16.8.21

Habis Covid 19, Terbitlah Gatal Jamur!


Hola manteman, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat, ya. Alhamdulillah, saya dan keluarga saat ini juga dalam keadaan sehat wal afiat. Walaupun belum 100% fit, saya dan keluarga selalu semangat. Yakin deh, besok lusa, kami akan kembali pulih seperti sedia kala. Insya Allah.

Ya, gak fitnya saya dan kluarga, itu karena Covid 19. Sejak awal bulan Juli 2021 lalu, qodarullah, saya dan keluarga, setelah hampir 1,5 tahun lamanya berhati-hati dari virus corona, eh akhirnya terpapar juga. Gak tanggung-tanggung, 7 orang penghuni rumah semuanya kena secara bergantian. Dan ya, setelah melewati rasa sakit dan ketidakenakan yang hampir 1,5 bulan terjadi, akhirnya kami dinyatakan sembuh. Semoga saja infeksi covid 19 ini cukup terjadi sekali saja kepada kami. Teman-teman mah, sehat-sehat selalu, ya!

Hal Tidak Enak Lain Setelah Sembuh dari Covid 19

Ini kemudian hal yang terjadi kepada saya. Malu sebenernya saya cerita. Abisnya, ini terjadi karena kejorokan saya selama kena covid 19. Tapi lagi-lagi, pada akhirnya semua terselesaikan. Apakah itu?

Begini, selama kena covid, setiap hari badan saya terasa demam. Belum lagi sakit kepala, otot pegal-pegal, mual, muntah-muntah, diare, lemas, anosmia, susah tidur, dan juga hilang selera makan. Karenanya, selama hampir 2 minggu, kerjaan saya cuma berbaring di tempat tidur. Turun dari tempat tidur saya lakukan hanya jika kebelet ke toilet saja. Mandi gimana? Boro-borolah, kulit kena air saat buang air pun rasanya gak enak. So, selama 2 minggu saya tidak mandi-mandi. Hadeuh, jorok banget, ya?! ๐Ÿ˜

Tak hanya itu saja. Selain selama 2 minggu gak mandi, saya juga jarang ganti baju. Mungkin hanya 3-4 kali saja. Di luar underwear, ya. Itu mah selalu ganti tiap hari. Kenapa jarang ganti baju? Alasannya ya sama. Saya demam, dan kedinginan. Terusnya juga saya menganggap badan saya gak sebau saat sehat. Saya anggap sih karena saya memang minim sekali beraktivitas. Jadinya badan gak keringetan. Padahal mungkin sebenernya bau juga. Toh waktu itu saya anosmia. Gak bisa mencium bau apa-apa. Dan penghuni rumah juga gak ada yang komplen. Hehehe, jelas begitu ya, toh serumah kan memang pada anosmia. Jadinya walaupun bau, gak ada satu pun yang bisa mencium baunya.

Di akhir masa isoman saya baru sadar. Kejorokan saya dalam hal gak mandi selama hampir 2 minggu itu dan juga jarang ganti baju, ternyata berbuntut hal yang gak enak. Iyap, kulit badan saya gatal-gatal. Terutama bagian lipatan-lipatan dan juga bagian yang tertutup baju berlapis-lapis itu. Dan begitu saya mandi, baru deh kelihatan. Bagian yang gatal-gatal itu tampak seperti ruam kemerahan. Mana ada bagian yang basahnya pula. Persis ruam popok pada bayi. Dan itu gataaaal banget. Kalo ikut naluri sih, maunya saya garuk sepuas-puasnya. Tapi ya susah juga. Soalnya kalo digaruk perihnya bukan main.

Beruntung Ada Canesten!

Ini yang akhirnya bisa meredakan gatal-gatal di kulit saya. Betul, Canesten. Begitu saya sadar kulit saya kena jamur, suami langsung beliin Canesten di apotek. Cuma dalam waktu 3-4 hari saja, si gatal jamur itu pun hilang.

Tentu saja demikian, sebab Canesten memang sudah dipercaya keluarga saya sejak lama sebagai obat yang bisa meredakan infeksi jamur. Dari mulai kutu air, panu, kadas/kurap, hingga ruam popok karena jamur. Kandungan Clotrimazole 1%-nya efektif menyembuhkan gatal-gatal ini. Mengatasi jamur hingga ke akar!

Bukan hanya karena kandungan Clotrimazole 1% dan juga khasiatnya saja yang saya dan keluarga percaya dari Canesten ini. Tetapi juga karena Canesten merupakan produk dari PT Bayer Indonesia. Tahu semua kan, ya produk-produk dari PT Bayer Indonesia. Dijamin berkualitas!


