7.12.20

SeOn, Solusi Sekolah Online yang Berbasis Web

Pandemi sudah hampir satu tahun berjalan. Selama itu pula anak-anak belajar di rumah. Ya, belajar dalam jaring (daring) alias pendidikan jarak jauh (PJJ). Tujuannya, apa lagi kalau bukan untuk menghindari penularan dan penyebaran Covid-19 ke anak-anak. Jadinya ya mau tidak mau, siapa pun itu, selama dia adalah anak sekolah, dari tingkat PAUD hingga SMA, semua diwajibkan mematuhi instruksi menteri ini.

Anak-anak saya pun demikian. Rayi (8 tahun) dan juga Radit (15 tahun). Sejak pandemi, mereka berdua ikut PJJ. Baik itu melalui instruksi guru di grup WhatsApp (WA), Zoom, atau pun Google Classroom. Tak satu kali pun dari mereka datang ke sekolah. Paling pun, saya yang datang ke sekolah mereka. Sekadar mengambil tugas, mengumpulkan tugas, atau membawa buku dan juga LKS untuk kepentingan belajar online.

Drama PJJ

Ini yang sampai sekarang masih terjadi. Dua anak saya terkadang masih saja ngedrama saat PJJ. Tapi jika dibandingkan dengan saat awal PJJ dilaksanakan, sekarang sudah lebih jarang. Anak-anak mulai terbiasa. Dan malah, saat saya tanya soal belajar kembali di sekolah nanti Januari, mereka pada gak mau. Selain karena takut Covid-19 masih ada, mereka ternyata sudah lebih suka belajar di rumah. Dan kalo pun nanti ke sekolah, mereka hanya mau untuk ngumpul dengan teman-temannya saja. Belajar ya tetap saja lebih suka di rumah.


PJJ melalui video YouTube

Sepertinya yang berpikiran seperti ini tak hanya anak-anak saya saja. Anak-anak yang lain juga sama. Sudah lebih merasa nyaman dengan PJJ. Iya sih, kendala pasti selalu ada. Tapi kayaknya, berdasarkan pada pengalaman anak-anak saya, kendala ini banyaknya ke soal teknis. Seperti aplikasi yang lambat, jaringan internet yang kurang bagus, dan sejenisnya. Jika kesemuanya lancar, PJJ juga jadi semakin minim drama.

Sekolah di Era Dgital

Pandemi memang sudah mengubah banyak tatanan kehidupan kita. Dari kebiasaan hidup, hingga hal-hal yang formal seperti sekolah dan pekerjaan. Semua sudah mulai menjajagi dunia digital. Tapi sebenarnya, menurut saya sih, dengan atau tanpa pandemi pun, semua bidang kehidupan harusnya sudah merambah ke dunia digital. Toh sekarang kan sudah masuk era 4.0, di mana semua hal menggunakan teknologi canggih sehingga bisa diakses dari mana saja. 

SeOn, Aplikasi Sekolah Online Indonesia yang Berbasis Web

Ini yang sepertinya menjadi jawaban dari kendala yang selama ini dirasakan saat belajar online: SeOn. SeOn (Sekolah Online) Indonesia sendiri adalah sebuah sistem manajemen sekolah yang dirancang untuk membantu warga sekolah dalam kegiatan belajar mengajar secara online. Sesuai dengan namanya, SeOn ini merupakan produk lokal, alias hasil karya anak bangsa. Tak seperti aplikasi yang selama ini digunakan untuk sekolah online lain, karena hasil karya anak bangsanya inilah, SeOn dipercaya akan lebih mengerti tentang segala permasalahan dan pengelolaan sekolah di Indonesia.

Yang membedakan SeOn Indonesia dari aplikasi lain yang selama ini digunakan adalah aplikasi sekolah berbasis web. Ya benar, SeOn ini bukanlah aplikasi yang harus kita download dan lalu di-install di ponsel. Kita bisa membukanya di PC, laptop, dan juga hape. Kenapa demikian? Karena SeOn ingin  agar semua warga sekolah bisa mengaksesnya. Tak hanya murid dan guru, tapi juga seluruh orang yang berkepentingan di sekolah. Bahkan sampai ke orang tua. 

