11.3.17

Belajar dari Anak


Teman-teman, pernah ngiri sama anak-anak, gak? Saya kok sering, ya. Gak jauh-jauh deh, ya sama anak sendiri. Banyak banget dari diri anak-anak yang begitu susah untuk bisa dipraktekkan di hidup saya. Dari mulai memaafkan yang begitu cepet setelah berantem; suka coba-coba hal-hal baru; gak takut malu; gak pusing sama omongan orang lain; hingga ke makan banyak tapi gak gendut-gendut. Suwer, kalo lihat hal-hal seperti itu di diri anak-anak, rasanya kok kangen dan pengen banget jadi anak-anak lagi. Hehehehe….

Untuk sifat cepat memaafkan setelah berantem, saya kira semua anak yang ada di dunia ini sama. Sedahsyat apa pun pertarungan mereka dengan teman-temannya *halah*, semenit, sejam, atau sehari kemudian, mereka pasti langsung damai. Gak perlu pake pendamai atau syarat apa pun, cuma dengan pacantel (bahasa sunda-red) saja, mereka bisa langsung akrab kembali. Tahu kan pacantel? Itu tuh, saling nyentuh jari kelingking antar-anak yang abis berantem. Jadi pacantel merupakan sebuah simbol dari gencatan senjata alias damai.

Buat orang dewasa mah, cepat memaafkan itu susah banget. iya sih, di dalam hati kadang kala sudah memaafkan, tapi karena mempertahankan ego, jadinya ditahan-tahan sampe menunggu kondisi tertentu. Nunggu pihak lain yang minta maaf lah, nunggu didamaikan pihak lain lah, atau bahkan bisa sampe nunggu ‘hadiah penebus’ semacam complimentary. Duh… ribet ya dunia orang dewasa. Wkwkwkwk…

Untuk suka coba-coba hal-hal baru; gak takut malu; dan gak pusing sama omongan orang lain buat orang dewasa juga susah. Orang dewasa macam saya itu sebelum ngelakuin apa pun biasanya banyak mikir. Niatnya sih supaya meminimalkan risiko gagal dan gak wasting time. Padahal mah kebanyakan mikir. Jadinya ya gak jalan-jalan. Padahal mah apa salahnya coba-coba, ya. Kan buat pengalaman juga. Toh kalo yang berisiko banget mah, kita juga bisa menyadarinya. Uh… self reminder banget inih!

Yang paling bikin mupeng dari anak-anak itu, terutama anak-anak saya adalah makan banyak tapi gak gendut-gendut. Berbanding terbalik banget sama emaknya. Sementara anak-anak saya, khususnya si anak kedua, makan itu sehari bisa lebih dari 4 kali, nah emaknya, meski sudah nahan lapar sampe ampir pingsan, tetep aja berukuran jumbo. Belum lagi camilannya yang bikin dompet cepet tipis. Karena hal ini, saya sampe penasaran. Ada apaan sih di perut anak-anak saya? Apa ada black hole-nya? Ya gimana gak mikir kayak gitu, soalnya abis beres makan sepiring, lima menit kemudian udah makan pisang ambon ukuran besar hingga 4 buah. Pas ditanya apa gak kenyang, mereka jawabnya kompakan. Enggak tuh! Heran, kan? Hihihihi….

Tapi, ini kali ya yang bikin mereka lapar terus. Mereka sedang dalam masa pertumbuhan. Persis ulat yang terus menggerogoti daun sebagai persiapan untuk berubah jadi kepompong. Atau mirip anak kutu rambut yang baru netas dari telurnya yang lagi dalam masa bikin gatel kulit kepala karena mau membesar. *Duh perumpamaannya*. Belum lagi jika dilihat mereka yang gak bisa diem lebih dari setengah jam. Ya iyalah, mereka membakar cadangan energi tubuhnya terus menerus. Ya gak heran deh kalau lapar terus-terusan.

Kalo inget pengiritan, saya pengen banget protes ke mereka untuk gak banyak makan ini-itu. Tapi Alhamdulillah, bapaknya anak-anak selalu mengingatkan kalo anak-anak memang sedang dalam masa rakus. Iya juga sih, kalo mereka lagi sakit, kelihatan banget deh perbedaannya. Makanan numpuk gak ada yang makan. Dan sedih juga lihat mereka lesu. Oke deh anak-anak, soklah makan yang banyak. Yang penting, kalian sehat dan aktif.

Terus, kenapa atuh emaknya gak bisa kurus padahal sering nahan lapar? Hehehehe… jawabannya gampang banget. Emaknya gak banyak bergerak aktif kayak anak-anaknya. Kalo dihitung, energi tubuh yang dibakar mungkin malah lebih banyak anak-anak. Iya sih emaknya banyak kerja. Dari mulai masak, nyuci, bebersih, ngepel, beberes, dan lain-lain. Tapi gerak badannya sedikit. Jadinya ya, mungkin energi yang ke luar cuma sedikit. Masih belom seimbang dengan makanan yang masuk. Huhuhu….

Siapa pun pasti ingin langsing. Begitu juga dengan saya. Bahkan langsing menjadi salah satu resolusi yang terucap tiap tahun. Tapi, untuk tahun ini tidak. Saya lebih ingin hidup yang lebih sehat. Ya, saya mungkin belum berusaha maksimal untuk langsing. Tapi hidup sehat hari ini jauh lebih prioritas. Yang penting saya bisa makan bergizi yang cukup, istirahat dengan baik, dan juga tetap berolahraga. Meski tidak berolahraga secara jor-joran.

Oke teman-teman, itu cerita saya yang terinspirasi anak-anak saya. Teman-teman gimana? Sering belajar dari anak-anak, kan? Pastinya. Anak-anak memang sumber inspirasi yang paling dekat. Oke deh, sampai jumpa di tulisan saya berikutnya. :)

3 komentar:

  1. Banyak banget yg bisa dipelajari dari anak Mbak. walau sudah berantem sampai guling2, memang deh. Tetep saja habis itu haha hihi lagi :) Dan mereka mikirnya simpel, nggak seribet kita hehehe

    BalasHapus
  2. bener banget mba, aku juga belajar dari anakku meski dia dimarahin tapi dia masih tetep meluk dan bilang sayang, liat ada yang marahan dia menghibur, rasanya kok klo saya sendiri susah amat y mau lakuin kek gitu ke orang yang bikin kesel, boro2 mau menghibur orang yang lagi marahan hahaha. anak2 dengan keluguannya selalu menampilkan perilaku apa adanya yang tulus. Nice reminder mba

    BalasHapus
  3. Saya merasa nya juga begitu, mbak. Makan terus tapi gak gendut. Tapi saya juga gitu, sih. Gak gendut-gendut. Haha

    Dan saya juga sepakat bahwa memang anak-anak rasa ingin tahunya sangat besar, tanpa peduli dengan keadaan di sekitarnya. Berbeda dengan kita yang harus berfikir beberapa kali untuk berbuat.

    Keren, Mbak..

    Terimakasih, sharing nya. Salam bahagia dari Bondowoso..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)