Cara pemakaiannya gampang, tinggal dioleskan saja krim Canesten ini secukupnya, pada daerah kulit yang gatal, 2 - 3 kali sehari. Karena jamur di kulit saya tidak terlalu parah, jadinya perkembangan penyembuhan sudah terlihat di hari ke-2. Dan hari-hari setelahnya gatal-gatal pun hilang. Begitu gatal-gatal hilang secara total, penggunaannya pun saya hentikan. 

Untuk gatal jamur yang parah sih, penggunaan Canesten bisa dilakukan lebih lama. Bahkan minimal selama 2 minggu. Hal ini untuk memastikan bahwa infeksi jamur sudah teratasi. Asal digunakan sesuai dengan anjuran, Canesten ini pasti aman di kulit kita. 

Jika terjadi iritasi atau reaksi yang negatif, ada baiknya diganti dengan obat yang lebih tepat. Atau bisa menghubungi dokter kulit. Ah ya, Canensten ini tidak dianjurkan untuk digunakan pada wanita hamil dan ibu menyusui, ya. Jika teman-teman yang masuk kategori ini, dan kemudian mengalami gatal jamur, pengobatan akan lebih baik jika atas saran dari dokter.

Jaga Selalu Kebersihan dan Kesehatan Tubuh!

Terinfeksi Covid 19 memang sangat tidak enak. Seringan-ringannya gejala yang terasa, tetap saja berbeda dari flu biasa. Itu sebabnya, supaya kita bisa terhindar, sebisa mungkin kita selalu disiplin dengan protokol kesehatan 5M, yakni rajin Mencuci tangan, selalu memakai Masker saat ke luar rumah (bahkan sebisa mungkin double masker), Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Mengurangi mobilitas

Kemudian jangan lupa juga untuk divaksin secara full. Sekali pun terpapar covid 19, orang yang sudah divaksin, gejala yang terasa akan ringan. Dia juga cepat sembuhnya. Suami saya contohnya. Dalam waktu seminggu saja, gejala yang hanya batuk pilek saja bisa langsung sembuh.

Jangan abaikan pula kebersihan tubuh. Selain pandemi, penyakit lain juga merongrong kita. Gangguan jamur kulit misalnya. Selain jarang mandi dan jarang ganti baju, sering menggunakan baju atau celana ketat, serta sering telanjang kaki di lantai yang basah, juga bisa memicu timbulnya jamur kulit. Untuk mencegahnya, ya kebalikannya, rajin mandi dan rajin ganti baju, menghindari penggunaan baju atau celana ketat, serta menggunakan alas kaki saat berada di lantai yang basah. Sungguh, gatal-gatal karena jamur kulit ini sangat mengganggu.


Baiklah…

Nah teman-teman, itu cerita saya sepanjang saya kena covid 19 dan cerita gak enak setelahnya. Alhamdulillah sekarang semuanya sudah berlalu. Untuk covid 19, nauzubillah deh kena lagi. Pokoknya dari sekarang sampai nanti, saya dan keluarga harus lebih disiplin dalam menerapkan prokes 5M. Ada pun untuk penyakit lain, kurang lebih sama juga, yang intinya menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh. Dan tentu, selalu bahagia supaya imun terus naik. Bukan begitu?

Jaga kesehatan selalu ya, teman-teman. Semoga saja pandemi lekas berlalu. Cerita juga dong bagaimana pengalaman teman-teman di masa pandemi ini. Apa ada yang kayak saya? Ada yang kena covid 19 juga? Atau malah kena penyakit jamur kulit juga? Hehehehe….

35 komentar:

  1. alhamdullilah sudah sehat kembali, semoga sehat terus kita yah mba selama pandemi ini. jadi pelajaran juga nih mba ceritanya walaupun sakit tetap harus menjaga kebersihan agar setelah kita sembuh tidak membuat penyakit baru karena kita tidak menjaga kebersihan yah, untungnya ada canesten yah mba obat gatal karena jamur ini .

    BalasHapus
  2. Mbak.. semoga sehat selalu ya. Baru tahu efek long covid ternyata bisa semenyakitkan itu :( paham banget rasanya kalau sakit mau mandipun rasanya gak sanggup. Berarti memang wajib menjaga kebersihan tubuh agar terhindar dari penyakit jamur ya.

