22.2.22

Berlibur ke Jaksel, Ini Destinasi Populer yang Wajib Dikunjungi


Siapa sih yang nggak familiar dengan istilah “Jaksel”? Istilah ini populer digunakan untuk menyebut wilayah Jakarta Selatan. “Anak Jaksel” terkenal karena kebiasaan berbicara dalam bahasa campuran Inggris dan Indonesia which is terkesan lebih gaul.

Selain identik dengan gaya berkomunikasi yang khas, Jaksel juga memiliki sejumlah destinasi beken yang sayang untuk dilewatkan. Anda bisa banget memanfaatkan jasa travel Jogja ke Jakarta atau dari kota lain untuk menjangkau kota itu. 

Nah, supaya Anda lebih mudah menyusun itinerary saat berlibur ke Jaksel, yuk simak rekomendasi destinasi wisata populernya berikut ini.

1. Kampung Main Cipulir

Jika Anda berlibur bersama keluarga dan ingin mencari tempat yang bernuansa alam di tengah perkotaan, Kampung Main Cipulir adalah tempatnya. Dihiasi oleh pepohonan yang rindang, acara bersantai di sini sangat nyaman. Terdapat pula banyak fasilitas outbound untuk anak-anak maupun orang dewasa. 

Selain itu, ada berbagai wahana asyik lain yang bisa digunakan. Contohnya, jalur untuk motor ATV, lapangan memanah, taman labirin, bahkan kolam renang. Jika lapar usai bermain, Anda hanya perlu memesan makan di kantin dan pujasera dalam area wisata. Lengkap banget, bukan? 

2. Taman Tabebuya

Ada banyak ruang terbuka hijau di wilayah Jakarta, salah satunya Taman Tabebuya. Taman ini juga dikenal dengan nama Taman Angsa Ciganjur atau Taman Moch Kahfi 1. Luasnya sekitar 9.626 m2. 

Disebut Taman Tabebuya karena di area hijau ini terdapat deretan pohon Tabebuya. Saat pertengahan hingga akhir musim penghujan, pohon Tabebuya mengeluarkan bunga berwarna merah muda sehingga membuat suasana semakin indah. Anda bisa menikmati suasana alam yang sejuk di tempat ini.

3. Setu Babakan

Satu lagi nih tempat liburan yang wajib dikunjungi di Jaksel yaitu Setu Babakan. Ini merupakan perkampungan Betawi yang sarat dengan nilai sejarah. Berlibur di sini, Anda akan lebih mengenal seluk-beluk budaya lokal yang tidak kalah menarik. Nuansa tradisional sangat kental dari bangunan yang ada maupun kegiatan masyarakat di sekitarnya.

Bukan hanya itu, area wisata ini juga sejuk sehingga cocok banget bagi Anda yang ingin bersantai dan menikmati kebersamaan dengan orang terdekat. Bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam tentang Betawi, ini adalah tempat liburan yang tepat.


4. Dia.Lo.Gue Art Space

Beralih ke tempat wisata yang bernuansa seni, ada Dia.Lo.Gue Art Space di wilayah Mampang Prapatan. Tempat ini asyik banget untuk nongkrong, khususnya bagi Anda yang senang dengan kegiatan seni atau karya seni. Dalam bangunan dua lantai tersebut, ada ruang galeri, kafe, dan art shop yang terbuka untuk publik.

Bukan hanya berfoto untuk mengabadikan keindahan di tiap sudutnya, di Dia.Lo.Gue Art Space Anda juga bisa menikmati karya seni yang dipamerkan oleh para seniman masa kini. Bahkan, ada berbagai kegiatan workshop yang bisa Anda coba mulai dari melukis, membatik, dan masih banyak lagi. Pokoknya, berlibur ke Dia.Lo.Gue Art Space jauh dari membosankan.

5. Museum of Jakarta (MOJA)

Anak Jaksel gaul pasti sudah pernah berkunjung ke Museum of Jakarta (MOJA). Meskipun namanya museum, isinya bakal sukses bikin Anda berdecak kagum. Di dalamnya ternyata banyak terdapat spot-spot artistik yang seru banget untuk dieksplorasi. 

Apalagi bagi Anda yang suka berburu foto unik. Jangan sampai nggak menyempatkan diri untuk datang ke MOJA. Anda bisa puas-puasin untuk mencoba semua spot dalam waktu 2,5 jam sesuai jadwal yang dipilih.