Iya juga sih ya, gak semua murid, guru, atau bahkan orang tua memiliki hape yang canggih. Kalo aplikasinya merupakan aplikasi yang harus download dan install, pasti ada saja tipe hape yang gak kompatibel. Jadinya kan, dia tak bisa mengakses itu. Tapi jika berbasis web, semua jenis gadget bisa melakukannya. Dan ya, aplikasi berbasis web juga lebih irit dalam hal pemakaian kuota internet. Jadinya tak perlu kuota yang besar bagi siapa pun untuk bisa mengakses SeOn.


Kelebihan-kelebihan SeOn

Saat mengakses SeOn, kita akan melihat banyak sekali fitur yang ada di dalamnya. Ada kegiatan belajar, mengumpulkan tugas, jadwal pelajaran, e-raport, aneka pengumuman, dan yang lainnya. Bahkan hingga ke kantin dan juga kegiatan ekskulnya. Bener-bener seperti sekolah, tapinya online. Ah ya, seperti yang tadi disebutkan, SeOn juga mengakomodasi orang tua untuk memantau kegiatan anak selama di sekolah. Real time lho waktunya. Jadinya, kalo misalnya anak kita gak masuk alias bolos, kita langsung bisa tahu.

Jangan salah, walau pun SeOn ini ditujukan untuk belajar online, dan cenderung terkesan formal, tampilannya tidak kaku seperti yang dibayangkan. Learning management system SeOn Indonesia ini tampilannya justru seperti media sosial. Semua jadi bisa mengaksesnya, selama ada internet. Tak perlu takut juga, SeOn ini tingkat keamanannya terjaga. Dia punya server khusus dengan back up secara berkala.

Keunggulan SeOn

Keren!

Iyes, satu kata saja yang bisa saya ucapkan tentang SeOn ini, keren. Bener-bener mengakomodasi semua hal yang ada di sekolah. Tapinya diakses secara online. Bisa dari mana pun. Dan ya, sekolah yang mendaftarkan ke SeOn ini, nanti websitenya akan sama dengan nama sekolah tersebut. 

Mau sekolah anak-anak kita bersekolah online dengan menggunakan fasilitas dari SeOn? Yuk hubungi saja sekolah anak kita dan juga hubungi langsung SeOn. Tentu hal ini supaya sekolah anak-anak kita lebih maju. Mau gimana lagi, dengan atau tanpa pandemi sekali pun, sudah saatnya kita semua, bahkan sekolah masuk ke dunia digital. Semoga bermanfaat, ya!

Head Office
Setiabudi Regency Bandung
Jl. Zamrud I No.193i Bdg, Jawa Barat
Telp. 022-42826546
Email. info@seonindonesia.com
Instagram: @seonindonesia
Branch Office :
Jl. Pasir huni I No.3 Bandung

58 komentar:

  1. Para kepala sekolah dan guru2 kudu kenal lebih dalam nih ama SeOn
    karena bisa memberikan solusi jitu bin cespleng untuk semua yg terlibat di kegiatan belajar mengajar
    ortu juga hepi, karena seon memudahkan bangettt

    BalasHapus
  2. Sama Mbak, anak saya pun sudah senang belajar di rumah.

    Andai belajarnya pakai SeOn, banyak drama yang bisa diminimalisir ya.

    BalasHapus
  3. Wkwkw...iyaya, teh...
    Sejak PJJ selalu ada drama. Belum dari sisi sang anak, ketambahan dari sisi sistem yang dipakai di sekolah gak user friendly.

    Uda paling oke pakai SeOn niih...
    Semua fasilitasnya lengkap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu banget yaa..mengenalkan SeOn ke berbagai sekolah.
      Karena ini sistem bagus banget. Dan memudahkan terlebih FREE.
      hehehe...penting.

      Hapus
  4. Untunglah sekarang makin byk aplikasi yang mendukung sistem PJJ ya bund. Biar yg ngajar dan diajar sama2 nyaman.