    BalasHapus
  3. alhamdulillah teh kembali sehat dan semoga seterusnya sehat ya, banyak hal yang aku juga dapat saat kemarin isoman selama hampir sebulan. salah satunya menjaga kesehatan tubuh itu sangatlah penting

    BalasHapus
  4. gatal jamur beneran gak enak deh teh apalagi kalo dibagian yang vital aduh itu rasanya teramat sangat tidak nyaman, untungnya ada canesten ya

    BalasHapus
  5. Wah, Canesten sih emang ciamik banget mbaaa
    udah kondang sejak dulu kala ya
    top of mind banget utk hempas manjyaahhh gatal jamur di kulit

    BalasHapus
  6. Jadi inget pernah kena kutu air di kaki gara-gara pake sandal baru dan kena basah gitu. Sumpah ganggu banget,sampe diejekin temen-temen kantor wkwk. Sebagai yang rawan kena ginian emang harus sedia canesten deh hehe.

    BalasHapus
  7. semoga sehat selalu ya Mbak.
    duuh rekor seumur hidup pasti nih gak mandi selama 2 minggu itu tapi emang sih biasanya kalau gak gerak kita gak berasa bau kok, apalagi kalau masih sempat pake deodorant ya :D
    tapi ya itu, jamur suka di daerah lembab dan seperti itu heheh, syukur ada Canesten ya Mbak.

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah dah sehat dari v virus copid ya mbak. Wah ada ternyata masih lanjut gatel2 huhu.
    Hyaahh gak kebayang nih kalau gatel2
    Pasti mau beraktivitas terganggu, pas tidur pun susah ya mbak
    Alhamdulillah ya mbak nemu obat yang pas buat mengatasi rasa gatalnya.
    Semoga sehat2 selalu mbak Nia dan keluarga

    BalasHapus
  9. Canesten ini merek yang udah terkenal mengatasi jamur kulit sejak zaman dahulu kala, ya

    BalasHapus
  10. Canestin ini yang aku cari cari mbak Nia. Ibuk kemarin gatal juga bisa kan ya. Tapi bukan panu sih kayaknya lagi berkebun kena apa gitu yang bikin gatel berhari-hari. Ruam popok nih cocok buat emak mertuaku yang gatal-gatal melulu

    BalasHapus
  11. Inget banget aku kenal Canesten tuh waktu remaja, karena suka banget masuk sungai dan kotor-kotoran suka kena jamur juga dan pakai canesten sih sembuh. Alhamdulillah sekarang udah engga lagi.

    BalasHapus
  12. waah canesten ini tuh udh jadi andalan dari jaman dulu ya. kaya udah jadi obat yg wajib ada di rumah hehe

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah sekarang sudah pulih ya mbak dari sakitnya. Emang nggak enak sih kalau habis sakit lalu timbul gatal-gatal ya. KAyak menambah masalah baru gitu. Hehe

    BalasHapus
  14. Kalo aku jamurannya kumat misal nyuci tapi kaki nggak pake sendal. Udah deh di sela-sela jari bakal gatel dan kalo dibiarkan malah jadi ada bau gak enak gitu. Canesten deh jadi solusi.

    BalasHapus
  15. Intinya harus selalu jaga kebersihan, ya, Kak. Karena kalau udah kena tuh pasti susah banget, apa-apa jadi enggak nyaman gitu ya Mbak. Harus inget jaga kebersihan sih emang

    BalasHapus
  16. Semoga penyakit yang saat ini memghampiri bisa menjadi penggugur dosa ya mbak.

    Get wel soon๐Ÿ˜‡

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah, semoga dalam keadaan baik setelah sakit karena covid ya Mbak,. Benar Canesten bagus ya kalau kena gatel jamur, terimakasih infonya ya.

    BalasHapus
  18. Canesten ini merk yang udah lama banget ya mam. Dan memang jadi andalan keluarga Indonesia deh. Kalau ada yang kena jamur pasti langsung disaranin pake canesten.

    BalasHapus
  19. Canesten ini sudah lama banget ya ... sejak masih gadis .. masih SMA malah seingat saya, sudah tahu produk ini, bermanfaat sekali buat kutu air, panu, kadas/kurap. Baru tahu dari tulisan ini ternyata bisa untuk ruam popok ya.

    BalasHapus
  20. Walah Mbak... sampai segitunya waktu kena, ya. Parah banget dong. Kami bulan Juli lalu juga kena tapi memang masih kategori biasa karena komorbit juga masih standar2 saja. Psst... saya juga mandi 2 hari sekali saat sakit tapi selalu ganti baju tiap hari. Hihihi.
    Canesten sudah lama jadi rekomendasi saat kena jamur.

    BalasHapus
  21. Canesten tuh rasanya cepet banget buat ngatasin panu ataupun penyakit jamur lainnya. Ih tapi anakku tuh ruam di punggungnya kayak ruam popok, bisa kali ya dikasih canesten juga?

