7.11.18

Cara Membuat Tahu Gejrot Cirebon yang Pedasnya Bikin Ketagihan


Tahu gejrot merupakan salah satu menu yang melengkapi khazanah perkulineran nusantara. Kuliner yang berasal dari Cirebon ini sebenarnya dibuat dengan resep yang cukup sederhana, namun rasa yang dihasilkan juara.

Tahu gejrot dapat dengan mudah kita jumpai saat berada di daerah Cirebon, karena kuliner yang satu ini banyak dijual sebagai jajanan kaki lima. Dengan menawarkan rasa manis, asam, dan pedas, siapa pun yang mencoba tahu gejrot dijamin akan ketagihan.

Tahu gejrot Cirebon dibuat dari tahu yang memiliki rasa tawar, dengan warna kulit yang pucat. Tahu yang digunakan memiliki rongga di bagian tengahnya jika telah digoreng, sehingga sangat cocok digunakan untuk membuat tahu gejrot. Sebab bumbu tahu gejrot akan mudah menyerap ke dalam rongga-rongga tahu ini.

Tahu gejrot Cirebon dibuat dengan cara menyiramkan kuah pedas untuk memberikan rasa pada tahu goreng. Untuk lebih jelasnya, dapat disimak cara membuat tahu gejrot berikut ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan 
  • 20 potong tahu (sebaiknya menggunakan tahu sumedang asli agar rasanya lebih pas)
  • Air perasan asam jawa sebanyak 4 sendok makan
  • Kecap manis sesuai selera
  • Sekitar 300 gram gula jawa asli berukuran sedang, kikir halus
  • 150 ml air matang
  • Minyak untuk menggoreng (sebaiknya tidak menggunakan minyak bekas agar rasa tahunya tidak terkontaminasi oleh bahan lainnya)

Bahan untuk bumbu tahu gejrot
  • Bawang merah sebanyak 4 siung
  • Bawang putih sebanyak 5 siung
  • Cabai merah besar sebanyak 4 buah atau sesuai selera
  • Cabai rawit merah sebanyak 6 buah atau sesuai selera

Haluskan semua bahan untuk bumbu tahu gejrot di atas dengan cara tradisional (menggunakan ulekan batu) atau pun dengan cara modern dengan menggunakan blender atau food processor.

Setelah itu, kita melangkah pada cara membuat tahu gejrot Cirebon sebagai berikut.
  • Siapkan wadah bersih berukuran besar, isi dengan air matang lalu beri sejumput garam dapur dan aduk hingga larut.
  • Setelah itu, masukkan tahu sumedang ke dalam larutan air garam tadi, kemudian rendamlah selama sekitar setengah jam. Tiriskan dan sisihkan
  • Panaskan sejumlah minyak untuk menggoreng di atas wajan penggorengan. Lalu goreng tahu sumedang tadi hingga berubah warna menjadi keemasan
  • Setelah tahu matang dan garing, angkat lalu tiriskan minyaknya.

Selanjutnya adalah membuat bumbu tahu gejrot yaitu dengan cara berikut.
  • Siapkan panci lalu masukkan 150 ml air matang ke dalamnya, tambahkan air perasan asam jawa dan gula jawa yang sudah dikikir. Lalu masaklah dengan api kecil sambil diaduk-aduk agar gula tercampur rata dan tidak hangus.
  • Masak sampai mendidih lalu matikan api dan sisihkan dalam suhu ruang hingga larutan gula mendingin.
  • Siapkan bumbu yang dihaluskan tadi. Pastikan telah halus dan tercampur dengan baik
  • Ambil satu per satu tahu sumedang yang telah digoreng lalu potong-potong sesuai ukuran yang diinginkan. Olesi dengan bumbu halus tadi lalu siram dengan saus yang dibuat dari larutan gula jawa yang sudah dingin.
  • Tahu gejrot pun siap dinikmati sebagai cemilan bersama keluarga tercinta.

Ada cukup banyak variasi resep tahu gejrot lainnya dengan menggunakan bumbu dan saus gula merah dengan bahan dan cara membuat yang berbeda-beda. Kita dapat mencoba dengan bereskperimen menggunakan resep-resep tersebut hingga menemukan resep yang paling disukai. Selamat memasak!

17 komentar:

  1. Salah satu jajanan favoritku, sayang di sini jarang yang jual. Makasih udah share resepnya Mba, mau coba ah weekend ntar. Duh ga sabarrrr :D

    BalasHapus
  2. Catet ah resepnya teh, suka banget sama tahu gejrot, mantabs

    BalasHapus
  3. Duh, hujan2 begini liat postingan tahu gejrot jd pengen

    BalasHapus
  4. Duh jam segini baca resep tahu gejrot jadi pengen. Dulu jaman ngekos sering beli, sekarang pindah ke kontrakan susah dicari.

    Baru tau kalau asal makanan ini dari Cirebon.

    BalasHapus
  5. Siang gini diluar hujan, abis baca ini langsung tunjukin ke chef pribadi alias istri tercintah, minta dibikinin ginian.
    Thanks resepnya Mbak.

    BalasHapus
  6. Tahu sumedang memang bisa dibuat aneka kuliner. Tidak hanya tahu gejrot, teh... Tapi juga bisa dibuat bakwan, siomay, atau baso tahu. Malah dimakan gitu aja juga enak ya. Hahaha

    BalasHapus
  7. Hahahahaha postingan gambarnya bikin mupeng. Suka aku camilan gini gini sederhana tapi jadi khas cirebon

    BalasHapus
  8. wah akrena aku tinggal di cirebon suka sekali, kalu di crb tahu yang dibuat memang katanya tahu yg gagal dibuat makanya kopong di tengahnya beda dg tahu sumedang

    BalasHapus
  9. Ini penganan sederhana tapi rasanya ngangenin apalagi kalo cara buatnya ala pedas begini

    BalasHapus
  10. Makasih resepnya Mbak... Langsung eksekusi hari ini juga ahh...

    BalasHapus
  11. Teh, aku nggak tega lihat rawitnya 🙈. Itu pasti peudeesss pakai banget deh.. Daku mau dong Teh 😁

    BalasHapus
  12. Tapu teh pernah buat hiks tetap beda kata anak saya enakan yg di Cirebon asli.. padahal dah nanya sama pedagangnya bumbunya percis bnget sama teh nia.. beda tangan kali ya

    BalasHapus
  13. Wah baru tahu nih resepnya taunya tinggal makan aja selama ini. Tahu gejrot itu makanan enak banget kalau menurut saya hehe...

    BalasHapus
  14. Tahu gejrot pujaan hati. Kalau lagi siang dan pengen yang seger seger suka jajan ini apalagi ditempatku biasanya ada tambahan risol mie yang enak juga kalo krna saus tahu gejrot

    BalasHapus
  15. Teh, ini ko asik banget sih, baru buka blognya dah bikin ngiler gini, kebetulan banget suami aku minta aku bikin tahu getjot, katanya kemarin pas makan siang, liat mamang-mamang gerobak pikul dipinggir jalan, mau beli malu katanya.. jadi aku deh yang diminta bikin, kuy besok langsung praktek, simpel banget yak bikinnya!

    BalasHapus
  16. Tahu gejrot memang sip, meski aku nggak terlalu suka pedas. Salah satu makanan khas daerah yang memang top

    BalasHapus
  17. Ini kesukaan aku banget mba.. Mau praktek ahh dirumah.. Udah kebayang pedas asam manisnya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)