30.5.18

Yuk, Dukung Anak Alergi Berprestasi!


Bocah perempuan yang cantik itu tersenyum ke arah saya. Dari balik matanya yang jernih namun lesu terlihat, kalau si bocah sedang tak ingin bermain. Padahal usianya sudah 2 tahun. Namun ke mana-mana, dia lebih sering digendong ibu atau ayahnya, daripada berjalan dan berlarian ke sana ke mari.

Seperti itulah kali pertama saya berjumpa dengan bocah cantik, yang saat itu berusia 2 tahun. Namanya Nasya. Anak seorang teman, ketika saya masih kerja kantoran. Sebuah kesan pertama yang cukup memprihatinkan sebenernya. Sebab saat itu, ketika family gathering diselenggarakan, semua anak-anak bermain dan berlarian dengan gembira. Sementara Nasya, hanya menatap lemah anak-anak yang sedang berlarian itu di depannya.

Saya tidak heran. Sebelumnya saya memang sudah tahu dengan apa yang terjadi pada Nasya. Ayahnya pernah bercerita soal alergi Nasya terhadap susu sapi, sejak dia masih bayi. Kondisi ibunya Nasya yang tak bisa memproduksi asi memperburuk keadaannya. Ya, bayangkan saja, bayi yang baru lahir, dan sedang begitu membutuhkan asi, tak bisa terpenuhi karena ibunya tak bisa memproduksinya. Dan ketika memilih alternatif lain, yaitu menggunakan susu formula, eh si bayi ternyata alergi terhadap susu sapi.

Sungguh, membayangkannya saja, saya sedih. Sebagai ibu dari 4 anak, saya tahu betul seperti apa rasanya. Jangankan tidak bisa memproduksi asi sama sekali. Bisa memproduksinya namun jumlahnya sedikit saja, saya sering merasa stres.

Akhirnya, Nasya pun diberi susu khusus oleh dokter. Alhamdulillah, katanya cocok dan tidak memberikan reaksi alergi seperti yang terjadi saat minum susu formula biasa. Akan tetapi, karena itu susunya khusus dari dokter anak, harganya sangat mahal. Di samping ketersediaannya yang juga terbatas. Jadilah Nasya meminum susu khusus tersebut dengan pengaturan waktu serta jumlah yang khusus pula.

Masih Banyak Nasya Nasya yang Lain
Nasya hanya satu dari sekian banyak Nasya yang lain. Dari sumber yang ini disebutkan bahwa di Indonesia, jumlah anak yang alergi susu sapi itu ada sekitar 7,5%. Ada pun di dunia, jumlahnya sekitar 10-40%. Sebuah angka yang tidak besar memang, tetapi lumayan bikin sedih jika dilihat secara langsung kondisinya. Sebab kita semua tahu, susu merupakan sumber nutrisi yang esensial bagi anak. Zat-zat yang terkandung di dalamnya sangat berperan untuk tumbuh kembang anak.

Nasya tergolong masih mending. Kecerdasannya otaknya sangat bagus. Dia bisa bernyanyi, menulis, berhitung, bahkan sudah tahu banya kata dalam bahasa asing. Hanya fisiknya saja yang sering lesu. Sementara di luar sana, banyak anak yang alergi susu sapi dan tidak mendapatkan penggantinya, kecerdasan otaknya di bawah anak-anak lain yang seusianya.

Terkait anak yang alergi terhadap susu sapi, tetangga saya yang anaknya juga mengalami alergi terhadap susu sapi, karena tak mampu membeli susu khusus dari dokter, menggantinya dengan air gula merah. Ya benar, di kampung banyak sekali anak-anak bayi yang sudah diberi air gula merah. Baik itu sebagai pengganti asi dan susu sapi karena alergi, atau pun karena ditinggal ibunya bekerja. Duh, gak sebanding kan nutrisi yang didapat dari susu dengan nutrisi yang didapat dari air gula merah? Hal inilah pasti yang membuat tumbuh kembang bayi/anak menjadi tidak optimal.

Beruntung, Sekarang Ada Morinaga Chilkid Soya
Ini yang patut kita semua syukuri. Ada produk yang akhirnya menjawab semua kebutuhan anak-anak seperti Nasya. Produk susu yang tidak membuat alergi, tidak membutuhkan resep dokter secara khusus, dijual dengan bebas karena memang aman, dengan harga yang masih dalam batas daya beli masyarakat.


Benar, namanya Morinaga Chilkid Soya. Susu pertumbuhan ini dibuat dengan isolat protein kedelai yang cocok untuk anak yang alergi terhadap laktosa atau menderita galaktosemia. #MorinagaChilkidSoya cocok untuk dikonsumsi oleh anak usia 1-3 tahun. Diperkaya dengan BB536M dan M-16V Probiotik dan mengandung FOS Prebiotik. Banyak yang sudah mencobanya. Sehingga tak heran jika 9 dari 10 Ibu puas & merekomendasikan Morinaga Chilkid Soya solusi terbaik alergi.


Andai semua anak yang alergi terhadap susu sapi bisa mengonsumsi Morinaga #ChilkidSoya, sudah pasti anak-anak tetap bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. Dengan begitu, anak-anak alergi tetap berprestasi.

Morinaga Allergy Week
Sebagai brand ternama dan brand yang diunggulkan PT Kalbe Nutritionals, #Morinaga memiliki tanggung jawab yang besar di dalam mengedukasi masyarakat. Termasuk di dalam sosialisasi World Allergy Week. Karenanya, Morinaga membuat program #MorinagaAllergyWeek. Dan realisasinya, Morinaga membuat program tetap, yaitu Morinaga Allergy Solution, yang merupakan solusi alergi untuk Si Kecil melalui sinergi nutrisi yang tepat, hasil pengembangan PT Kalbe Nutritionals bersama Morinaga Research Centre Jepang.


