27.12.20

FWD Cancer Protection, Produk Asuransi Khusus Kanker yang Mudah Beneran


Siang itu, di masa sebelum pandemi, saya naik angkot menuju terminal Leuwi Panjang. Karena tempat duduk di sebelah sopir kosong, saya yang memang lebih suka duduk di depan, langsung saja menuju ke sana. Dan eh, kebetulan, sopir angkotnya ternyata bekas tetangga saya. Ya, kami pun akhirnya ngobrol ke sana ke mari.

Perbincangan kami pun sampai pada ke topik mengenai istri tetangga saya itu. Tetangga saya bilang, istrinya sudah meninggal beberapa tahun yang lalu. Katanya sih, karena kanker payudara yang berlarut-larut. Padahal sejak awal pun, si kanker istrinya sudah terdeteksi. Akan tetapi karena pengobatan yang mahal, dan pekerjaan tetangga saya yang hanya sopir angkot, yang katanya penghasilannya tak seberapa, sang istri tak mendapatkan pengobatan medis yang layak. 

Istri Tetangga Saya Tidaklah Sendiri

Mengingat kembali cerita tetangga saya mengenai istrinya yang meninggal karena kanker membuat saya berpikir, istri tetangga saya pasti tidaklah sendiri. Ada ribuan, atau bahkan ratusan ribu penderita kanker yang seperti ini. Keadaannya berlarut-larut tanpa mendapatkan pengobatan medis yang layak. Dan bahkan mungkin hingga meninggal.

Tentu saja, masalahnya ada pada biaya. Pengobatan kanker kan, jika dijumlahkan dari awal, hinga ke titik sembuh, itu sangatlah besar. Dan pasti, golongan orang seperti tetangga saya, akan kesulitan dengan hal ini.

Dari web https://www.ifwd.co.id saya baru tahu, di tahun 2018, di Indonesia konon ada 349.000 kasus baru kanker. Dan kematian kanker itu mencapai angka 207.000. Dari kecenderungan ini, WHO memprediksi bahwa pertumbuhan kasus kanker selama kurun waktu 2020-2040 itu akan mencapai nilai 575.000 di tahun 2040. Duh… angka-angka yang sangat menyeramkan, bukan?

Tak berhenti sampai di situ, berdasarkan data BPJS Kesehatan di tahun 2018, pembiayaan pengobatan kanker dengan BPJS Kesehatan itu mencapai Rp2,7 triliun. Dan jumlah kasusnya itu mencapai 1,79 juta kasus. Jutaan lho, bukan lagi ratusan ribu!

Dari angka tersebut, bisa ditarik kesimpulan, 54% kasus kanker itu terjadi pada wanita dan sisanya, yaitu 46%, itu terjadi pada pria. Dengan tingkat usia 45-59 tahun (36%), dan lalu 60-74 tahun (32%), serta 30-44 (15%).

Kenapa Kasus Kanker dan Tingkat Kematian Akibat Kanker di Indonesia Begitu Tinggi?

Menurut riset, hingga saat ini kanker merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia. Tak hanya itu saja, jumlah penderita kanker ini, di Indonesia, dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan. 

Menurut banyak ahli, tingginya angka penderita kanker di Indonesia dan juga tingginya jumlah kematian akibat kanker itu disebabkan oleh masih rendahnya kesadaran masyarakat terhadap faktor risiko yang bisa menjadi pemicu kanker. Padahal, kanker sebenarnya merupakan penyakit yang dapat dicegah, asalkan kita tahu dan paham dengan faktor risikonya. Atau setidaknya, kankernya tidak berlarut-larut hingga ke stadium yang lebih lanjut.

Memangnya Berapa Biaya Pengobatan Kanker?

Murah-mahalnya biaya pengobatan memang relatif. Belum lagi jika dilihat dari jenis pengobatan, tipe, dan kelas rumah sakit. Nilainya pasti akan bervariasi. Akan tetapi, karena pengobatan kanker itu dilakukan secara kontinyu, alias harus terus menerus, maka pengobatan kanker banyak dibilang mahal.

