28.11.18

Ingin Loading Blog Sangat Cepat? Ini Caranya!


Ingin loading blog sangat cepat? Ini Caranya! - Memiliki loading blog sangat cepat adalah keinginan banyak orang yang memiliki blog atau website. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk membuat loading blog sangat cepat. Mulai dari memakai plugin, script, sampai template yang pas. Meski begitu harus selalu berhati-hati dalam mempercepat blog. Karena jika salah langkah malah bisa membuat blog atau website-mu lambat.

Kenapa Loading Blog Sangat Cepat Dibutuhkan?
Pertanyaan ini menjadi penting bagi sebagian orang yang baru memulai website. Kenapa loading blog harus cepat, bahkan kalau bisa sangat cepat? Alasan utamanya adalah untuk membuat SEO dalam website-mu membaik. Dengan SEO yang baik, maka peringkat website-mu di mesin pencari akan otomatis naik. Sekarang bayangkan saja, jika seorang pengunjung masuk ke website-mu, kemudian loadingnya lama, apa yang akan mereka lakukan? Mereka akan langsung ke luar dari blog atau website tersebut. Hal itu membuat bounce rate menjadi tinggi. Dengan bounce rate yang tinggi, SEO website-mu akan memburuk dan membuat peringkat website atau blogmu semakin buruk.

Selain itu, alasan berikutnya adalah karena kenyamanan pengunjung. Setiap pengunjung website-mu paling tidak butuh waktu 2 detik untuk menunggu web-mu bisa dilihat. Jika lebih dari 2 detik, maka kemungkinan besar pengunjung website-mu itu akan langsung keluar dari website dan akan merugikanmu. Seperti yang sudah disebutkan di atas, bouncing akan meningkat dan ini buruk untuk website. Jika itu terjadi, maka traffic website-mu otomatis akan turun.


Cara Mengecek Cepat Tidaknya Loading Blogmu
Lalu sekarang bagaimana caranya tahu kalau loading blog kita lambat? Bahaya jika kita tidak tahu kalau blog kita loading-nya lambat. Untuk itulah ada beberapa tools yang terdapat di internet dan bisa kita pakai untuk mengecek kecepatan loading blog atau websitemu. Ada beberapa tools gratis dan berbayar. Untuk yang gratis, kamu bisa menggunakan Gtmetrix, PageSpeed Insights, YSlow, Which Loads Faster, Speed Test Tool by Pingdom, dan lain sebagainya.

Kamu tinggal masuk ke salah satu situs tersebut dan memasukkan alamat website atau blogmu. Nantinya mereka akan secara otomatis mengecek tingkat kecepatan websitemu. Beberapa dari tools tersebut malah juga sekaligus memberikan keterangan bagian mana yang memperlambat kecepatan website yang kamu miliki. Dari sana kamu bisa menentukan apa yang harus kamu lakukan untuk membuat loading website-mu cepat. Beberapa juga sekaligus menawarkan cara untuk mempercepat blog atau website-mu.


Terus, Bagaimana Bikin Loading Blog Sangat Cepat?
Dari tadi kita sudah bicara soal alasan kenapa loading blog sangat cepat itu dibutuhkan. Setelah itu kita bicara cara mengecek kecepatan loading blog tersebut, ada 1 hal yang belum terbahas, yakni cara mempercepat loading blog.

Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat loading blog sangat cepat. Tiap CMS pun berbeda-beda. Misalnya untuk WordPress dan Blogspot gratisan. Mereka memiliki cara sendiri untuk mempercepat loading blog. Kali ini kita akan membahas bagaimana WordPress dan Blogspot gratisan dengan Self Hosting bisa membuat loading blog sangat cepat. 

Tenang, jika kamu masih menggunakan wordpress.com atau blogspot.com memang bisa dikatakan hampir tidak ada cara untuk mempercepat loading blog mu, tapi selalu ada jalan menuju Roma, bukan? Meskipun produk yang kamu pakai adalah produk gratis dan tidak ada akses untuk mengubah script atau bahkan memasang plugin, tetap ada cara membuat loading blog gratisanmu itu menjadi lebih cepat. Bagaimana caranya?


Untuk Kamu yang Memakai WordPress dan Blogspot Gratisan
1. Kurangi Pemakaian Gambar Pada Homepage
Seperti yang kamu tahu, homepage adalah halaman yang penting dalam website. Halaman ini akan selalu terbuka kali pertama seseorang mengakses website tersebut. Maka dari itu, kamu harus membuat homepage seatraktif mungkin. Tapi ingat, jangan menggunakan gambar terlalu banyak pada homepage. Gambar yang terlalu banyak bisa membuat homepagemu melambat dan hasilnya loading blogmu sangat lambat. Gunakanlah gambar secukupnya saja.

