30.5.18

Makanan Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Bayi 6 Bulan?


Di usia 6 bulan, biasanya orang tua sudah mulai mengenalkan bayinya pada makanan pengganti ASI, alias MPASI. Di usia ini, bayi memang telah siap untuk menerima jenis makanan padat. Namun tentu saja jenisnya berbeda dengan orang dewasa. Sayangnya, banyak orang tua yang kurang memerhatikan asupan makanan sang buah hati di fase MPASI ini. Beberapa orang bahkan membebaskan begitu saja bayinya untuk memakan apa pun yang dia inginkan tanpa mengontrolnya. Ini sangat beresiko, sebab sistem pencernaan bayi berusia 6 bulan, tentu masih belum sempurna seutuhnya. Jika dipaksakan makan sesuatu yang tidak baik, ada kemungkinan sistem pencernaannya akan mengalami masalah yang serius. 

Bagi Anda orang tua yang anaknya memasuki fase MPASI namun masih bingung makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh bayi berusia 6 bulan, yuk simak ulasannya berikut ini.

Yang Boleh Dikonsumsi
1. Bubur pisang
Anda bisa membuat bubur bayi 6 bulan dari bahan pisang dengan cara yang sangat simple, yakni melumatkan buah pisang dengan menggunakan garpu. Kemudian, tambahkan ASI atau susu formula untuk mengencerkannya. Pisang adalah jenis buah yang kaya akan serat dan kalium, sehingga aman bagi perut bayi. Namun, hindari terlalu sering memberikan buah pisang apalagi tanpa dicampur ASI mau pun susu karena beresiko menimbulkan konstipasi, alias sembelit pada bayi.

2. Bubur beras merah 
Sebagai bahan makanan pokok yang tidak beresiko menyebabkan alergi, beras merah yang juga mudah dicerna bayi adalah pilihan yang tepat. Cara membuatnya pun cukup mudah. Blender beras merah hingga halus, kemudian tambahkan air dan masak dengan api sedang hingga mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api, dan masak kurang lebih hingga 20 menit. Anda juga dapat menambahkan air dan aduk perlahan hingga konsistensi MPASI bayi 6 bulan ini sesuai dengan yang diharapkan.

3. Bubur alpukat
Buah alpukat ternyata mengandung lemak baik yang bermanfaat untuk perkembangan fisik dan otak bayi. Untuk membuat makanan bayi 6 bulan berbahan dasar alpukat, lumat buah alpukat dengan garpu, kemudian tambahkan ASI atau susu formula untuk mengencerkannya. Sisa alpukat yang belum digunakan dapat Anda simpan di dalam wadah dan disimpan di lemari pendingin.

Yang Tidak Boleh Dikonsumsi
1. Bawang-bawangan
Konsumsi bawang rentan menimbulkan gas berlebih di dalam pencernaan sehingga membuat bayi menjadi merasa tidak nyaman dan rewel terus menerus. Ada baiknya jika bayi usia 6 bulan tidak mengonsumsi jenis bawang-bawangan agar pencernaannya bisa berjalan dengan lancar.

2. Susu sapi dan produk turunannya
Susu sapi sebaiknya diberikan pada anak berusia 1 tahun ke atas, sebab risiko alerginya yang cukup tinggi. Termasuk pula produk turunan susu sapi seperti misalnya keju, yogurt, dan lain sebagainya.

3. Madu
Meski kaya akan manfaat, namun madu ternyata dapat menyebabkan botulisme pada bayi berusia 6 bulan atau kurang dari setahun. Oleh sebab itu, hindari memberikan madu sebagai pemanis buatan pada makanan pengganti ASI. 
Itu dia jenis-jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi bayi yang baru berusia 6 bulan. Pastikan kita selalu teliti di dalam memilih, membuat, dan menyajikan makanan untuk bayi. Semoga bermanfaat!

1 komentar:

  1. Bener banget, madu baru boleh setelah setahun ya teh heheh

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)