25.7.18

Serunya Kirab Obor Asian Games 2018 di Kota Solo


Manteman, pernah ngebayangin gak, api yang ada di obor pesta olahraga semacam Asian Games itu dari mana? Saya gak pernah. Soalnya, saya kira api itu ya api biasa. Dari korek api aja kayak api yang selama ini kita kenal. Padahal ternyata, beuh… api yang ada di obor Asian Games itu panjang ceritanya. Katrok banget ya saya?! Wkwkwkwk….

Iya, saya baru tahu kalo api obor Asian Games 2018 ternyata berasal dari penyatuan dua api dari sumber api abadi yang berbeda. Satu dari api abadi Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah; dan satu lagi dari India. Iya India, negaranya  sShah Rukh Khani bintang film Kuch Kuch Hota Hai itu. Keren banget, ya. Saya gak nyangka kalo soal api obor aja bisa segitunya. Dan ini semakin menegaskan bahwa pesta olahraga se-Asia ini memang benar-benar penting bagi negara-negara pesertanya.

Torch Relay Solo
Rabu, 18 Juli 2018 lalu, telah dilakukan penyatuan api obor Asian Games 2018. Setelah penyatuan api abadi dari Mrapen dan dari India ini, kemudian dilanjutkan konser di Prambanan. Selanjutnya, api Torch Relay Asian Games 2018 ini akan mulai diarak melintasi 54 kota di sepanjang Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan menyeberang ke Pulau Sumatera; sebelum akhirnya tanggal 17 Agustus 2018 tiba di istana Merdeka, dan 18 Agustus 2018 dibawa ke Gelora Bung Karno.


Besoknya, Kamis 19 Juli 2018, api obor Asian Games 2018 kebagian melewati kota Solo. Api obor Asian Games ini diarak dalam rangkaian Kirab Obor yang sangat meriah. Berbagai lapisan masyarakat Solo sangat antusias menyambutnya. Dari mulai kalangan pelajar, aparat pemerintahan, hingga pihak swasta.

Selain akan membuat bangga rakyat Indonesia karena menjadi tuan rumah hajatan olahraga terbesar se-Asia, torch relay Asian Games ini juga bertujuan mengenalkan banyak sekali tempat-tempat wisata di sepanjang rutenya. Dan untuk Solo, torch relay Asian Games mengekplor tempat-tempat unik di Solo, seperti Pasar Klewer, Monumen Slamet Riyadi, Taman Balekambang, Masjid Agung Surakarta, serta Keraton Solo.

Kirab obor Solo diawali dengan tibanya pelari yang membawa obor Asean Games 2018 di Gapuro Mahkuto Karang Asem. Obor lalu diterima oleh FX. Hadi Rudyatmo (Walikota Surakarta) yang didampingi putra-putri Solo. Setelah sambutan dan acara-acara, obor lalu diserahkan pada pelari selanjutnya. Dan begitu seterusnya, secara estafet dari titik satu ke titik yang lain.

Pelari-pelari pembawa obor yang terlibat di kirab obor Asian Games 2018 Solo antara lain Kapolresta Surakarta, Nurul Faradila (Taekwondo), Nur Ishak Al Jufri, Melanie Putria (artis/Pocari), Haris Nugroho (Silat), Letjen Purn Agus Widjojo, Rony Syaefulloh,  Loise Obelina (Silat), Fransiska Valentina (Taekwondo), Jendral Budi Gunawan (KABIN), Rocky Putirai (Sepak Bola), Erick Thohir (INASGOC), Mr.  Li Ning (Dir. PT. Green Food Indo), Letkol Inf Ali Akhwan,  SE (DANDIM 0735/SKA), Endang Sri Lestari (Judo), Allen Budiono (Astra), Dian Sastro Wardoyo (Artis/Samsung), FX Hadi Rudyatmo/Walikota SKA), dan Bp. Basuki Hadi Muljdono (Menteri PUPR).

