10.8.21

Menikmati Wisata Alam Indonesia dengan Mendaki 6 Gunung Favorit Ini!


Teman-teman, masih ingat dengan aksi heroik yang dilakukan seorang pria asal Prancis, Benjamin Ortega yang mengangkut 1,6 ton sampah yang berasal dari Gunung Rinjani? Saya masih ingat betul. Bagaimana tidak, sebab hal ini bak sisi mata uang buat saya. Di satu sisi saya merasa malu. Gunung yang sudah lama saya favoritkan tersebut ternyata selama ini menyimpan sampah yang teramat banyak. Dan sampah tersebut, kebanyakan dihasilkan oleh para pendaki gunung. Sementara di sisi yang lain, saya merasa bahagia karena akhirnya, sampah tersebut berhasil diangkut ke bawah. Meskipun itu oleh seorang warga negara asing.

Andai Semua Pendaki Gunung Bertanggung Jawab!

Ini yang sangat disesalkan. Banyak pendaki gunung di kita yang tak bertanggung jawab. Terutama dalam hal mengelola sampah yang dibawanya ke atas gunung. Harusnya, sekecil apa pun sampah yang dibawa, saat turun, sampah tersebut dibawa lagi. Toh membuang sampah di bawah akan lebih mudah jika dibandingkan ditumpuk di atas gunung. Ya buktinya sampah yang berhasil dibawa oleh Benjamin Ortega di Gunung Rinjani. Jumlahnya hingga 1,6 ton!

Itu soal sampah, belum lagi soal vandalisme. Rasanya kita sudah begitu akrab sekali dengan corat-coretan. Baik itu di dinding, di batu, bahkan hingga di batang-batang pohon. Rasanya tak afdol mungkin ya jika kita tak meninggalkan jejak bahwa kita pernah berada di sana. Alih-alih membuat alam terlihat asri dan indah, yang ada malah alam jadi kotor. Benar-benar deh, harus ditatar dulu nih para pendaki gunung dan juga para wisatawan di kita. Supaya keindahan alam Indonesia bisa tetap asri dan tetap indah.

6 Gunung Favorit yang Ingin Didaki

Terlepas dari banyaknya kerusakan dan juga sampah yang menumpuk di banyak gunung yang ada di Indonesia, kita memang tak bisa menutup mata. Gunung-gunung di Indonesia itu indah-indah. Terbentang cantik dari Sabang sampai Merauke.

Meski saya bukan seorang pendaki gunung sejati, akan tetapi melihat cantiknya gunung-gunung ini, rasanya saya kepengen juga bisa naik gunung lagi. Ya, dulu zaman kuliah, saya dan teman-teman sering kali naik gunung. Jika nanti ada kesempatan, kepengen deh saya bisa naik gunung. Berikut ini gunung-gunung di Indonesia yang ingin saya daki.

1. Gunung Bromo

Ini gunung pertama yang kepengen saya daki. Gunung paling populer yang ada di Jawa Timur, yang masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Meski tak terlalu tinggi dan tak harus membuat saya mengeluarkan tenaga ekstra saat mendaki, karena di sana sudah ada anak tangga, akan tetapi berkeliling di padang pasir di sana dan lalu menikmati pemandangan Matahari Terbitnya pasti akan sangat menyenangkan.


2. Gunung Semeru

Gunung incaran kedua yang ingin didaki adalah Gunung Semeru. Sebuah gunung yang juga tak kalah dalam hal memiliki pemandangan indah. Konon, untuk yang pernah ke sana, keindahan dan pengalaman mendaki di Semeru itu tiada bandingannya. 

Yang cantik tak hanya pemandangan gunungnya, tetapi juga Ranu Kumbolo. Sebuah danau di Semeru yang terletak di ketinggian 2.400 Mdpl. Satu satu karya cipta Tuhan yang sangat indah akan terlihat di sana, di setiap paginya. Ya benar, pemandangan Matahari Terbit Ranu Kumbolo. 