Dikutip dari Harian Kompas, saya jadi tahu bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 52 tahun 2016, tarif Indonesian-Case Based Groups untuk pasien kanker rawat inap di rumah sakit pemerintah tipe A, itu bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah. Ada pun untuk biaya rawat inap pasien, misalnya pasien leukimia ringan, tarif kelas 1 memakan biaya Rp17.347.800,-. Kemudian pengobatan radioterapi ringan tarif kelas 1, itu memakan biaya Rp6.012.500,-. Sedangkan pengobatan kemoterapi yang umum dipakai oleh pasien kanker, itu memakan biaya hingga Rp4.520.200,- untuk kemoterapi ringan, dan Rp11.515.700,- untuk kemoterapi berat. Nah untuk pencangkokan sumsum tulang belakang, yang biasa dilakukan pada pasien leukemia, itu bisa memakan biaya hampir 100 juta rupiah.

Harapan Baru untuk Penderita Penyakit Kanker

Wuih, biaya pengobatan penyakit kanker ternyata memang lumayan mahal, ya. Itu yang disebutkan baru untuk sekali pengobatan saja. Padahal kan, pengobatan kanker itu harus intensif, dan berkali-kali. Bisa dipastikan, total biaya yang dikeluarkan akan sangat besar.

Beruntung kini ada produk yang namanya FWD Cancer Protection dari FWD Insurance. Sebuah produk asuransi khusus kanker yang bisa dibeli secara online. Ya, asuransi kanker online. Produk ini bisa menjadi harapan bagi para penderita kanker. Bahkan untuk golongan yang kurang mampu. Kenapa demikian, sebab preminya mulai dari harga yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp10.000 per bulan. Produk ini hadir dengan proses digital end-to-end, mulai dari pembelian hingga proses klaim.

FWD Cancer Protection memberikan manfaat 100% uang pertanggungan jika pasien didiagnosis menderita kanker. Perlindungan ini akan diterima jika terjadi risiko. So, si pasien tidak perlu lagi khawatir dengan biaya-biaya tak terduga. Jadinya, pasien hanya akan fokus pada proses pemulihan penyakitnya.

Jenis-jenis kanker yang termasuk ke dalam pertanggungan FWD Cancer Protection di antaranya adalah kanker payudara, rahim, saluran tuba, vulva, vagina, serviks uteri, usus besar, rektum, alat kelamin pria, testis, paru-paru, hati, perut, nasofaring, serta kandung kemih.

FWD Cancer Protection, Produk Asuransi Mudah Beneran!

Ini yang menjadi pembeda FWD Cancer Protection dari produk asuransi lain. FWD Cancer Protection memberikan kemudahan yang mudah beneran. Pengajuan bisa dilakukan secara online via website e-commerce FWD Life dan ifwd.co.id. Ada pun klaim, nanti juga bisa dilakukan secara online di aplikasi FWD MAX. Dan tadi itu, premi per bulannnya dimulai dari harga yang sangat terjangkau, Rp10.000,-.

Saya yakin, jika semua orang tahu, bahkan golongan orang yang kurang mampu seperti mantan tetangga saya yang sopir angkot itu tahu, pasti semua akan membeli produk ini. Pengajuan yang ribet, klaim yang susah, hingga biaya premi yang mahal, tidak ada di dalam FWD Cancer Protection ini. Segala biaya yang diperlukan di dalam pengobatan kanker bisa mengandalkan asuransi ini. Tapi tentu, semua sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ada di dalamnya.

Mencegah Selalu Lebih Baik Daripada Mengobati

Ini memang semboyan klasik, mencegah lebih baik daripada mengobati. Tetapi itu benar adanya. Terlebih untuk penyakit kanker. Mencegah datangnya penyakit ini akan jauh lebih baik. Mengingat pengobatannya yang relatif lama dan intensif, serta mahal, dan juga tingkat kematian kasus yang tinggi.

