11.6.22

8 Aplikasi Smartphone Gratis untuk Para Pebisnis


Manteman, pandemi sudah mulai mereda, ya. Alhamdulillah banget. Semoga saja, si kopid bisa segera berubah status jadi endemi. Biar kita bisa semakin bebas beraktivitas. Tapi walopun begitu, tetep selalu jaga protokol kesehatan, ya. Jaga jarak, banyak cuci tangan, pake masker saat ke tempat yang banyak orang, dan juga jaga imunitas tubuh. 

Hawa Baik dari Meredanya Pandemi

Ngomong-ngomong soal pandemi yang mereda, hawa baik sepertinya sudah mulai bisa kita cium dari bidang ekonomi. Ya, perekonomian kita sepertinya mulai menggeliat. Lihat saja pasar, kini sudah mulai ramai dengan pembeli. Meski harga beberapa bahan pokok masih tinggi, ramainya pembeli bisa jadi ciri kalo daya beli masyarakat mulai membaik.

Untuk teman-teman yang berbisnis, bahkan bisnis kecil-kecilan, hawa baik ini tentu membawa semangat. Peluang untuk memulai kembali atau mengembangkan bisnis terbuka lebar. Walopun pandemi di lebih dari 2 tahun ke belakang sangat membuat sedih, namun memberi kita banyak pelajaran. Salah satunya adalah memanfaatkan dunia digital dengan sebaik-baiknya.

Nah sekarang, walopun pandemi sudah mulai mereda, dan pasar offline sudah menggeliat, bukan berarti dunia digital bisa ditinggalkan. Sebaliknya, teman-teman bisa lebih memanfaatkan semua lininya. Ya offline, ya online. Supaya bisnis teman-teman semakin berkembang.

8 Aplikasi Smartphone Gratis untuk Para Pebisnis

Ya, ini dia yang mau saya rekomendasikan. Jika teman-teman punya bisnis, wajib banget punya aplikasi-aplikasi berbasis smartphone ini. Supaya bisnis teman-teman semakin berkembang. Tak hanya untuk marketing atau pemasaran yang menjangkau tempat jauh, tetapi juga branding produk yang teman-teman jual. Berikut ini 8 aplikasi smartphone gratis untuk para pebisnis tersebut.

1. Instagram

Ini sih harusnya gak usah dijelaskan lagi. Aplikasi yang wajib teman-teman punyai untuk bisnis ya Instagram. Sebab memang, media sosial yang ini sangat populer. Di Instagram, teman-teman bisa update produk, info produk, aneka promo, giveaway, atau hanya sekadar update-an quote motivasi. Semakin update akun Instagram yang teman-teman miliki, dan semakin dekat interaksinya dengan follower, maka semakin bagus. Dan jangan lupa, tambahkan juga call to action dengan informasi pembelian yang jelas. Dari mulai link ke toko, ke WA, atau ke DM Instagram. Supaya follower bisa membeli produk dengan mudah.

2. TikTok

Ini juga media sosial yang sedang populer, TikTok. Jika dulu media sosial yang satu ini dianggap kampungan karena kontennya yang gak jelas, nah sekarang sebaliknya. Tak hanya untuk branding, TikTok juga bisa digunakan untuk promosi produk. Asalkan kontennya dibuat dengan bagus. Pintar-pintar saja di dalam membuat konten. Update terus sesuai dengan yang sedang trending.

3. YouTube

Memiliki akun Youtube juga penting. Supaya produk teman-teman bisa merambah banyak kalangan. Sebab pengguna internet terkadang ada preferensi di dalam menggunakan media sosial. Ada yang suka Instagram saja, TikTok saja, Youtube saja, atau yang lainnya. Konten yang di-share di sana bisa sama seperti yang di-publish di Instagram atau pun TikTok. Atau juga berbeda. Lagi-lagi, pintar-pintar saja di dalam membuatnya. 

4. Facebook

Facebook memang tak sepopuler dulu. Namun untuk beberapa kalangan, Facebook juga masih banyak dipakai. Untuk menjangkau kalangan ini, memiliki akun Facebook, terutama Facebook Page yang lebih bebas memposting barang jualan, tentu diperlukan. Kontennya bisa sama kok dengan apa yang diposting di Instagram, TikTok, dan juga YouTube. 

