14.2.22

Mengenal karakter, kepribadian, minat, dan juga bakat anak serta cara mengoptimalkannya dengan Test Sidik Jari di Aplikasi MS Learning and Grow


Hola teman-teman, apa kabar? Semoga sehat-sehat selalu ya sekeluarga. Alhamdulillah, saya dan keluarga juga sedang dalam keadaan sehat wal afiat. Dan tentunya semangat. Oh ya manteman, kali ini saya mau cerita pengalaman saya mencoba Test Sidik Jari anak saya Rayi, melalui aplikasi MS Learning and Grow. Berkat mencoba tes tersebut, saya jadi semakin semangat di dalam memberi support terhadap anak saya Rayi, lho.

Memangnya Rayi Kenapa?

Secara umum, Rayi sebenarnya tidak apa-apa. Fisiknya sehat, psikisnya juga baik-baik saja. Sama dengan anak-anak lain yang seusianya. Akan tetapi karena Rayi ‘sedikit’ berbeda dari 2 kakaknya dan juga adiknya, dan kebetulan saya tahu ada aplikasi yang bisa mengetes kepribadiannya, jadilah saya mencobanya. Dan wow, saya dapat banyak masukan dari hasil tes yang dilakukan Rayi tersebut. Insya Allah, masukan-masukan tersebut akan saya terapkan kepada Rayi. Supaya segala kelebihan yang dimilikinya bisa maksimal. Ada pun kekurangannya bisa berkurang sedikit demi sedikit. 

Saya dan Rayi

Asal teman-teman tahu, perbedaan Rayi dan sodara-sodaranya ini lebih ke arah sisi emosi dan mudahnya dia kecewa, jika apa yang terjadi tidak sesuai ekspektasinya. Sedangkan sodara-sodaranya, baik itu 2 kakaknya atau pun adiknya, mereka lebih tough.

Kenalan dengan Aplikasi MS Learning and Grow

Adakah dari teman-teman yang sudah mencoba aplikasi MS Learning and Grow? Gimana, keren kan?

Ya jadi, simpelnya aplikasi ini bisa didefinisikan sebagai sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengetes kepribadian orang yang ditesnya. Tesnya diambil secara genetis dari sampel sidik jari. Dari sini dapat terlihat kecenderungan pola sidik jari, dan hubungannya dengan belahan otak yang dominan digunakan orang tersebut. Sehingga sifat alias karakter, kepribadian, minat, dan juga bakat orang tersebut bisa tergambarkan. 

Siapa pun bisa melakukan tes ini. Baik orang dewasa atau pun anak-anak. Minimalnya sudah berusia 6 bulan, atau setelah guratan sidik jari orang tersebut terlihat dengan jelas. Nah saya, karena kalo ngetes diri sendiri rasanya akan mubazir sebab sudah tua; saya nyobanya ke anak saya aja. Yakni Rayi. Supaya saya bisa mengetahui lebih jelas karakter dia yang seutuhnya. Dan ya, supaya saya bisa mengoptimalkan semua kelebihan yang dimilikinya. Rayi sendiri, bulan Mei nanti akan berusia 10 tahun.

Begini Cara dan Tahapan Tes Sidik Jari di Aplikasi MS Learning and Grow

Hal pertama yang saya lakukan saat akan menggunakan aplikasi MS Learning and Grow ini tentu saja adalah mengi-install-nya. Saya cari di Google Store, dan lalu men-download, kemudian meng-install-nya. Untuk teman-teman yang ingin mencobanya seperti saya, bisa klik langsung link aplikasi MS Learning and Grow di Google Store atau aplikasi MS Learning and Grow di App Store ini.

Setelah berhasil meng-install, saya pun lalu membuat akun dengan memasukkan nama lengkap, email, dan juga password. Prosesnya mudah dan cepat. Dalam sekejap, saya pun bisa masuk ke dalam aplikasinya. 

Aplikasi pun bisa mulai digunakan. Berikut ini langkah-langkah detail yang sudah saya lakukan saat Tes Sidik Jari.

  • Tap menu Tes Sidik Jari.

  • Tap Kode Voucher yang ada di bagian bawah halaman tersebut. Jika belum punya kode voucher, kita bisa order voucher ke seller. Caranya yaitu dengan cara tap tulisan: Tap di sini.

  • Setelah itu nanti kita akan diarahkan untuk melakukan chat dengan seller melalui WhatsApp. Pilih saja seller yang sesuai dengan domisili.

  • Jika voucher sudah didapatkan, kita bisa langsung menggunakannya. Dan kemudian memprosesnya. 
  • Jika proses penggunaan voucher berhasil, kita kemudian akan dipandu untuk mengisi data peserta. Nah saya, mengisi data Rayi di form tersebut.