Aneka keseruan Kirab Obor Solo di depan kantor Bank Mandiri

Di sepanjang titik penyerahan obor secara estafet tersebut banyak digelar aneka kesenian. Di antaranya saja adalah hiburan Seni Tradisional Reog, Tari Gambyong, Senam Kolaborasi, drum band, dan hiburan musik humor Pang Band. Tak lupa berbagai komunitas juga turut serta memeriahkan kirab ini. Seperti komunitas sepeda onthel, komunitas sepatu roda, dan masih banyak lagi

Esoknya, yaitu tanggal 20 Juli 2018, di pagi harinya, Api obor dibawa ke bandara Adi Soemarmo dan diserah terimakan untuk menuju kota rute selanjutnya.

Promo Mandiri Asian Games 2018
Sebagai Official Prestige Partners Asian Games 2018, Bank Mandiri tentu saja ikut mendukung kegiatan Kirab Obor Asian Games 2018. Kebetulan, kantor Bank Bandiri Area Solo yang berada di Jalan Brigjend Slamet Riyadi menjadi salah satu titik yang dilewati jalur Kirab Obor Asian Games 2018. Sehingga untuk memeriahkan acara kirab obor ini, Bank Mandiri mengundang Marching Band UNS untuk mengalunkan lagu bersemangat di jalur kirab yang dekat dengan kantor Bank Mandiri. Tak cuma itu saja, 100 karyawan Bank Mandiri berseragam dan anak-anak SD juga akan hadir memberi semangat dan dukungan di event Kirab Obor Asian Games 2018. Booth Asian Games Bank Mandiri juga turut hadir. Pengunjung yang datang ke sana, banyak yang dapat merchandise secara langsung.

Sebagai bentuk dukungan yang lain, Bank Mandiri juga membuat program Promo Mandiri Asian Games 2018. Promo ini berupa promo spesial diskon hingga 50% untuk Tiket Asian Games dengan Mandiri Kartu Debit dan Kredit, serta cicilan 0% 3 bulan dengan Mandiri Kartu Kredit. Untuk syarat dan detail promonya seperti apa, teman-teman bisa lihat di https://www.mandirikartukredit.com/artikel/spesial-diskon-tiket-asian-games atau langsung ke www.asiangames2018.id. Ada pun list cabang olahraga yang berpartisipasi dan details promo Mandiri-nya bisa dilihat di table di bawah ini.


Oh ya, di ajang Asian Games ini, Bank Mandiri juga menyiapkan layanan uang elektronik (e-money) yang sekaligus berfungsi sebagai kartu identitas relawan (volunteer) Asian Games 2018. Kartu identitas tersebut didistribusikan kepada lebih dari 4.000 relawan Asian Games 2018. Kartu identitas ini dapat dimanfaatkan untuk bertransaksi secara nontunai di Tol Jabodetabek, tol luar Jakarta, bus Trans-Jakarta, commuterline, gerai-gerai ritel, SPBU, parkir, serta tempat hiburan dan rekreasi yang bekerja sama dengan Bank Mandiri.

Oke Deh!
Gimana manteman, seru ya Torch Relay Asian Games 2018 ini? Baru nyimak kirabnya di 1 kota aja udah kerasa serunya. Gimana kalo di 54 kota? Wuih, pasti rameeee banget. Rasanya jadi pengen ikut obor Asian Games 2018 ini keliling. Asyik kan bisa eksplor dan jalan-jalan di tempat-tempat unik di sepanjang rute?

Ngelihat promo diskon tiket dari Bank Mandiri juga gak kalah menggoda. Bawaannya kepengen nonton langsung semua pertandingannya di arena. Semoga aja deh kesampaian. Teman-teman juga ya. Cus, langsung pesen tiketnya sekarang juga. Biar gak kehabisan. Gunakan kartu debit dan kartu kredit Mandiri yang teman-teman miliki. Kapan lagi coba bisa ngedukung para atlet dan negara kita. Ajang olahraga paling bergengsi se-Asia ini kan cuma digelar 4 tahun sekali aja. Dan gak tiap 4 tahun pula Indonesia berkesempatan jadi tuan rumahnya. Semoga aja, dengan ngelihat dukungan kita nonton langsung di arena, semangat dan motivasi para atlet kita menjadi lebih terpacu lagi. Semoga juga, kita jadi juaranya.

Oh ya, terkait Asian Games 2018, nanti bakal ada games seru-seruan. Hadiahnya pun sangat menggoda. Tunggu aja tanggal mainnya di web dan akun-akun sosial media Jadi Mandiri. Sayang banget deh kalo dilewatkan.