5. Twitter

Media sosial lainnya yang juga akan lebih bagus jika dimiliki adalah Twitter. Sekarang ini di Twitter banyak berseliweran utas tips ini dan itu. Nah untuk marketing, bisa deh teman-teman membuat tips ini itu yang berhubungan dengan produk bisnis yang dimiliki. Jadinya follower, atau yang lihat, bisa tahu value yang diberikan dari produk yang teman-teman jual. Jangan lupa juga tambahkan foto yang bagus, ya. 

6. Kasir Digital

Aplikasi ini tak kalah penting. Sekecil apa pun bisnis, harus ada sistem pencatatan dan pembukuannya. Dari mulai stok barang, harga beli, harga jual, keuntungan, kerugian, atau yang lainnya harus dicatat. Gak perlu ribet, sekarang ini aplikasi kasir digital banyak. Gratis pula. Mana simpel dan praktis. Teman-teman tinggal input saja datanya. Nantinya, segala macam hal perkasirannya akan bisa terlihat. 

Baca Juga : ​Jadikan Bisnis Semakin Mantap dengan Aplikasi Youtap!

7. Toko Online di Marketplace

Ini mah teman-teman pasti sudah punya. Iyalah, di masa kayak sekarang, apalagi masuk pandemi 2 tahun ke belakang, yang punya bisnis pasti punya toko di marketplace. Meski gak gratis-gratis amat, sebab ada biaya ini itunya, tapi teman-teman bisa mendapat manfaat dari marketplace. Supaya bisa terkontrol dengan baik, jangan buka toko di semua platform marketplace ya. Pilih saja yang populer dan terpercaya. 

8. MyJNE

Nah ini aplikasi terakhir yang wajib teman-teman pebisnis miliki, Aplikasi MyJNE. Kenapa harus punya, sebab teman-teman kan banyak melakukan pengiriman barang. Berbagai fiturnya bisa teman-teman manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan bisnis teman-teman. Misalnya saja mengecek tarif pengiriman, pelacakan kiriman, serta JNE Nearby (mencari JNE terdekat di sekitar teman-teman berada). Dan tak hanya itu saja, bahkan kini aplikasi MyJNE juga bisa digunakan untuk pembelian pulsa/data, token listrik, hingga dompet digital dan aneka pembayaran. 


Dobel-dobel Benefit Jadi Member JLC

Jika teman-teman ingin mendapat benefit yang lebih banyak, akan lebih baik jika teman-teman jadi member JNE Loyalty Card (JLC). Ada banyak keuntungan yang bisa teman-teman dapatkan dengan jadi member JLC ini. Misalnya saja mendapatkan point setiap kali bertransaksi. Dan point-point ini nantinya bisa ditukarkan dengan aneka macam pilihan hadiah, dari produk hingga voucher. Dari gadget hingga perlengkapan rumah tangga. Bahkan, teman-teman bisa  melakukan donasi dengan menggunakan point yang teman-teman miliki. 

Balik lagi ke aplikasi MyJNE, nah jika teman-teman sudah jadi member JLC, semua benefit yang teman-teman dapat, itu bisa diakses di sana. Di aplikasi MyJNE. Dengan satu genggaman tangan saja, teman-teman sebagai member JLC bisa melakukan cek point, penukaran point, cek transaksi, serta memiliki kartu member digital. Aneka informasi promo dari JNE, pokoknya bisa teman-teman dapatkan secara cepat di aplikasi My JNE ini. Download saja aplikasinya melalui PlayStore secara gratis. Nantinya, teman-teman bisa mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja. 

Ah ya, di setiap akhir tahun, untuk member JLC, itu diadakan program JLC Lucky Draw. Di program tersebut, semua membernya berkesempatan menukarkan point JLC yang dimilikinya dengan nomor undian. Nah nomor undian ini bisa membuat teman-teman member JLC berkesempatan mendapatkan hadiah menarik. Tahun lalu saja, hadiah Lucky Draw ini ada 1 unit Motor Yamaha All NMAX 155, 2 unit Ipad Air Gen 4, 2 unit Samsung Galaxy S20+, 5 unit Sepeda Lipat United Plasm Matic, 20 Voucher Belanja MAP @500 ribu, dan juga 20 E-voucher Ongkir JNE @250 ribu. Menarik banget, kan?!

