplikasi ini di hape. Dan baru beberapa hari ini nyoba di laptop. Kamu yang belum pasang, coba deh cari di Playstore atau BB World. Pasti ada.
  • Yang ketujuh, lagu-lagu dan musik di MelOn bisa dibeli format MP3-nya. Buat yang lebih suka format MP3, kamu gak perlu cemas. MelOn menyediakannya kok. Kamu cuma tinggal beli saja.
  • Yang kedelapan, aplikasi MelOn harganya terjangkau. Bener banget, dengan harga Rp15.000,- plus PPN, kita sudah bisa streaming dan download sepuasnya selama 1 minggu. Atau Rp3.000,- per hari. Atau Rp50.000,- per bulan. Jika dibandingkan dengan uang jajanmu selama sebulan, paket MelOn gak seujung kukunya.
    Nih harga paket MelOn
  • Yang kesembilan, lagu-lagu di MelOn jumlahnya sangat banyak. Kamu suka lagu apa? Pop? Rock? Jazz? Dangdut? RnB? Barat? India? Atau apa? Semua ada di MelOn. Tinggal cari aja, bahkan lagu-lagu jadul pun ada di MelOn. MelOn punya jutaan lagu.
  • Yang kesepuluh, cara gunain aplikasi MelOn sangat gampang. Tinggal tap ini dan tap itu di layar hape, kamu sudah bisa dapet lagu yang kamu suka.
Ini Musikku, Ini Rasaku
Seperti yang saya bilang di atas, PlayList MelOn itu adalah #MusikkuRasaku. Iya, sebab apa pun yang saya rasakan, saya mengekspresikannya dengan lagu-lagu. Gak heran, nama PlayList yang saya buat itu sengaja dibikin berdasarkan rasa yang saya rasakan. Mau ngintip playlist MelOn saya? Boleh... nih di bawah!

Nih daftar playlist saya di aplikasi MelOn :D

Tuh, jelas, kan. Ada Hepi, ada Selow, ada Galau, ada Nostalgia, dan ada Boiben (boysband). Hehehe... jadinya saya gak perlu bingung lagi mau nyanyi dan dengerin lagu apa saat butuh. Tinggal nyamain aja dengan rasa saat itu. 

Kamu Gimana?
Seperti itulah keseharian saya. Dalam suasana apa pun, musik dan lagu-lagu MelOn selalu menemani saya. Bisa dibilang, MelOn itu menjadi semacam aplikasi pengekspresi rasa saya. Saya harap teman-teman juga demikian. Terutama ibu-ibu. Kenapa demikian, sebab saya mengalami sendiri, menjadi ibu-ibu itu tingkat stres dan galaunya tinggi. Nah dengan musik, semua kestresan dan kegalauan pasti bisa hilang. Tapi, jangan musik sembarang musik ya. Pastikan musiknya aman, legal, berkualitas bagus, sekaligus bikin hati dan hidup tenang. Cobain MelOn deh, pasti ketagihan....


1 komentar:

  1. Wah...dengan mendonlot aplikasi melon kita bakal mendapatkan beragam jenis musik ya.. Hmm jadi tau deh sekarang gimana cra donlot lagu biar aman dan gak virusan..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)