28.7.18

Mencicipi Makanan Korea Pertama di Fat Oppa


Iya bener, seperti itulah judul curhatan saya kali ini. Sebab seumur-umur, sebelum hari Jumat 20 Juli 2018 kemaren, saya belum pernah nyicipin makanan Korea. Jangankan nyicip, ngelihatnya aja baru cuma di drakor-drakor yang saya tonton. Ssssttt… jangan bilang siapa-siapa, ya. Hehehehe… saat lihat makanan Korea di drakor-drakor yang saya tonton, jujur saya gak mupeng. Soalnya, makanan-makanan Korea yang saya lihat di tv, kayaknya kok gak berbumbu, ya? Maklumlah, sebagai orang Indonesia, saya terbiasa makan makanan lekoh yang banyak bumbunya. Kan biar bisa pake nasi yang banyak. Jadinya ya, pas lihat Song Hye Kyo makan, saya gak ngiler. Dan ngilernya malah sama wajahnya yang kinclong itu. Hihihihi....

Semua berbeda saat saya lihat postingan kawan-kawan Blogger Bandung di Instagramnya. Iya, makanan-makanan Korea dari resto Korea di Bandung yang namanya Fat Oppa. Duh, kok menggoda, ya? Kok saya pengen, ya? Begitu pikir saya. Jadinya, saya bertekad kalo nanti, suatu saat saya turun gunung ke kota, saya bakal nyempetin makan di tempat itu. Penasaran bingit, euy!

Suasana di Fat Oppa: nyaman dan adem

Alhamdulillah ngidam eh kepengenan saya terkabul di Jumat 20 Juli 2018 lalu. Saya diajak temen-temen Blogger Bandung untuk nyicip menu baru Fat Oppa. Teman-teman bisa nebak gimana kesan pertama saya sama makanan Korea? Khususnya makanan Korea di Fat Oppa? Ya bener, LUAR BIASA! MAKANAN KOREA TERNYATA ENAK-ENAK. Saya yang awalnya ngira kalo lidah sunda saya bakal ngerasa asing, ternyata enggak. Asyik-asyik aja tuh di lidah saya. Malah sebaliknya. Huhuhu, cuma ngebayanginnya aja, kayak sekarang mau nulis tentang makanan-makanan yang saya cicip, saya jadi ngiler lagi.

Ini yang Saya Makan!
Fat Oppa menyajikan banyak sekali macam makanan. Ada aneka sup, nasi, aneka daging barbeque khas Korea, fried chicken, japchae, myeon, aneka dessert, dan aneka minuman. Harganya pun bervariasi. Dari yang belasan ribu hingga puluhan ribu. Tapi secara keseluruhan, makanan di Fat Oppa terbilang murah. Kalo dibandingin sama resto Korea lain, apalagi resto Korea yang ada di mall-mall, saya yakin Fat Oppa adalah yang paling murah. 

Saya dan teman-teman Blogger Bandung hampir nyicip semua menu yang ada di Fat Oppa. Jujur, hampir semuanya saya suka. Ramah ternyata di lidah saya. Tapi tentu, dari sekian banyaknya menu, ada dong favorit saya. Mau tahu apa saja yang saya cicip di Fat Oppa? Ini dia!

1. Budae Jigae
Budae Jigae adalah menu sup Korea yang isinya campuran mie, sosis sapi, baso ikan, olahan seafood, kimchi, dan aneka sayuran. Walopun baru pertama kali nyoba, rasanya di lidah gak terasa asing. Enak, asem-asem pedas. Budae Jigae ini saya makan sama semangkuk nasi. Lumayan kenyang. Seporsi menu ini bisa dimakan banyakan. Soalnya ukurannya gede. Sama semangkuk nasi, kayak saya dan teman-teman blogger Bandung lain, dijamin kenyang. Harga seporsinya 45 ribu rupiah – 50 ribu rupiah.

Budae Jigae sebelum dimasak

Budae Jigae sesudah dimasak

2. Tteokbokki
Makanan yang ini kata saya enak. Untuk yang saya makan, isinya kue beras, olahan ikan, mie, dan sayuran. Rasanya manis, gurih, dan pedas. Kue berasnya kenyal-kenyal gitu. Unik pokoknya. Tapi seperti saya bilang tadi, ramah di lidah. Buktinya saya bisa langsung suka. Seporsi Tteokbokki lumayan banyak. Untuk 1 orang bisa bikin kenyang. Harganya 26 ribu saja.