Salah satu hadiah JLC Lucky Draw 2021

Baca Juga : Hadiah, Apresiasi Terhadap Prestasi

Cara untuk jadi member JLC ini mudah banget. Masuk saja ke website website https://jlc.jne.co.id/ dan lengkapi persyaratan yang ada di sana. Atau jika ingin nformasi lebih lanjut, bisa menghubungi call center 021 – 2927 8888 atau email cs.jlc@jne.co.id. Ingat, jadi member JLC gratis, lho. Yuk gabung bersama 450.000 member JLC lain untuk bisa mendapatkan banyak benefit dari JNE.

Well…

Oke, itu dia 8 aplikasi smartphone gratis untuk para pebisnis. Yuk manfaatkan sebaik-baiknya supaya bisnis teman-teman semakin berkembang. Tak perlu banyak ke luar modal, sebab aplikasinya memang gratis. Dengan satu genggaman smartphone saja, teman-teman bisa mengendalikan semuanya. Semoga bermanfaat!



24 komentar:

  1. Teh, di MyJNE untuk cek transaksi berarti kita bisa pantau ya paket kita status pengirimannya sudah sampai mana? Jadi praktis banget dong, ya, kalau kayak gitu. Tiap customer nanyain paketnya, kita jadi bisa tahu secara realtime.

    BalasHapus
  2. Aplikasi yang sangat membantu banget nih buat para pebisnis, dan mendukung segala aktifitasnya.
    Apalagi aplikasi My JNE wajib keknya bagi mereka yang mempunyai usaha bisnis online, untuk mengecek semua transaksi pengiriman barang dll.
    Apalagi buat member JLC bisa ikutan lukcy draw dengan hadiah2nya yang wow banget, aku mau motor atulaah..

    BalasHapus
  3. Senang sekali aplikasi MyJNE terus berupaya melengkapi diri dan hadir buat membantu memudahkan pebisnis tak hanya dalam pengiriman barang tapi juga pembelian dan pembayaran. Apalagi benefit yang lebih banyak akan didapatkan jika jadi member JNE Loyalty Card (JLC).

    BalasHapus
  4. Memang asyik banget sekarang sepertinya pandemi udah mulai reda dan udah mulai rame lagi yaaah, semoga udahan deh pandemi nya huhu

    Setuju nih, sama semua aplikasi di atas, terutama aplikasi My JNE yang punya banyak banget benefit buat para member JLC yaaah

    BalasHapus
  5. Asyiknya juga benefitnya JNE ini. Terpantau teman-teman yang buka usaha dan pakai jasa JNE, cocok jadi membernya. Sayang sih kalau nggak dimanfaatkan. Karena kalau dipikir, bisa menambah keuntungan. Yang pertama untung dari usaha, yang kedua untung jadi member JNE

    BalasHapus
  6. Member makin dipermudah dengan akses beragam info kalo pasang aplikasi MY JNE. Bisa dapat dobel keuntungan juga, banyak banget nih yang bisa didapatkan.

    BalasHapus
  7. keren nih inovasi dari JNE yaitu aplikasi MyJNE yang memudahkan konsumen untuk cek transaksi bahkan bisa ngumpulin poin

    BalasHapus
  8. menarik banget sih buat yang memang rutin mengirim paket dan dokumen di JNE wajib sih jadi member JLC

    BalasHapus
  9. Medsos tuh wajib banget ya buat para pebisnis dan pedagang. Terus jangan lupa Kasir Digital juga buat lihat jalannya keuangan kita. Yang gak kalah penting, My JNE buat ceki-ceki harga. Eh iya, bisa cek poin JLC juga

    BalasHapus
  10. Selain aplikasi JNE, yang tak kalah penting juga adalah aplikasi kasir digital. Dengan aplikasi tersebut kita bisa input selain penjualan juga bisa stok dan spread atau keuntungan. Setidaknya begitu kasir online yang saya gunakan sehari-hari

    BalasHapus
  11. Aku pake semua tuh, IG, FB, Tiktok, Twitter hehehe. Banyak banget yah keuntungan jadi member JLC. Apalagi berkesempatan ikutan JLC lucky draw dengan banyak hadiah menarik. Emang deh JNE top banget inovasinya yang semakin bikin connecting happiness.