  • Setelah data Rayi tersimpan dengan baik, saya pun memulai tahap selanjutnya, yaitu memotret sidik jari Rayi sesuai panduan. Jari per jari, baik itu tangan kanan maupun tangan kiri. Pastikan foto sidik jari terlihat jelas, tidak buram, dan tidak tertutup kotoran apa pun.

  • Setelah semua data sidik jari tersimpan dengan baik, kita akan diminta menunggu hasil analisis sidik jari ini. Tak perlu cemas, waktunya tidak lama, hanya 30 menit saja. 


  • Benar saja, dalam waktu 30 menit, hasil analisis sidik jari (laporan profiling psikologi) Rayi pun selesai. Saya tinggal membukanya dan lalu mengunduhnya. Hasil analisis sidik jari ini banyaknya 10 halaman, lho. Lengkap dan detail.

  • Bersamaan dengan selesainya laporan profiling psikologi Rayi, saya lalu dipandu untuk membuat jadwal konsultasi. Di sana kita bisa memilih waktu yang cocok. Ya cocok untuk kita, dan waktunya belum dipilih oleh orang lain. Konsultasinya sendiri dilakukan melalui Zoom. Kita langsung berhadapan dengan psikolognya, lho. 


Laporan Profiling Psikologi Rayi

Tes Sidik Jari di aplikasi MS Learning and Grow ini menarik. Awalnya saya tak banyak ekspektasi, sebab konsultasi dan pengambilan sampel sidik jarinya dilakukan secara online. Akan tetapi setelah membaca laporannya, saya terkesan. Kok bisa? Karena sebagian besar hasil analisis psikologi Rayi sangat mendekati keadaan Rayi sekarang. 

Menurut hasil laporan, Rayi itu dominan influence. Jika dicocokkan dengan karakternya, memang seperti itu. Dia itu punya banyak ide yang imaginatif, cenderung suka memberi pengaruh kepada orang lain, dan semakin hari semakin mudah di dalam membangun relasi dengan orang lain. Tetapi kelemahannya, dia itu sangat spontan serta mudah bosan terhadap sesuatu yang sifatnya monoton.

Konsultasi via Zoom

Ketika membaca laporan hasil profiling ini, ada banyak hal yang kurang saya pahami. Namun saat konsultasi secara langsung melalui Zoom, saya jadi semakin mengerti. Dari konsultasi tersebut juga saya dapat banyak masukan mengenai berbagai macam cara menyikapi dan mengatasi Rayi. Dari mulai cara berbicara dengannya, cara menghadapi sikap-sikapnya, cara merespon konfliknya, cara mengatur situasi belajarnya, cara memotivasinya, hingga rekomendasi di dalam mengarahkannya untuk berkarir di masa depannya

Fyi, di dalam analisis profiling ini, peserta tes dikelompokkan ke dalam 4 kelompok besar, yakni Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance (DISC). DISC ini sendiri merupakan instrumen penilaian karakter yang paling banyak diteliti dan digunakan oleh HR di berbagai instansi dan korporasi di seluruh dunia. Masing-masing komponen DISC memiliki karakter unik yang menjadi pembedanya.


Pesan dari Kak Seto

Beruntung sekali saya berkesempatan melakukan tes sidik jadi di aplikasi MS Learning and Grow ini buat Rayi. Jadinya saya bisa menerapkan masukan, arahan, dan juga rekomendasi hasil konsultasi kepada Rayi. Tentu saja supaya karakter positif Rayi bisa optimal, dan karakter negatifnya bisa terkontrol.

Ah ya, sebelum mencoba tes sidik jari di aplikasi MS Learning and Grow, saya juga berkesempatan ikut webinar melalui Zoom Meeting bersama MS Learning and Grow. Pembicaranya adalah Kak Seto dengan tajuk Mengajarkan Pengenalan Emosi pada Anak. Pas banget deh dengan kendala yang selama ini saya rasakan dari karakter Rayi.

Dalam kesempatan tersebut Kak Seto mengingatkan bahwa pada dasarnya anak-anak itu senang belajar, senang bergerak, senang berteman, senang berpetualang, senang tantangan, dan senang mencipta. Sehingga di dalam mendidiknya, kita harus pandai memilih caranya. Jangan sampai malah membuat kesenangan-kesenangan mereka tersebut hilang, misalnya karena kita mendidiknya dengan kekerasan. Mendidiknya dengan penuh cinta akan bisa mengoptimalkan semua kelebihan-kelebihannya. 

