20.9.16

9 Hal yang Perlu Dilakukan Agar Rumah Lebih Rapi dan Nyaman


Apapun tipe hunian yang Anda miliki, tentunya yang paling penting adalah hunian yang Anda tinggali itu cukup nyaman. Apakah Anda memiliki rumah, mengontrak bangunan, sewa apartemen, hingga memiliki perkantoran, tentu permasalahan kenyamanan ini adalah yang terpenting.

Kenyamanan di dalam hunian sendiri memiliki kunci yaitu penataan yang baik dari ruangan. Dengan ditata dengan baiknya ruangan, maka ruangan akan secara otomatis terasa rapi dan nyaman. Berikut adalah hal yang dapat Anda lakukan pada ruangan agar lebih rapi dan nyaman ditinggali.

Ketahui Bagian yang Aktif dan Pasif dari Ruangan
Bagian aktif dan pasif di rumah Anda sangat perlu untuk diketahui. Bagian aktif adalah tempat yang sering Anda lewati, yang paling sering Anda sentuh, dan yang paling sering habiskan waktu di dalamnya. Bagian ini antara lain adalah pintu, kasur, laci teratas, rak, dan juga lemari. Sementara bagian pasif adalah yang sebaliknya. Di antaranya adalah garasi, ruang bawah tanah, laci paling bawah, dan rak paling tinggi. Pastikan barang yang jarang digunakan tidak berada di zona aktif.

Tempat Penyimpanan Terbuka
Tempatkan barang-barang cantik di rak terbuka yang dapat terlihat. Jangan simpan barang yang tidak digunakan dan tidak terlihat cantik di rak terbuka ini.

Wadah Transparan
Untuk barang kecil, simpanlah dalam wadah atau stoples yang transparan. Dengan begitu Anda akan dapat dengan mudah menemukannya.

Zona Penyimpanan
Tempatkan barang-barang yang sudah digunakan di zona penyimpanan. Misalnya wadah tempat menyimpan mainan anak ditempatkan di sudut kamar anak, dan lain sebagainya.

Kelompokkan Barang
Kelompokkan barang-barang dalam tempat penyimpanan. Misalnya, buatlah kotak khusus obat-obatan, peralatan kantor, peralatan sekolah, peralatan masak, dan lain lain.

Gunakan Alat Bantu
Laci kerap kali menjadi tempat yang sangat berantakan. Maka dari itu, gunakanlah organizer di dalam laci Anda sehingga barang tidak bercampur-campur. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menata barang di dalam laci.

Vertikal Tidak Memakan Tempat
Barang-barang dapat menjadi hal yang membuat rumah menjadi sumpek. Maka dari itu akan lebih baik jika menumpukkan barang dengan cara vertikal. Hal ini tentu saja demikian karena tidak memakan tempat. Dan rumah pun terasa lebih luas.

Gunakan Tempat yang Tepat
Anda tentunya tidak ingin barang yang Anda miliki rusak hanya karena Anda menyimpannya bukan pada tempat yang tepat. Maka pastikan segala barang yang Anda simpan ada pada tempat yang tepat. Misalnya menyimpan foto pada album agar tidak terkena air atau asam. Kemudian tempat baju di lemari yang memiliki sirkulasi baik, dan lain-lain.

Sesuaikan Penyimpanan dengan Berat Benda
Menyesuaikan berat sangatlah penting agar Anda tidak kerepotan. Barang yang berat, sebaiknya tidak ditaruh di atas kepala karena dapat berbahaya. Sebaliknya, tempatkan barang tersebut ditaruh di bawah atau maksimal setinggi pinggang Anda.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar rumah menjadi lebih rapi dan nyaman. Semoga bermanfaat.

15 komentar:

  1. Nah betul teh, penyimpanan vertikal memang lebih rekomendid supaya rumah lebih rapi dan barang nggak menuh-menuhin rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku jadi pengen punya deh..

      Hapus
  2. Bagus banget dapurnya jadi mupeng dapur rapi deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku pun pengen dapur cakeeeep. :D

      Hapus
  3. Penyimpanan vertikal ...
    that's it! Apalagi kalau bilik rumah kita dari 'kardus' alias kecil. :D

    BalasHapus
  4. Saya ini nggak pernah bisa rapiin rumah, apalagi kamar. Bukan nggak bisa, tapi tepatnya malas, haha... Iya seringkali nyimpen apa2 jadi rusak karena sembarangan naroknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... Iya. Saya sih berantakan terus karena bocah. :D

      Hapus
  5. Baru tau tentang ruang aktif dan pasif Teh, nice tips. Wadah2 transparan buat printilan bermanfaat banget buat aku yang suka lupa naro :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Nia, saya juga gitu. Pelupa. :D

      Hapus
  6. kalo mainan anak, susah mau dikelompokkan. udah pernah diberesin seuai kategori, sebentar aja rapinya. yaudah akhirnya kalo beresin mainan anak semuanya nyemplung ke kardus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaaah... Itu dia. Sama di sini juga. Jadi khusus mainan anak, gak pake kategori. Bruk aja langsung di satu tempat. :D

      Hapus
  7. Laciku perlu diberi sekat nih supaya lebih rapi. Kalau sekarang buka laci, bingung isinya campur baur.

    BalasHapus
  8. Sebenarnya mudah-mudah saja mengaplikasikan 9 hal tersebut, tapiiiii kalau udah berhadapan dengan adik" kecil rasanya susah hehehe. Bangun pagi berantakan, trus diberesin. Ntar sore mereka datang dr sekolah berantakan lagi. Malamnya beresin, gituu aja terus. Tapi umik selalu nasehatin, ya daripada ngerusak di luar yaudah biarin aja eksperimen di rumah. Syukur" bisa edukasi ttg kebersihan juga. Hmmmm.....jadi emg yang paliiing utama agar rumah tetap nyaman dan rapi ya kerjasama anggota rumah xD

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)