Tteokbokki

3. Japchae
Makanan ini sekilas kayak tumis soun. Sebab memang salah satu bahan yang paling kentara adalah soun, alias rice noodles. Tapi di japchae ditambahin bahan-bahan lain. Ada sayuran, irisan telur dadar, dan irisan daging sapi. Rasanya enak. Manis dan gurih. Seporsi japchae lumayan banyak. Untuk 1 orang bisa bikin kenyang. Harganya cuma 32 ribu rupiah saja.

Japchae

4. BBQ Fried Chicken
Makanan yang ini enak juga. Isinya ayam goreng tepung tanpa tulang, dengan bumbu BBQ Korea homemade dengan tambahan saus mustard madu. Rasanya gurih, asem, manis, dan pedas. Menu ini bisa disajikan dengan topping lelehan keju mozarella. Seporsi menu ini lumayan banyak. Tapi untuk saya yang rakus, gak bikin kenyang. Tetep kudu ditambah nasi. Harganya cuma 25 ribu - 28 ribu rupiah saja.

BBQ Fried Chicken

5. Cheese Bul Dak
Yang satu ini pun enak. Isinya goreng daging ayam (tanpa tepung) yang tak bertulang, dengan bumbu Korea. Disajikan dengan topping lelehan keju mozzarella. Seporsi menu ini lumayan banyak. Tapi kayak menu sebelumnya, buat saya gak bikin kenyang. Kudu nambah menu lain biar jadi kenyang. Seporsinya, harganya cuma 29 ribu sajah.

Cheese Bul Dak

6. Korean BBQ
Ini nih salah satu favorit saya. Korean BBQ. Daging bakar Korea. Dagingnya ada 3 macem, yaitu Woo Samgyeop yang merupakan daging sapi Australia yang juicy; Dak Bulgogi yang merupakan daging ayam yang di-marinated; dan Bulgogi yang merupakan daging sapi yang di-marinated. Dengan langsung dibakar sendiri, ditambah bumbunya serta mozzarella, menu ini superduper enak. Harganya tergantung pada pilihan dagingnya. Woo Samgyeop harganya 28 ribu rupiah; Dak Bulgogi harganya 25 ribu rupiah; dan Bulgogi harganya 29 ribu rupiah. Saya sendiri paling suka daging Bulgogi.

Korean BBQ
Memasak Korean BBQ

7. Aneka Dessert
Dessert di Fat Oppa ada 2 jenis, yaitu dessert buah dan dessert es krim. Saya sendiri pesan es krim. Tapi dari nyicip sana sini, saya bisa bilang kalo dua jenis dessert ini enak-enak. Harganya mulai dari 15 ribu rupiah hingga 19 ribu rupiah saja.

Es krim

8. Aneka Minuman
Semua jenis minuman hampir ada di fat Oppa. Air mineral, air kopi, air teh, jus, coke, dan juga milkshake. Saya sih gak banyak suka minuman ini itu. Jadinya pas ke Fat Oppa, minumnya cuma jus jeruk saja. Haganya mulai dari 5 ribu – 28 ribu rupiah.

Aneka Minuman

Makanan di Fat Oppa 100% Halal
Selain karena makanan Korea yang pernah saya lihat di tv terlihat tidak banyak bumbu seperti makanan Indonesia, serta adanya keraguan gak akan cocok di lidah saya, hal lain yang dulu bikin saya gak tergoda makanan Korea adalah kehalalannya. Nah jadinya, saya gak berani nyoba. Tapi Fat Oppa lain. Makanan-makanan di resto ini semuanya halal. Di depan resto ini tertulis dengan jelas NO PORK, NO LARD. Begitu pula di buku menunya. Dan kalau teman-teman sudah masuk ke dalam restonya, kebanyakan waitressnya memakai jilbab. Dari sana jadi yakin deh kalo makanan-makanan di Fat Oppa memang 100% halal.

Yang Baru di Fat Oppa
Saat saya dan teman-teman Blogger Bandung ke Fat Oppa, ternyata ada yang baru di sana. Yaitu penawaran menu-menu baru dan juga fasilitas yang baru. Untuk menu, yang barunya, pertama adalah Fat Oppa BBQ Platter, yaitu jenis-jenis daging baru untuk menu BBQ. Ada 5 rasa daging yang ditambahkan. Di antaranya adalah Garlic Sesame, Smokey Honey, Lemon Herb, Soy Garlic, dan Honey Gochujang. Karena menu ini baru akan rilis awal Agustus, harga tepatnya belum ada. Tetapi ada di kisaran 50 ribuan rupiah.

