9.2.21

7 Ide Bisnis Kecil Ibu Rumah Tangga di Masa Pandemi



Pandemi tak terasa hampir berjalan 1 tahun. Banyak sekali hal yang berubah. Tak hanya pada rutinitas harian, tetapi juga pada sendi-sendi kehidupan yang lebih besar. Salah satunya yaitu hilangnya sumber penghasilan. Baik karena phk, atau pun karena bangkrut. Dan ini jelas membawa kehidupan pada titik yang lebih rendah.

Ibu rumah tangga merupakan pihak yang paling merasakan dampak ini. Kenapa demikian, sebab penghasilan yang didapat keluarga ‘dioperasikannya’ ke berbagai pos kehidupan. Dari kebutuhan sehari-hari (makanan dan minuman), biaya sekolah, bayar listrik-telepon-air, dan biaya lain. Dengan pemasukan yang menurun, jelas, ibu rumah tanggalah pihak pertama yang dibuat pusing.

Tapi kehidupan harus terus berjalan. Pandemi diprediksi bakal bertahan lebih lama. Kita tidak bisa berdiam diri saja menunggu keadaan untuk berubah. Kitalah yang harus mengubahnya. Dan untuk mendapat penghasilan tambahan, mau tidak mau, kita harus membuat sendiri peluang itu.

Berikut ini 7 ide bisnis kecil ibu rumah tangga yang bisa menjadi pilihan sumber penghasilan tambahan di masa pandemi.

1. Buka Warung

Ini bisnis yang pertama kali terlintas di pikiran saya. Buka warung, yang dagangannya antara lain sembako, jajanan anak-anak, dan peralatan rumah tangga sederhana untuk kebutuhan sehari-hari. Menjadi pertimbangan pertama karena paling gampang dan gak terlalu repot. Tapi untuk membuk warung, modal pertama yang dibutuhkan lumayan banyak. 

2. Buka Konter Hape dan Pulsa

Ide ini lumayan potensial. Meskipun hampir semua orang sudah punya hape, akan tetapi karena banyak dari kita yang masih butuh hape lebih dari satu, dan juga banyak orang yang selalu berganti hape setiap ada hape baru, maka keuntungan bisa kita raih. Namun sepertinya, buka konter hape juga butuh modal yang besar. Buat beli-beli dan nyetok hape. Dan berisiko juga. Mengingat yang beli hape, apalagi hape baru, tidak bisa cepat. Kalo untuk untuk bisnis pulsanya sih, gak perlu modal besar. 

3. Buka Usaha Payment Point Online Bank (PPOB)

Ini nih bisnis yang potensial juga. Payment Point Online Bank (PPOB). Pada tahu kan bisnis ini? Itu, lho, bisnis yang menyediakan jasa tempat membayar segala macam keperluan yang berhubungan dengan bank atau lembaga lain, yang dilakukan secara online. Jadi di sini, kita menjadi tempat perantara membayar listrik, air PAM, telepon, internet, tv kabel, pulsa telepon, token listrik, bayar pajak, dan berbagai pembayaran lain yang biasa dibayarkan via bank atau loket pembayaran khusus. Bisnis ini sangat potensial karena bisa menjaring pelanggan di sekitar rumah. Sebab kalo ke bank lumayan jauh dan butuh ongkos. Alat dan modal untuk berbisnis ini juga gak terlalu banyak. 

4. Bisnis Franchise Makanan & Minuman

Ini yang sedang musim. Bisnis franchise makanan dan minuman. Cukup menjanjikan. Tapi untuk bisnis ini, tempatnya harus strategis. Untuk bisnis ini idealnya bertempat d dekat sekolah, kantor, atau rumah yang banyak pekerjanya. Padahal kan, di masa pandemi, sekolah dilakukan secara online. Dan kantor-kantor juga banyak yang memberlakukan work from home bagi para pekerjanya. Bekerja sama dengan ojek online mungkin bisa jadi solusi.