3. Gunung Ijen

Berikiutnya adalah gunung yang terkenal di antara para pendaki serta traveler. Ya, Gunung Ijen. Sebuah gunung di Jawa Timur, yang letaknya ada di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso

Jika Semeru punya Ranu Kumbolo, nah di Gunung Ijen, ada yang disebut sebagai blue fire atau api biru. Sebuah fenomena alam langka yang konon mirip dengan yang ada di Islandia. Dan tentu saja, di sini juga ada pemandangan Matahari Terbit yang juga bakal tak terlupakan. 


4. Gunung Kelud

Gunung yang satu ini konon jalan menujunya tidaklah terlalu sulit. Sebab katanya sudah ada jalan yang bagus. Yang cantik juga tak hanya pemandangan alam gunungnya, tetapi juga danau dengan kawah yang berwarna hijau toska. Tak lupa, bermandi air panas di sana pasti akan sangat menyenangkan.

5. Gunung Raung

Saya sebenarnya tak terlalu suka naik gunung yang jalurnya ekstrem. Akan tetapi gunung yang satu ini katanya sangat luar biasa. Saya jadinya penasaran. Ya, menurut para pendaki, untuk bisa sampai ke puncaknya, pendaki harus berjalan sejauh 17 km. Medannya juga lumayan terjal berbatu, bahkan hingga selama sekitar 6 hari perjalanan. Waduh, gak cocok nih kayaknya untuk pendaki pemula kayak saya. Meski sangat menantang, tapi tentu saja diperlukan kesiapan fisik dan mental yang prima.

6. Gunung Rinjani

Nah ini juga gunung yang kepengen saya daki. Gunung Rinjani. Gunung yang sudah sangat populer di kalangan pendaki dan juga turis. Selain gunungnya yang cantik, danau Segara Anak yang berwarna birunya sangat terkenal. Katanya sih, mirip seperti Ranu Kumbolo yang ada di Gunung Semeru. Tapi Segara Anak jauh lebih unik, karena di tengah danaunya terlihat Gunung Barujari

Gunung Rinjani ini sendiri letaknya ada di Taman Nasional. Jadinya di sana banyak flora dan fauna yang unik. Selain menikmati gunung dan danau, di sini juga bisa mandi di pemandian alami, kemudian juga jalan-jalan ke goa, serta melihat stalaktit dan stalagmit. 


Keindahan Alam Indonesia Memang Tak Ada Habisnya

Bicara mengenai keindahan gunung-gunung di Indonesia memang tak ada habisnya. Tak hanya gunung saja, bahkan laut, hutan, dan berbagai keindahan alam lainnya juga tak kalah cantiknya. Tak heran jika Indonesia bikin bangga siapa pun warga negaranya.

Sudah seharusnya pula, kita semua selalu menjaga lingkungan hidup dan lingkungan non hidup yang ada di bumi Indonesia. Sebab semua lingkungan ini dapat berkontribusi dalam memelihara keanekaragaman yang ada di Indonesia. Untuk kita juga, dan untuk anak cucu kita kelak juga.

Jangan sampai deh, tangan-tangan jahil kita merusaknya. Sudah sewajarnya, kita semua berwisata tanpa merusak alam. Dan sebaliknya, kita turut ramah terhadap lingkungan, menjaga dan melindung hutan, menjaga dan melindungi fauna Indonesia, menjaga dan melindungi flora Indonesia, serta turut melestarikan budaya yang artinya ikut menjaga lingkungan.

Baiklah…

Semoga ya, kita semua bisa melestarikan keindahan alam Indonesia. Tak semua negara seberuntung kita. Punya kekayaan alam yang banyak dan indah. Sudah jadi tanggung jawab kita di dalam menjaga dan melestarikannya. Bukan, begitu?! 

