4.4.18

Susahnya Toilet Training


Manteman, bener ternyata ya kata orang-orang. Manusia itu berbeda-beda. Satu sama lain itu gak pernah ada yang sama. Sekali pun itu orang yang kembar. Ya, meski gak kembar, anak saya, meski satu darah, sifatnya berbeda-beda. Anak kesatu begini, kedua begitu, anak ketiga begono, sedang anak keempat begindang. Sebagai orang tua dari mereka, bukan sekali dua kali, perbedaan-perbedaan ini, tak ayal bikin saya bingung.

Susahnya Toilet Training
Salah satu masalah di antara banyak masalah yang bikin saya bingung adalah susahnya toilet training si bungsu. Iya, anak keempat saya yang kini berusia 3,5 tahun ini, sampai sekarang masih pake diapers alias popok bayi. Duh, udah berulang kali dicoba, masih aja belom lulus. Meski memang usahanya belom maksimal, kondisi si bocah yang nangis saat gak dipakein diapers, dan saya ajak buang air di kamar mandi, akhirnya bikin saya ‘mengalah’ untuk tega.

Alasannya macem-macem. Dari mulai badannya yang kedinginan jika tanpa diapers hingga gak mau ngompol. Bener-bener deh, kalo inget hal ini, saya jadi nyesel pakein diapers ke dia. Tahu gitu sih, mending saya pilih gak pake aja sejak awal. Seperti kakaknya yang pertama dan juga kakaknya yang kedua.

Gak Nyaman dan Rasa Malu
Ya benar, dulu anak pertama dan kedua saya, gak saya pakein diapers sejak awal. Sejak mereka bayi merah. Mereka Cuma pake popok bayi klasik, alias popok kain yang ada talinya itu. Karena kebiasaan itu, saat dipakein diapers, mereka justru malah gak menyukainya. Gak nyaman kali ya. Sehingga jadinya mereka malah rewel.

Anak yang ketiga beda lagi. Dia mirip anak keempat. Dipakein diapers setiap hari. Cerita toilet training-nya cukup unik. Dia dibanding-bandingin sama anak tetangga depan rumah yang kebetulan seumur. Semacam merasa malu, saat dibilangin si anak tetangga udah gak pake diapers (walopun sebenernya bohong dan masih pake diapers), si anak ketiga ini jadi gak mau pake lagi. Akhirnya, dalam waktu yang relatif singkat, si anak ketiga pun lulus toilet training.

Nah ini anak keempat. Bingung banget pake cara apa. Bandingin sama anak lain? Gak bisa. Gak ada anak lain yang seumur yang ada di lingkungan kami. Pake celana toilet training? Dia malah jadi tantrum saat pakenya. Dipaksain begitu aja pake celana tanpa diapers? Dia pundung. Jadinya ya, semua balik lagi. Dia saya pakein diapers lagi.

Mengingat cerita kakak saya yang pernah mengalami masalah serupa, saya sedikit terhibur. Iya, keponakan saya yang kini duduk di bangku kelas 3 SD membuat saya berbesar hati. Katanya dulu dia juga begitu. Susah lepas dari diapers dan clodi (cloth diapers). Nah saat akan masuk TK, karena dibilangin anak TK udah gak boleh pake diapers, dan semua calon temannya sudah gak lagi pake diapers, karena takut malu, dalam waktu sebulan sebelum sekolah, dia berhasil toilet training. Dan iya, sejak hari pertama masuk TK dan seterusnya, dia sudah gak pake diapers lagi.

Zaman Semakin Canggih
Permasalahan lulus toilet training dari diapers adalah salah contoh permasalahan orang tua zaman now. Permasalahan yang baru muncul karena kecanggihan zaman. Sebaliknya, orang tua zaman dulu kayaknya gak pernah punya masalah dengan ini, ya. Masalah mereka mungkin yang simple-simple aja.

Tapi saya gak nyalahin diapers-nya. Saya aja sih yang belum maksimal dalam berusaha meluluskan bocah dalam hal ini. Sebaliknya, saya justru harusnya berterima kasih pada penemu diapers. Berkatnya, banyak hal jadi terbantu. Misalnya saja berkurangnya cucian karena ompol. Hehehehe….

Eh btw, karena kecanggihan zaman pula, popok bayi dan diapers kini bisa dibeli secara online, ya. Tanpa harus pergi ke luar rumah, dengan hanya bantuan gadget, para orang tua bisa sudah bisa mendapatkannya di rumah. Saya sering melakukan hal ini. Beli diapers secara online. Biasanya sih kalo lagi ada promo, diskon, atau toko di Tokopedia yang jual murah. Kan lumayan tuh bisa ngirit. Saya sih, tinggal pilih aja toko yang lokasinya paling deket dari kota saya. Biar ongkos kirimnya gak ngeberatin. Kalo untuk toko-tokonya sendiri, saya sudah percaya. Sudah sekian kali belanja di sana, gak pernah kecewa. Paling-paling, biar makin yakin dengan tokonya, saya baca aja review dari pelanggan-pelanggannya.


Oh ya, selain popok bayi, saya juga beberapa kali beli baju bayi di Tokopedia. Gak pernah mengecewakan. Kualitasnya bagus, seperti yang dibayangkan. Pokoknya, kalo mau belanja secara online kayak gini, kitanya aja yang mesti jeli. Dari mulai memilih toko, membaca review, membaca deskripsi barang, membaca harga, dan yang lain-lainnya. Biar puas ke kitanya. Jadinya gak perlu ada komplen atau pun pengembalian barang.

Well…
Oke teman-teman. Sekian duu deh curhat dari saya. Buat temen-temen yang punya pengalaman anaknya lulus toilet training, share yuk. Barangkali saja ada trik yang bisa saya contoh. Meski saya percaya nanti anak saya juga akan lulus, kalo bisa cepet, tentu lebih baik. Lumayan kan kalo bisa motong  budget dan mengalihkannya pada keperluan lain? Yuk share, yuk. Tengkyu….

2 komentar:

  1. Wah pelajaran buat saya nih Teh. Kalo anak saya tiap hari pake clodi, malam pake dispo diapers n full diapers klo jalan2 atau amit amit kita sakit dan kerempongan nyuci clodi heheu

    BalasHapus
  2. Toilet training teh ujian jiwa dan raga buat emak2. Belum sempet nyobain clodi. Soalnya pas Ade toilet training, belum musim clodi hihi

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)