BBQ Platter

Menu baru yang kedua adalah Nasi Goreng Bulgogi. Yaitu nasi goreng dengan bumbu khas bulgogi yang rasanya manis – gurih. Ada pun menu baru yang ketiga adalah Oden Original dan Oden Goreng. Semacam olahan ikan yang bentuknya tipis, berwarna putih, dengan rasa asin – gurih. Sama halnya dengan Oppa BBQ Platter, menu-menu baru ini juga baru akan rilis awal Agustus. Jadinya harga tepatnya belum ada, tetapi ada di kisaran 20 ribuan rupiah.

Nasi Goreng Bulgogi

Oden Goreng

Oden Original

Yang baru untuk fasilitas adalah hadirnya ruang privat. Ruang ini adanya di lantai 2 Resto Fat Oppa. Sebuah ruang kecil yang isinya maksimal sekitar 20 orang. Semua orang boleh menggunakan fasilitas ruangan itu asalkan makan di Fat Oppa minimal 50 ribu rupiah per orang. Sebagai contoh, 5 orang yang ingin makan di ruang privat, maka total uang yang dibayarkan minimal 250 ribu rupiah. Begitu seterusnya. Yang membedakan ruangan ini dengan tempat makan yang lain adalah full AC, bebas dari asap rokok, full music, lebih personal,  dan nyaman.

Salah satu sudut ruang makan privat

Duh, Pengen Lagi, Euy!
Ngebayangin makanan-makanan Fat Oppa untuk ditulis di tulisan ini sungguh bikin saya ngiler lagi. Iya, saya jadi kepengen lagi makan di sana. Abisnya makanannya enak-enak. Yang favorit di lidah saya adalah BBQ fried chicken, Bul Dak, sama Korean BBQ. Enaaaaak banget! Dan juga murah.

Teman-teman yang gak pernah makan makanan Korea kayak saya sebelumnya, coba deh dateng ke Fat Oppa. Saya yakin, teman-teman bakal menyukainya. Yang sudah suka pun harus coba juga makan di Fat Oppa. Teman-teman pasti suka. Teman-teman pasti bakal setuju dengan apa yang saya bilang.

Sebagai saran, saat makan di Fat Oppa, ajak semua teman-teman atau keluarga. Makan di sana lebih enak banyakan. Porsinya banyak-banyak. Jadinya nanti, masing-masing teman-teman pilih menu yang berbeda. Trus saling icip. Murah, semua jadi tahu rasanya dengan uang yang relatif sedikit. Pilih juga di ruang privat. Biar makin seru makannya.

Baiklah…
Oke deh teman-teman, segitu aja curhat saya soal Fat Oppa. Apa yang saya tulis, tentu jauh dari apa yang sebenernya. Enaknya makanan-makanan di Fat Oppa gak tergambar dengan baik. Jelas, aslinya jauh lebih enak. Kalo gak percaya, sok buruan langsung dateng ke Fat Oppa. Yakin deh, teman-teman bakal setuju dengan pendapat saya. Sampai jumpa di tulisan curhat saya yang lain. Semoga bermanfaat!

Mejeng bareng temen-temen Blogger Bandung perempuan yang makan di Fat Oppa

27 komentar:

  1. dari sekian banyak masakan korea itu aku baru nyicipin Tteokbokki, yg bikin mahasiswa bandung ... embuh sekarang masih ada ato gak karena pas nyicipin waktu dapet tugas liputan acara di bandung tahun 2015 wkwkwkwk

    BalasHapus
  2. Baiklah, setelah 2 kali merasa gagal pilih menu di dua resto korea, especially yang pake saus gochujang, kayaknya yang direkomendasiin teteh di sini perlu dicoba. Penasarannn. Mau ke sana. 😘

    BalasHapus
  3. Aku belum pernah nyobain makanan Korea hehe

    BalasHapus
  4. Enak ya, teh. Makanan Korea yang murah dan bikin kenyang 😍

    BalasHapus
  5. Saya juga pernah makan disini, kangen BBQ an ama Oppa deh ah😍

    BalasHapus
  6. Ohhh...saranghae, fat oppa.
    Jadi mendadak pingin makan makanan Korea...
    Hmmm~~

    BalasHapus
  7. Waaaah, ternyata di Fat Oppa banyak menu baru. Pengen banget nyobain oden-nya nih Teh, semacam cuanki versi Korea bhahahaha.