5. Bisnis Kios Pertamini

Ini juga yang lagi banyak. Bisnis kios pertamini atau bisnis bensin eceran. Kendaran bermotor ada kalanya perlu BBM secara cepat. Dan kios pertamini jadi solusi. Tapi untuk bisnis ini, kita kudu ekstrahati-hati. Sebab jika tidak, bisa bahaya. 

6. Bisnis Toko Online

Bisnis ini yang sudah banyak dilakukan para ibu rumah tangga. Mereka menjual barang dagangannya di media sosial. Misalnya saja Facebook dan Instagram. Apalagi kini bertebaran marketplace. Barang dagangan bisa menjangkau daerah mana saja. Dan ada program promote toko pula. Sangat memungkinkan toko-toko ini dikenal pelanggan di marketplace tersebut. Jika sudah lumayan, bisa juga bikin website tokonya. 

Tapi untuk bisa berjualan online, jenis barang yang akan dijual haruslah tepat. Para ibu juga harus dapat agen atau grosir yang bisa dijadikan sebagai tempat berbelanja saya agar bisa dapet keuntungan yang besar. 

7. Bisnis Paper Printing

Ini bisnis yang tak kalah potensial. Modalnya lumayan kecil, namun keuntungan bisa maksimal. Asalkan punya kreativitas yang tinggi. Ya, modalnya hanya printer dan kertas. 

Untuk printer, saya nemu yang bagus nih di Era Supplies Indonesia. Iyes, HP DeskJet Ink Advantage 2336 All-in-One Printer. Printer yang bisa dipake untuk mencetak data, scan, dan juga fotocopy. Kecepatan ngeprint-nya sampai 7.5 ppm (black) dan 5.5 ppm (color) 1 Hi-Speed USB 2.0. 


Nah dengan printer ini,  para ibu bisa membuat apa pun tanpa batas. Dari mulai company business card, greeting card, post-it, notebook, sticker, signage, worksheet dan mainan edukasi untuk media belajar anak, dekorasi rumah, materi dan media promosi, dan lain-lain. Beneran printer paling bagus untuk cetak foto, lho. Selain bisa dijual di sekitar rumah, para ibu bisa mempromosikan bisnis ini di media sosial, dan juga di marketplace (untuk produk jadinya).

Caranya menggunakan HP DeskJet Ink Advantage 2336 All-in-One Printer ini gampang banget. Wireless printer dan bisa remote dari ponsel. Ikuti saja petunjuknya, pasti dengan mudah para ibu bisa melakukannya. Ada pun untuk berkreasi pada produk, bisa digunakan aplikasi Canva yang kini sedang tren. Cukup di hape pun bisa. 

Jangan salah, perangkat HP DeskJet Ink Advantage 2336 All-in-One Printer ini harganya sangat terjangkau. Ya, printer multifungsi ini harganya cuma sekitar Rp699.000,-  saja lho. Plus kertas dan ini itu, cukup deh sejuta buat modal usahanya. Beneran bisnis kecil, kan?

Ini yang bakalan disuka para ibu. HP DeskJet Ink Advantage 2336 All-in-One Printer tersedia dalam 3 pilihan warna, yaitu Lavender, White,dan Palm. Ringan pula ukurannya. Cuma 3,42 kg saja. Gak perlu minta bantuan suami untuk pindah-pindah ke sana ke mari.

Well..

Oke, itu dia 7 ide bisnis untuk para ibu rumah tangga yang bisa dijajal sebagai upaya menambah penghasilan di masa pandemi ini. Beneran bisa dilakukan di rumah. Biar bisa sambil mengurus kerjaan domestik, dan juga menemani anak-anak belajar online. 

Teman-teman punya ide yang lain? Hayuk, sini kita diskusi. Siapa tahu kan, ide teman-teman bisa menginspirasi para ibu rumah tangga yang lainnya. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa!