Morinaga Allergy Solution memiliki tiga keunggulan. Keunggulan yang pertama adalah solusi nutrisi untuk mencegah alergi dan mengatasi alergi susu sapi. Kemudian keunggulan yang kedua adalah tersedianya produk nutrisi untuk anak dari lahir sampai usia 12 tahun. Ada pun keunggulan yang ketiga adalah sinergi nutrisi yang tepat dan mencakup Brain Care, Body Defense, dan Body Growth. Dengan #MorinagaAllergySolution ini, maka anak #AlergiTetapBerprestasi tidak hanya dalam mimpi.


Andai Saja…
Ya, andai semua anak alergi susu sapi bisa mengonsumsi #susuMorinaga yang satu ini, mungkin semua kasus #alergianak karena susu sapi bisa teratasi. Kenapa tidak, ya? Mungkin saja banyak orang tua di luar sana yang belum tahu dengan #susualergi yang satu ini. Dengan kampanye program ini, semoga saja semua orang tua menjadi tahu.


So, yuk ah kita ikut berpartisipasi di dalam World Allergy Week dan Morinaga Allergy Week ini. Supaya semua anak dapat memperoleh nutrisi yang bagus untuk tumbuh kembangnya. Termasuk anak alergi susu sapi.

Untuk tahu lebih lanjut seperti apa program Morinaga di dalam World Allergy Week dan Morinaga Allergy Week, teman-teman bisa melihatnya di apdetan Fans Page Faceboook Morinaga Platinum, postingan Instagram @Morinagaplatinum, cuitan Twitter @MorinagaID, dan juga channel Youtube MorinagaPlatinum.

Baiklah teman-teman, sampai di sini tulisan saya tentang Morinaga Allergy Week ini. Yuk kita dukung anak alergi berprestasi. Sampai jumpa!

Morinaga Allergy Week Parenting Seminar

17 komentar:

  1. duh kasian ya Teh kalo anak yang alergi susu sapi sampe kekurangan nutrisi, untung ada morinaga susu soya ini jadi nutrisi anak yang alergi susu sapi masih bisa tercukupi dengan baik.

    BalasHapus
  2. mudah - mudahan sekarang para orang tua yang memiliki anak alergi ini bisa lebih teredukasi lagi dengan adanya alergi week dari morinaga ini ya teh

    BalasHapus
  3. Sehat selalu ya karena anak Indonesia berhak sehat dan mengukir prestasi 🤗

    BalasHapus
  4. kasian Nasya kebayang aku gmn ibunya asi ga keluar n nasya alergi sedih bayangin minumnya dibatasi semoga dg acara2 begini pada tau produk soya ini ya teh jd ga akan ada nasya2 lain

    BalasHapus
  5. Ternyata memahami setiap keistimewaan yang dibawa masing-masing anak ini penting yaa...
    Alergi itu sangat bikin gak nyaman bagi anak-anak yang sedang tumbuh kembang.
    Semoga Nasya bisa segera bermain bersama teman-teman yang lain yaa...

    BalasHapus
  6. Iya yah, susu formula untuk anak alergi itu mahal... Kalau chilkid soya ini harganya brp ya?

    BalasHapus
  7. Yes, meski anak denga alergi masih bisa berprestasi kok.

    BalasHapus
  8. Untung sekarang ada Morinaga soya ya, Teh. Anak-anak penderita alergi jadi bisa tetap berprestasi dengan mengonsumsi susu soya

    BalasHapus
  9. Masih ingat dulu Akram alergi susu sapi. Tiap habis minum susu selalu diare. Tapi pas minum Chil-Kid, gak diare lagi.

    BalasHapus
  10. Edukasi tentang alergi ini emang penting Teh, soalnya banyak yang mikir napsu makan kurang baik atau sakit biasa, bukan karena disebabkan dari alergi.

    Untunglah sekarang udah ada chilkid soya jadi lebih aman yah Teh :))

    BalasHapus
  11. Anak saya juga ada yang alergi. Dikasih protein salah, gak dikasih pun salah karena tubuh anak butuh berbagai protein. Dulu kayaknya belum keluar susu Chilkid Soya. Alhamdulillah sekarang Chilkid nambah varian seperti ini.

    BalasHapus
  12. Semakin kesini banyak kemudahan yaa untuk new mom, seperti ilmu parenting, info menyusui yang tepat, dan memberikan nutrisi yang tepat buat anak. Termasuk juga info jika anak terkena alergi. Sehingga kita sbg ortu tak perlu was was sekarang. Alhamdulillah Morinaga membantu kebutuhan para Ibu di Indonesia.

    BalasHapus
  13. Sebagai calon ibu dari anak-anak aku nanti aku udah punya bekal pengetahuan nih teh tentang edukasi alergi, secara waktu kecil juga lumayan sering kena alergi. Thanks for sharing teh :)

    BalasHapus
  14. Seneng sekarang Morinaga memperhatikan anak-anak yang memiliki alergi juga

    BalasHapus
  15. Persentase populasi penyandang alerginya emang ga banyak tapi tetep aja memprihatinkan, ya. Emang repot kalau alergi udah kumat dan rewel. Mudah-mudahan semakin banyak ortu yang alert soal ini

    BalasHapus
  16. Semoga banyak orang tua yang tahu klo anak alergi susu sapi bisa dikasih pengganti susu soya ini ya teh. Sedih denger verita Nasya nya. :((

    BalasHapus
  17. Dengan adanya kampanye morinaga alergy week,semoga makin banyak orang tua yang paham tentang alergi pada anak ya mbak

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)