Jangan lupa juga, keteladan itu lebih memberi andil yang besar di dalam pengelolaan emosi si anak itu sendiri. Dan bukan pada suruhan, perintah, atau apa pun. Mereka akan bisa mengelola emosi mereka sendiri jika mereka melihat seperti apa orang tuanya mengelola emosi mereka. Sebagai contoh, kita tak bisa mengharapkan anak yang sabar jika kita sendiri tidak sabaran. Kita tidak bisa punya anak yang lemah lembut jika kitanya sendiri kasar terhadap mereka. Anak adalah peniru ulung orang tua dan lingkungan sekitarnya.

Well...

Benar memang apa kata orang-orang, ilmu parenting itu tak pernah habis dan kita para orang tua tak akan pernah bisa diwisuda. Sebab dari waktu ke waktu, ada saja ilmu baru. Entah itu dari para ahlinya, atau bahkan dari anak kita sendiri.

Saya pun begitu. Meski punya 4 anak, dengan 2 di antaranya sudah besar-besar (20 tahun dan 17 tahun), setiap saat ada saja hal baru yang saya pelajari dari mereka. Salah satunya ya dari Rayi. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang. 

Dengan semakin mengenal sifat dan karakter Rayi, yang saya dapat secara khusus dari hasil profiling psikologi tes sidik jari di aplikasi MS Learning and Grow, saya jadi tahu cara menyikapi berbagai hal mengenai dia. Semoga saja, semua yang saya lakukan kepadanya bisa mengoptimalkan kelebihan-kelebihan yang dipunyainya. Sehingga kelak Rayi bisa menjadi versi terbaiknya. Aamiin.

Oke deh teman-teman, sampai di sini cerita saya. Jika ingin tahu karakter, kepribadian, minat, dan bakat dari anak teman-teman seperti yang saya lakukan terhadap Rayi, bisa banget deh ikut Tes Sidik Jari di Aplikasi MS Learning and Grow ini. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Tes ini, atau berbagai hal lainnya, teman-teman bisa langsung cari tahu di website mereka di link https://www.mslearningandgrowid.com/ atau akun Instagramnya https://www.instagram.com/mslearningandgrow. Berbagai info lengkap dan bermanfaat ada banyak di sana. 

Semoga bermanfaat!

26 komentar:

  1. Bener sih mba, anak itu peniru ulung ortunya. Jadi sebenernya mereka itu terbentuk dari cara dan karakter kita mengasuhnya juga yaa. Kadang jadi reminder buatku, yg selalu pengen anak2 sabar dan nurut, tapi akunya sendiri jarang banget bisa sabar ke mereka :(.

    BalasHapus
  2. Aku tertarik nih Ama tes nya.. pengen tahu ttg karakter anak2ku. Kemarin sempet udah download aplikasinya mba. Tapi baru tahap yg voucher, blm sempet hubungi sellernya.

    Takjub Ama ilmu sekarang, sampe2 dari sidik jaripun bisa mengetahui karakter seseorang itu seperti apa yaaa. 👍🏿

    BalasHapus
  3. Teknologi sekarang canggih ya Mbak. Hanya dengan data dan foto sidik jari bisa mengetahui profile psikologi anak. Semoga hasilnya bisa menuntun para orang tua lebih mengenal anaknya dan mengarahkan dan memperkuat hal-hal yang positif. Sementara yang negatif bisa lebih dikontrol

    BalasHapus
  4. Rara juga kemarin aku ikutkan tes sidik jari ini Teh, alhamdulillah sekarang jadi lebih tahu Rara lebih berpotensi di bidang apa dan lebih mudah mengarahkannya

    BalasHapus
  5. Informasi tentang aplikasinya sangat detail, terima kasih yaa sudah berbagi.

    BalasHapus
  6. Meski sama-sama anak, tapi karakteristiknya bisa sangat berbeda-beda yaa, teh..
    Maka perlu sekali mencoba mengenali karakter anak melalui Test Sidik Jari di Aplikasi MS Learning and Grow.
    Dengan begini, akan merasa sangat terbantu sekali dalam tahapan komunikasi orangtua dan anak dalam pengasuhan.

    BalasHapus
  7. Masya Allah ya .... jadi bisa lebih tahu karakter anak dan bereaksi dengan reaksi atau tindakan yang tepat dalam menghadapai mereka dengan adanya tes sidik jari.

    BalasHapus
  8. Bagus juga ya tesnya, bisa daftar lewat aplikasi dan tinggal setor sidik jari anak kita bisa dapat resume tentang bakat, minat dan kepribadian anak, ada konsultasi juga jadi lebih paham hasil tesnya

    BalasHapus
  9. Waah canggih banget aplikasinya Mbak, koordinasinya bagus juga lho, langsung mendapat akses konsultasi via zoom jadi gak repot nyari psikolog untuk konsultasi kepribadian ya

    BalasHapus
  10. Wah, keren banget ya sekarang ada teknologi sidik jadi semacam ini. Ini akan bantu anak-anak buat memahami potensi dan bakat yg dimiliki, jadi nantinya akan akan salah jurusan saat kuliah, kayak aku ini, hehe.