6. Hauwke’s Auto Gallery

Apakah Anda penyuka otomotif atau mobil antik? Nah, bisa banget merencanakan liburan ke Jaksel, tepatnya berkunjung ke Hauwke’s Auto Gallery. Ada banyak sekali koleksi mobil antik yang dipajang di sini dan bisa dilihat secara langsung. Menariknya lagi, koleksi mobil-mobil ini juga bisa disewa sebagai properti untuk syuting dan pemotretan prewedding.

Selain koleksi mobil antik, Anda juga akan terpuaskan dengan dekorasi retro pada galeri seluas 3.500 m2 itu. Mulai dari dekorasi bertema gaya Eropa hingga Amerika dengan nuansa 1930-an hingga 1950-an. Contohnya, telepon umum dan kotak pos ikonik seperti di London. Anda juga bisa bersantap di restoran berkonsep American Dining di lantai dua. 


Nah, itulah beberapa destinasi populer yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Jakarta Selatan. Destinasi mana yang menurut Anda paling menarik dan bikin penasaran? Dengan berlibur ke sini, paling tidak Anda dapat menikmati langsung suasana Jaksel yang terkenal itu. Tunggu apa lagi, yuk liburan sekarang!


13 komentar:

  1. Pernah ke Jaksel namun terlewat spot lokasi disebut diatas, semoga ada kesempatan kembali

    BalasHapus
  2. Rumahku di Depok berdekatan dengan Jakarta Selatan dari semua yang disebutkan aku baru pernah ke Setu Babakan.Penasaran nih pengen ke Hauwke’s Auto Gallery. Kalo numpang foto doang di mobil-mobil antik itu boleh gak ya?

    BalasHapus
  3. baru tau ada Taman Tabebuya, kesini ah....

    penasaran karena Jalan Junjunann Kota Bandung pernah ditanami Tabebuya sayang gagal, hanya 1-2 pohon yang bertahan hidup

    selain itu udaranya beda ya?

    BalasHapus
  4. Banyak pilihan destinasi liburan di Jaksel ya mba. Belum lagi mallnya buanyak banget. Selatan Jakarta selalu jadi destinasi istimewa, hingga ada itilah 'anak jaksel' :) .

    BalasHapus
  5. kalau sya adestinasi yang bikin menarik itu yang bisa jadi wahanan juga buat edukasi anak. wisata dapet, bonding dapat, ilmu baru buat anak juga dapat. hhhe. Ke MOJA seru kali ya, sambil banyakin foto. TFS kak

    BalasHapus
  6. Belum satupun dari referensi di atas saya kunjungi. Semoga setelah pandemi mereda, pengen banget ke beberapa tempat ini. Pengen ke HAUWKE'S AUTO GALLERY. Belum pernah melihat galeri auto untuk dipotret dan dituliskan di blog saya.

    BalasHapus
  7. aku baru tahu yang taman tabebuya. Penasaran pingin ke sana. Pasti indah kali ya kalo pas tabebuya lagi berbunga

    BalasHapus
  8. Ternyata di Cipulir ada kampung mainnya ya, Saya kalau pas main ke rumah teman yang tinggal di Cipulir, diajak mainnya ke pasar Cipulir aja

    BalasHapus
  9. Wahh di antara ke-6 destinasi wisata yang ada di Jaksel, belum ada satu pun yang sudah ku kunjungi. Semoga suatu saat bisa jalan-jalan ke Jaksel dan mengunjungi salah satu destinasi wisata di atas

    BalasHapus
  10. Pengen main ke art space-nya deh, dari dulu hobi main ke tempat yang ada pameran seni. Seru pasti nongkrong di situ hehe!

    BalasHapus
  11. Mbak jujur galfok, jaksel mana ada sungai dengan daun berwarna pink, makasi ya rekomendasi kalo reda mau nih bawa anak-anak kesana

    BalasHapus
  12. Saya tahunya ITC Cipulir, hehehe. Ternyata ada tempat wisata juga ya mbak. Jadi walau di dalam kota tetap bisa refreshing ya mbak. Keren juga Jaksel dengan objek wisatanya

    BalasHapus
  13. Belum pernah ke Jaksel sih, banyak spot menarik di sana ya. Insya Allaah kalau nanti ada kesempatan bisa jalan2 ke sana gak perlu bingung lagi cari tempat wisata yang bakal dikunjungi karena udah dapat referensi dari artikel ini

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)