25 komentar:

  1. INDONESIA luar biasaaaa ya Mbaa
    daku juga BANGGA BANGET dan bersyukur, lahir, besar, bernafas di bumi Indonesia tercintaaa

    aku juga mupeng naik gunung ih.
    trakhir ke tangkuban perahu doang :D

    BalasHapus
  2. Saluut sama gunung2 di atas, baru 3 yang pernah ku kunjungi dna memang bikin speechless keindahannya, udah ga bisa diungkapkan dengan kata2 lagii.
    Mbanggaa sama keindahannyaa, mbangga sama wisata alam yang ada di Indonesia, makin cintaa.
    Kemoon, kita melestarikannya dengan semampu kita.

    BalasHapus
  3. Ya ampun ini gunung yang bikin aku kangen jalan-jalan... Dari 6 gunung ini 5 di Jawa Timur huhuhu Yuk ah kalo pandemi kelar ngubek2 gunung di Jatim...

    BalasHapus
  4. Entahlah ya mba. Aku tu suka gemes ya ama orang orang yang buang sampah sembarangan. Kadang banyak juga udah kuliah tinggi, pendidikannya tinggi tapi masih buang sampah sembarangan. Membuktikan bahwa pendidikan itu nggak berhasil mengubahnya. Padahal dari anak tk kita udah ngajarin untun buang sampah itu pada tempatnya.

    Ngomong ngomong Indonesia itu memang sesuatu ya mba tentang alamnya. Kalau aku, aku belum pernah naik gunung. Soalnya asmaku suka kambuh kalau kegiatan luar begitu hihihi

    BalasHapus
  5. Dari enam itu aku penasaran ama kawah ijen, yah terinspirasi dari film juga sih, itu si Jilbab Traveller, hehehe. lalu ke Bromo boleh deh,

    BalasHapus
  6. Wooow pendaki gunung!
    Karena kesehatan udah merosot tajam, sementara aku menikmati foto fotonya udah cukup puas mbak Nia

    sekarang naik Gunung Rinjani yang dulu terlihat "mudah" sama teman teman menjadi tantangan luaaar biasaaaa

    BalasHapus
  7. maasyaaallah teh, membaca ini keinginan aku buat traveling menjelajah Indonesia menikmati segala keindahan pemandangan, kuliner yang eksotis dan banyak lagi

    BalasHapus
  8. Melihat fotonya saja bisa kebayang indahnya pemandangan sejauh mata memandang saat berada di puncak gunung, meskipun aku ngak hobi plus kondisi fisik yang ngak memungkinkan melakukan aktivitas mendaki gunung, tapi suamiku hobi naik gunung dan kalau pulang banyak cerita plus foto yang bagus-bagus. Pernah cerita juga sih sampah jadi masalah karena digunung pun masih banyak yang hobi buang sampah sembarangan...duh semoga cepat sadar nih.

    BalasHapus
  9. Baca postingan ini, aku jadi kangen naik gunung. Padahal, baru Bromo yang bisa kudaki sampai tiga kali. Hahaha. Tapi, dari dulu selalu punya keinginan untuk naik ke gunung-gunung yang lain

    BalasHapus
  10. Indonesia indah sekali Teh orang Indonesia saja belum tentu sudah menjelajahi semua keindahan Indonesia, aku pengen banget ke Bromo selama ini hanya baca di blog dan media sosial huhu

    BalasHapus
  11. Sangat bersyukur sekali lahir dan besar di Indonesia yang wisata alamnya Masya Allah luar biasa ya mbak. Aku sekali ke gunung bromo, next pingin lagi

    BalasHapus
  12. apa coba yang nggak dipunyai Indonesia? potensi wista alamnnya luar biasa ya mbak
    harus kita lestarikan agar bisa menjadi salah satu potensi ekonomi

    BalasHapus
  13. Aku selalu ngiri deh sama orang-orang yang naik gunung, karena aku enggak pernah diizinin ikut mendaki, pengen gitu ngelihat pemandangan dari atas gunung...
    soal buang sampah sembarangan dan vandalisme, enggak hanya terjadi pas naik gunung, tapi di mana-mana dan ini tuh kalau dibiarin yaa merusak... kesel bgt sih kalau lihat orang suka buang sampah sembarangan dan suka corat coret sesuka hati