Benar, penyakit kanker bisa dicegah. Caranya yaitu dengan menyadari, mengetahui, dan menghindari faktor risikonya. Faktor risikonya antara lain paparan zat kimia dan radiasi secara berlebihan; virus, seperti human papilloma virus (HPV); paparan sinar matahari terus menerus; obesitas, hormon, atau peradangan; kebiasaan merokok dan juga gaya hidup, seperti meminum alkohol, seks bebas, dan lain-lain. 

Selain memahami faktor risiko, mendeteksi sedini mungkin munculnya penyakit ini, dari gejalanya juga wajib dilakukan. Apalagi jika memiliki garis keturunan keluarga yang memiliki kanker. Supaya jika sudah ada tanda-tandanya, bisa segera diobati dan tidak sampai ke stadium lanjut. Pastinya, hal ini akan membuat pengobatan menjadi lebih ringan dan biaya yang juga tak terlalu besar. Tingkat kesembuhan juga semakin tinggi.

Hal penting lainnya yang juga merupakan upaya pencegahan adalah persiapan dana proteksi, dalam hal ini asuransi, baik untuk diri sendiri atau pun keluarga. Apalagi jika kita dan keluarga memiliki faktor risiko yang besar. Dana proteksi yang bisa melindungi diri dan keluarga itu wajib punya. Supaya ke depannya kita bisa hidup tenang dan tidak khawatir dengan biaya pengobatan jika penyakit ini muncul.

Sehat Fisik, Sehat Finansial

Siapa pun pasti tak ingin kena penyakit. Terutama penyakit kanker. Akan tetapi kita tidak pernah tahu, akan seperti apa tubuh kita besok hari. Yang bisa kita lakukan hanyalah menjaga kesehatan. Dengan menerapkan pola hidup yang baik, dari mulai mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, istirahat dan tidur yang cukup, berolahraga teratur, hingga menghindari hal-hal yang merugikan (seperti alkohol, seks bebas, dan juga rokok). Jika demikian, maka bisa dipastikan fisik kita akan sehat. Ada pun jika kita punya faktor risiko genetis, kita bisa mengantisipasinya dengan mendeteksi sedini mungkin gejala yang muncul. 

Kesehatan fisik saja tidaklah cukup. Menghadapi kehidupan yang sangat berisiko seperti sekarang juga harus sehat finansial. Pendapatan yang kita miliki tak hanya diprioritaskan untuk kebutuhan primer dan sekunder saja. Tetapi juga harus bisa menjadi payung pelindung kita di masa depan. Bentuknya bisa tabungan, investasi, dan juga asuransi. 

Tabungan dan investasi bisa ditarik kapan saja ketika kita membutuhkan. Keduanya tetap bisa digunakan untuk hal-hal yang konsumtif. Jadinya, keduanya tidaklah pas untuk dijadikan payung perlindungan. Asuransilah yang bisa. Kita mendapatkan manfaatnya hanya ketika benar-benar membutuhkan perlindungan itu. 

Sudah tak zaman lagi asuransi yang ribet dan mahal. Kini asuransi begitu mudah, praktis, dan terjangkau. Pembelian secara online, klaim yang mudah via aplikasi, dan harga premi yang dimulai dari harga yang setara semangkok bakso adalah contohnya. Jadi, tak ada alasan lagi bagi kita semua untuk membeli asuransi. FWD Cancer Protection dari FWD Insurance adalah salah satu contohnya.

Well…

Semakin hari, hidup semakin penuh risiko. Ke mana pun kita pergi, bahaya terhadap diri merongrong dari mana saja. Kita yang mungkin asalnya ‘bersih’ dari faktor risiko penyakit, bisa tiba-tiba ‘tercemar’ dan menjadi berisiko tinggi.

Menerapkan pola hidup sehat, menjaga kesehatan fisik, serta menjaga kesehatan finansial adalah antisipasi yang cerdas di dalam menghadapinya. Supaya hidup kita dan keluarga senantiasa berbahagia. Yuk selalu jaga kesehatan fisik dan finansial diri dan keluarga!