33 komentar:

  1. idenya inovatif juga apalagi yang terakhir ini bisa jadi bisnis yang menjanjikan dengan modal yang tidak terlalu mencekik dan juga santai pekerjaannya

    BalasHapus
  2. Sejak pandemi, si kecil cantik juga sempat heboh bisnis printing, teh Nia
    senang aja melihat dia meeting dengan "business partner" (dia menyebutnya begitu) dan ternyata ada ya printer HP yang secanggih ini, selama ini kami ke Snappy kalo mau ngeprint sticker dll

    BalasHapus
  3. banyak ya ternyata ide bisnis di masa pandemi yang bisa dilakukan di rumah asal digeluti dengan baik, btw printerku juga HP hehehe

    BalasHapus
  4. dengan printer Hp ini kita bisa usaha macam2 ya teh, mulai dari casing hape, merchandise Kpop, dll

    BalasHapus
  5. dari mesin printer yang mumpuni seperti HP ini bisa dapat banyak ide bisnis kecil yang bisa dilakukan dari rumah ya teh

    BalasHapus
  6. Buka warung dan franchise makanan dan minuman biasanya yang paling banyak diminati ibu2 rumah tangga. Karena memang sesuai dengan profesinya dalam urusan perut ya teh hehehe. Bikin banner, logo dll bisa pakai printer makanya dibutuhkan ya perangkat yang mendukungnya.

    BalasHapus
  7. Ishhh, ide2 bisnisnya ciamik bangeeett, Mak!
    Bisaaa nih jadi masukan buat para ibu rumtang.
    ketimbang ngegalau status geje di FB, mendingan bisnis tho yaa
    makasiii inputnya Mak.

    BalasHapus
  8. Wah, keren iden bisnisnya, bisa dikerjakan di rumah dengan modal yang tak terlalu besar. Apalagi bisnis printing, pasti memudahkan banyak orang. Pasalnya Printer HP dengan kualitas mumpuni tentu akan melancarkan bisnis ini

    BalasHapus
  9. Hemm bener banget Mbak, memang di musim pandemi begini harus pinter otak ya supaya tetap terjaga dompetnya. Salah satunya dengan membuka usaha modal kecil, setuju banget kalau bisnis franchise makanan minuman, bahkan paper printing jadi pilihan ya mengingat ga sampai sejuta kita bisa berkreasi dgn fitur menariknya

    BalasHapus
  10. Kalo mau ngulik, ternyata banyak ya teh Nia?
    Apalagi ditunjang teknologi yang semakin maju
    Seperti printer HP yang segala bisa, malah bisa dioperasikan via aplikasi smart phone

    BalasHapus
  11. Pandemi memang efeknya luar biasa yang Mbak Nia. Banyak teman² yang dirumahkan harus memutar otak supaya tetap bisa bertahan hidup. Pilihan bisnis makanan yang paling banyak jadi alternatif. Itupun katanya gak semerta-merta menghasilkan. Butuh waktu juga supaya benar² berjalan dengan baik dan bisa menghasilkan.

    BalasHapus
  12. Untuk para pelajar yang harus SFH ternyata tugasnya juga macem-macem, bahkan guru yang ngasih tugas berasa gak SFH. Jadi kalo dengen cerita ibu-ibu, akunya agak bingung juga, SFH kok ya disuruh bikin crafty yang nyari bahannya harus ke tempat-temppat yang rawan kerumunan (pasar). Bisa lo ini kalo dibisnisin juga jadi kalo ada yang perlu bahan untuk bikin crafty gak harus jauh-jauh ninggalin rumah. Printer yang jempolan tentunya bisa bantu bisnis kita untuk cetak kemasan produk atau laporan-laporan keuangan dalam bisnis kita.

    BalasHapus
  13. Yang paling banyak sepertinya bisnis toko online ya, bisa stok barang juga bisa tidak. Mudah, berbekal kuota internet dan ketekunan. Tapi bisnis printing juga boleh nih. Udah all in one printer HP Deskjet, praktis!!