2. Perkecil Ukuran Gambar Sebelum Upload
Tidak terlalu banyak menggunakan gambar memang cukup membantu. Tapi untuk lebih memaksimalkan kecepatan loading websitemu, perkecil ukuran gambar sebelum mengunggahnya. Jika menggunakan self hosting kamu hanya perlu meng-install plugin seperti Smush atau sejenisnya. Tapi karena ini wordpress dan blogspot gratisan, maka kamu bisa melakukannya secara manual. Perkecil terlebih dahulu ukuran gambar yang ingin kamu upload. Setelah itu baru kamu upload agar tidak memberatkan loading blog yang kamu punya.

3. Kurangi Link Aktif di Footer
Biasanya, di halaman footer para pemilik blog itu memasang beberapa link aktif. Link-link tersebut biasanya melakukan refresh pada periode waktu tertentu. Nah, refresh itu dan keberadaan link tersebut memperlambat kecepatan loading blog. Untuk membuat loading blog sangat cepat, kurangi penggunaan link di bagian footer. Atau jika memungkinkan, tak perlu memakain link aktif sama sekali di bagian footer.

4. Hapus Widget
Widget memang membantu membuat website-mu terlihat lebih baik dan menarik. Tapi ketika kamu memasang widget, usahakan untuk memasang yang berguna saja. Jika ada widget yang dirasa tidak berguna, segera copot pemasangannya. Widget juga sangat berpengaruh pada kecepatan loading blog milikmu. Terlalu banyak widget akan membuat loading blog sangat lamban. Menghapus beberapa widget akan membuat blogmu lebih ringan.

Untuk yang Menggunakan Self Hosting
1. Rutin Bersihkan Cache
Cache adalah bagian dari web dimana datanya tersimpan di dalam RAM. Nah, ketika data di RAM sudah terlalu banyak, maka kapasitas RAM akan semakin sempit. Hal itu bisa berpengaruh pada kecepatan RAM memproses loading blog atau websitemu. Bersihkan cache pada RAM hosting yang kamu punya agar tidak kelebihan beban dan memperlambat website-mu. Untuk melakukan hal tersebut, kamu bisa memasang plugin. Salah satu yang bisa kamu pakai adalah W3 Total Cache yang gratis. Tapi ada juga versi berbayar dengan fitur yang lebih baik.


2. Pakai Virtual Memory Usage yang Besar
Ketika kamu memilih layanan hosting, pastikan kamu juga memilih layanan yang menyediakan memori besar. Tujuannya agar nanti bisa memproses script pada website-mu. Dengan begitu kecepatan loading blog atau websitemu pasti akan meningkat drastis.

3. Pakai Hosting yang Berkualitas
Kamu juga perlu memilih hosting yang berkualitas. Seperti misalnya IDWebhost yang menawarkan hosting berkualitas. Atau kamu juga bisa memilih memakai VPS atau Virtual Private Server. Biasanya VPS ini memiliki Virtual Memory Usage yang tidak bergantung dengan user lain di server yang sama.

4. Minify CSS
Minify CSS atau perkecil script CSS ini biasanya muncul di salah satu opsi ketika kamu menggunakan PageSpeed Insight. Melakukan ini secara manual memang agak merepotkan. Tapi ada beberapa tools yang bisa kamu pakai untuk me-minify CSS. Salah satunya adalah CSS Compressor.

5. Memakai Content Delivery Network
Content Delivery Network atau CDN adalah teknologi baru yang berbentuk mirroring konten website. Ketika kam menggunakan CDN, maka konten di website-mu seperti misalnya CSS, Gambar, Video, atau Script akan di-mirror ke server cadangan yang ada di banyak negara. Ada banyak CDN yang bisa kamu pakai. Seperti misalnya MaxCDN, Stackpath, dan CloudFlare. CDN yang paling sering dipakai di Indonesia adalah CloudFlare. CDN tersebut gratis, jadi kamu bisa mencoba CDN lain yang pas dengan kebutuhanmu.

Itu tadi beberapa cara membuat loading blog sangat cepat. Pergunakan cara yang menurutmu sesuai kebutuhan. Pertanyakan juga seberapa cepat loading blog yang kamu mau. Semoga bermanfaat!

37 komentar:

  1. Ini dia, informasi yang dibutuhkan untuk para blogger. Thanks sharingannya ya..paling rajin sih bersihkan cache, lumayan membantu hehe..

