23.4.16

Tips Merenovasi Rumah Hemat Biaya


Pada saat kita membangun rumah dijual di jakarta, kita mungkin tidak pernah membayangkan harus melakukan renovasi. Entah karena ada kerusakan atau memang harus direnovasi dengan alasan lainnya. Renovasi ini memang tidak bisa dipredikasi kapan dan  apa yang harus direnovasi. Hal ini karena sangat dipengaruhi oleh perubahan struktur tanah, adanya kerusakan pada bagian-bagian tertentu di rumah, atau pun karena alasan lain seperti perlu adanya ruangan tambahan, perubahan selera penghuni rumah juga adanya kepercayaan tentang arah rumah, serta lokasi rumah (feng shui).

Hal-hal yang mengharuskan dan tidak bisa ditawar lagi untuk renovasi rumah adalah adanya kerusakan secara fisik. Alasan ini adalah alasan yang harus disegerakan. Alasan renovasi yang lain mungkin masih bisa dinegosisasikan. Tetapi untuk alasan perbaikan harus diutamakan. Untuk melakukan renovasi tentu banyak yang harus dipersiapkan dan dipertimbangkan, salah satu hal terpentingnya adalah budget. Lalu, bagaimanakah tips untuk melakukan renovasi dengan biaya hemat? 

Pertama, prioritaskan renovasi pada bagian yang paling dibutuhkan. Andai kata atap di dapur bocor maka utamakanlah memperbaiki itu. Atau jika harus menambah ruangan kamar tidur anak, maka utamakan itu dan jangan sampai tergoda untuk ingin merenovasi ruangan yang belum diperlukan agar biaya tidak membengkak.

Kedua, gunakan bahan bangunan yang ada dan masih layak pakai. Pada saat kita membangun rumah mungkin masih ada sisa bahan bangunan. Apabila setelah dicek bahan bangunan masih bagus, gunakan yang ada terlebih dahulu. 

Ketiga, buat perhitungan pengeluaran. Anda bisa mencoba bahan material apa saja yang kira-kira akan dibeli, lamanya waktu pengerjaan untuk menghitung jasa tukang perhari, serta biaya tak terduga lainnya. 

Keempat, selektif memilih jasa kontraktor/ tukang. Pada saat Anda akan merenovasi rumah, Anda harus jeli dan teliti memilih jasa kontraktor yang jujur, professional, dan disiplin. Hal ini agar proses pelaksanaan renovasi dapat selesai sesuai target yang direncanakan. Tetapi jangan sampai demi menghemat biaya, Anda memilih jasa kontraktor yang murah tetapi kualitasnya tidak memuaskan.

Nah, itulah tips renovasi rumah hemat biaya. Pastikan selalu memegang semua rencana yang sudah dibuat, ya, agar budget renovasi rumahnya tidak membengkak.

1 komentar:

  1. yang keempat tuh sanagat efektif karena ada saja tukang yangb santai-santai aja dalam bekerja ataupun sengaja memperlambat pekerjaannya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)