    BalasHapus
  14. hayo mba sini ke bromo ama akuuuuu
    dari rumahku deket soale ini bromo
    tapi akupun dah lama ga ngebromo ke gunung
    atifitas ini bikin capek dari dulu ga demen
    cuma Indonesia emang luar biasa ya <3 cinta alamnya

    BalasHapus
  15. Bener banget nih, mba, gunung-gunung di Indonesia itu banyak yang amazing, PR para pendaki harus sungguh-sungguh mendaki dengan menjaganya, jangan merusak ya. Aku paling emosi kalau lihat pendaki ninggalik jejak plastik, hadeww pengen aku hukum malam-malam gak pakai baju di puncak gunung. Dulu temenku jagawana Papandaya, pernah hukum pendaki nakal seperti itu dan kapok

    BalasHapus
  16. aduuuh aku pengeeen ke sini mbaaa.. gunung di Indonesia memang juaraaa banget yaaa mba, pemandangannya semuaa bikin meleleh

    BalasHapus
  17. Ya Allah...lihat sunrise sunset dari gunung ini...bikin rindu.
    Meski aku tinggal di Bandung ((yang katanya daerah pegunungan, tapi aku gak tahu banyak mengenai gunung di sekitar kotaku)).

    Dari list teteh di atas, aku baru ke Gunung Bromo.
    Seneng banget waktu ke sana, karena bareng keluarga besar, sodaraku ada 3 dan aku anak terakhir. Jadi rindu dimanjain mas-masku...

    BalasHapus
  18. Aku baru pernah ke Bromo doang kak. Sama gunung Batur di Bali. Itu aja udah tepar aku tuh. Suamiku ngajakin ke Rinjani kalau udah ga corona. Akunya masih mikir kak. Haha. Pingin ku city tur ajalah. Dan sepakat naik gunung harus jaga Habitat dan kebersihan gunung

    BalasHapus
  19. Aku pun pengen ke Bromo mbak, pengen ke Ijen, pengen ke Rinjani juga.

    Emang ya, saya suka sebel sama orang yang ngakunya pecinta alam, tapi buang sampah masih aja sembarangan saat mendaki

    BalasHapus
  20. Iri banget deh, aku juga pengen bisa menikmati gunung. Harapanku sebelum usia 40 bisa naik gunung, minimal ke gunung Merbabu dan Lawu yang paling deket, hehe...

    BalasHapus
  21. belum pernah mendaki gunung, pernahnya mendaki bukit. pemandangan alam di atas gunung itu luar biasa ya, masyaAllah, jadi pengen ikut teh nia mendaki gunung nih. kalau jadi colek colek yaa

    BalasHapus
  22. Iya nih mbak. Masih banyak ya orang yang kurang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Belum lagi kalau ke pantai tuh sampah berserakan. Kalau kebawa arus laut kan bisa mencemari makhluk hidup di laut. Huhuhu
    Untungnya sekarang juga sudah ada wisata laut yang menjaga lingkungan dg menerapkan denda ke pengunjung

    BalasHapus
  23. Kurangnya kesadaran pengunjung tempat wisata ini sangat butuh edukasi banget ya mbak. Tapi udah ada nih di beberapa wisata laut yg menerapkan denda untuk pengunjungnya

    BalasHapus
  24. Masya Allah Indonesia indah banget jadi ingin jelajahi semuanya, terakhir naik gunung itu waktu smp gunung puntang di bandung....duh jiwa travellingku bergelora sayang masih covid nggak bisa keman-mana

    BalasHapus
  25. jiwa petualang bangkit lagi untuk mendaki. Sungguh indah negeriku ini ternyata. Kirain main di pantai aja yang asing. Ternyata view dari gunung ngak kalah cantik. MasyaAllah....

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)