    BalasHapus
  11. Teknologi membantu kita sebagai orangtua untuk mengarahkan anak-anak dengan melakukan test sidik jari MS Learning and Grow yang sesuai minat dan kepribadian mereka ya mba. Keren.

    BalasHapus
  12. Wah, bagus sepertinya ini. Meskipun dilakukan secara online, tetapi analisisnya bisa dihadapkan dengan karakter anak yang sesungguhnya. Penasaran juga bagaimana tes sidik jari ini bekerja.

    BalasHapus
  13. Anakku udah pernah di test sidik jari mbak, cuma kemarin hasilnya lama nunggu 2 harian. Ini enak cepet bgt cuma nunggu sekitar 30 menit hasilnya udh keluar

    BalasHapus
  14. Tes sidik jari yang sangat bermanfaat ternyata ya. Kita bisa tahu bagaimana karakter kepribadian anak
    Mau coba juga ah Teh

    BalasHapus
  15. Mba Nia aku naru tau anak mba Nia sudah gede-gede malah udah ada 29 tahun. Saluut deh emaknya awet muda yaaa. Btw keren juga ini aplikasinya ya mba jadi kita bisa tau kelebihan dan minat anak ya

    BalasHapus
  16. menarik ya mbak tes sidik jari di MS learning and grow ini. hasil keluar cepat dan bisa langsung konsultasi secara online. Benar-benar praktis dan tentu saja membuat kita tahu apa karakter anak.

    BalasHapus
  17. Pengen banget cobain untuk anak saya yang bungsu. Karena dia satu-satunya yang belum pernah ikut tes apapun. Jadi saya penasaran aja dengan karakternya menurut hasil tes

    BalasHapus
  18. Wah ini nih mbak info yang aku lagi butuhin, kebetulan kemarin juga ngobrol soal hal ini ma temen.
    Jadi ini sebenarnya berbayar gtu ya mbak? Atau bayarnya ya pakai kode vouchernya itu atau kode vouchernya itu buat potongan harga aja?
    Wah asyik ada psikolognya juga jd bisa sekalian konsul ya
    Makasih infonya

    BalasHapus
  19. Kayaknya aku harus cobain juga untuk anak kedua aku, teh. Soalnya unik banget, aku belum mendapatkan celah cara mengajarkan dia.

    Sekarang uda masuk SD, saat diajarin yg ada berantem dan tangisan aja 😢

    Untungnya ini bisa konsul online ya, teh 😊

    BalasHapus
  20. Wah ikut senang baca review test sidik jarinya Rayi. Betul, karakter setiap anak berbeda-beda. Dan kita tinggal mengarahkannya dengan baik dan optimal. Jadi penasaran dengan tes sidik jarinya

    BalasHapus
  21. Tes Sidik Jari melalui aplikasi MS Learning and Grow kalau pakai tes mandiri apakah nanti juga diberi informasi selengkap ini dari psikolognya, teh?
    Karena setelah tes, rasanya ingin sekali mendapat penguatan hasil tes melalui Zoom Meeting bersama MS Learning and Grow.

    BalasHapus
  22. Menarik sekali nih tes sidik jari buat anak lewat aplikasi MS learning and Grow ini, apalagi dapat penjelasan langsung juga dengan adanya konsultasi via Zoom. Tentunya dengan adanya tes ini sangat membantu orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak ya. Kita juga jadi tahu dan dapat mendukung minat atau potensi anak yang bagus untuk dikembangkan

    BalasHapus
  23. keren yaa aplikasinya, bisa tahu potensi anak hanya dari sidik jarinya. Jadi penasaran deh pengen tahu potensi anak saya juga

    BalasHapus
  24. Whuaaa asiknyaaa, tes sidik jari bisa via aplikasi, makin canggih lagi ini mengenal karakter bisa sendiri yaaaa.
    Baru ngeh aku ada Test Sidik Jari di Aplikasi MS Learning and Grow.
    Mau tak cobain ke ponakan eehh aku juga mauu nyobain .

    BalasHapus
  25. Anak saya baru dua tahun nih mba, jadi pengen tes sidik jarinya juga biar bisa kenal sama potensi dan karakter nya

    BalasHapus
  26. Wah ada juga ya tes sidik jari secara online seperti ini, biasanya kan langsung datang ke tempat, boleh juga nih dicoba biar sekalian konsultasi secara online dgn psikolognya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)