12.4.18

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga


Sebagai ibu rumah tangga, kita tentu harus pintar-pintar dalam mengatur masalah finance alias keuangan. Karena ibu rumah tangga memang yang bertugas sebagai menteri keuangan dan juga bendahara. Jika tidak pandai dalam mengatur masalah keuangan,  yang ada nantinya malah besar pesak daripada tiang.

Mengatur masalah finance tidaklah semudah yang dibayangkan. Apalagi kalau kebutuhan yang semakin banyak, namun penghasilan terbatas. Kita dituntut untuk pintar-pintar supaya semua kebutuhan bisa terpenuhi. Dan ini tentu saja ada tipsnya. Mau tahu apa sajakah itu? Berikut ini adalah tips yang bisa diterapkan di dalam mengatur keuangan bagi para ibu rumah tangga.

Siapkan dana darurat
Para ibu rumah tangga jangan lupa untuk selalu menyiapkan dana yang namanya dana darurat. Dana darurat tersebut nantinya bisa digunakan dalam keadaan yang mendesak. Misalnya saja seperti saat ada kebutuhan mendadak, ketika sakit, dan yang lainnya.

Siapkan beberapa pos
Dalam hal mengatur masalah finance atau keuangan dalam rumah tangga, kita sebaiknya membaginya dalam beberapa post. Seperti dana untuk kebutuhan sehari-hari, dana untuk membayar angsuran dan cicilan, dana untuk pendidikan anak, dana untuk investasi, serta dana yang lainnya. Jangan disatukan antara dana yang satu dengan yang lain. Membuka beberapa rekening tabungan untuk memudahkan bisa kita lakukan.

Segera atur keuangan
Ketika suami sudah gajian, kita bisa langsung membeli semua barang yang dibutuhkan, membayar angsuran, menabung, dan yang lainnya. Jangan sampai kita malah membeli barang yang tidak dibutuhkan. Jika ada uang sisa, barulah kita bisa membeli beberapa barang yang diinginkan.

Stok  kebutuhan
Selain hal-hal yang tadi disebutkan, pastikan kalau saat belanja bulanan, kita membelinya dalam jumlah yang besar. Terutama barang-barang yang memang bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Mulai dari membeli beras, minyak, susu anak, sabun, dan berbagai macam kebutuhan pokok lainnya yang memang harus distok. Agar lebih hemat, kita bisa membelinya di swalayan yang sedang menawarkan promo atau diskon.

Mencari penghasilan tambahan
Sebagai ibu rumah tangga, kita juga bisa membantu finance keluarga dengan cara mencari penghasilan tambahan. Kini ada banyak pula berbagai macam jenis usaha atau pekerjaan yang bisa dijalani dari rumah, dan penghasilannya juga cukup besar. Seperti membuka jasa menjahit, berjualan pulsa, membuka warung di rumah, membuka online shop, dan yang lainnya.  Tak hanya bisa menambah penghasilan, namun kita juga menjadi memiliki kesibukan yang baru.

Investasi
Jangan lupa juga untuk tetap menyisihkan sebagian penghasilan suami untuk ditabung atau dijadikan investasi. Hal ini tentu bisa memberi keuntungan bagi kita di kemudian hari.

Demikian tips yang bisa kita lakukan di dalam mengatur keuangan rumah tangga. Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat bagi para ibu rumah tangga yang bingung mengatur masalah finance. Mau tahu lebih banyak tips mengenai keuangan yang lainnya? Main-main ke hemataja.com. Sampai jumpa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)