    Di Fat Oppa yang paling aku suka tuh japchae-nya Teh, kayaknya seporsi bisa aku abisin sendiri tuh *rada rakus*

    BalasHapus
  8. Suka lihat orang korea jajan tteokboki di drama, duh kabita, sigana enak, lada sigana nya, teh

    BalasHapus
  9. Asli ini mah. Tiap baca postingan tentang Fat Oppa makin penasaran pengin ke sanaaa

    BalasHapus
  10. Saya pikir Teteh makan sendiri semua menu itu. Ternyata rombongan toh...

    Saya tinggal di kampung. Menyiasati supaya bisa makan makanan korea, saya suka bikin kimji sendiri aja, Teh. Hahaha... Itung2 sambal

    BalasHapus
  11. Ternyata nama dan tampilan bikin penasaran ini. Kok mupeng semua ya hahaha...

    BalasHapus
  12. Yummy bnget mbak. Banyak menu2 baru ya di Fat Oppa.
    Pengen deh ajak suami makan disana, sambil romantis2an

    BalasHapus
  13. Aku penasaran sama cheese bul dak dan Japchae di fat oppa ini mba, kalo main ke rumah temen aku mau mampir ah!

    BalasHapus
  14. Aku sudah lama pengen makan masakan Korea, belum kesampaian.
    Lihat ini jadi ngecesss, ahaha. Kayanya enak banget

    BalasHapus
  15. Duh, malam-malam bumil jadi ngiler. Kayaknya enak bangett, tapi aku belum pernah coba kecuali kimchi

    BalasHapus
  16. Senengnya kalau dah jelas no pork gtu di resto Korea, soalnya kadang ragu2 mau makan di resto2 kyk gtu hehe.
    Harganya juga cukup lumayan ya mbak, gak terllau mahal kalau kuliat2 :D
    Itu minumannya seger2 menggoda banget diseruput :D

    BalasHapus
  17. Desert nya seger banget, apalagi Budae Jigae. Huih.., ini mah sukses buat memanjakan perut.. Mbak Nia, kapan traktir saya, hemm 😂😂

    BalasHapus
  18. Aku suka no 4 teh.... klo ada kemptn k resto korea sll menunya itu... mau ah sesekali di fat Oppa ... ada gambar oppanya gak

    BalasHapus
  19. Buldak dan Budaenya menggiurkan... huaaa jadi pengen. Btw jadi pengen ramen abis baca postingan ini. 😅

    BalasHapus
  20. Duh jadi kepengen nih makan makanan korea. Terutama korean BBQ. Dulu, pas masih kerja, setiap bulan selalu ada jamuan makan korea atau jepang. Krn emang bosnya jepang yg kadang pengen makan-makanan korea. Wkwk

    Sekarang uda di rumah alias resign, jadi kangen nikmatin makanan korea. Bolehlah ntar dicoba ke fat oppa

    BalasHapus
  21. Itu yang Tteokbokki kayaknya enak banget Mbak. Kalau Korean food saya doyan banget. Soalnya cita rasanya kaya, bumbunya melimpah. Ya asem manis pedes gurih. Btw, itu seporsinya lumayan banyak ya...

    BalasHapus
  22. Banyak sekali bentuknya dan kelihatan Endless banget tapi mata saya tetap tertuju ada es krimnya

    BalasHapus
  23. Yummie.. dari foto aja sudah menggugah selera makan, apalagi makan langsung.. harga-harganya juga masih terjangkau teh apalagi makan bareng sahabat ya teh.. duh nikmatnya

    BalasHapus
  24. Tampilan depan tempat makannya keren juga. Kerasa banget ambience Koreanya..duh, saya jadi ngiler. jadi pengen makan korean food malam ini

    BalasHapus
  25. Mbakk saya cukup jd pecinta drakor aja , belom cocok sm masakan korea nih perutnyaa.. tp liat ini kok jd ngeces yaaa... ditambah sm tempat nya asik banget seperti itu. Okelah next kalo mampir ke Bandung akan icip Fat Oppa

    BalasHapus
  26. Duh... makanannya banyak dan enak enak lagi. pasti bisa memuaskan semua keinginan dan membuat bahagia. Etapi ada oppa yang gendut yak? perasaan langsing semua hehehe

    BalasHapus
  27. Duh enaknya makanan makanan koreaaaaa. Liat fotonya bikin ngileeeer. Aku pernah cobaik teokbokki sekali dan sukaaaa. Rada rada mirip cilok tapi lebih lembut. Hahahahahhaaaa. Jadi pengen makan di Fat Oppa juga niiihhhh

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)