1.11.18

Mengenal Rangkaian Power Bank


Pada rangkaian power bank terdapat komponen-komponen khusus untuk menyimpan arus listrik, dimana fungsinya untuk men-charge ponsel atau jenis gadget lain ketika tidak ada colokan listrik atau pada saat terjadi pemadaman aliran listrik. Dengan sendirinya power bank acapkali digunakan dalam kondisi darurat sebagai cadangan arus listrik di perjalanan atau tempat-tempat yang jauh dari jangkauan listrik.

Apa yang Terdapat Pada Rangkaian Power Bank?
Dalam rangkaian power bank biasanya memiliki tahanan 0,5 ampere, 2 ampere atau di atasnya. Seperti halnya gadget yang menggunakan baterai, power bank juga perlu di-charge jika arus listrik didalamnya habis. Charge daya membutuhkan waktu berbeda-beda, tergantung dari kapasitasnya (mAh).

Saat ini banyak sekali jenis dan merek power bank yang dipasarkan. Harganya juga bervariasi, ada yang hanya puluhan ribu, ratusan ribu, bahkan hingga satu jutaan lebih. Harga power bank sendiri sangat dipengaruhi oleh kapasitas dan merek-nya.

Harga power bank yang bagus biasanya cukup mahal sedangkan untuk merek abal-abal harganya relatif murah. Power bank yang dijual murah umumnya memiliki kapasitas yang tidak sesuai dengan output-nya. Misalnya power bank dengan kapasitas 20000 mAh padahal kapasitas real-nya hanya 5000 mAh. 

Power bank sendiri merupakan sumber arus listrik berisi baterai dengan daya yang cukup besar. Untuk jenis power bank terbaik dengan kapasitas real yang dijual dipasaran biasanya berkapasitas 2500 mAh – 10000 mAh.

Tegangan baterai power bank ini sebesar 7.4 Volt yang kemudian diturunkan dengan regulator IC 7805. Besaran tegangan ini ditentukan supaya lebih compatible dengan perangkat ponsel yang biasanya memiliki tegangan 3.7 Volt.

Karena tegangan ponsel adalah 3,7 Volt, tegangan untuk baterai power bank harus lebih dari itu. Untuk itu kemudian digunakan tegangan 5 Volt. Dalam hal ini arus hanya berperan sebagai penyuplai daya yang akan ditransfer. Pengisian daya akan semakin lama jika arus yang tersedia cukup besar. Kendati demikian secara umum rata-rata yang digunakan untuk pengisian cepat yaitu 1000 mAh (1 ampere).

Sejatinya ada dua jenis tegangan dalam rangkaian power bank yaitu 3.7 Volt dan 7.4 Volt. Bila menggunakan tegangan 3.7 Volt maka power bank tersebut perlu menggunakan DC-DC inverter supaya bisa menjadi 5 Volt.  Untuk yang menggunakan 7.4 Volt hanya menggunakan regulator IC 7805 untuk mendapatkan tegangan sebesar 5 Volt. Jadi dengan sendirinya penggunaan tegangan 7,4 Volt pada power bank dinilai lebih simple.

Teliti dan Hati-hati Membeli Power Bank
Booming power bank dimulai tahun 2012 seiring perkembangan Smartphone Blackberry. Perlu diketahui kemunculan power bank sendiri awalnya dikhususkan bagi pengguna Blackberry. Dari waktu ke waktu jenis dan kapasitas power bank makin variatif.

Hadirnya perangkat portable ini memang sangat membantu bagi mereka yang sedang dalam perjalanan jauh dan sulit mendapat pasokan listrik untuk sekedar mengisi daya Smartphone. Spesifikasi high power dengan kapasitas cukup besar sangat gesit untuk memasok daya Smartphone yang sekarat.

Bahkan kini banyak jenis power bank yang memiliki beberapa colokan USB. Ini berarti power bank tersebut bisa digunakan untuk men-charge lebih dari 1 ponsel dalam waktu bersamaan. Mudah dan sangat praktis.

Namun begitu sebaiknya teliti dan hati-hati ketika membeli power bank. Hindari membeli PB palsu/abal-abal yang biasanya sangat murah. Rangkaian power bank palsu biasanya tidak compatible dengan spesifikasi ponsel. Selain membuat perangkat ponsel cepat panas, power bank palsu juga akan mempersingkat umur baterai sebab arus listrik dari output power bank ke baterai ponsel tidak stabil.