Oke teman-teman, sampai di sini tulisan saya tentang Torch Relay Solo kali ini. Sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya. Semoga bermanfaat.


22 komentar:

  1. Seru ya acaranya mba. Kemaren di Jogja juga obornya..cuma aku ga ikut..event nya barengan jam jemput sekolah.
    Soal obor..akupun sama katrok. Sampe kmrn aku googling..ttng cara mbawanya tu api gimana..padam apa ga...bahan bakarnya apa..
    Klo ga ada asean games, trus arak2annya ga mampir jogja..paling aku taunya api korek api juga😂

    BalasHapus
  2. Seru ya...
    Oh promo mandirinya bisa utk kartu debit jg ya, kebetulan jav pgn nonton, tp ga tau deh jd atau ga hihihi...

    BalasHapus
  3. seru banget kayaknya ya teh bisa nyaksiin langsung kirab obornya, seru

    BalasHapus
  4. Dulu zaman aku kecil (pas SD), pernah nonton kirab obor yang lewat di jalan dekat rumah. Ramaaaiii pada nonton dipinggir jalan.

    BalasHapus
  5. Nggak kerasa ya bentar lagi Asian Games semoga Indonesia berjaya di negeri sendiri, aamiin🤗

    BalasHapus
  6. aku salfok sama maskot asian gamesnya. lucuuuu...
    kartu debit dan ccnya juga meuni imut >,<

    BalasHapus
  7. Seru banget ngukutin acara ini di berita dan media sosial.

    BalasHapus
  8. Itu kartunya mandiri lucu amaaat.. Pengguna mandiri hepi bgt dpt diskon hee

    BalasHapus
  9. Solooo...
    Senangnya bisa lihat langsung Kirab Obor Asian Games 2018.

    BalasHapus
  10. beruntung banget kota kota yang dilewati obor Asian Games. Pasti semarak dan makin meriah. Tempatku ngga dilewati tapi masih bisa lihat lewat TV sih hehehe

    BalasHapus
  11. Seru ya kirab obor Asian Games ini. Momen ini juga bisa dijadikan untuk mengenalkan pariwisata Indonesia.

    BalasHapus
  12. Aku ngelihat dan baca1 relay torch ini keren2 ya. Pengen banget lihat langsung ke sana. Dan nggak sabaran nih pengen cpt2 Asian Games

    BalasHapus
  13. Momentum ini seban ga bakal.gampang terulang. Entah kapan lagi

    BalasHapus
  14. Iyah, aku pun baru tahu saat diberitakan SUsi Susanti membawa api abadi untuk obor Asean Games dari India, keren ya

    BalasHapus
  15. Pengen gitu rasanya nonton langsung Asian Games entah di Jakarta atau Palembang, semoga kesampaian tahun ini :D

    BalasHapus
  16. Seruu! Seneng yaa bisa nyaksiin langsung kibar obor asian games 🤗

    BalasHapus
  17. Persiapan penyambutan ASIAN Games luas biasa banget ya teh.. Jika bukan masyarakat Indonesia yang mendukung siapa lagi.. yuk sukseskan dan meriahkan ASIAN Games 2018

    BalasHapus
  18. Kalau debitnya bisa diskon juga ga yaaa.. semoga bisa ya. Mau banget deh kalau beli tiketnya ada diskon gt.

    BalasHapus
  19. Hebat yang bisa ikut serta bawa obor Asean Game tahun ini. Mudah2an lancar ya pesta olahraga se-Asia ini. Dan sebagai tuan rumah, semoga Indonesia gak bikin malu karena ulah warganya😁😍✌️

    BalasHapus
  20. Duh seruuuu
    Kapan lagi lihat atlet international bertanding secara langsung ya?

    BalasHapus
  21. Seruu banget, pengen ngerasain langsung berada disana. Gagal fokus sama kartu dari mandiri, lucu 😍

    BalasHapus
  22. Teh nia, makasih infonya. Aku juga baru tau klo itu api abadi dari gunung. Kirain pake korek, wkwkwkwk. Btw aku mah belom ada niatan nonton lgsg asean games, soalnya g suka keramaian. Lebih milih nonton dirumah aja. *hiks.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)