    BalasHapus
  12. Kasir Digital dan My JNE adalah dua aplikasi yang belum aku pasang di HP ku. Dilihat dari manfaatnya harusnya aku pasang juga ya. Mungkin karena belum jadi pebisnis, jadi merasa kayak belum perlu. Tapi kalo soal pengiriman, tiap order barang dari toko online, pasti kupilih JNE. Sesekali kirim paket, juga pakai JNE. Soalnya selama ini pakai JNE lancar jaya gak ada kendala.

    BalasHapus
  13. Praktis banget ya myJNE mbak para pengusaha UMKM atau yg punya olshop hadus banget download dan install

    BalasHapus
  14. kasir digital sama My JNE nih saya belum install. Difikir-fikir beneran perlu juga dan harus ada di HP saya karena memang keduanya penting dan kerap digunakan.

    BalasHapus
  15. Sangat dimudahkan sekali bagi pemilik usaha jaman NOW. Buat pemula merintis usaha jg mudah dalam memasarkan produknya.

    Pantesan banyak yang mencari admin sosmed karena supaya ada yg fokus memasarkan produk ke sosmed

    BalasHapus
  16. Yang punya usaha, apalagi yang sering kirim2 barang makin dimudahkan dengan adanya member JLC ini ya mbak.
    Ditambah punya aplikasi MyJNE makin gampang banget dapat info promo2. Eh ternyata juga bis abuat bayar2 tagihan juga yaa, TFS infonya.

    BalasHapus
  17. Pebisnis harus tau banget aplikasi yang bisa mendukung digital marketing zaman sekarang. Karena akan terasa membantu dalam hal penjualan. Semoga dengan tools yang ada saat ini semakin membuka kesempatan para pengusaha semakin melebarkan sayapnya.

    BalasHapus
  18. Aku pun jadi ikutan terjun sebagai pelaku bisnis, tapi masih maen di WA, sama IG dan sekarang mulai mencoba mengaktifkan lagi market place. Platform lainnya kayak tiktok dan yotube ga keulik. Fokus yang ini dulu aja hehehe. Buat pelaku olshop, apalagi yang volume penjualannya tinggi emang terbantu banget dengan adanya aplikasi JNE> Beneran connecting happiness. Ya yang jualan, ya yang beli

    BalasHapus
  19. Sosial media pastinya diperlukan ya untuk para pebisnis saat ini untuk memasarkan produk maupun branding. Ditambah aplikasi dari jasa pengiriman buat memantau pengiriman supaya tetap bisa dipantau

    BalasHapus
  20. aku dah make semua untungnya termasuk jlc tapi belum donlot my jne. padahal mudah ngetrack ya, biasanya manual aku mbak. coba donlot biar bisa tracking real ga ngadi2. kok aku belum pernah keluar nama jadi pemenang wkwkkw

    BalasHapus
  21. Aplikasinya gratis dan bisa memenuhi kebutuhan para UMKM yang melakukan bisnis online ya, mana dapat point juga yang bisa ditukarkan, jadi semakin semangat ini

    BalasHapus
  22. Nah tuh..para pebisnis, dicatat gih. Kalau perlu, siapkan memory dan pastinya kuota. Biar bisa didownload tuh aplikasi-aplikasinya sekarang juga yaa. Biar besok gak bingung lagi mesti cari di mana infonya.

    BalasHapus
  23. Untungnya makin banyak aplikasi gratis yg dapat menunjang pemasaran online. Saya sendiri merasakan banyak manfaat dari menggunakan aplikasi2 ini untuk menunjang bisnis saya. Jualan bener2 cuma dari genggaman

    BalasHapus
  24. social media udah. Berarti tinggal kasir digital dan apps My JNE nih buat dukung bisnis keluarga. Lumayan juga kumpulin poin kalo ikutan jadi member JLC.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)