    BalasHapus
  5. Seon ini bisa di pakai sampai kelas berapa ka? Sepertinya cocok buat adikku yg masih SD, dari tampilannya menarik ya

    BalasHapus
  6. Yakin banget dengan adanya SEON ini banyak banget yang terbantu ya Kak, nggak cuman murid, tapi orangtua dan guru pula. Semua sekarang sudah serba digital.

    BalasHapus
  7. Berarti buat pengajarnya ini ya yang harus lebih tau aplikasiPJJ nya, seperti Seon inii. Tampilannya juga mudah dipelajari

    BalasHapus
  8. SUka deh bisa menemukan sekolah online yang satu sisi juga tampilannya juga nggak kaku ya mba :)

    BalasHapus
  9. Keren banget SeOn ini tapi awal baca saya kira ini semacam nama aktor korea wkwkw.. saya sudah ceritakan juga nih ke suami soal SeOn ini karena menurut saya memang penting sih aplikasi/website untuk menunjang daring, kalaupun sudah kembali belajar tatap muka, mungkin bisa dimanfaatkan untuk memberikan PR/tugas secara online :)

    BalasHapus
  10. Website seon ini keren banget ya. Sangat memenuhi kebutuhan untuk semuanya. Bukan hanya guru tapi juga kita sebagai orangtua dan murid yang belajar secara daring.

    BalasHapus
  11. Pandemi ini tak tahu akan berakhir kapan, semakin banyak mengeluh juga tak akan mengakhiri pandemi ini. Apalagi dalam membersamai pendidikan anak, duh...eh ini ada solusinya ternyata. Keren ini SEON!

    BalasHapus
  12. Kayaknya kalau begini drama PJJ bisa jauh berkurang, ya. Enak kan kalau satu platform. Jadi lebih bisa terkoordinasi

    BalasHapus
  13. kalau sudah agak gedean enak ya pakai ini.. anakku masih TK dan masih ngikutin dengan sistem online yang biasa aja, soalnya masih banyak main2nya juga si hihi

    BalasHapus
  14. Drama PJJ ternyata dimana-mana ya mbak, hahaha...aku aja sampai linglung sendiri ngadepin tugas2 anakku. Andaikan disekolah anakku pakai SeOn mungkin meminimalisir segala keruwetan yang kuhadapi ya... termasuk bayar spp

    BalasHapus
  15. Aplikasi SEON ini lengkap ya. Sangat solutif dengan fiturnya yang rapi dan mudah diakses tentunya.Gratis pula. Hebat deh..

    BalasHapus
  16. Bagus pisan ya teh Nia?
    Satu aplikasi yang bermanfaat untuk 4 pihak
    Buatan anak bangsa pula
    Semoga lancar dan sukses dalam penggunaannya

    BalasHapus
  17. Drama PJJ mah gda abisnya ya. Aku aja yang anak-anak masih TK kerasa, apalagi yang lebih gede lagi kan. SeOn ini ngebantu banget ya. Lengkap banget memenuhi kebutuhan sekolah pengajar pelajar begitupun wali murid. Keren

    BalasHapus
  18. dengan adanya aplikasi pembelajaran online dari SEON dan segala fasilitasnya membantu anak-anak dan orangtua juga

    BalasHapus
  19. Semoga banyak sekolah dan orang tua yang tahu tentang SEON ini ya mba. Apalagi manfaatnya banyak banget buat pihak sekolah, guru, siswa dan buat kita juga orang tua. Apalagi seon ini gratis ya

    BalasHapus
  20. Senangnya ada aplikasi pendukung sekolah yang praktis kayak gini. Semoga para guru dan admin sekolah tau informasi nya yaa. Mantap nih, banyak manfaatnya

    BalasHapus
  21. Dengan berbasis web, SEON lebih budah diakses dari kawasan mana saja di Indonesia ya. Semoga anak-anak, orang tua, dan guru akan terbantuk dengan sekolah online ini

    BalasHapus
  22. Sebetulnya untuk pembelajaran daring menurut hemat saya memang lebih baik berbasis web daripada aplikasi. Yang penting navigasinya mudah saja.