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah udah kembali sehat ya, Mbak. Canesten udah dikenal sejak lama. Saya suka gak tahan deh kalau kulit udah pada gatal. Semoga sehat selalu, Mbak

    BalasHapus
  23. Teteeeeh....
    Aku juga beberapa hari ini gak enak badan. Bawaannya memang jadi di tempat tidur dan takut kena air. Bahkan kalau demamnya sedang naik ((jelang malam)) sampai wudhunya tayamun, saking takutnya kena air.

    Tapi kalau kena jamur, itu karena aku kalau sedang kumat, hobinya cuci kaki loo, teh..
    Jadi hamil anak pertama itu parah-parahnya. Selalu ngerasa kakinya kotor, meski uda pake sandal rumah. Ujung-ujungnya cuci kaki lagi dan lagi..

    Aku paling gak suka ada orang yang naik tempat tidur(ku) dalam keadaan kaki item. Aku sampe pernah marahin suami, anak-anak, adik (suami) karena main jorok-jorokan terus naik ke tempat tidur.

    Akibatnya karena keseringan cuci kaki adalah kakiku berjamur.
    Gatel, bau dan gak nyaman banget. Diobatin Canesten langsung mantap, butuh waktu 2-4 hari, lalu membaik dan kulit jadi kering, terus sehat lagi.

    Alhamdulillah.

    Teteh sehat-sehat selalu sekeluarga yaa..
    Doa dan salam sayang dariku, teteh..

    BalasHapus
  24. Ya Allah teh kena semua sekeluarga. Alhamdulillah sekarang sudah membaik ya, sehat selalu teh Nia.

    Ingat Canesten ini yang sering pake sodaraku, memang bagus banget obat ini ya.

    BalasHapus
  25. Kalau sepupu aku diseka aja paling kalau gak mandi. Ya gimana namanya demam kadang bikin gak bisa apa-apa. tapi dari cerita teh Nia ini semoga yang lagi isoman juga bisa lebih menjaga kebersihan tubuh ya, apalagi yg sehat jangan lewatin mandi. Untung ada cansetes yang bisa hilangkan gatal-gatal ya

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah jika sekarang sudah pulih ya mbak
    gatal karena jamur memang sangat mengganggu
    Dan canesten ini sudah teruji kualitasnya dari dulu untuk mengatasi gatal karena jamur

    BalasHapus
  27. wah, bisa gaswt gitu, untung ada canesten. Alahamdulilah selama isoman saya mandi air hanget pake daun sirih, segar dan bikin badan wnagi, ampe gundul itu pohon sereh, hahaha. dipetik pagi sore

    BalasHapus
  28. Kebayang ya mbak pas kena covid demam, kedinginan, baring aja ga bisa kemana-mana. Wajar banget boro-boro mau mandi, mau ganti baju aja susah. Untung ada canesten buat ngilangin jamur

    BalasHapus
  29. Gejala Covid-nya termasuk parah ya, Mbak. Syukur allhamdulillah sudah kembali. Ya sih, di rumah saya juga selalu sedia Canesten untuk mengatasi permasalahan kulit. Sudah dari jaman baheula pakek Canesten. Udah terpercaya turun-temurun dalam keluarga.

    BalasHapus
  30. betuyl mbak. saat covid kalo orangnya udah vaksin insya Allah akan ce[et sembuh

    BalasHapus
  31. akhirnya udah negatif dan udah gak jamuran ya mbak. memang penting banget sih mandi itu, haha.. minimal lap2 deh :)
    btw iya aku tau banget rasanya kulit kena air terus nyerriii.. tp ya mau gimana lagi kan :)

    BalasHapus
  32. Wah, mesti sedia nih canesten kalau pas isoman ya mba, hehe bener nih karena kita gak bisa kemana mana jadi udara di kamar juga gak sehat sehat betul ya kan

    BalasHapus
  33. Alhamdulillah mba sekeluarga sudah sehat. Kalau masalah gatal akibat jamur tidak perlu khawatir kan ada Canesten. Oh yah, Canesten memang sudh terpercaya sejak dulu jadi amanlah.

    BalasHapus
  34. sejak lama aku kenal nama Canesten, zaman kakak2ku dan aku sering dipakai hahah... sekarang kok belum stok Canesten lagi, jadi keingat deh.

    BalasHapus
  35. makasih referensinya. kadang saya ada gatal2 juga gegara jamur nakal yg tiba2 muncul. perasaan gak ngapa2in, di rumah mulu, tapi yaa namanya jg penyakit

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)