Referensi 

  • https://www.ifwd.co.id/asuransi-kanker/cancer-protection 
  • https://health.kompas.com/read/2020/01/08/190000768/jadi-penyakit-mematikan-berapa-biaya-pengobatan-kanker- 
  • https://health.kompas.com/read/2020/02/04/102900368/kenali-5-faktor-risiko-kanker-sebelum-terlambat?page=all 



43 komentar:

  1. Serem ya teh lihat angka-angkanya. Ya pasiennya ya biayanya. Asik nih proses pengurusan asuransinya end to end, jadi kita bebas menentukan sendiri. Yang udah-udah kalau ketemu sama agennya suka berasa digiring beli yang mahal :D PRnya sebagai penggunan kita harus bener-bener tau kebutuhan kita ya

    BalasHapus
  2. Sehat fisik dan sehat finansial rasanya menjadi salah satu faktor penentu agar kehidupan terasa lebih nyaman. Duh kanker ini memang menjadi momok yang mengerikan deh ya. Biaya pengobatannya pun sungguh sangat nggak main main.

    BalasHapus
  3. Huwooo pisan ya Teh, kalo ternyata pembiayaan pengobatan kanker dengan BPJS Kesehatan itu bisa mencapai Rp2,7 triliun. Semoga saja makin melek akan pentingnya proteksi diri cancer ini, mencegah kan lebih baik yaa, untuk hal2 yang ga kita inginkan kedepannya. SAlah satunya rekomen banget nih fwd cancer dengan segala kemudahannya.
    Ahh, semoga kita semua sehat selalu.

    BalasHapus
  4. dengan adanya asuransi ini setidak sebagai bentuk perlindungan dan ikhtiar melindungi diri sendiri ataupun orang yang kita cintai

    BalasHapus
  5. Buat perlindungan diri asuransi sangat diperlukan. Beruntung ada FWD dengan biaya terjangkau. Dengan pengobatan yg baik, semoga penderita kanker banyak yang sembuh

    BalasHapus
  6. Bener Mba.. mencegah lebih baik daripada mengobati. Mencegah fisik juga mencegah finansial secara bersamaan.
    Gaya hidup dijaga, dan tetap proteksi diri dengan Fwd cancer protection.

    BalasHapus
  7. Wah, ternyata ada produk asuransi khusus kanker ya. Semoga kita bisa jaga kesehatan ya.

    BalasHapus
  8. Banyak sekali kemudahan yang diberikan FWD untuk penggunanya ya... Semoga makin banyak yang terlindungi...mengingat kanker ini bener-bener mengintai siapa saja ya...

    BalasHapus
  9. pengobatan kanker yang ditanggung BPJS memang terbilang besar ya, nggak salah juga sih karena tante saya itu sampai tuntas semua FREE.
    Dan sekarang pun bermunculan produk asuransi khusus kanker seperti FWD cancer protection ini, premi bulanannya pun terjangkau.
    Semoga kita sehat selalu aamiin.

    BalasHapus
  10. aku salut dgn fwd ini
    disaat banyak asuransi yg g meng cover kanker eh fwd malah ada
    dan memang asuransi itu kebutuhan primer saat ini, ibarat sedia payung sebelum hujan

    BalasHapus
  11. FWD tau banget kebutuhan masyarakat ya. Kanker emang naik prevalensi nya. Dan pengobatannya itu Lo. Uuhhhh. Emang gak murah

    BalasHapus
  12. Bagus ya ada asuransi spesifik seperti ini. Sangat membantu bila kita punya dana terbatas tapi sudah tahu faktor risiko yang kita miliki.
    Kanker ini memang mengerikan. Kadang, orang yang tampaknya sudah menjaga hidup sehat pun masih bisa terkena.