    BalasHapus
  14. Semua ide bisnis itu pas banget. Tapi jd reseler jg salah satu solusi, nyaris gak pake modal . inspiratif banget ini

    BalasHapus
  15. No 3 sama no terakhir gak kepikiran loh aku. Yg poin terakhir cocok banget nih buat buibu yg punya kreativitas tinggi

    BalasHapus
  16. Aku di rumah juga menggunakan printer dari HP, bahkan ada 2 dengan seri yang berbeda. Saking emang sudah sukanya dengan brand tersebut dan membuat hasil cetak lebih bagus.

    BalasHapus
  17. Informasinya bermanfaat banget mbak. Semoga bisa jadi inspirasi buat ibu2 yg lg mau cari bisnis dari rumah 😊

    BalasHapus
  18. bisnis jasa cetak pakai printer ini bisa banget ya Teh. Anak sekolah kan PJJ kadang ada tugas nge-print sementara tetangga enggak punya printer. Kalau dulu ada warnet buat nge-print, sekarang ada gak sih warnet? heheh ...

    BalasHapus
  19. kayaknya saya pengen buat yang nomor 8 mba Nia, pengen buat bisnis paper printing dan bisa buat pakaian juga tuh mba Nia

    BalasHapus
  20. banyak sebenarnya yang bisa kita coba dan lakukan ya mba.. semoga kita semua bisa menjalani masa pandemi ini dengan baik

    BalasHapus
  21. Gak nyangka banget kalau printer HP DeskJet Ink Advantage 2336 All-in-One ini harganya sangat terjangkau.
    Untuk memulai usaha, penting banget mencetak sebagai identitas yaa..teh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide bisnis ini memang perlu modal banget di awal. Dengan investasi hal yang tepat, bisa menjadi lebih produktif dan semakin laris dalam berjualan.

      Hapus
  22. toko online paling banyak yang dijalanin sama beberapa temen aku nih teh semenjak pandemic, ada yang jualan hijab, makanan, bahkan ke strap mask juga hihihi, semoga lancar apapun usahanyaa

    BalasHapus
  23. Ide nomer 6, saya pengen banget punya bisnis toko online. Sudah bikin akun, tapi masih galau mau diisi (produk) apa. MAsih perlu belajar juga utk upload katalog produk dan bagaimana memberi deskripsi produk, harga dll

    BalasHapus
  24. Akujuga pakai HP Printernya yang wireless printer, mending sekalian buat usaha aja ya. Jadi leih mudah pakai pronter seperti ini hemat pula

    BalasHapus
  25. Nah paper printing ini sekarang banyak yang butuh. Terutama ibu-ibu yang mendampingi anaknya pjj hahaha. Aku pengen beli ini. Harganya terjangkau banget ya

    BalasHapus
  26. bener aku ngerasa banget saat ini nggak ada alasan lagi buat menjadi ibu rumah tangga yang tanpa penghasilan kan emang penting banget sih punya penghasilan sendiri itu

    BalasHapus
  27. Bisnis toko online sedang aku jalani, memang tidak mudah juga karena perlunya membangun kepercayaan, tapi selalu ada jalan bagi kita yg mau berusaha

    BalasHapus
  28. Ide ide bisnis yang sangat menarik banget nih, aku udah nyobain beberapa idenya. Cuma masih mentok, belum berkembang.

    BalasHapus
  29. Wow idenya emnag mantaps sih!!! :)

    BalasHapus
  30. ide2 nya bagus jg mom, btw printing jg bisa lho uk buat home decor ala2 jaman now, di print trus di kasi triplek atau pigura, dijual bs laku tuh

    BalasHapus
  31. dari 7 pilihan, dan saya bukan Ibu Ibu, saya pilih no 4, Bisnis franchise makanan dan minuman. apalagi saya punya hobby masak. Terima kasih idenya Bu

    BalasHapus
  32. dari dulu pengen buka toko online, semoga bisa kesampaian juga
    masalahnya ga ada action, gimana mau berkembang kalau begini kan ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)