    BalasHapus
  2. Wah makasih teh Nia, kebetulan beberapa waktu akhir ini blog aku agak lemot nih huhuhuhuh. Mau ngulik ini ah biar loadingnya cepet

    BalasHapus
  3. Wah mantaps nih informasinya...Mudah2an saja website saya loadingnya cepat juga takut bikin bete yg dateng kalau lola hehe

    BalasHapus
  4. Infkrmasi penting dan baru nih buatku. Nuhun teh ilmunya

    BalasHapus
  5. waaah.. nuhun teh, langsung nyobain aahhh

    BalasHapus
  6. Resolusi gambar mempengaruhi juga ya, kadang aku suka deh kalau bw loading blognya cepat. Nyaman blogwalkingnya :)

    BalasHapus
  7. wah bermanfaat banget ni teh tips nya... betul sekali makin rame tampilan makin lolaaa, aplg kalo udah ada serbuan iklan2 hehe.. ada bbrp poin yg nanti bakal kucoba biar loading blog ku makin cepet hehe

    BalasHapus
  8. Pengen banget deh blog-ku loadingnya cepet. Eh iya aku mau banyak link di bagian footer, kudu di edit nih

    BalasHapus
  9. Informasinya bermanfaat sekali. Khususnya buat Lae yang pemula Dan belum TLD 😫🤣

    BalasHapus
  10. bermanfaat sekali infonya teh , makasih .
    nanti dikit - dikit aku coba praktekan hihi

    BalasHapus
  11. Wah iya ku jarang banget ini bersih2 broken link dll di blog ku pantes aja kadang agak lemot 🤦🏻‍♀️ Mbak makasih banget tipsnya ya aku langsung mw bersih2 blog ini biar cepat

    BalasHapus
  12. Makasih mba info nya saya baru paham sekarang.

    BalasHapus
  13. Ilmu baru didunia perbloggingan nih. Baru sadar kalau “iyayah” Cepat lambatnya loading blog bisa berpengaruh unt kenyamanan pengunjung. Makasih infonya teeh

    BalasHapus
  14. Tth nuhun infonya. Aku jadi tau cara ngeceknya hahhaha

    BalasHapus
  15. Waktu memilih template aku juga cek dulu kecepatan loading blog, alhamdulillah itu sangat berpengaruh sekali hihi, dan setelah baca ini nambah ilmu baru lagi tips lainnya makasih yaa teh

    BalasHapus
  16. makasih infonya yang dibutuhkan

    BalasHapus
  17. Panteasan blognya teh Nia cpt nih sdh tau rahasianya ya..hehe...

    BalasHapus
  18. Bersihkan cache memang perlu biar nggak gampang lemot. Soalnya kalau dibersihkan udah numpuk aja gitu bahkan bisa MB sizenya

    BalasHapus
  19. Waah thanks for sharing Teh

    BalasHapus
  20. Great! info penting sangat nih buat teman teman blogger. Bounce rate itu kisarannya berapa ya kak yang baik?

    BalasHapus
  21. Saya sering lho menemukan blog yg berat pas loading.. Memang sih kita jadi gak betah dan males aja kalo mau BW lg..

    BalasHapus
  22. Aku suka tersesat teh di baguan-bagian itunya. Haha kalau udah nyetting2 guni bawaannya pusing mungkin karena blm faham juga sih

    BalasHapus
  23. Banyak istilah yang belum faham. Baca ulang lagi deh. Maklum belajar Ngeblog cuma modal ngebet menulis saja, hehehe

    BalasHapus
  24. wih makasih banyaj infonya teteh

    BalasHapus
  25. bagus nih, informasinya, aku simpan yah, mantap buat blogger

    BalasHapus
  26. Saya ga pakai hosting mba, jadi selalu pakai tampilan sederhana template kalau buka di ponsel biar ngebut hehe

    BalasHapus
  27. Aku pernah bermasalah sama gambar yanv kegedean. Pake smush itu nanti gambarnya convert sendiri ya teh? Masih belajar nih pake self hosting. Perlu banget pengetahuan dasar kayak gini..

    BalasHapus
  28. Asyik dapat informasi super komplit dan bermanfaat bagi blogger
    Aku tandai yaa tulisannya. Keren Mba. Makasih 👍😊

    BalasHapus
  29. Beberapa point, informasi yang baru aku denger, jadi harus dibaca nggak cukup sekali niy buat menerapkannya. TFS Mba Nia

    BalasHapus
  30. Jadi itu penyebabnya ya, pantesan lambret banget. Ya sudah mulai sekarang rajin bersih2 chache deh. Makasih infonya mbak Nia...

    BalasHapus
  31. Noted ah infonya. Aku mana tahu info2 kayak gini mbak. Mulai belajar lagi deh biar nggak gaptek.

    BalasHapus
  32. Nuhuun yaa Teteh informatif . . . bacanya harus series dan fokus bulak - balik

    BalasHapus
  33. Aah aku jarang bersihin cache nih teh, jadi kepikiran gara2 kemarin buka blognya siapa gitu meni lila pisan gara2nya si blog penuh dengan infografis. Ku tak mau jiga kitu 😂

    BalasHapus
  34. Makasih banyak teh sharing nya, jd ingin migrasi jadi self hosting nih hehe

    BalasHapus
  35. Jujur saya kadang suka gemes sih sama blog yg loadingnya slow banget.
    Noted dulu infonya,kelak bisa dibaca2 lg

    BalasHapus
  36. Mantap teh infonya hebat bisa tahu sedetail itu hehe

    BalasHapus
  37. Teh makasih banget nih ilmunya, aku jadi mau mulai bebenah nih

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)