14.9.16

4 Tips Menjual Rumah dengan Cepat


Menjual rumah bukanlah perkara yang mudah. Apalagi jika ingin menjualnya dengan cepat. Harga jual rumah yang terbilang mahal merupakan salah satu kendalanya. Tak hanya itu saja. Terkadang, kita juga cukup susah di dalam menemukan orang yang cocok dengan rumah yang hendak ditawarkan. Dan bagi beberapa orang, selain dua hal tersebut, masih banyak kendala lain yang mempersulit di dalam menjual rumahnya.

Meskipun begitu, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjual rumah dengan cepat. Apalagi dengan bantuan kecanggihan teknologi yang telah ada saat ini. Tentunya, menjual rumah tidak akan sesulit dulu. Anda berniat menjual rumah dan inin cepat laku? Yuk, disimak beberapa tips berikut ini.

1. Tentukan Harga yang Sesuai
Tentukan harga rumah sesuai dengan kondisi dan fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh rumah tersebut. Biasanya, harga rumah juga dipengaruhi oleh lokasi atau letak rumah. Untuk itu, sesuaikan juga harga rumah yang Anda jual dengan kisaran harga rumah di lokasi tersebut. Semakin dekat dengan pusat kota atau fasilitas-fasilitas umum, biasanya harga rumah akan semakin mahal. Buatlah harga rumah serealistis mungkin. Jangan terlalu murah dan jangan terlalu mahal.

2. Minta Bantuan Agen atau Perantara Properti
Agen atau perantara properti memiliki peranan penting sebagai ujung tombak pemasaran rumah yang dijual. Bagaimana pun juga, seorang agen atau perantara properti telah berpengalaman menjual rumah kepada calon pembeli. Para agen properti biasanya memiliki berbagai cara di dalam memasarkan rumah yang ditawarkan. Mulai dari mengandalkan promosi dari mulut ke mulut, melalui pamflet atau selebaran, hingga promosi di internet.

Dengan menggunakan jasa mereka, tentu saja peluang terjualnya rumah dengan cepat juga semakin besar. Harga jual rumah yang mereka tawarkan pun biasanya relatif tinggi. Hal ini disebabkan karena mereka juga meminta komisi dari hasil penjualan rumah. Nah, jika ingin menggunakan jasa mereka, sebaiknya Anda juga menyiapkan dana cadangan sebagai komisi nantinya.

3. Buat Foto Rumah Semenarik Mungkin 
Foto merupakan salah satu komponen penting saat ingin menawarkan rumah. Baik secara langsung maupun melalui media internet kepada pembeli.  Setelah menawarkan rumah, biasanya seorang pembeli ingin mengetahui bagaimana wujud fisik rumah tersebut. Nah, foto tersebut berfungsi untuk memberikan gambaran rumah kepada pembeli. Tujuannya tentu agar pembeli bisa lebih yakin akan rumah yang ingin dibelinya.

Dalam hal ini, pastikan Anda juga memberikan foto rumah dengan kualitas yang bagus. Gunakan kamera dengan resolusi tinggi serta angle yang pas untuk memotret rumah tersebut. Buat foto tersebut semenarik mungkin, agar calon pembeli tertarik sehingga rumah tersebut dapat terjual dengan cepat.  

Usahakan juga untuk memotret setiap sudut dan sisi rumah. Tujuannya agar calon pembeli dapat mengetahui bagaimana kondisi rumah secara detail. Jika calon pembeli tertarik, Anda bisa mengajaknya untuk segera survey ke rumah yang akan dibelinya tersebut. 

4. Beri Keterangan Detail tentang Kondisi Rumah 
Calon pembeli juga membutuhkan detail tentang tentang rumah yang akan dibelinya. Keterangan yang detail biasanya akan menarik minat calon pembeli untuk mempertimbangkan produk yang ditawarkan. Selain itu, hal ini juga bertujuan agar calon pembeli tidak kecewa terhadap rumah yang ditawarkan. 

Itulah beberapa tips agar rumah Anda bisa terjual dengan cepat. Pastikan Anda menjalankan semua tips yang sudah dituliskan. Tentu saja agar rumah Anda dapat terjual dengan cepat. Semoga bermanfaat! 

7 komentar:

  1. Harga tanah dan rumah di kampung saya aja udah pada tinggi, apalagi yang dikota ya Teh...
    harus bbener-bener teliti jual beli rumah mah, biar tidak kecewa. Beruntung, memiliki rumah meski warisan mertua juga, jadi gak susah bagi tabungan, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, beruntung pisan si teteh. Mungkin tabungannya bisa dipake buat renovasi aja kali ya, teh...

      Hapus
    2. Iya Teh, ini kami baru saja renovasi (habis-habisan) masih paburantak ini juga :)

      Hapus
    3. Hihi, bi@sa itu mah, teh. Di sini aja yang renovasi beberapa bulan lalu masih paburantak. :D

      Hapus
  2. paling suka lihat orang jual properti kalau semua ruangan di foto,jadi jelas dan detail banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, biar keliatan ini itunya, ya...

      Hapus
  3. Buat tambahan lagi mungkin bisa dikasih info mengenai kelebihan rumah yang akan dijual, misalkan lokasinya dekat dengan jalur angkutan umum, dekat dengan sekolah atau pusat perbelanjaan, dan lain-lain. Insyaallah rumahnya bisa cepat terjual :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)