    BalasHapus
  13. Penyakit kanker ini memang sesuai banget ya sama akronimnya yakni bikin kantong kering. Alhamdulillah sekarang sudah ada asuransi khusus buat kanker dengan harga terjangkau ya, mbak.

    BalasHapus
  14. Mendadak pusing aku baca biaya-biaya pengobatan kanker, makanya bisa bikin orang bangkrut apalagi yang gak punya biaya ya pasti pontang panting carinya demi kesembuhan orang yang dicintainya. Perlu banget punya proteksi ya setidaknya untuk membantu pengobatan. FWD Cancer protection terjangkau juga ya preminya

    BalasHapus
  15. Duh dengar penyakit ini langsung merinding Teh, bagus banget FWD Life ada program asuransi untuk kanker ini ya memudahkan penderita nanti berobat dengan lebih terjangkau..sehat selalu teh nia sekeluarga ya

    BalasHapus
  16. Menerapkan gaya hidup sehat bener banget bisa menjadi cara mencegah ya mba. Senoga selalu sehat dan penjagaan kesehatan semakin maksimal

    BalasHapus
  17. whoaa, ada asuransi yg mem-protect resiko penyakit kanker?
    Daebaakk ini mbaa.
    Soale kanker ini kan buat beberapa orang silent killer gitu.
    jadi ngga banyak insurance yg berani menanggung resiko kanker.
    FWD Insurance mantaabbb!

    BalasHapus
  18. Ngeri juga ya, setiap tahun penderita kanker bertambah dan sudah banyak memakan korban. Memang bener, biaya pengobatannya sangat mahal, jadi banyak yang tak terselamatkan. FWD Inscurance cancer ini bisa banget buat solusi bagi mereka yang sedang berjuang melawan kanker nih.

    BalasHapus
  19. Hiks, mahal banget ya biaya pengobatan kanker... Baru tau nih ternyata ada produk asuransi khusus untuk kanker...

    BalasHapus
  20. Wow, lumayan banyak juga jenis kanker yang biaya pengobatannya bisa dicover oleh asuransi FWD ini. FWD membuat penderita kanker jadi jauh lebih optimis.

    BalasHapus
  21. Memang penting banget ya mbak menjaga kesehatan, apalagi memproteksi diri untuk jaga2, tapi yg namanya penyakit siapapun pasti nggak mau ya... semoga kita semua selalu sehat

    BalasHapus
  22. Berul mbk, pengobatan kanker lumayan mahal. Bulekku bulan lalu meninggal karena kanker payudara. Ka au sudah punya asuransi, rasanya hidup lebih tenang ya mbk.. Jaga jaga gitu

    BalasHapus
  23. AKu tertarik banget setelah melihat minimum premi 10K per bulan!
    Ini berarti bisa ajak orang ramai ramai memproteksi sejak dini

    BalasHapus
  24. Harapan harus selalu diukir yaa, teh.
    Semoga dengan memberikan yang terbaik untuk keluarga plus pola makan hidup sehat dan perilakunya, bisa terhindar dari sakit yang berat-berat begini.

    BalasHapus
  25. Bener banget, mending mencegah drpd mengobati. Keren banget ya sekarang ada proteksi yang bisa digunakan sejak dini. Jadi harapan baru

    BalasHapus
  26. Semoga kita semua terhindar ya mba, kanker ini dampaknya memang besar.. Pengobatannya bukan main mahal dan lama.. Jadi beneran kita harus jaga dan deteksi dini ya mba sebelum hal buruk benar terjadi. Dan selain kesehatan persiapan finansial dengan membeli proteksi asuransi seperti dari FWD ini akan sangat membantu banget ya mba...

    BalasHapus
  27. Dengar kanker itu bawaannya horor banget ya. Dengan asuransi khusus kanker ini setidaknya bisa sangat membantu, secara biaya pengobatannya juga nggak murah.

    BalasHapus
  28. Masyarakat kita memang perlu disadarkan betapa perlunya menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit kanker, dan FWD bisa juga membantu karena biaya pengobatan kanker kalau terlanjur kena, lumayan mahal.