    BalasHapus
  23. Buat anak SD kek anak aku yg sedang pro kontra sekolah begini keknya musti coba seon ini juga deh. Tp hrs discuss jg ya mba sm gurunya ttg ini.

    BalasHapus
  24. Nah iya, Teh, kita sekarang udah memasuki era industri 4.0. Jadi mau gak mau harus bisa menyesuaikan dengan kemajuan zaman. Seperti pembelajaran yang kini lebih sering menggunakan media digital.

    BalasHapus
  25. Keren SEON ini ya teh memudahkan kita untuk memantau belajar online anak karena satu tempat..terintegrasi semua...gratis pula..

    BalasHapus
  26. aah iya, pjj emang kadang penuh drama
    nggak cuma faktor anak, tapi kadang sekolah yg rempong
    tapi klo pake seon ini, pjj jadilebih mudah ya

    BalasHapus
  27. Kalo aplikasinya merupakan aplikasi yang harus download dan install, pasti ada saja tipe hape yang gak kompatibel.

    Nah bener banget itu mbak. Selain urusan kompatibilitas, aplikasi itu juga berhubungan dengan maslaah memori gawai. Ini nih yang serimg bikin saya pasang bongkar apk

    BalasHapus
  28. SeOn sangat bermanfaat bagi solusi pembelajaran jarak jauh . Semoga masalah-masalah yang dihadapi dapat dipecahkan dg adanya SeOn karena lengkap fiturnya.

    BalasHapus
  29. Bagus nih kalau terintegrasi pembelajarannya. Bener banget, kadang ada hape dari murid yang kesusahan untuk menjalankan salah satu aplikasi. Via web gini malah semua pasti bisa akses.

    BalasHapus
  30. SeOn ini bener-bener memudahkan semua pihak ya. Sayang banget kalau ada sekolah yang nggak pakai sistem ini.

    BalasHapus
  31. Semoga aja ya makin banyak sekolah yang kenal seon dan memanfaatkan aplikasi ini jd gak ada ceritanya sekolah males menyelengarakan kegiatan belajar mengajar online hanya krn administrasi susah dll huhu
    Apalagi saat ini sedang musim wabah :(

    BalasHapus
  32. hah, SeOn ini gratis, Teh? Dengan fitur selengkap itu untuk dipakai di sekolah, lho. Ini kan memudahkan banget untuk menjalankan PJJ maupun saat nanti udah masuk untuk tatap muka.

    BalasHapus
  33. Asyik ya kalau bisa pantau kegiatan belajar anak secara real timen, jadi tahu anak-anak gimana selama daring.
    Aplikasi Seon ini benar-benar memudahkan :)

    BalasHapus
  34. aplikasi SeOn ini memudahkan para orang tua untuk memudahkan kegiatan PJJ anak yaa. kebayang banget banyak orang tua yang kebantu sam aplikasi SeOn

    BalasHapus
  35. Kalau tampilannya seperti media sosial, kemungkinan besar lebih mudah untuk beradaptasi, ya. Karena sekarang kan yang bermain medsos. Ya semoga aja banya yang bersedia mendigitalisasi sekolahnya

    BalasHapus
  36. aplikasi ini memang memudahkan aku untuk mengontrol kegiatan siswa. soalnya kalau pake zoom susah sih, soalnya sinyal di sini rada gimana gitu

    BalasHapus
  37. Akhirnya ini solusi banget buat ngebantu orang tua yang harus mendampingi anak PJJ setiap hari. kece bener ini, memberikan kemudahan

    BalasHapus
  38. Keren ya SeOn ini bisa menjadi pilihan alat belajar PJJ saat ini..terutama untuk tingkat pendidikan formal .Menurut saya secara teknis PJJ lebih praktis dan nyaman untuk menghindari penyebaran virus namun secara interaksi sosial memanng harus tetap ada pertemuan tatap muka dan berinteraksi dengan teman sebaya ya ..semoga pandemi cepat berlalu

    BalasHapus
  39. sekolah online ini bikinan indonesia? wah keren bgt! aku teringat ibuku yang ngajar online memang kenadala sekali unutk bolak balik antar aplikasi, senang sekali kalau ada satu aplikasi yang all in one begini.