17 komentar:

  1. Aku pernah beli power bank kapasitasnya tertulis gede banget tapi ternyata cepat habis. Itu termasuk powerbank palsu atau abal-abal nggak ya mbak?

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah....power bankku sepertinya asli dapat hadiah dari salah satu band ternama...wehehehe...
    Btw, ngomongin power bank emang kudu hati2 kalau mau beli. Temanku salah beli power bank, eh baterai hapenya meledak... semoga nggak kejadian dgn power bank ku deh...

    BalasHapus
  3. Wah, kalau soal powerbank aku memang gak main-main mbak. Banyak mah kalau mau yang murah meriah dengan harga 45 ribuan juga ada. Tapi kurang percaya aku sama powerbank murahan. Ntar bukannya hape terisi baterai malah hape jadi rusak. Rugi lah jadinya. Mending yang mahal sekalian tapi gak abal-abal.

    BalasHapus
  4. Jaman sekarang selain ponsel, sesuatu yang bisa mati gaya juga saat kita ketinggalan power bank atau ketiadaan tempat charger ya

    Selektif memilih power bank bener banget. Salah2 malah bisa merusak ponsel kita.

    BalasHapus
  5. Hape ku yg ini jarang pke powerbank sekarang...klo kepepet aja mungkin baru sekali..klo dulu aku pke trs punya powerbank di rmh sampe 4 tp 3 nya hadiah dr acara deng hehe

    BalasHapus
  6. Powerbank abal-abal memang nggak bagus buat ponsel. Yah mahal dikit nggak apalah,ada kualitas kan ada harga

    BalasHapus
  7. Saya pengalaman beli powerbank 10000mah tapi 1bulan matot hiks. Akhirnya nemu yg awet.. Dari jaman kuliah smp sekarang masih bisa dipakai walaupun ga fast charging sih hehe

    BalasHapus
  8. Power bank dibutuhkan banget kalau lagi bepergian, walaupun sekarang setiap hari di rumah, tapi kadang ada juga mesti keluar rumah seharian dan butuh power bank, dengan kenal rangkaian power bank jadi tahu spek dan kualitasnya ya

    BalasHapus
  9. PBku kalau gak asus ya bonus dari hape yang aku beli.
    Tapi emang katanya bagaimanpun itu kan sumbe tenaga ya jd emang diperlakukan jg dengan hati2.
    Jaman skrng kalau gk bawa PB bingung xixixi

    BalasHapus
  10. Power hasil liputan nih dari brand yang nggak diragukan hahaha jadi alat wajib di bawa kemanapun dan cukup sampai sore nih.

    BalasHapus
  11. Power bank memang penting ya teh kalau pas kita butuh saat bateri kita habis. Jadi penolong banget pokoknya. Tapi memang harus nyari yang bagus biar gak ngerusak ke hape kita ya :)

    BalasHapus
  12. Benar banget teh, booming power bank sekitar 6 tahun lalu karena adanya Blackberry. Aku masih ingar betul. 😀

    BalasHapus
  13. Thanks banget teh, selama ini saya kalau nyari PB nih cuman liat merk aaja haha kalau merk oke pasti bagus gitu mikirnya

    BalasHapus
  14. Hihi. Baru tau aku tentang detail power bank. Biasanya pake aja, belum nyari fakta2nya tentang power bank. 🤭 Makasih mba infonya

    BalasHapus
  15. Jadi Inget power bank kebanggan aku, krna mAh ny ckup gede. Tapi tiba2 dia kembung, Lalu meledak, sedih bgt.
    Hrus cerdas memilih power bank nih, jgn smpai hp ny malah rusak.

    BalasHapus
  16. Bicara soal power bank ini penting bangat. Saya sendiri wajib bawa nih klo keluar rumah. Punya beberapa power bank tpi gk tau mana sih yg terbagus. Setelah baca postingan ini jadi tercerahkan. Makasih ya

    BalasHapus
  17. Pernah beli power bank, kapasitasnya katanya gede, eh nyatanya? Udah gt, sebulan doang pakainya krn rusak

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)