    BalasHapus
  29. Asuransi memang seharusnya dimiliki oleh seluruh keluarga ya mba untuk proteksi apalagi khusus pemyakit kanker yang kalo sudah terkena banyak menghabiskan biaya duh semoga kita semua selalu sehat ya terhindar dari semua penyakit berbahaya sperti kanker

    BalasHapus
  30. Serem juga lihat data pengidap kanker yang kian bertambah.
    Kasusnya banyak di pihak perempuan lagi.

    Jarang-jarang ada asuransi yang mau mengcover penyakit kritis seperti kanker. Preminya juga cukup terjangkau ya, mulai dari 10 ribu rupiah per bulan

    BalasHapus
  31. Mba asuransi kanker ini bisa dimiki oleh mereka yang belum pernah terkena kanker sebelumnya atau juga bisa untuk mereka yang sudah pernah divonis kanker?

    BalasHapus
  32. Kanker memang penyakit yang sangat berbahaya dan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit, syukurlah ada FWD yang memiliki layanan asurangi untuk kanker, semoga semakin banyak penderita kanker yang tertolong, tapi yang terpenting lakukan deteksi dini kanker supaya perlindungan bisa maksimal ya mbak.

    BalasHapus
  33. Pengobatan kanker itu selain cape fisik memang lumayan menguras kantong, pengobatannya harus kontinyu. Senang dengarnya sekarang ada FWD Cancer Protection dengan premi mulai 10.000, terjangkau untuk semua kalangan

    BalasHapus
  34. Saya selalu percaya kalo pencegahan sejak dini lebih baik daripada mengobati. Masalahnya, memulai gaya hidup sehat itu mudah banget, tapi pas ngejaga buat konsisten, ADUUUUH YA TUHAN susahnyaaaaaa. Semoga bisa selalu mengusahakan yang terbaik dulu deh Mak akhirnya :’))

    BalasHapus
  35. Penyakit kanker ini salah satu pembuhun berbahaya yaaa. Masalahnya kalau kena tu yg repot juga keluarganya :(
    Makanya emang kudu punya proteksi ya :(

    BalasHapus
  36. asuransi kesehatan sekarang ini memang perlu banget apalagi premi asuransi sekarang banyak pilihannya, dari yang mulai 10ribuan juga sudah ada

    BalasHapus
  37. Kemudahan proteksi dari FWD ini bisa jadi pilihan masyarakat karena terjangkau harganya, serta bisa disesuaikan juga dengan kebutuhan

    BalasHapus
  38. ini tuh berasa banget deh kalau gak punya asuransi, karena aku sudah mengalami waktu almarhum papaku divonis kanker dan berobat dengan biaya sendiri. Belum lagi kalau rumah sakit pas rawat inap itu harus deposit dulukan.

    BalasHapus
  39. Kanker memang mengerikan ya. Biaya pwngobatannya juga mahal. Untung ada proteksi dari FWD khusus penyakit kanker. Jadi bisa sebagai proteksi.

    BalasHapus
  40. FWD makin inovatif aja nih programnya, dan sampe seperhatian itu pada penyakit kanker, keren deh. Seneng juga cara urus asuransi sekarang makin mudah.

    BalasHapus
  41. Kalau ada paket asuransi yang lengkap dan inovatif, FWD ini pilihannya ya mba :)

    BalasHapus
  42. Ada tetanggaku yang terkena penyakit ini, dan bener-bener deh setiap akan periksa selalu bingung cari pinjaman. Proteksi diri sangatlah perlu ya agar kita juga tidak bingung nantinya

    BalasHapus
  43. FWD ini premi nya terjangkau banget nih. Mulai 10rb per bulan. Wah bagus banget proteksi ini. Inget kakak 5 tahun yang lalu kena cancer payudara stadium 2B mesti operasi dan perawatan yang biayanya tidak sedikit. Jadi jaga2 nih yah dengan FWD Cancer untuk proteksi diri

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)