    BalasHapus
  40. Drama PJJ membuat banyak orang kreatif jafi memunculkan banyak produk macam Seon ini ya. dan keren banget karena bisa menunjang anak untuk belajar online dengan lebih mudah dan menyenangkan ya Mba

    BalasHapus
  41. waahh seru juga yaa kak seon ini. futuristik bangettt aplikasinya. bisa bantu ponakan jg nih buat belajar

    BalasHapus
  42. Adanya aplikasi belajar online gini cukup membantu ortu saat mendampingi anak PJJ ya. Aku juga mau nyobain ah buat anakku.

    BalasHapus
  43. Aku lihat tutorialnya juga di Youtube. Gampang banget ya pakai SeON ini. Semoga sekolah anakku juga segera pakai. Udah kurekomendasikan ke pimpinan sekolah :)

    BalasHapus
  44. Membantu banget aplikasi seon nih kalo bnyk org yg tahu. Nggak perlu pindah2 media ya, malah ortu pun bisa ngawasin. . Yg terpenting lagi nanti jaringannya harus dipastikan aman jg.

    BalasHapus
  45. aplikasi SEON bisa disosialisasikan dan diperknalkan ke pemilik2 sekolah atau yayasan yah..krn emang bagus pas baca review nya

    BalasHapus
  46. AKu mau rekomenin ah si SeOn ini deh ke guru dan kepsek sekolah anakku jadi lebih praktis dan memudahkan semua pihak yang terlibat PJJ

    BalasHapus
  47. Aplikasi sebagus ini harusnya dipake nih di sekolah ya, jadi memudahkan semua pihak yang terlibat selama masih PJJ ini

    BalasHapus
  48. Wah aplikasi ini ada parental supervisionnya ya. Jadi ortu juga bisa mengikuti dan mengawasi pembelajaran online anaknya nih.

    BalasHapus
  49. wah ternyata SEON ini kantornya di Bandung, saytu wilayah, hehehe. aku suka dengan fitur di SEON ini, anakku masih TK jadi belum ribet. tapi tahun depan udah SD . kalau pandemi masih berlangsung, mungkin akan aku rekomendasiin app SEON agar mempermudah komunikasi dan urusan administrasi PJJ nanti.

    BalasHapus
  50. Keren! jd memudahkan kita untuk memantau belajar online anak karena satu tempat bisa terintegrasi semua dan gratis juga ;)

    BalasHapus
  51. Hahhaaa, bener banget ya Teh, awal2 kopid drama PJJ ini bener2 kek sinetron dah ceitanya, apalagi buat mereka yang punya anak SD, huhuu stok sabar kudu banyak.
    Alhamdulillah Seon jawabannya, solusi banget inii untuk pembelajaran daring saat ini . Praktis buat semuanya.

    BalasHapus
  52. SeOn membantu sekali ya di masa pembelajaran online.. inovasi yang bermanfaat

    BalasHapus
  53. Huaa aq termasuk ortu yg pingin anak cepat masuk sekolah lagi ketika udah ga ada corona. Tapi entah kapan. Makanya seon sangat bermanfaat nih kalau sekolah2 pakai ini untuk PJJ

    BalasHapus
  54. SeOn ini menarik banget loh, jadi memberikan kemudahan kepada orangtua, siswa maupun Guru dan sekolah ya teh.

    BalasHapus
  55. Memang PJJ itu melelahkan ya, untungnya orangtua terbantu dengan aplikasi semacam SEON ini, mengurangi tingkat sutris berjamaah :)
    Ku tertarik sama raport onlinenya, nggak perlu ambil langsung ke sekolah.

    BalasHapus
  56. Kayaknya SEON ini jadi solusi ya, belaja PJJ begini
    tapi mungkin gak ya sekolah anakku bisa?

    BalasHapus
  57. Wah ini keren banget ya, ternyata seon ini produk lokal, ngebantu anak sekolah dan juga para guru thanks infonya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)